Sponsors Link

15 Manfaat Minum Air Putih sebelum Tidur untuk Kecantikan

Sponsors Link

Manfaat minum air putih sebelum tidur maupun saat bangun tidur perlu diketahui oleh para wanita untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikannya. Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk, dan juga merupakan komponen terbesar yang ada di bumi. Hal ini bisa dilihat dari luas lautan sebesar tiga kali lipat dari daratan. Setiap makhluk hidup membutuhkan air bagi tubuhnya.

ads

Air bukan hanya sekedar benda mati. Manfaatnya sangat banyak, salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan para wanita. Namun, mengapa kita masih sering melakukan kebiasaan minum hanya ketika haus saja? Yuk, simak penjelasan berbagai manfaat minum air putih di bawah ini.

Manfaat Air bagi Tubuh

Walaupun kita tahu kalau manfaat air sangat banyak bagi tubuh kita, baik dari segi kecantikan maupun kesehatan, tetapi nyatanya kita jarang menggunakan air minum sebagai terapi bagi tubuh. Padahal air begitu mudah di dapatkan dan harganya pun tidak mahal. Walau begitu, kebanyakan manusia minum hanya bila merasa haus saja. Padahal, minum air putih merupakan suatu kebutuhan yang tidak boleh dilupakan, karena sebanyak 70% tubuh manusia terdiri dari air.

  • Memenuhi kebutuhan cairan

Dalam keadaan normal, tubuh manusia membutuhkan asupan cairan sebanyak dua sampai tiga liter setiap hari. Maka tidak heran kalau kurang minum air putih, kita akan mudah merasa lelah, pusing, dan mudah terkena berbagai macam penyakit., juga menjadi penyebab kulit kering. Minum air putih hangat juga dapat menghancurkan zat-zat asing yang dapat memicu kanker. (Baca juga: Cara mengatasi kulit kering pada wajahPenyebab kulit wajah mengelupas)

  • Sebagai media penyembuh

Seorang ilmuwan Jepang yang bernama Dr. Masaru Emoto dalam bukunya yang berjudul The Hidden Message in Water menguraikan bahwa air ternyata bersifat seperti perekam pesan. Molekul-molekul air akan berubah menjadi kristal yang sangat indah ketika dibacakan doa dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan antibodi tubuh untuk memerangi segala macam penyakit.

Itulah kenapa air zam-zam dipercaya oleh umat Islam memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam berbagai ritual keagamaan pun air menjadi salah satu unsur yang dijadikan sarana penyembuh oleh pemuka agama. Dalam ilmu kesehatan, air juga dipercaya dapat meluruhkan berbagai macam zat-zat yang berbahaya atau tidak dibutuhkan oleh tubuh.

  • Sebagai alat pembersih tubuh

Air menjadi alat untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran dan najis. Air menjadi salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk menjaga higienitas tubuh. (Baca juga: Cara merawat kulit tubuhCara memutihkan badan secara alami)

Manfaat Minum Air Putih sebelum Tidur

Selain untuk kesehatan dan kebersihan tubuh, air juga bermanfaat bagi kecantikan, terutama bila kita rutin minum air putih sebelum tidur. Berikut adalah daftar manfaat yang akan Anda dapatkan ketika minum segelas air sebelum tidur :

1. Dapat Membersihkan Racun

Ketika tidur, tubuh kita istirahat dan beregenerasi. Segelas air putih hangat bisa membuang racun yang dikeluarkan oleh tubuh saat malam hari melalui air seni. Semakin banyak buang air kecil dan semakin jernih warna air seni, menandakan kalau tubuh kita sehat. Sebaliknya, semakin sedikit air seni yang keluar dan berbau yang menyengat serta berwarna keruh, maka itu merupakan sinyal kalau dalam tubuh sedang terjadi penumpukan racun yang akan berujung pada berbagai macam penyakit. (Baca juga: Penyebab alergi kulit wajah)

2. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Agar jangan sampai terjadi dehidrasi dan kekeringan kulit, maka kelembabannya harus dipertahankan. Minum segelas air putih satu jam sebelum tidur merupakan cara merawat kulit agar tidak kusam dan kering. Tapi ingat, jangan minum terlalu banyak, agar tidak mudah terbangun di malam hari untuk buang air kecil. (Baca juga: Cara merawat wajah agar tidak kusamCara merawat wajah agar tetap segar)

3. Cadangan Energi Bagi Otak

Ketika tidur, seluruh tubuh akan istirahat secara total, tetapi kadang otak masih aktif bekerja. Suplai air yang cukup dari dalam tubuh, dapat membuat fungsi syaraf otak bekerja dengan lancar.

