25 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Paling Alami

Kulit wajah yang begitu kasar bisa jadi menjadi alasan beberapa wanita akhirnya merasa kurang percaya diri. Jika Anda ingin tahu apa saja cara menghaluskan wajah secara alami, ada berbagai referensi yang bisa Anda coba simak pada kesempatan ini. Ada beberapa cara dan bahan efektif yang layak untuk Anda perlu praktikkan di rumah.

(Baca juga: cara mencegah penuaan dini)

1. Memakai Pasta Gigi

Efektivitas pasta gigi dalam menghaluskan kulit wajah ternyata sangat tinggi, tak hanya sekadar dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi saja. Komedo serta kulit kusam juga dapat diatasi dengan pasta gigi ini di mana bahan satu ini sangat mudah didapat dan jelas tersedia di setiap rumah.

  • Caranya: Siapkan pasta gigi secukupnya dan pastikan bahwa Anda menggunakan pasta gigi herbal. Bilaslah wajah terlebih dulu memakai air hangat sebelum mengoleskan pasta gigi ke wajah, hal ini bertujuan agar pasta gigi terserap sempurna ke dalam kulit. Setelah pengolesan, tunggu ½ jam atau paling tidak hingga kering, atau bisa juga mendiamkan semalaman sebelum esok paginya dibilas.

2. Menggunakan Kulit Jeruk

Apabila biasanya sehabis menikmati buah jeruk Anda akan membuang kulitnya, kini Anda perlu menjaga dan menyimpan kulit jeruk baik-baik. Selain dapat menjadi cara memutihkan ketiak, scrub dari kulit jeruk ini bakal mampu menjadi eksfoliator pada kulit wajah Anda.

  • Caranya: Sediakan secukupnya saja kulit jeruk yang kemudian bisa Anda blender dan ditambah dengan air lemon sebanyak 3 sendok teh. Pastikan supaya tekstur tak terlalu encer, barulah Anda pakai dengan meratakannya ke bagian wajah. Gosokkan sambil memijat selama 10-15 detik dan ketika sudah kering, bilas menggunakan air hangat.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

3. Memakai Pepaya

Tak salah lagi memang kalau pepaya adalah buah sehat yang bisa membantu melancarkan buang air besar. Pepaya adalah buah yang mampu menjadi eksfoliator dan pengangkat sel-sel kulit mati. Jadi bila dipakai rutin, flek hitam, jerawat, serta komedo dapat diatasi juga dengan sempurna.

  • Caranya: Ambil secangkir buah pepaya matang yang bisa Anda haluskan, lalu tambah sedikit minyak zaitun ataupun madu supaya terbentuk pasta pepaya. Oles merata ke bagian wajah seluruhnya sambil memberikan pijatan sampai akhirnya teresap dengan baik. Tunggulah ½ jam sebelum akhirnya Anda membasuh menggunakan air dingin.

4. Memanfaatkan Alpukat

Satu lagi buah yang mampu menghaluskan serta mengenyalkan kulit wajah Anda, yaitu alpukat. Dengan kandungan lemaknya yang tinggi serta nutrisi-nutrisi baiknya, alpukat sangat mampu membuat kulit lebih lembab dan lembut secara alami. Jadi memang sangatlah cocok apabila Anda yang memiliki kulit kusam dan kering menggunakan bahan ini.

  • Caranya: Ambil sekitar secangkir buah alpukat segar, yakni dagingnya saja, lalu tuang madu sedikit untuk menjadi campurannya. Campurkan rata supaya dapat terbentuk adonan pasta, dan oles langsung ke wajah Anda secara menyeluruh. Tunggulah sampai pasta tersebut di wajah Anda terasa kering dan kaku, barulah Anda menggunakan air hangat untuk membilas.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

5. Menggunakan Yogurt dan Pisang

Selain baik untuk diet, pisang adalah buah yang serbaguna juga untuk kesehatan kulit di mana ada kandungan vitamin E, kalium, serta serat yang tinggi. Supaya hasil perawatan lebih baik dan maksimal, silakan Anda kombinasikan dengan yogurt. Nutrisi-nutrisi tersebut amat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membuatnya lembut secara alami.

