Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Wajah Kasar Paling Alami

Sponsors Link

Tidak ada yang ingin memiliki kulit wajah kasar, baik Anda laki-laki maupun perempuan. Seperti yang sudah kita ketahui, kulit wajah merupakan salah satu area yang amat sensitif pada tubuh manusia, dan bila berada dalam kondisi tertentu dapat menjadi kering dan kasar. Hal ini tentunya dapat berujung pada masalah penampilan dan tidak jarang dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

ads

Memang ada banyak produk perawatan kulit di pasaran yang menjanjikan untuk mengatasi kulit wajah yang kasar dan menjadikannya lembut kembali, namun produk-produk ini mematok harga yang tidak sedikit. Belum lagi kandungan bahan kimia di dalamnya yang dapat merusak kulit Anda lebih jauh lagi merupakan risiko yang harus siap Anda tanggung.

Baca juga: Cara menghaluskan kulit wajahCara menghaluskan wajah

Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi bila sedang mengalami masalah serupa. Kami punya solusinya, yaitu dengan merawat wajah menggunakan cara sederhana serta bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasar. Bahkan mungkin Anda telah memiliki beberapa di antaranya di dapur rumah Anda. Berikut kami paparkan ke-17 caranya, simak terus artikel ini.

1. Air

Air adalah komponen yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa memeroleh kulit yang halus dengan meminum cukup air. Targetkan sebanyak 8-10 gelas air per hari agar tubuh dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalamnya melalui sekresi. Ada baiknya juga bila Anda menghindari minuman dengan pemanis, alkohol, serta minuman yang berkarbonasi. Konsumsilah buah dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi. Membasuh wajah dengan air sebanyak dua kali dalam sehari juga dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Baca juga: Penyebab wajah bruntusanCara menghilangkan bruntusan di wajah

2. Timun

Timun mengandung komponen astringent, serta dapat menghidrasi dan menutrisi kulit. Ia mengandung pH yang sama dengan kulit sehingga dapat membantu mengembalikan level keasaaman alami kulit Anda. Hal ini penting guna melindungi kulit dari bakteri dan kontaminasi lainnya. Gunakan timun sebagai masker untuk mencegah munculnya jerawat, komedo, serta garis-garis halus pada kulit. Caranya:

  • Campurkan 1,5 timun yang telah dilumatkan dengan 2 sendok makan gandum dan sedikit susu
  • Gunakan masker di area wajah dan leher Anda, biarkan selama 20 menit
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat.

3. Tomat

Tomat segar adalah toner alami yang baik bagi kulit. Ia juga dapat membantu mengatasi jerawat dan bekas luka lainnya pada wajah. Untuk membuat kulit Anda lembut, blender beberapa buah tomat segar, lalu gunakan pasta tersebut sebagai masker pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, lantas bersihkan dengan air. Perawatan sehari-hari dengan menggunakan cara ini dapat mengecilkan pori-pori (dengan menghilangkan minyak serta kotoran lain yang mengisinya) sehingga membuat kulit Anda nampak halus.

Baca juga: Manfaat tomat untuk kulit – Manfaat tomat untuk wajah

4. Lemon

Air lemon dapat digunakan untuk membersihkan kulit, menyamarkan noda atau bekas luka pada kulit wajah, serta melembutkannya. Kandungan sitrus yang tinggi pada lemon memiliki enzim yang dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati, sehingga setelah menggunakannya, Anda akan merasakan kulit yang lebih segar dan halus. Kandungan astringent-nya juga merupakan pembersih yang baik bagi kulit berminyak Anda.

  • Untuk menyamarkan bekas luka dan jerawat, peraslah sebuah lemon segar dan ambil airnya. Oleskan pada seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan selama 10 menit lantas bilas wajah dengan air hangat. Anda bisa mengulangi perawatan ini beberapa kali dalam seminggu.
  • Untuk mendapatkan kulit yang lembut, campurkan air perasan dari setengah lemon dengan 1 buah putih telur. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Setelahnya, Anda dapat membasuh wajah dengan air hangat. Ulangi perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim alami yang dikenal sebagai papain. Ia mengandung antibakteri dan kemampuan untuk menyembuhkan. Enzim ini juga membantu menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan rusak.

  • Bila ingin membuat toner/pembersih, lumatkan beberapa potong pepaya yang matang dan gunakan pada wajah sebagai masker. Biarkan masker pada wajah selama sekitar 15 menit lantas bersihkan dengan air hangat.
  • Anda juga bisa menggunakan jus pepaya untuk mengurangi flek pada wajah akibat paparan sinar matahari. Untuk mencerahkan kulit, tambahkan sedikit air lemon pada jus pepaya tersebut.

6. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi beberapa masalah kulit. Ia juga biasa digunakan untuk mencerahkan bekas luka dan pigmentasi pada kulit wajah.

  • Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan susu secukupnya untuk membentuk pasta yang akan digunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah dan leher Anda setiap hari secara teratur untuk mendapatkan kulit yang cantik dan lembut.
  • Untuk meremajakan kembali kulit yang kasar dan kering, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok teh bubuk kayu cendana dan air secukupnya (Anda bisa juga mengganti air biasa dengan air bunga mawar). Gunakan campuran ini sebagai masker pada wajah dan biarkan mengering seluruhnya sebelum membersihkannya. Anda bisa menggunakan masker ini 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Manfaat masker kunyit untuk wajah – Cara mengatasi kulit wajah kering

7. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan lain yang juga biasa digunakan dalam resep perawatan kecantikan untuk menjaga agar kulit tetap bersih dan halus. Ia dapat membantu mengatasi jerawat, menghilangkan bekas luka, dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan pada wajah. Caranya:

  • Ambil/ekstrak gel dalam daun lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah Anda beberapa kali dalam seminggu.
  • Atau, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok teh air lemon dan 1 sendok teh madu. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher Anda, biarkan di sana selama 15-20 menit, lantas bersihkan. Anda bisa melakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga: Manfaat lidah buaya untuk kecantikan – Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah

8. Madu

Madu adalah bahan alami lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan kulit yang halus. Anda bisa pilih beberapa cara di bawah ini:

  • Oleskan saja madu mentah dan murni pada wajah dan leher Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit lantas bersihkan wajah dengan air dingin.
  • Pilihan lainnya adalah dnegan mencampurkan putih telur pada madu dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit lantas bersihkan wajah dengan air dingin dan sabun yang lembut untuk menghilangkan aroma putih telur.
  • Anda bisa juga membuat masker dengan 3 sendok makan madu dan 1,5 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan masker ini pada wajah Anda biarkan semalaman. Bersihkan wajah dengan air hangat keesokan paginya.

Baca juga: Manfaat madu untuk wajah – Cara menghilangkan komedo dengan putih telur

9. Daun mint

Daun mint dapat digunakan dalam beberapa cara untuk meningkatkan tone kulit dan mengurangi bekas luka yang membuat wajah nampak kasar. Kandungan menthol dalam daun ini juga dapat memberikan efek sejuk pada wajah Anda.

  • Untuk menyingkirkan jerawat, gunakan saja jus daun mint segar pada wajah Anda setiap malam.
  • Atau, Anda bisa juga menumbuk beberapa lembar daun mint dan menambahkan 2 sendok makan yogurt untuk membuat masker. Gunakan pada area wajah dan leher lantas biarkan selama 15 menit. Baru bersihkan setelahnya. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga: Manfaat daun mint untuk wajah – manfaat menthol untuk wajah

10. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki komponen antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak esensial ini karena ia dapat pula mengurangi bekas luka pada wajah, sehingga akan membuat wajah Anda nampak halus.

  • Untuk menyembuhkan/menghilangkan jerawat dengan cepat, gunakan kapas dalam mengaplikasikan tea trea oil secara langsung pada bagian wajah yang dimaksud sebanyak beberapa jam sekali.
  • Sekitar satu jam sebelum tidur, gunakan minyak vitamin E dan biarkan minyak tersebut ada pada wajah selama semalaman.

Meski kasusnya jarang, namun beberapa orang memiliki alergi pada minyak yang satu ini. Sehingga ada baiknya Anda mencobakan dulu sedikit tea tree oil pada sebagian kecil kulit tangan Anda sebelum menggunakannya pada wajah. Bila memang tidak ada reaksi apapun, berarti Anda aman menggunakannya.

Baca juga: cara menghilangkan komedo membandel – penyebab alergi kulit wajah

11. Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya berguna untuk urusan dapur, namun menggunakannya sebagai perawatan wajah dapat membuat kulit Anda lembut, lho. Anda bisa menambahkan kacang almond untuk mendapatkan hasil yang lebih baik karena campuran keduanya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

  • Campurkan setangkup bubuk almond dan beberapa tetes minyak kelapa untuk membuat masker
  • Oleskan pada wajah yang telah bersih dari makeup dan biarkan selama beberapa menit
  • Bersihkan scrub dari wajah dengan kain bersih lantas basuh wajah Anda sesudahnya
  • Ulangi perawatan ini 1-2 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang positif.

