5 Cara Membuat Masker Apel dan Manfaatnya

Siapa yang tidak suka dengan buah apel? Buah ini adalah buah yang memiliki rasa segar serta kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, ternyata buah yang dijadikan alat oleh penyihir jahat sebagai racun dalam dongeng Putri Salju ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Buah apel sendiri terdiri dari berbagai warna dan juga rasa yang cukup berbeda. Apel merah memiliki tekstur yang lembut sedangkan apel khas kota Malang warnanya hijau dan juga bentuknya yang cenderung lebih kecil. Buah yang rasanya agak masam dan juga manis ini bisa dimanfaatkan menjadi masker untuk wajah. Di bawah ini akan dijelaskan cara membuat masker apel beserta manfaatnya yang segudang.

(Baca juga: Cara Membuat Masker Putih Telur)

Manfaat masker apel ini tidak hanya ada satu, dan semuanya pasti sangat disukai oleh perempuan. Antara lain sebagai berikut:

  • Untuk mengurangi jerawat di wajah

Siapa sih yang tidak sebal jika jerawat hadir di wajah? Paling kesal itu jika hendak mengunjungi suatu acara penting tetapi jerawat tampil mencolok di wajah sehingga kesempurnaan penampilan anda berkurang. Banyak sekali obat jerawat yang dibuat baik lewat obat yang dioleskan atau obat minum, namun karena menggunakan zat kimia tentu tetap ada risiko jika kulit anda sensitif. Masker apel rupanya bisa mengurangi peradangan dan mengurangi penyebaran jerawat saat dijadikan masker. Fungsinya mirip dengan toner.

  • Untuk menyamarkan noda hitam

Kalau wajah berjerawat, biasanya tangan ini gemas sekali untuk memencet supaya jerawat itu tidak meradang. Jerawat pecah lalu mengecil, tetapi muncul masalah baru, yaitu bekas noda hitam setelah jerawat mati. Daripada memencet jerawat lalu muncul bekas noda, lebih baik cobalah tanggulangi dengan memakai masker apel.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Hitam di wajah)

  • Untuk memberi efek awet muda

Perempuan manapun pasti senang jika dibilang lebih muda dari usia sebenarnya. Salah satu tanda seorang perempuan itu awet muda adalah minimnya uban serta wajah serta kulit yang tidak keriput. Banyak sekali usaha yang dilakukan melalui klinik kecantikan atau dokter spesialis yang diminta pasien untuk memenuhi keinginan awet muda. Anda pasti sudah familiar dengan face lift, tanam benang atau suntik botoks yang sering dilakukan oleh para selebritis. Nah, masker apel ini dapat mengurangi keriput dan mencegah timbulnya keriput muncul lagi.

(Baca Juga: Tips Agar Awet Muda)

  • Untuk membuat pori-pori bersih

Pori-pori yang tersumbat bisa menjadi sumber kuman dan bakteri di wajah. Jika berkumpul di ketiak, maka bisa menimbulkan bau badan tak sedap. Namun jika mengumpul di muka, jerawat dan komedo pasti akan mengganggu penampilan. Masker apel dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran atau minyak berlebih sehingga berfungsi seperti scrub wajah.

Sponsors Link

  • Untuk menjadikan wajah lebih cerah

Banyak sekali beredar di pasaran, produk pemutih wajah yang menarik minat perempuan, mungkin juga termasuk anda. Siapa sih yang tidak ingin wajahnya seputih dan semulus Raisa? Namun perlu diketahui jika kecantikan wajah tidak hanya dinilai dari kulit putih saja, kulit kecokelatan bahkan gelap juga tetap menarik serta eksotis jika dirawat dengan baik. Dan masker apel yang mengandung vitamin C rupanya juga cocok untuk dijadikan bahan pencerah wajah. Perlu digarisbawahi disini, kulit gelap tidak akan serta merta menjadi putih, namun warna yang kusam akan menjadi lebih cerah.

