Sponsors Link

20 Manfaat Mencuci Muka sebelum Tidur untuk Kulit Wajah

Sponsors Link

Manfaat Mencuci Muka sebelum TidurManfaat mencuci muka sebelum tidur sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan kulit dan wajah Anda. Muka atau wajah adalah jendela diri kita. Ketika berinteraksi dengan orang lain, fokus kita pasti pada wajah lawan bicara kita.

ads

Karenanya kita semua, terutama para wanita, menginginkan wajah yang cantik dan sempurna.  Untuk membuat wajah kita sempurna, kita akan mengaplikasikan berbagai macam kosmetik dan perawatan khusus pada wajah. Namun banyak yang meremehkan perawatan pasca pemakaian kosmetik, yakni mencuci muka sebelum tidur. (Baca juga: Cara merawat wajah sensitifBahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan)

Manfaat Mencuci Muka sebelum Tidur

Meskipun mencuci muka nampak seperti hal yang sepele, tapi banyak orang tidak menyadari bahwa banyak sekali manfaat yang didapat dari mencuci wajah sebelum tidur. Penasaran? Berikut ini adalah 20 manfaat mencuci muka sebelum tidur.

  1. Mencegah tumbuhnya jerawat

Sebelum beraktifitas kita memakai berbagai macam kosmetik pada wajah. Ada foundation, bedak, maskara, lipstik, bulu mata, dan lain-lain. Hal itu tentu saja menutup pori-pori pada wajah. Ditambah lagi debu yang juga menempel selama kita beraktifitas seharian, akan membuat wajah kita mudah timbul jerawat. Karenanya sangat penting bagi kita untuk mencuci wajah sebelum tidur dan membebaskan wajah dari segala kosmetik dan debu yang menutupinya.

  1. Mencegah infeksi mata

Mata adalah bagian dari wajah yang juga sangat penting. Mata kita juga tak luput dari sapuan riasan setiap harinya. Tidur dengan mata penuh riasan tentu saja bukan hal yang baik untuk kesehatan mata. Riasan mata dapat menyebabkan folikel rambut, juga kelenjar minyak tertutup sehingga menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Peradangan dan iritasi adalah masalah yang kerap timbul jika kita tidak menghapus riasan pada area mata sebelum tidur.

  1. Mempertahankan penampilan kulit

Kulit wajah termasuk bagian tubuh lebih sensitif dan membutuhkan perlakuan khusus. Mencuci wajah setiap hari sebelum tidur dipercaya dapat mempertahankan penampilan kulit wajah karena membersihkan kotoran yang menempel pada kulit.

  1. Mendetoksifikasi racun

Polusi udara yang tidak bisa kita hindarkan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga makanan yang kita konsumsi tanpa kita sadari mengandung zat yang menjadi racun dalam tubuh kita. Racun-racun itu bersembunyi dalam kulit dan tidak mudah untuk dikeluarkan. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, dianjurkan menggunakan air hangat, dapat membuka pori-pori dan menghasilkan keringat. Keringat-keringat itu akan membawa racun keluar dari dalam tubuh.

  1. Memaksimalkan regenerasi kulit

Kulit kita mengalami pengelupasan setiap hari. Sel-sel kulit mati akan berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, sel-sel kulit mati akan hilang dan tidak akan menumpuk pada wajah.

  1. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah sebelum tidur, khususnya mencuci wajah menggunakan air hangat merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini, karena dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit. Tentu saja hal ini akan membantu kita tampak awet muda karena penuaan dini bisa dicegah.

  1. Menjaga keelastisan kulit

Kulit yang sehat dan terjaga akan membuat kita selalu nampak segar dan awet muda. Kulit tampak lebih elastis dan kenyal. Untuk hasil yang lebih memuaskan dan menambah manfaatnya, Anda dapat menggunakan air hangat dan mencampurnya dengan bahan tambahan seperti madu, air, mawar, air jeruk nipis/ lemon, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu kunci kesehatan wajah adalah lancarnya sirkulasi darah. Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Jika sirkulasi darah lancar tentu akan mempengaruhi penampakan wajah yang terlihat selalu segar.

  1. Menjaga kesehatan saraf

Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat selain dapat memberikan manfaat pada sirkulasi darah, juga dapat memberikan rangsangan-rangsangan pada syaraf wajah. Tentu saja hal ini sangat baik karena akan membuat syaraf selalu sehat.