4. Dapat melawan berbagai penyakit seperti sariawan dan meredakan radang tenggorokan

Nggak enak banget kan, kalau sedang sariawan? Mau makan seenak apa saja rasanya jadi tidak nyaman. Cobalah terapi minum air putih hangat setiap hari. Radang tenggorokan juga bisa hilang dengan terapi murah meriah tapi ampuh ini.

5. Pengusir Jerawat

Kulit yang bersih dan sehat serta bebas jerawat merupakan idaman para wanita. Banyak obat anti jerawat yang beredar di pasaran, dari yang murah sampai yang mahal dan menguras kantong. Kalau wajahmu berjerawat jangan khawatir. Minum segelas air putih hangat akan menghalau kuman penyebab jerawat dan infeksi kulit lainnya. (Baca juga: Pembersih wajah alamiCara merawat kulit berminyak)

6. Mencegah Penuaan Dini

Ingin cantik dan terhindar dari proses penuaan diri? Minum saja air putih hangat sebelum tidur.
Bagi kaum hawa, penuaan dini menjadi momok yang sangat menakutkan. Sebagian besar rela melakukan apa saja untuk menghindarinya. Termasuk melakukan berbagai macam perawatan yang tidak murah. Padahal ada satu cara mencegah penuaan dini yang sangat ampuh dan murah, yaitu hanya dengan minum segelas air putih hangat pada malam hari sebelum tidur. (Baca juga: Cara mengencangkan kulit wajah — Penyebab kulit keriput di usia muda)

7. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang sering terbangun di malam hari karena merasa lapar, dengan minum segelas air putih hangat, bisa membuat perut merasa kenyang, sehingga rasa lapar tidak akan terasa selama kita tidur.

8. Sebagai Energi

Seringkali, orang-orang mengabaikan manfaat minum air putih hangat di malam hari karena cuaca yang tidak panas, sehingga tidak merasakan haus. Padahal minum segelas air hangat bisa meningkatkan energi selama beraktivitas sama seperti saat bekerja di siang hari.

9. Membuat Tubuh Lebih Segar 

Minum air putih sebelum tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan tidak lesu saat bangun tidur.

10. Melindungi Syaraf Tulang Belakang

Cairan tubuh yang cukup akan membantu syaraf tulang belakang tetap terpelihara dengan baik karena re-generasi yang dilakukan pada malam hari.

11. Mengembalikan Cairan yang Hilang

Setelah beraktivitas selama seharian membuat, tubuh akan kekurangan cairan. Minum air putih hangat dapat mengembalikan cairan yang hilang. (Baca juga: Perawatan kulit keringCara merawat kulit kering)

12. Sebagai Terapi Pikiran

Segelas air putih hangat dapat menenangkan pikiran layaknya segelas susu.

13. Sebagai Pelumas Sendi

Saat bangun tidur pada pagi hari, otot leher, bahu, punggung, dan kaki terasa nyeri dan kaku. Dengan terapi minum air putih hangat setiap malam akan memperbarui jaringan otot tubuh setiap hari. Membuat tubuh otot-otot menjadi lemas dan lentur, sehingga kita tidak akan merasakan sakit karena tubuh yang terasa kaku.

14. Dapat menambah kesuburan

Ternyata rutin minum air putih bisa meningkatkan hormon testoteron bagi pria, dan hormon estrogen bagi para wanita. So, bagi Anda yang sedang melakukan program hamil, selain dengan cara medis, tak ada salahnya untuk mencoba terapi mengonsumsi air putih.

15. Memperlancar proses biologis tubuh

Agar proses biologis dapat terus berlangsung, minumlah segelas air putih hangat satu jam setiap hari menjelang tidur dan rasakan perubahan yang nyata ketika bangun esok paginya.