  • Caranya: Siapkan buah pisang apapun jenisnya dan haluskan hingga banyaknya 1 cangkir kecil. Masukkan yogurt dingin secukupnya dan campur sampai membentuk pasta. Oles menyeluruh pada wajah tepat sehabis mandi secara rutin. Tunggulah sekitar ½ jam dan bilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Memakai Tomat

Buah dengan kandungan tinggi akan vitamin E ini juga berguna dalam menghaluskan kulit wajah Anda. Senyawa likopen pun cukup tinggi kadarnya sehingga akan turut merawat kulit wajah, membasmi efek jahat dari radikal bebas, serta menghilangkan komedo. Memakai rutin bahan ini untuk perawatan wajah seminggu 3 kali saja akan memaksimalkan hasilnya.

  • Caranya: Siapkan tomat 1 buah saja yang masih segar dan pastikan bahwa Anda membelahnya menjadi 2. Ambil bubuk kopi secukupnya untuk ditaburkan ke bagian dalam dari 2 potongan tomat tersebut. Usap-usapkan ke area wajah sampai menyeluruh selama 15-20 detik lamanya. Bilas pakai air hangat setelah itu sampai bersih. Atau, bisa juga Anda menjadikan tomat masker wajah Anda setiap hari.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

7. Mengombinasikan Telur dan Madu

Telur serta madu adalah 2 bahan alami yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga bagus untuk merawat kulit. Kandungan antioksidan, mineral dan vitaminnya sangat tinggi sehingga nutrisi lengkap ini bakal mampu menghaluskan dan mempercepat regenerasi kulit wajah Anda.

  • Caranya: Putih telur yang sudah Anda siapkan bisa Anda kocok dan pastikan bahwa yang dipakai adalah telur ayam kampung saja. Tambahkan madu alami sebanyak 1-2 sendok makan sebagai campurannya. Oles merata pada seluruh area wajah yang telah Anda bersihkan memakai air hangat. Biarkan ½ jam hingga akhirnya terasa meresap dan kaku bagian wajah Anda. Sesudah itu gunakan air dingin sebagai pembilas wajah.

8. Memanfaatkan Lemon

Ada cukup banyak manfaat lemon untuk kulit yang bisa Anda manfaatkan, baik itu untuk kulit wajah maupun kulit tubuh seluruhnya. Karena mampu menjadi eksfoliator yang mengangkat sel-sel kulit mati, otomatis memang akhirnya nanti kulit yang kasar bakal kembali menjadi halus.

  • Caranya: Sediakan lemon 1 buah saja bersama dengan madu murni secukupnya. Lemon bisa Anda belah menjadi 2 bagian, lalu kemudian Anda oles belahan tersebut menggunakan madu. Usapkan secara lembut pada seluruh wajah Anda, namun hati-hati kena mata; pengolesan sebaiknya dilakukan 10-15 detik. Gunakan air hangat untuk membilas bila sudah dioles merata.

9. Menggunakan Scrub Kopi

Pasti istilah scrub sudah tak asing bagi Anda yang gemar merawat kulit. Scrub sendiri dikenal sebagai perawatan kulit dengan bahan berbutiran kecil yang efeknya adalah sebagai pengangkat sel-sel kulit mati. Meski banyak dijumpai di salon-salon kecantikan, sebetulnya Anda dapat membuat sendiri di rumah agar lebih murah dan alami.

  • Caranya: Sediakan 2 sendok makan kopi bubuk bersama dengan sendok pasir yang bertakaran sama. Minyak zaitun pun jangan sampai ketinggalan sebanyak 1-2 sendok makan. Ketiga bahan pun akhirnya dapat Anda campur sampai merata dan upayakan supaya tidak encer sekali hasilnya. Gosokkan scrub alami ini pada wajah selama 15 detik, baru setelah itu cuci wajah dengan air hangat.

(Baca juga: manfaat masker kopi)

ads

10. Memakai Tepung Beras

Manfaat tepung beras sebenarnya sangat besar, termasuk bagi kesehatan kulit. Selain dapat menjadi pemutih kulit alami, kandungan baik pada tepung beras juga sangat bermanfaat untuk cara menghaluskan kulit. Hanya saja, efeknya bakal dialami dan dirasakan langsung biasanya sesudah pemakaian 3-4 kali.