Cara Membuat Masker Apel Dengan Mudah

Sudah tahu manfaatnya masker apel yang luar biasa bukan? Nah sekarang kita beralih menuju pembahasan untuk membuat maskernya. Anda tidak perlu membeli bahan-bahan berharga mahal, cukup luangkan waktu untuk mengolah apel untuk manfaat yang sudah dijelaskan di atas.

(Baca Juga: Cara Membuat Masker Tomat)

1. Cara membuat masker apel untuk menghilangkan jerawat

Persiapkan satu buah apel lalu kupas kecil-kecil agar mudah dimasukkan di dalam blender. Kupas kulitnya sebelum diblender. Tunggu sampai blender membuat potongan-potongan apel tadi hancur merata tanpa ada sisa. Jika sudah hancur, tuang sari apel dalam sebuah mangkok. Kemudian ambil kapas dan celupkan kapasnya ke dalam sari apel. Kapas yang sudah dicelup tadi selanjutnya bubuhkan pada wajah yang berjerawat  lalu tunggu sampai 25 menit. Jika sudah, bersihkan wajah dengan air bersih.

2. Cara membuat masker apel untuk menyamarkan noda hitam

Sudah kesal dengan noda hitam bekas jerawat? Maka segera gunakan masker apel yang dicampur madu untuk mengatasinya. Siapkan satu buah apel, kupas kulitnya lalu haluskan seperti membuat masker untuk kulit berjerawat. Jika apel sudah dihaluskan, campur dengan satu sendok madu di dalam sebuah mangkuk. Aduk hingga merata lalu oles pada wajah, tunggu sampai tiga puluh menit. Setelah selesai jangan lupa untuk membilas dengan air bersih.

3. Cara membuat masker apel untuk menghilangkan kerutan di wajah

Kerutan di sekitar bibir ataupun mata adalah hal yang sering muncul di wajah. Walau anda sering tersenyum, aktivitas tersebut juga bisa membentuk garis senyum yang berujung kerutan. Perempuan biasanya sangat menghindari munculnya kerutan karena hal ini bisa memberi efek wajah terlihat lebih tua.

Nah untuk membuat masker apel yang berfungsi sebagai penghilang kerut juga sangat mudah. Siapkan satu butir apel dengan telur ayam kampung. Apel harus dihaluskan sedangkan telur harus dipisahkan antara bagian kuning dengan putih telurnya. Apel yang sudah dihalukan dan putih telur dicampur menjadi satu lalu aduk hingga merata. Gunakan sebagai masker wajah selama satu jam, setelah selesai segera bilas dengan air bersih.

(Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan dibawah Mata)

Sponsors Link

4. Cara membuat masker apel sebagai pembersih pori-pori

Ingin memiliki pembersih wajah yang alami, maka gunakan saja buah apel. Untuk membuatnya sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Siapkan apel yang telah dihaluskan dengan gula pasir. Tuang satu sampai dua sendok gula pasir pada apel yang sudah halus lalu oleskan pada wajah. Namun tidak dengan didiamkan, anda harus menggosok wajah dengan campuran tersebut seperti scrub agar kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah bisa terangkat. Lakukan proses scrub tersebut selama lima belas menit. Anda bisa melakukan aktivitas scrubbing dalam 1 atau 2 kali tiap minggunya.

(Baca Juga: Pembersih Wajah Alami)

5. Cara membuat masker apel sebagai pencerah wajah

Tidak perlu bersusah payah untuk membuat kulit wajah setingkat lebih cerah. Campurkan saja apel yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis. Setelah diaduk merata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah selesai bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan rasakan perbedaannya.

(Baca Juga: Tips Mencerahkan Wajah)

Itulah manfaat dan juga cara membuat masker apel yang bagus untuk anda. Cukup luangkan waktu sejenak dan beli bahan-bahan yang tidak mahal, maka anda akan mendapatkan perawatan kulit wajah yang mantap. Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, January 2017 / 02:54 Oleh :
Kategori : Wajah