  1. Menghilangkan stres

Sibuk beraktifitas seharian akan membuat stres menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Stres selain mempengaruhi tubuh, juga akan nampak pada wajah Anda. Dengan mencuci wajah sebelum tidur akan memberikan efek menyejukkan dan menenangkan. Secara otomatis hal ini akan mengusir stres dan membuat Anda siap beraktifitas kembali keesokan harinya.

ads
  1. Menghilangkan kantuk

Kantuk menyerang saat Anda sedang beraktifitas? Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan mengganggu produktifitas kerja Anda. Apalagi jika Anda harus lembur sebelum tidur. Untuk menunda kantuk dan melanjutkan pekerjaan Anda di malam hari, Anda dapat mencuci wajah. Dengan mencuci wajah akan mengembalikan kesegaran pada tubuh dan menambah energi untuk melakukan pekerjaan Anda.

  1. Membuang lemak

Cara merawat kulit berminyak adalah dengan cara mengendalikan jumlah lemak berlebih yang bersembunyi di bawah jaringan kulit, termasuk di bawah jaringan kulit wajah Anda. Hal ini membuat wajah Anda tampak chubby dan menurunkan kepercayaan diri. Mencuci wajah dengan air hangat sebelum tidur secara teratur dapat membantu Anda meluruhkan lemak-lemak yang bersemayam dibawah jaringan kulit wajah. Hasilnya adalah wajah Anda akan tampak lebih tirus.

  1. Menghilangkan komedo

Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menyebabkan munculnya komedo pada wajah Anda. Meskipun komedo tidak mempengaruhi kesehatan Anda, namun secara estetika komedo dapat menganggu penampilan Anda. Mencuci wajah sebelum tidur, dianjurkan dengan air hangat, setelah wajah Anda diuap, dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo membandel dan mengangkatnya dari wajah Anda.

  1. Membuka pori-pori

Pori-pori wajah memegang peranan penting dalam kesehatan wajah Anda. Anda perlu membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran, keringat, dan racun dari tubuh kita. Mencuci wajah dengan air hangat akan sangat membantu Anda membuka pori-pori di wajah Anda.

  1. Mengecilkan pori-pori

Setelah pori-pori terbuka dan mengeluarkan kotoran, keringat, dan racun dari dalam tubuh, kita harus segera menutupnya. Cara mengecilkan pori-pori besar atau terbuka selain menggunakan krim untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan mencuci wajah kita menggunakan air dingin.

  1. Melembabkan kulit

Kulit yang bagus adalah kulit yang kelembabannya terjaga. Kulit yang lembab tampak lebih kenyal dan kencang. Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering pada wajah dan membantu menjaga kelembaban kulit adalah dengan mencuci wajah secara rutin terutama saat sebelum tidur. (Baca juga: Pelembab untuk kulit berminyak)

  1. Memberikan efek relaksasi

Otot wajah dapat dengan mudah tegang karena stres. Dengan membasuh wajah sebelum tidur setelah seharian beraktifitas dapat memberikan efek relaksasi. Hal ini sangat membantu untuk menenangkan otot dan syaraf. Cobalah rutin mencuci wajah sebelum tidur, kemudian rasakan manfaatnya.

  1. Membunuh kuman

Kulit wajah tidak luput dari kuman dan bakteri yang berasal dari udara maupun kosmetik kita. Dengan mencuci wajah menggunakan ar hangat dapat membunuh kuman tanpa mempengaruhi sel-sel kulit sehat di kulit. Dengan tidak adanya kuman di kulit kita, jerawat dan masalah kulit lainnya bukan masalah lagi.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati mempunyai kemampuan untuk mengelupas sendiri, namun sel-sel kulit mati tersebut membutuhkan bantuan untuk terangkat dari permukaan wajah kita. Sel-sel kulit mati membuat kulit wajah kita terlihat kusam. Mencuci wajah sebelum tidur sangat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan bekas kosmetik dan debu dari wajah kita. (Baca juga: Manfaat eksfoliasi wajah — Cara mengatasi kulit kusam)

  1. Mengangkat minyak

Minyak berlebih di wajah dapat membuat jerawat bermunculan dan merusak penampilan kita. Tentu saja kita tidak ingin minyak menodai wajah kita. Mencuci wajah sebelum tidur secara rutin dapat membantu mengurangi minyak di wajah. Andapun siap beraktifitas di luar dengan lebih percaya diri. (Baca juga: Penyebab kulit berminyak saat bangun tidur)

Akibat Tidak Mencuci Muka sebelum Tidur

Masih malas cuci muka atau wajah sebelum tidur? Tidak takut dengan akibat yang ditimbulkan karena malas mencuci wajah sebelum tidur? Apa sih akibatnya jika malas mencuci wajah sebelum tidur? Akibat malas mencuci muka sebelum tidur sangat berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi penampilan dan menurunkan kepercayaan diri saat bergaul dengan teman atau rekan kerja. Kerugian yang diakibatkan tidak mencuci muka sebelum tidur di antaranya adalah:

  1. Wajah menjadi berjerawat dan kusam. (Baca juga: Cara mengatasi kulit kusam)
  2. Kulit menjadi tidak sehat karena banyaknya kotoran menumpuk di pori-pori yang tersumbat. (Baca juga: Pembersih wajah alami)
  3. Memperparah peradangan pada wajah yang berjerawat. (Baca juga: Ciri-ciri kulit sensitifCara merawat kulit sensitif)
  4. Kulit akan kehilangan kelembaban lebih cepat. Tentu saja hilangnya kelembaban menyebabkan wajah menjadi keriput dan nampak lebih tua.

Hal yang harus Dihindari saat Mencuci Muka

Meskipun mencuci muka adalah hal yang mudah dilakukan, namun masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci muka. Hal ini akan menjadikan Anda tidak mendapatkan hasil yaang maksimal dan bahkan justru dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit wajah. Berikut adalah kesalahan dalam mencuci wajah.

  1. Tidak mencuci telapak tangan sebelum mencuci wajah

Telapak tangan adalah bagian terpenting saat mencuci wajah. Selain itu kita juga menggunakan telapak tangan untuk melakukan banyak hal dalam aktifitas sehari-hari, sehingga sangat memungkinkan tangan kita dihinggapi kotoran, kuman, dan bakteri yang merugikan kita. Jika kita langsung menggunakan tangan yang kotor untuk mencuci wajah, dikhawatirkan akan menjadi memindahkan kuman dan bakteri yang dapat menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah.

  1. Tidak menghapus make up atau kosmetik sebelum mencuci wajah

Make up atau kosmetik tebal yang menempel seharian harus dibersihkan. Jika kita lalai dan langsung menggunakan sabun pembersih muka untuk mencuci wajah, maka akan terlihat bersih hanya diluarnya saja. Didalamnya masih banyak sisa make up yang menyumbat pori-pori, apalagi jika mengandung bahan kosmetik yang berbahaya. Sebaiknya bersihkan dahulu kosmetik sebelum dibersihkan. Wajah akan bersih di luar maupun di dalam.

Sponsors Link

  1. Terlalu sering mencuci wajah

Meskipun mencuci wajah dapat membantu menjaga kelembaban kulit, namun bukan berarti Anda boleh mencuci wajah terlalu sering. Wajah mengandung lapisan lilin yang melindungi kulit. Jika terlalu sering mencuci waja, maka kulit wajah akan kehilangan lapisan tersebut dan menjadi penyebab kulit kering. Jika wajah kering, otomatis akan menjadi mudah timbul keriput. Cucilah wajah seperlunya saja, namun rutin. (Baca juga: Cara menghilangkan kerutan di wajah)

  1. Menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk mencuci wajah

Menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Mencuci wajah menggunakan air hangat atau bersuhu normal lebih baik untuk membersihkan kotoran dan debu dari wajah Anda.

  1. Tidak melakukan gerakan yang benar saat mencuci wajah

Cucilah wajah Anda dengan gerakan memutar. Awali dari tengah wajah, lalu ke atas, samping dan bawah. Mencuci wajah dengan cara seperti ini bermanfaat bagi wajah Anda. Gerakan mencuci wajah yang benar dapat menstimulasi pengeluaran getah bening yang bisa membawa kotoran-kotoran keluar dari wajah dan juga dapat mengurangi timbulnya mata berkantung. (Baca juga: Cara menghilangkan kerutan di wajah)

  1. Tidak menggunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah setelah dicuci

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan kulit dibagian tubuh lainnya. Sediakan handuk khusus dengan tekstur yang lebih lembut untuk wajah Anda. Selain itu, jangan lupa mencuci handuk itu sesering mungkin sehingga handuk untuk mengeringkan wajah setelah dicuci senantiasa bersih dan terbebas dari kuman.

Dengan rutin mencuci muka sebelum tidur, Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa. Wajah sehat, bersih, dan bersinar akan menunjang penampilan Anda dan meningkatkan rasa percaya diri. Jangan lupa untuk selalu mencuci muka sebelum tidur dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 08:21 Oleh :
Kategori : kebiasaan baik