  • Caranya: Sediakan tepung beras yang memang berkualitas terbaik, lalu campurkan bersama air hangat sampai akhirnya terbentuk krim atau adonan pasta. Area wajah yang sudah dicuci dengan air hangat dapat Anda oles dengan pasta tepung beras ini sampai rata. Tunggu hingga kaku dan mengering sendiri sebelum Anda boleh membilasnya dengan air dingin.

11. Minum Air Putih

Banyak-banyak mengonsumsi air putih sebetulnya merupakan sebuah keuntungan tak hanya bagi organ dalam tubuh Anda, tapi juga bagi kulit. Kulit yang halus dan sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan cukup baik. Maka dari itu, mengonsumsi 8-10 gelas air putih per harinya bakal sangat membantu Anda.

Ingat juga bahwa air putih sendiri akan menolong membuang segala racun dan limbah yang tertimbun di dalam tubuh. Selama proses menghaluskan kulit, pastikan hanya air putih yang Anda konsumsi sebagai minumannya. Menghindari konsumsi minuman manis buatan serta berkarbonasi amat penting dilakukan supaya memaksimalkan kerja dari air putih dalam menghidrasi serta menyehatkan kulit.

12. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Menjadi salah satu minyak esensial yang populer, minyak pohon teh atau tea tree oil ini beranti-bakteri yang otomatis bakal memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah dar berbagai kuman penyebab jerawat dan kulit kasar.

  • Caranya: Bila ingin kulit wajah yang bersih dan halus, angkat segala sel-sel kulit mati secara maksimal dengan minyak pohon teh ini. Campurkan secukupnya minyak pohon teh dan sedikit air untuk Anda aplikasikan langsung ke wajah. Setelah beberapa menit Anda tinggalkan, bilas wajah seperti biasa dengan air bersih. Melakukannya serutin mungkin jelas jauh lebih baik nanti hasilnya, seperti yang Anda dambakan.

(Baca juga: manfaat madu untuk masker wajah)

13. Memakai Madu

Apabila sebelumnya disebutkan bahwa madu menjadi bahan tambahan bagi cara yang lainnya, madu sebenarnya juga bisa Anda jadikan bahan utama menghaluskan kulit wajah. Asalkan madu murni, manfaat madu untuk wajah sudah sangat terbukti besarnya, bahkan cara pemakaiannya pun terbilang sangat sederhana.

  • Caranya: Siapkan madu yang benar-benar asli dan murni, lali ambil beberapa tetes untuk Anda oles langsung ke area wajah serta leher Anda. Tunggu selama kurang lebih 10 menit sebelum membasuh wajah untuk membersihkannya dengan menggunakan air dingin. Jadi, selain bisa dicampur telur, Anda bisa menggunakan madu ini sendiri untuk cara yang jauh lebih sederhana tanpa mengurangi efektivitasnya.

14. Memanfaatkan Mentimun

Kaya akan kandungan air, jelas sudah bahwa mentimun mampu menghidrasi kulit selain dari air putih. Karena kandungan pH-nya pun sama seperti kulit, maka mentimun adalah bahan mudah, murah dan alami yang baik untuk melindungi kulit dari jahatnya bakteri serta kontaminan lain.

  • Caranya: Gunakan mentimun sebagai masker wajah dengan mencampurkan jus mentimun ½ saja bersama oatmeal 2 sendok makan serta sedikit susu. Hasil teksturnya hampir sama dengan scrub dan Anda dapat mengaplikasikan langsung ke wajah serta area leher. Tinggalkan selama 20 menit lamanya sebelum Anda boleh membersihkannya dengan air hangat.

(Baca juga: manfaat daun mint untuk wajah)

15. Menggunakan Daun Mint

Ketika mendengar namanya saja pasti sudah akan dapat terbayangkan betapa adem efek yang diberikan oleh daun mint. Mint sendiri sudah cukup banyak digunakan sebagai solusi kulit bermasalah. Kandungan menthol-nya pun sangat berperan dalam memberikan efek rileks pada kulit sehingga memang sangat baik untuk kulit kasar, berjerawat dan teriritasi.

  • Caranya: Ambil jus mint untuk langsung Anda terapkan pada kulit wajah Anda setiap malam. Atau, Anda juga boleh mengambil daun mint secukupnya yang kemudian dilumatkan lebih dulu, barulah Anda tambahkan dengan yogurt tawar 2 sendok makan untuk menjadikannya adonan pasta. Setelah itu, oles ke wajah dan leher Anda, tinggalkan 15 menit, barulah Anda bisa membilasnya dengan air biasa. Cukup beberapa kali dalam 1 minggu akan memaksimalkan hasil perawatannya.

16. Memakai Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah yang jelas banyak manfaatnya, termasuk mengatasi masalah kulit di mana ini bisa digunakan sebagai pencerah kulit. Tak hanya mencerahkan maupun mencegah kulit dari pigmentasi, kunyit pun berguna untuk menghaluskan kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan yang kemudian ditambah dengan susu secukupnya untuk membentuk adonan pasta. Pasta yang sudah jadi dapat Anda oles langsung ke leher dan wajah sampai merata. Biarkan selama beberapa menit sampai meresap dan kering barulah Anda bilas dengan air biasa.
  • Alternatif: Ada satu lagi cara penggunaan kunyit, yaitu dengan menyediakan sesendok teh kunyit bersama dengan bubuk cendana 2 sendok makan dan air sedikit. Campurkan seluruh bahan untuk membentuk adonan pasta. Boleh juga Anda ganti dengan air mawar bila ada. Sesudah jadi, aplikasikan ramuan ke wajah serta leher dan biarkan mengering sendiri sebelum Anda membersihkannya. Cukup seminggu 1-2 kali melakukan perawatan ini sudah termasuk cukup.

17. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain melembabkan, minyak kelapa memiliki fungsi sebagai pelembut alami kulit wajah. Dengan kandungan vitamin E di dalamnya, makan minyak kelapa yang bisa digunakan secara sederhana ini bakal membantu merawat kulit serta menjauhkannya dari penuaan dini.

  • Caranya: Anda cukup mengambil beberapa tetes dari minyak kelapa ini untuk langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Oleskan sambil memberi pijatan selama beberapa detik sebelum akhirnya Anda biarkan 10-15 menit dan dibilas dengan air biasa. Lakukan metode perawatan ini seminggu 3-4 kali supaya hasil maksimalnya bisa Anda peroleh dan rasakan sendiri.

18. Memakai Lidah Buaya

Tampaknya sudah bukan hal yang mengherankan tentang manfaat lidah buaya untuk kecantikan, entah itu tujuannya untuk mempercantik kulit atau menyehatkan tubuh. Untuk membersihkan kulit dan membuatnya halus secara alami, Anda patut mempertimbangkan lidah buaya sebagai bahan perawatan sehari-hari. Bahkan dengan bahan ini jugalah Anda dapat mencegah kerutan serta garis halus.

  • Caranya: Ambil gel lidah buaya dari daun tanaman lidah buaya yang sudah Anda siapkan, lalu aplikasikan secara langsung ke kulit wajah beberapa kali dalam 1 minggu. Secara alternatif, Anda bisa mencoba mengombinasikan sesendok makan gel lidah buaya bersmaa jus lemon 2 sendok teh dan sesendok teh madu. Campuran inilah yang perlu Anda aplikasikan ke wajah serta leher dan bilas sesudah 20 menit. Melakukannya seminggu beberapa kali saja sudah cukup dan tak perlu harus setiap hari kalau memang Anda tak sempat.
Sponsors Link

19. Aprikot dan Madu

Aprikot adalah bahan alami selanjutnya yang bisa anda andalkan ketika hendak menghaluskan kulit wajah secara alami. Madu murni dapat Anda jadikan kombinasi yang tepat bagi aprikot ini.

  • Caranya: Hancurkan aprikot hingga lembut dan buatlah adonan pasta dengan menambahkan sedikit madu asli. Terapkan larutan ini pada wajah Anda selama 15-20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air biasa setelah itu. Anda pasti akan menyukainya karena metode seperti ini turut menghilangkan kelebihan minyak pada wajah juga sehingga tak hanya halus, kulit wajah pun turut menjadi lebih segar kelihatannya.

20. Wortel dan Madu

Selain aprikot dan telur, Anda juga bisa mencampurkan wortel dengan madu untuk merawat kulit wajah Anda. Kabar baiknya, apapun jenis kulit Anda, bahan perawatan ini cocok-cocok saja dan tak akan ada efek samping yang berbahaya.

