21 Cara Menghilangkan Kulit belang Akibat Sinar Matahari Super Ampuh

Beraktivitas di luar ruangan pastinya tidak dapat dihindari bagi Anda wanita aktif dan produktif. Harus pintar-pintar memberikan perlindungan pada kulit agar tidak merusak penampilan Anda di kemudian hari. Karena seperti yang kita tau, sinar matahari menghantarkan sinar ultra violet yang berbahaya bagi kulit. Selain dapat menyebabkan kulit menjadi hitam, noda dan flek bisa muncul di daerah yang sering terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, perlu kiranya mengetahui berbagai cara untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari.

Beberapa cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari adalah sebagai berikut.

  1. Menghilangkan belang dengan lemon

Lemon merupakan golongan sitrus yang tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C telah terbukti mampu mencerahkan dan memutihkan kulit. Vitamin C merupakan master antioksidan berat dan faktor penting untuk sintesis kolagen . Vitamin C memberikan kontribusi untuk fotoproteksi (perlindungan dari sinar UV), mengurangi photodamage (kerusakan kulit akibat sinar UV), dan diperlukan untuk mempercepat penyembuhan luka. Cara kerja Vitamin C dalam bentuk ascorbyl telah diuji secara ekstensif dan dilaporkan dapat menekan sintesis pigmen dalam memproduksi melanin (pigmen kulit yang dapat menimbulkan flek dan warna hitam  di wajah).

Caranya: Siapkan 1 buah lemon untuk kemudian diperas ke dalam sebuah wadah atau mangkuk, Ambil kapas dan celupkanlah ke dalamnya, lalu aplikasikan ke wajah secara merata, hati-hati agar tidak terkena mata. Setelah kering, pakai air hangat untuk membilas wajah sampai benar-benar bersih.

Baca juga:

  1. Mencampurkan lemon dan telur

Telur kaya akan manfaat. Bagian putihnya kaya akan protein, sedangkan bagian kuning telur kaya akan lemak. Selain itu telur juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan zat besi. Telur sering digunakan sebagai masker wajah dengan memanfaatkan bagian putih telurnya. Putih telur mempu mengencangkan kulit wajah serta mencerahkan kulit. Apabila diaplikasikan dengan menambahkan air lemon dapat menjadi cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari secara alami.

Caranya: campurkan putih telur dan air lemon, aduk sampai rata. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, masukkan campuran tadi lalu masak hingga berbentuk lotion. Matikan api. Tunggu hingga dingin. Lalu aplikasikan pada wajah secara merata, tunggu sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan cuci dengan sabun.

  1. Menggunakan masker dan lulur dari Kunyit

Kunyit yang digunakan untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari dapat berupa bubuk kunyit. Kandungan betakaroten yang tinggi pada kunyit berperan sebagai antioksidan yang mampu mendetoksifikasi kulit wajah. Selain itu, efek dingin dari penggunaan kunyit ini dapat mencerahkan dan menyegarkan wajah.

Caranya: campurkan bubuk kunyit dengan perasan air jeruk, aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan pada bagian kulit yang belang, diamkan selama ± 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

  1. Memanfaatkan mentimun

Mentimun merupakan keluarga dari golongan cucurbitaceae dengan kandungan air yang sangat tinggi. Vitamin dan mineral juga menjadi penyusun mentimun yang berperan penting bagi kesehatan. Umumnya pada dunia kecantikan, mentimun digunakan sebagai penutup mata yang bermanfaat untuk menghilangkan mata panda. Padahal ada manfaat lain dari mentimun yang merupakan salah satu cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari.

Caranya: Parutlah mentimun, lalu letakkan pada wadah. Balurkan ke daerah wajah dan leher terutama di bagian kulit yang belang. Cara ini dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.

Baca juga:

  1. Mengaplikasikan toner cuka sari apel

Toner adalah yang biasanya digunakan sebagai pembersih sisa makeup atau kelebihan kotoran pada wajah. Untuk membuat belang di wajah pudar dan meratakan kembali warna kulit, toner yang terbuat dari cuka sari apel buatan sendiri akan memberikan khasiat maksimal. Sifat antibakterinya mampu menyeimbangkan pH kulit serta membersihkan total noda pada wajah.

  • Caranya: Sediakan botol kaca kosong, lalu tuang sedikit cuka sari apel serta sedikit air untuk campurannya. Setelah tercampur, toner ini bisa digunakan dengan menggunakan kapas seperti biasanya Anda gunakan untuk membersihkan wajah dengan toner biasa. Pemakaian bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur, lalu keesokan paginya baru dicuci.
  1. Menggunakan scrub gula

Banyak wanita yang takut mengonsumsi gula karena efeknya yang menyebabkan kegemukan. Padahal, gula bisa juga bermanfaat bagi kecantikan lho. Ya, gula dapat berperan sebagai eksfoliator (pengelupas kulit) atau pengangkat sel-sel kulit mati. Gula dapat digunakan sebagai scrub untuk memutihkan kulit wajah secara merata dan menghilangkan belang mengganggu.

  • Caranya: Tak sulit untuk menggunakan gula ini karena Anda hanya perlu mencampur gula bersama sedikit air lalu tambahkan ke krim wajah yang biasa Anda pakai. Campurkan dengan baik dan merata lalu scrub dapat dioleskan ke seluruh wajah atau bagian belangnya saja. Diamkan dulu beberapa saat atau hingga kering, lalu akhiri dengan membilas wajah menggunakan air hangat.
  1. Memanfaatkan gandum

Gandum juga rupanya dapat menjadi bahan yang baik untuk menghilangkan belang pada wajah secara alami. Untuk lebih ampuhnya lagi, gandum dapat Anda campurkan bersama madu asli, dan pastikan bahwa madu yang dipakai benar-benar murni untuk memperoleh khasiatnya.

  • Caranya: Sediakan gandum serta madu asli, dan tak ketinggalan juga bahan lainnya sebagai pelengkap, yakni yogurt serta kacang almond secukupnya. Campur seluruh bahan dan tambahkan air matang secukupnya juga. Setelah merata dan sudah dapat dikatakan adonan basah, terapkan ke wajah secara merata. Tunggulah kira-kira setengah jam sebelum menggunakan air hangat untuk membasuhnya bersih.
  1. Memilih susu kombinasi madu

Masih ada lagi kombinasi bahan alami yang dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari. Yakni campuran antara susu dan madu. Madu yang dipakai sebaiknya madu murni dan asli untuk dapat merasakan manfaatnya. Susu pun bisa memutihkan kulit wajah secara sempurna, jadi sediakan juga yang original.

  • Caranya: Kedua bahan utama tersebut bisa Anda campurkan bersama masing-masing secukupnya. Aduk-aduklah sampai bentuknya mengental, lalu terapkan ke area wajah yang terkena belang atau ke seluruh wajah juga boleh. Diamkan sekitar setengah jam agar kandungan serta nutrisi dari masing-masing bahan bisa terserap ke dalam kulit wajah. Sesudah itu, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

Baca juga:

  1. Menggunakan jus tomat

Tomat pada umumnya juga diketahui sebagai bahan yang bisa mencerahkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi mampu menghambat penyebaran melanin pada kulit. Maka tak salah bila Anda memilih tomat sebagai solusi wajah belang karena kandungan baiknya dapat diandalkan untuk memutihkan wajah secara merata. Selain itu pun tomat juga dapat mengencangkan kulit.

  • Caranya: Yang perlu diambil adalah bagian airnya saja atau jusnya. Tomat yang sudah disiapkan dapat dijus lebih dulu tanpa diberi tambahan pemanis apapun, termasuk gula. Jus tomat inilah yang bisa Anda terapkan ke area wajah sampai merata sambil memijat-mijatnya. Tinggalkan selama sekitar 10-15 menit sebelum akhirnya dapat dibilas hingga bersih. lalukan perawatan secara rutin agar maksimal hasilnya.
  1. Menggunakan masker dan lulur kentang

Tampaknya sudah banyak yang tahu tentang manfaat kentang untuk kulit wajah, tak terkecuali sebagai solusi kulit belang pada wajah. Meski wajah kelihatan belang karena sinar matahari yang jahat, perawatan dengan kentang akan mengembalikan kecantikan kulit Anda.

  • Caranya: kupas, lalu potong-potong kentang, barulah gosok-gosokkan ke area yang belang atau bahkan ke seluruh wajah. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menghaluskan kentangnya lebih dulu dengan memblender atau menggilingnya. Oleskan kentang ke area wajah sambil memberikan pijatan ringan dan lembut. Setelah itu diamkan dulu beberapa saat barulah dibasuh menggunakan air bersih.
  1. Memanfaatkan susu mentah

Kalau sebelumnya ada rekomendasi menggunakan susu yang dikombinasikan dengan madu, Anda kali ini hanya perlu menggunakan susunya saja. Susu ini sendiri merupakan pemutih alami yang bisa melembutkan kulit juga. Susu pun merupakan bahan aman untuk menyingkirkan belang karena sinar matahari, bekas luka, pigmentasi atau noda.

  • Caranya: Gunakanlah susu mentah atau susu yang belum mengalami proses perebusan karena khasiatnya dipercaya lebih besar. Ambilah2 sendok makan susu mentah, lalu usapkan pada wajah, leher serta bagian kulit yang belang secara keseluruhan memakai kapas. Diamkan selama 20 menit agar nutrisi meresap, lalu bilas dengan air hangat.
  1. Memilih pepaya mentah

Pepaya bukanlah buah sembarangan karena manfaat masker pepaya bagi kulit wajah sendiri sudah begitu banyak diketahui. Kandungan vitamin A dapat dijumpai dengan kadar tinggi di dalamnya berikut juga antioksidan yang begitu kuat. Kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati dan meregenerasinyalah yang bisa diandalkan.

  • Caranya: Supaya bisa menghilangkan belang pada wajah dan bagian kulit tubuh yang lain, pastikan Anda mengambil sisi buah pada kulitnya. Ambil kulit pepaya, lalu usap-usapkan ke wajah secara menyeluruh. Tinggalkan dulu sekitar 5 menit sebelum Anda melanjutkan perawatan dengan membilas wajah menggunakan air dingin. Jangan terlalu lama, karena apabila lebih dari 5 menit, pepaya mampu membuat kulit Anda menjadi teriritasi atau kering.
  1. Menggunakan masker yoghurt

Yogurt memang dikenal sebagai salah satu bahan yang baik dan alami dalam memutihkan serta mengencangkan kulit. Bahkan kulit juga bisa jadi lebih halus berkat perawatan dengan yogurt tawar. Kelebihan lainnya, yogurt pun bisa dijadikan penghilang belang pada wajah secara efektif.

  • Caranya: Campurlah yogurt bersama dengan air secukupnya (biasanya 1 sendok teh). Aduk-aduk sampai tercampur seluruhnya dan terapkan ke area wajah atau bagian kulit yang terlihat belang. Tunggu kira-kira 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat lebih disarankan.
  1. Mengoleskan lidah buaya

Mungkin tidak semua kasus kulit wajah belang itu dikarenakan jahatnya paparan sinar ultraviolet ketika berada di luar ruangan. Ada beberapa kasus kulit belang disebabkan oleh penyakit kulit, namun Anda tetap bisa menghilangkannya. Penyakit dompo atau penyakit kulit lainnya yang mengakibatkan kulit belang bisa Anda atasi menggunakan aloe vera.

  • Caranya: Seperti biasa, ambil sebatang atau 2 batang daun lidah buaya yang kemudian Anda potong dan kupas untuk bisa mengambil gelnya. Anda pun bisa mengambil dagingnya, lalu usap-usapkan secara merata ke bagian wajah yang belang tersebut. Tunggu kering sekitar 20 menitan sebelum Anda boleh membasuhnya. Lakukan 2-3 kali sehari secara rutin untuk hasil optimal.
  1. Memanfaatkan pasta baking soda

Baking soda atau lebih dikenak dengan soda kue tentunya tak bakal ketinggalan untuk digunakan ketika membuat kue, tapi kali ini Anda bakal menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit belang akibat sinar matahari. Sebagai eksfoliator alami, baking soda dapat secara aman mengatasi kulit belang. Bahkan kulit pun bakal dibuat lebih cerah dan putih tanpa kerutan dan minyak.

  • Caranya: Campurkan baking soda satu sendok teh dengan beberapa tetes air atau dapat juga menggunakan air mawar. Aduk sampai merata. setelah terbentuk pasta, oleskan ke area wajah hingga menyeluruh dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Bilas wajah menggunakan air hangat, lalu keringkan.
  1. Air putih

Air putih sudah terkenal baik sebagai cara mencegah kerutan di wajah karena mampu menghidrasi kulit secara luar biasa. Kulit manusia sendiri sebenarnya terdiri dari air sekitar 90 persen. Konsumsi air yang cukup dapat mencegah kulit menjadi belang, keriput serta kering.

  • Caranya: Hindarilah minuman bersoda dan beralkohol. Batasilah minum minuman manis. Justru  perbanyaklah minum air putih. Anjuran paling sehat adalah minum sekitar 8-10 gelas saja per harinya. Bila ingin sedikit variasi, Anda dapat menambahkan irisan mentimun atau perasan lemon jika ingin mendapatkan kesegaran berbeda. Air akan menghindari kekeringan pada kulit Anda dan membantu kembali mencerahkannya.

Baca juga:

  1. Membatasi aktivitas di luar ruangan

Maksud dari membatasi di sana bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah. Akan tetapi, menghindari aktivitas yang memungkinkan Anda terpapar matahari secara langsung tanpa pengaman apa-apa. Jika memang tidak ada hal yang terlalu mendesak sebaiknya Anda memilih aktivitas yang dapat meneduhi Anda dari paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung akan membakar dan merubah warna kulit Anda.

  1. Mengenakan pakaian panjang

Ya, ini adalah cara yang mudah saja dilakukan. Gunakan baju dan celana panjang supaya kulit Anda terhindar dari paparan matahari langsung. Pakaian panjang akan melindungi kulit Anda dari rasa terbakar. Meskipun hal ini dapat membuat produksi keringat Anda semakin meningkat.

  1. Menggunakan sarung tangan

Cara ini sering dipilih oleh pengendara sepeda motor yang seringkali terpapar sinar matahari. Selain melindungi kulit tangan dari panas, sarung tangan juga membantu agar tangan Anda tidak licin karena keringat, sehingga aman dalam mengendarai motor. Aman berkendara, kulit pun tidak akan belang akibat sinar matahari.

  1. Memakai kacamata dan Topi

Pilihlah kacamata hitam, hal ini membantu agar Anda tidak silau saat berada di bawah terik sinar matahari. Topi akan membantu lemindungi wajah dan kepala Anda dari sinar matahari. Sebaiknya gunakan topi dengan bagian depan yang besar sehingga mampu meneduhi wajah Anda.

  1. Menggunakan Sunblock

Sunblock atau tabir surya yang mengandung Sun Protector Factor (SPF) berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit belang. SPF 15 dapat melindungi terhadap 92% dari paparan sinar UV. Sebenarnya fungsi tabir surya bukan untuk menghentikan pengaruh sinar matahari pada kulit Anda, tetapi hanya sebatas menunda agar kulit tidak cepat terbakar. Hal itu dipengaruhi oleh jumlah SPF yang digunakan, intensitas atau durasi sinar matahari, serta jenis kulit Anda. (Baca juga:  Merk Sunblock Untuk Wajah Berminyak yang Berkualitas)

Nah, banyak bukan pilihan cara untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari? Tinggal pilih, lalu aplikasikan secara rutin. Semoga berhasil!

Baca juga: