15 Penyebab Wajah Berminyak dan Berjerawat dan Cara Mengatasinya

Kulit wajah yang cantik ialah idaman setiap orang. Tetapi ada saja hal hal yang membuat kulit wajah kita menjadi berminyak dan juga berjerawat. Hal hal tersebut bisa kita sadari dan juga tidak kita sadari. Berikut adalah penyebab kulit wajah berminyak dan berjerawat.

  1. Penggunaan Kosmetik

Kosmetik adalah hal yang sangat dekat dengan perempuan. Setiap hari selama hampir seharian penuh perempuan selalu menggunakan make up untuk menunjang penampilan mereka. Sebagian perempuan merasa lebih percaya diri ketika menggunakan make up dan sebagian lainnya dituntut untuk menjaga penampilan mereka dengan selalu menggunakan makeup. Namun, untuk anda yang selalu menggunakan makeup anda harus hati hati memilih makeup yang anda gunakan.

Pastikan makeup yang anda gunakan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Anda bisa memilih makeup yang mengandung bahan bahan yang tidak berbahaya dengan menelusuri bahan bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik melalui internet dan juga memeriksa di situs web badan pom. Karena kosmetik yang mengandung bahan kimia yang berbahaya dapat menyebabkan berbagai masalah kulit mulai dari kulit wajah berminyak hingga kanker kulit. (Baca juga :vitamin rambut anak )

  1. Faktor Keturunan

Salah satu penyebab wajah berminyak dan berjerawat yang susah untuk dihindari yang menimbulkan munculnya jerawat dan kulit wajah yang berminyak ialah faktor genetik. Faktor ini terkadang terjadi pada sebagian besar orang sehingga mereka memiliki kulit wajah yang berminyak dan juga berjerawat. Apabila orang tua anda memiliki jerawat yang cukup parah, kemungkinan besar hal itu akan diturunkan kepada anda. Namun, anda tidak perlu khawatir ada berbagai cara untuk menghilangkan jerawat dari kulit wajah anda. Anda dapat melakukan perawatan alami dan juga perawatan dari dokter untuk menghilangkan jerawat ini. Selain itu, anda juga harus menghindari penyebab penyebab lainnya yang dapat memperbesar risiko anda terkena jerawat yang lebih parah lagi. (Baca juga :cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi )

  1. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Menjaga pola hidup yang tidak sehat bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Namun, menjaga pola hidup yang sehat dapat membuat kulit kita semakin sehat dan juga cantik berbahaya. Pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan juga waktu tidur yang tidak teratur dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti berminyak dan juga berjerawat. Tidur yang tidak teratur membuat produksi minyak pada wajah berlebih dan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. (Baca juga :cara perawatan wajah sehari hari )

  1. Sering Terpapar Polusi Udara

Polusi udara di luar ruangan memang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Polusi udara dapat menyebabkan kulit wajah terkena bakteri dan debu yang jika dibiarkan terlalu lama dan tidak dibersihkan akan menyebabkan berbagai masalah kulit wajah yang tidak diiniginkan seperti kulit wajah yang berjerawat. Oleh karena itu kita harus sebisa mungkin menghindari untuk berpapasan langsung dengan matahari dan juga polusi udara. Kita dapat mengenakan masker wajah untuk mencegah debu dan kotoran terlalu banyak menempel pada wajah. (Baca juga : manfaat temulawak untuk kecantikan wajah)

Sponsors Link

  1. Makan Makanan yang Berminyak

Sudah tidak diragukan lagi jika makanan yang digoreng akan memberikan rasa nikmat tersendiri dimulut. Namun, mungkin banyak dari kita yang lupa akan kandungan minyak yang tinggi dimakanan tersebut. Makanan yang berminyak mengandung kadar lemak dan juga kolestrol yang tinggi. Tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung dan juga kesehatan ginjal. Mengonsumsi makanan berminyak terlalu sering dan banyak akan membuat kadar produksi minyak pada tubuh kita semakin mengingkat. Oleh sebab itu kita harus menghindari makanan yang berminyak untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan juga menghindar dari berbagai permasalah kulit wajah seperti kulit wajah yang berminyak dan juga berjerawat. (Baca juga :manfaat bedak dingin untuk wajah )

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat lainnya yang berasal dari dalam tubuh manusia ialah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Perubahan hormon biasanya terjadi karena beberapa hal seperti perubahan hormone pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan, perubahan hormone akan membuat kulit wajah menjadi lebih mudah berjerawat. (Baca juga : cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari)

ads
  1. Stress

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat yang selanjutnya ialah mengalami stress yang berlebihan. Memang dengan padatnya aktivitas dan serangkaian kegiatan yang melelahkan dapat membuat kita lebih mudah stress. Stress dapat menyebabkan berbagai penyakit dan bahkan dapat menyebabkan kulit wajah mengalami masalah. Stress dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan mudah untuk berjerawat. Oleh karena itu, untuk hidup yang lebih bahagia dan juga untuk kulit wajah yang cerah dan cantik bebas dari masalah kulit berminyak dan juga berjerawat kita harus menghindari stress dan melakukan semua kegiatan yang dapat membuat diri kita lebih bahagia. (Baca juga :manfaat milagros untuk kecantikan )

  1. Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Tangan kita sering menyentuh benda benda yang kita sendiri tidak tahu apakah benda itu bersih ataupun tidak. Dengan tangan yang tidak bersih itu kita seringkali menyentuh kulit wajah kita dan membuat bakteri yang ada ditangan kita berpindah ke kulit wajah. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit berjerawat dan juga berminyak. Oleh karena itu hindari untuk menyentuh kulit wajah sesering mungkin dan ketika harus menyentuh wajah kita, pastikan terlebih dahulu tangan kita bebas dari bakteri dan kotoran sehingga kulit wajah kita dapat terhindar dari berbagai bakteri yang menyebabkan masalah kulit wajah. (Baca juga :bahaya menghilangkan komedo dengan pasta gigi )

  1. Jarang Membersihkan Wajah

Setelah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, wajah kita tentu akan terkena berbagai debu dan kotoran. Selain itu makeup yang kita gunakan harus segera dibersihkan agar kulit wajah kita lebih bersih dan cerah. Kotoran dan sisa makeup yang menempel pada wajah akan membuat kulit wajah cenderung berminyak dan kulit wajahh lebih mudah untuk berjerawat. Oleh karena itu, sebelum tidur jangan lupa untuk luangkan sedikit waktu untuk membersihkan wajah dari sisa sisa kotoran yang menempel dan juga sisa riasan wajah. (Baca juga :cara merapikan alis )

  1. Suhu Udara yang Berubah

Salah satu faktor alami yang membuat kulit wajah mudah berminyak ialah karena suhu udara berubah. Peningkatan suhu udara yang tinggi membuat produksi minyak pada kulit wajah berlebih dan menyebabkan kulit wajah berminyak. Oleh karena itu ketika musim sudah berganti, kita juga harus menyesuaikan perawatan wajah yang digunakan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada kulit wajah. (Baca juga :cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang )

  1. Mengonsumsi Kacang Kacangan

Orang tua sering melarang kita untuk mengonsumsi kacang kacangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.  Ternyata mengonsumsi kacang kacangan terlalu banyak juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak. Hal ini dikarenakan kacang kacangan mengandung banyak minyak yang dapat memicu produksi minyak pada kulit wajah berlebih dan membuat kulit wajah juga menjadi berminyak. (Baca juga :penyebab rambut lurus berubah menjadi keriting )

  1. Mengonsumsi Kafein Berlebih

Mengonsumsi kopi yang mengandung kafein dapat menjadi pilihan favorit untuk menahan kantuk ketika kita memang diharuskan untuk terjaga pada malam hari. Namun, terlalu sering mengonsumsi kafein dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah berlebih. Sehingga kulit wajah cenderung lebih berminyak. (Baca juga :cara melembabkan bibir dengan madu )

  1. Kurangnya Nutrisi

Kulit wajah juga membutuhkan nutrisi. Nutrisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa berasal dari buah buahan dan juga sayuran. Selain dapat membuat tubuh semakin sehat, mengonsumsi buah buahan dan sayuran juga akan membuat kulit wajah lebih terawatt sehingga terhindari dari risiko kulit wajah berminyak dan berjerawat. (Baca juga :cara membuat masker kopi )

  1. Mengonsumsi Obat Obatan

Mengonsumsi obat obatan yang seringkali menyebabkan berbagai masalah pada tubuh termasuk masalah kulit. Mengonsumsi obat obatan dapat menimbulkan risiko kulit wajah jadi berminyak dan juga berjerawat. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat obatan sebaiknya dikonsultasika terlebih dahulu ke dokter. (Baca juga :vitamin rambut yang bagus )

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Mie Instan

Mie instan adalah favorit banyak orang. Selain karena harganya yang murah, mie instan juga cukup mudah dimasak. Tetapi memakan mie instan terlalu sering akan menyebabkan berbagai penyakit dan juga kerusakan pada kulit. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat membuat kulit wajah berminyak. Hal ini dapat memicu terjadinya jerawat pada kulit wajah. (Baca juga :cara memutihkan wajah dalam 2 hari secara alami )

Itulah beberapa penyebab terjadinya kulit wajah yang berminyak dan juga berjerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat melakukan berbagai cara seperti dibawah ini.

  • Membersihkan Wajah

Hal yang paling utama untuk menghindari masalah kulit wajah ialah menjaga kebersihan wajah. Wajah yang bersih akan menghindari kulit dari masalah minyak dan juga jerawat. (Baca juga :cara memutihkan kulit pria dalam 1 minggu )

  • Menggunakan Masker

Masker adalah salah satu perawatan yang sebaiknya secara rutin dilakukan. Untuk menjaga kulit wajah terhindar dari berbagai masalah. Anda dapat menggunakan masker 2 hingga 3 kali dalam seminggu. (Baca juga : cara memilih lipstik untuk bibir kering )

  • Menjaga Pola Hidup Sehat

Hal selajnjutnya yang tidak kalah penting ialah mejaga pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat yaitu menjaga makanan dan juga rajin berolahraga. Dengan pola hidup yang sehat ini kulit akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah. (Baca juga :cara memutihkan ketiak dan leher )

Itulah beberapa penyebab masalah kulit wajah berminyak dan juga berjerawat. Untuk itu hindari segala risiko yang dapat meningkatkan risiko tersebut sehingga kulit wajah tetap mulus dan cantik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 05:17 Oleh :
Kategori : Wajah