12. Gula merah

Siapa yang mengira bahwa gula merah ternyata efektif untuk mengatasi kulit wajah yang kasar? Gula merah dapat mengeksfoliasi kulit Anda karena kandungan molasenya, sehingga Anda akan mendapatkan kulit yang sehat, lembut, dan cerah.

  • Ambil 1-2 sendok makan gula merah dan berikan sedikit air untuk membuat maskernya, Anda bisa menambahkan minyak esensial lavender atau tea tree oil untuk memberikan aroma harum sekaligus menyingkirkan jerawat
  • Bersihkan wajah Anda dari makeup, lantas gunakan masker tersebut pada wajah Anda dan biarkan beberapa menit
  • Bilas wajah menggunakan air hangat setelahnya dan gunakan moisturizer karena masker ini dapat membuat kulit menjadi kering
  • Anda bisa mengulangi perawatan ini beberapa kali dalam seminggu hingga kulit Anda nampak halus.

Baca juga: Perawatan kulit kering – Penyebab kulit kering

13. Pisang

Tahukah Anda bahwa pisang dapat menghidrasi kulit Anda? Dengan kadar air yang terjaga, kulit wajah Anda akan nampak segar, lebih muda, dan juga lebih halus. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan membuat masker dari bahan pisang, caranya:

  • Lumatkan sebuah pisang yang sudah matang dan berukuran sedang
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit
  • Bersihkan wajah dengan air dingin sesudahnya

Tips Lain yang Dapat Anda Lakukan

1. Hindari sinar matahari

Salah satu cara untuk menghindari wajah kasar, Anda perlu terlebih dulu melindungi kulit wajah Anda dari sinar matahari. Gunakan payung atau topi untuk melindungi wajah secara langsung dari sinar matahari, serta produk sunscreen yang cocok dengan jenis kulit Anda untuk mendapatkan perlindungan esktra. Pilih sunscreen yang antiair agar tidak mudah luruh bila Anda berkeringat. Sebisa mungkin kurangi kontak Anda dengan sinar matahmiari, terutama di siang hari yang terik.

2. Atur diet

Tips lain yang dapat Anda praktikkan untuk mendapatkan wajah yang halus adalah dengan mengatur pola makan. Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, B1, B6, A, dan C. Vitamin A dan C mengandung antioksidan yang baik bagi kulit dan dapat mencegah flek hitam muncul di kulit. Anda akan merasakan hasil yang baik bila teratur mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang kami sebutkan di atas setiap hari. Anda bisa mempraktikkannya dengan rutin mengonsumsi jus buah atau mengolahnya ke dalam salad atau hidangan sehari-hari. Anda juga bisa menambahkan asam lemak omega-3 seperti minyak ikan, minyak zaitun, seafood, kacang kedelai, dan lain-lain.

Baca juga: Manfaat eksfoliasi wajah – cara merawat wajah agar tidak kusam – Cara menghilangkan wajah kusam

3. Mulailah gaya hidup sehat

Menjaga gaya hidup sehat memang lebih sulit ketimbang memulainya. Godaan untuk meninggalkan gaya hidup baru yang lebih sehat dan kembali ke gaya hidup lama akan selalu ada, sehingga selain niat Anda juga harus punya konsistensi untuk melakukannya. Contoh perubahan gaya hidup untuk mendapatkan kulit yang sehat:

  • Olahraga secara teratur
  • Jangan stres
  • Berhenti merokok
  • Hindari minum-minuman beralkohol
  • Banyak minum air, setidaknya dua liter per hari

4. Jangan gunakan air panas

Air panas dapat mengurangi kadar minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, mandi atau mencuci wajah dengan air panas dan sabun lebih baik dihindari karena kombinasi keduanya dapat membuat kulit Anda semakin kering. Kulit yang kering dapat menjadi bersisik dan menyebabkan wajah nampak kasar. Ganti air panas dengan air hangat suam kuku untuk membersihkan kulit wajah yang kering, lantas gunakan moisturizer sesudahnya.

Baca juga: Penyebab wajah berminyak – Manfaat mencuci muka sebelum tidur

Semua perawatan ini cukup mudah, tidak mahal, dan tentunya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa mengatasi wajah kasar yang Anda miliki dengan salah satu pilihan perawatan di atas dan, tentunya, dengan ditambah sedikit kesabaran. Selamat mencoba!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 02:57 Oleh :
Kategori : Wajah