Manfaat Minum Air Putih saat Bangun Tidur

Minum air putih saat bangun tidur juga sangat dianjurkan dan baik bagi kecantikan Anda. Berikut adalah daftar manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi segelas air putih saat bangun tidur:

1. Meringankan hidung tersumbat

Pernahkah Anda merasakan hidung yang tersumbat di pagi hari ketika bangun tidur padahal sedang tidak pilek? Saya pernah. Rasanya sungguh tidak nyaman, karena bernapas menjadi susah. Udara dingin di malam hari apalagi waktu menjelang subuh, membuat hidung terasa mampet. Minum air putih bisa menjadi solusi yang paling mudah untuk melancarkan rongga hidung, sehingga bernapas menjadi lebih lancar.

2. Menangkal berbagai penyakit

Hanya segelas air putih hangat yang diminum setiap malam, sudah bisa menangkal berbagai macam penyakit. Baik penyakit organ tubuh, maupun penyakit kulit. Nggak mau kan, kalau tiba-tiba bangun tidur kemudian berkaca, kantong mata sudah sembab dan bengkak, kulit kering dan mengeriput, muncul bercak-bercak putih seperti panu atau eksim, serta bibir pecah-pecah?

3. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan melakukan terapi air putih hangat setiap hari dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang rutin dilakukan, bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga aliran darah menjadi lancar. Air putih juga bisa meningkatkan metabolisme, membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang dikonsumsi malam harinya.

4. Meluruhkan batu ginjal dan mencegah infeksi pada kandung kemih

Jarang minum air akan membuat tubuh kekurangan cairan, sehingga akan terjadi penumpukan batu-batu pada ginjal, sehingga untuk mengeluarkan batu yang sangat banyak itu dibutuhkan operasi yang tentu saja akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi dampak yang akan kita rasakan setelah operasi, rasa sakit yang sangat menyiksa harus dirasakan selama proses pemulihan. Padahal batu ginjal dapat diluruhkan hanya dengan meminum segelas air putih hangat.

5. Sebagai obat alami penambah darah

Tak perlu minum obat-obat penambah darah aat merasa tubuh lemas dan pusing. Cobalah minum air putih dalam jumlah cukup. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat memperbarui sel-sel dalam darah, sehingga tubuh akan terasa sehat dan bugar sepanjang hari.

6. Mengobati sembelit

Jika Anda pernah merasakan kesulitan untuk buang air besar pada pagi hari, mungkin penyebabnya karena kurangnya konsumsi air putih, terlebih air putih hangat yang bisa melunakkan feses sehingga proses buang air besar menjadi lancar.

Sponsors Link

7. Meningkatkan energi

Bangun tidur tubuh terasa lemas dan mengantuk, apalagi sehabis begadang sepanjang malam. Segelas air putih dapat mengembalikan energi yang belum kembali sesaat setelah bangun.

8. Menurunkan panas demam tubuh

Menurut pengalaman beberapa orang teman, kalau sedang demam, usahakan untuk meminum segelas air putih hangat sebelum tubuh setiap hari secara berturut-turut sehingga kita akan sering buang air kecil, niscaya panas demam akan berangsur turun dan suhu tubuh akan kembali normal.

9. Mengurangi nyeri haid

Sering merasa keram di perut ketika sedang menstruasi? Hal itu dapat diatasi dengan mudah. Tidak perlu minum-minum obat pereda nyeri yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang belum tentu aman. Hanya dengan minum segelas air putih hangat yang diminum setiap beberapa jam sekali, nyeri keram akan hilang dengan cepat, dan perut juga akan terasa lebih nyaman.

10. Menguatkan akar rambut

Terakhir, minum air putih hangat juga bisa membuat rambut menjadi lebat dan indah, serta menguatkan akar-akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Juga dapat menghilangkan ketombe yang muncul di kulit kepala. (Baca juga: Cara merawat rambut agar tidak keringCara merawat rambut kering secara alami)

Melihat banyaknya manfaat minum air putih sebelum tidur bagi kecantikan kita, enggan minum hanya karena malas? Marilah mulai dari sekarang kita membiasakan diri untuk sering-sering melakukan terapi minum air putih sebelum tidur maupun saat bangun tidur, agar wajah Anda semakin cantik dan bercahaya. Kalau Anda merasa cantik, tentunya akan menambah kepercayaan diri, bukan? (Baca juga: Cara mencerahkan kulit wajahCara memutihkan wajah secara alami)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 15th, July 2017 / 09:24 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup