8 Khasiat Lengkuas Untuk Kulit Yang Wajib Diketahui

Semua tanaman sebenarnya sudah sejak lama memberikan begitu banyak manfaat bagi manusia dan sudah menjadi salah satu sumber pengobatan tradisional berbagai jenis penyakit. Beberapa ramuan sudah dikenal bagus untuk tubuh manusia dan salah satunya adalah lengkuas. Lengkuas yang dalam bahasa Inggris disebut dengan galangal ini merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga jahe yang berasal dari Asia Selatan terutama Indonesia dan Thailand. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ada banyak khasiat lengkuas untuk kulit yang bisa dijadikan sebagai solusi kecantikan kulit. Dalam lengkuas mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, zat besi, sodium, emodin, beta sitosterol quercetin dan juga fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ingin tahu apa saja khasiat lengkuas untuk kulit selengkapnya?, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Ekstrak lengkuas seringkali digunakan dalam beberapa industri kosmetik yang sangat berguna untuk tips mencegah penuaan dini. Ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan tinggi dalam lengkuas sehingga bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan kandungan vitamin C sangat berguna untuk meremajakan sel kulit dan menghindari kulit dari penuaan.

  1. Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat bisa juga diatasi memakai lengkuas. Nutrisi lengkuas bisa dijadikan obat rumahan untuk menghilangkan jerawat beserta noda gelap bekas jerawat. Minum jus lengkuas atau menggosok parutan lengkuas pada kulit secara lembut sangat bagus untuk mengurangi jerawat dan juga mengatasi kulit yang kusam.

  1. Menyembuhkan Alergi Kulit

Lengkuas sangat baik digunakan langsung untuk menggosok kulit yang terkena jamur. Sedangkan masyarakat Jawa seringkali menggunakan lengkuas pada daerah bercak putih yang disebabkan karena jamur kulit atau sering disebut dengan panu. Selain itu, lengkuas juga bagus digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, terbakar matahari dan juga gatal. Oleskan lengkuas parut pada kulit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Sedangkan untuk anda yang alergi terhadap beberapa makanan seperti ikan, udang dan berbagai jenis makanan laut, maka anda bisa minum teh lengkuas setiap hari untuk mengatasi alergi tersebut.

  1. Mengatasi Luka Bakar

Jus lengkuas sangat baik digunakan untuk cara mencegah kulit terbakar. Ramuan lengkuas yang dioleskan pada kulit terbakar bisa mengurangi rasa sakit sekaligus menyembuhkan lebih cepat. Cara lainnya bisa langsung menggosok potongan lengkuas segar sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk mengurangi bekas luka. Lakukan perawatan ini selama 6 sampai 12 minggu dan pastikan selalu menggunakan lengkuas segar.

  1. Membunuh Bakteri Kulit

Lengkuas merupakan antiseptik alami dan pembersih yang sangat kuat sehingga sangat membantu menjaga kulit agar selalu bersih, halus dan bebas cacat. Lengkuas akan merevitalisasi dan menghidupkan kembali kulit anda sekaligus membersihkan bakteri dari kulit.

  1. Perawatan Kulit Alami

Jus dari ekstrak lengkuas yakni minyak mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti ruam, psoriasis, eksim dan berbagai masalah kulit lainnya karena manfaat antioksidan untuk kulit tersebut.

  1. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Selain cara menghilangkan ketombe dengan baking soda, kulit kepala yang gatal juga bisa diatasi dengan menggunakan lengkuas yang sangat ampuh untuk melapisi dan mengobati kulit kepala seperti ketombe kering. Tambahkan beberapa tetes sari lengkuas pada shampo atau juga bisa dicampur dengan minyak jojoba kemudian olesi di kulit kepala. Lengkuas ini sangat baik untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab kulit kepala kering, iritasi dan juga ketombe.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Lengkuas juga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga berbagai penumpukan racun dalam tubuh bisa dikeluarkan sehingga tampilan kulit bisa terlihat lebih sehat dan lebih cantik. Lengkuas juga memiliki sifat anti bakteri yang kuat sehingga baik untuk membersihkan kulit sekaligus menghilangkan berbagai noda mengganggu.

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang bebas darj jerawat dan berbagai penyakit kulit salah satunya bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan khasiat lengkuas untuk kulit yang bisa digunakan secara topikal atau obat luar dan juga diminum secara teratur.