  • Caranya: Sediakan beberapa buah wortel yang bisa Anda parut dan parutannya dapat Anda campurkan dengan baik bersama sesendok makan madu murni. Sesudah jadi, campuran ini dapat Anda balurkan di area wajah serta leher hingga menyeluruh. Biarkan selama 15 menit yang kemudian dilanjutkan dengan membasuhnya menggunakan air biasa. Baik setiap hari atau seminggu 1 kali, perawatan ini akan memberikan hasil yang luar biasa sempurna untuk kulit menjadi jauh lebih lembut.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

21. Menghindari Begadang

Kulit wajah yang kasar dan kusam tak hanya bisa disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah atau produksi minyak berlebih. Terlalu sering begadang mampu menyebabkan kulit wajah tampak kurang bersinar dan mulailah timbul bintik-bintik yang cukup kasar di wajah. Bahkan jerawat pun bisa datang karena begadang.

Oleh karena itu, silakan hindari begadang dan manfaatkan waktu istirahat Anda semaksimal mungkin. Waktu istirahat yang baik adalah 8-9 jam setiap harinya sehingga tak hanya menjaga kesehatan tubuh tapi juga menjaga kesehatan kulit.

22. Menghindari Membersihkan Wajah Sering-sering

Mencuci dan membersihkan wajah adalah hal yang baik, tapi bukan lantas berarti Anda perlu mencucinya sesering mungkin. Penting untuk membersihkan wajah ketika Anda mengenakan riasan wajah, tapi mencuci wajah sebaiknya hanya dilakukan 2 kali saja setiap harinya. Mencuci wajah memerlukan proses menggosok kulit di mana ini sangatlah berbahaya karena mampu menghilangkan lapisan kulit yang sebenarnya lembab, alami dan pada kondisi sehat.

Justru malah dengan mencuci wajah sering-sering bakal berpotensi membuat kulit wajah memerah dan mengelupas. Bila tujuan Anda untuk mengurangi produksi minyak berlebih, memang benar mencuci wajah akan sangat efektif untuk itu. Namun apabila terlalu sering, produksi minyak justru akan berkurang banyak dan menjadikan kulit kasar serta kering.

(Baca juga: penyebab kulit kering)

23. Menghindari Memencet Jerawat

Memang cukup risih ketika harus melihat tumbuhnya jerawat di wajah dan muncul titik putih di puncaknya. Inilah yang kerap kali menggoda para pemilik jerawat untuk memencetnya supaya bagian putih tersebut hilang dan jerawat pun cepat mengempis.

Hanya saja, yang paling baik untuk Anda lakukan adalah memperlakukan jerawat dengan baik. Mintalah bantuan dermatologis demi mengatasi jerawat secara lebih aman. Dengan memencetnya, ini hanya akan membuat masa penyembuhan jauh lebih lama dan dipastikan pula bakal menimbulkan bekas luka.

24. Melakukan Eksfoliasi

Manfaat eksfoliasi wajah sudah banyak yang membuktikan dan Anda pun dapat turut memperoleh manfaatnya juga, seperti dengan menggunakan beberapa bahan di atas yang memang berperan sebagai eksfoliator alami. Kulit yang halus adalah kulit yang bebas dari sel-sel kulit mati dan kalaupun Anda pernah mendengar eksfoliasi mampu mengakibatkan kulit kering, jangan percaya.

Malah sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan eksfoliasi secara teratur (teratur bukan berarti terlalu sering) supaya proses regenerasi sel dapat dipercepat. Dengan demikian, kelembaban wajah pun turut meningkat. Bahkan kabar baiknya lagi, produksi kolagen pun turut meningkat dengan metode eksfoliasi ini dan akhirnya kulit tak sekadar halus tapi juga kenyal.

25. Makan Makanan Bergizi

Tentu saja apa yang Anda makan dan masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit Anda. Maka, jaga asupan gizi serta pola makan dengan menyediakan makanan-makanan yang bernutrisi, yakni 4 sehat 5 sempurna. Tak hanya organ dalam tubuh Anda yang bakal merasakan manfaatnya, tapi kulit pun menjadi lebih sehat dan halus secara alami.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

Demikianlah serangkaian cara menghaluskan wajah paling alami yang boleh Anda coba di rumah. Ketika segala cara ini sudah dicoba namun tak juga mempan, konsultasikan segera pada ahli perawatan kulit profesional supaya dapat terdeteksi masalah pada kulit Anda yang kasar tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 14:08 Oleh :
Kategori : Wajah