Sponsors Link

11 Manfaat Garam Bagi Wajah Jerawat, Berminyak dan Kusam

Sponsors Link

Semua orang tentu mengenal garam sebagai salah satu bumbu dapur bukan? ternyata bumbu dapur dengan cita rasa asin ini mempunyai banyak manfaat buat kecantikan. Bahkan garam sudah terbukti ampuh untuk mengatasai beberapa masalah pada wajah. Seperti mengatasi masalah jerawat pada wajah, dan masih banyak lainnya. Kalian tidak perlu meneluarkan banyak uang jika ingin mempunyai wajah yag sehat berseri. Berikut manfaat garam bagi wajah yang perlu kalian ketahui.

ads

1. Garam Bisa Mengurangi Jerawat Di Wajah

Salah satu manfaat garam untuk wajah berjerawat adalah mengurangi dan menyembuhkan jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan potasium maupun belerang yang terdapat di dalam garam. Dua komponen ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan garam, sebenarnya cara yang perlu dilakukan tidak sulit. Siapkan sekitar 2 sampai dengan 3 sendok makan garam dapur terlebih dahulu.

Selanjutnya, tambahkan 150 mililiter air ke dalam garam dan panaskan campuran air garam tersebut di panci. Ambil sehelai handuk untuk menjaga rambut atau poni kita tidak jatuh ke area kening, ikat handuk tersebut, kemudian hadapkan muka ke panci berisi air garam. Biarkan uap air garam tersebut menempel di wajah kita selama 15 sampai dengan 20 menit. Perlu diingat bahwa pengguna lensa kontak sebaiknya  dilepas terlebih dahulu sebelum mengikuti perawatan ini. Pastikan juga sebelumnya bahwa wajah yang akan diuapi dengan air garam sudah bersih. Oleh karena itu, bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dengan sabun pembersih wajah.(Baca juga: Manfaat Beras Untuk Wajah)

2. Bisa Menghilangkan Bopeng Di Wajah

Bekas jerawat kalian menjadi bopeng? jangan khawatir, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya. Kalian hanya perlu menggunakan air garam untuk menghilangkannya. Ini dikarenakan garam mengandung mineral yang tinggi sehingga bisa menghilangkan bopeng serta memperbaiki jaringan kulit. Bahkan penggunaan air garam juga mampu mengencangkan kulit kalian. Caranya pemakaiannya pun cukup mudah dan bisa kalian lakukan di rumah. kalian hanya perlu memanaskan air garam dalam panci, jangan sampai mendidih.

Kemudian kalian celupkan handuk bersih kedalam air garam yang sedikit panas itu. Tutup wajah kalian dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan. Diamkan kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air dingin. Pijatlah wajah kalian secara perlahan dan gerakan memutar dengan menggunakan air garam serta beberapa tetes minyak zaitun. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal. (Baca juga: Cara Menghilangkan Belang Di Wajah)

3. Facial

Tekstur garam memang sedikit kasar seperti kristal tapi ternyata ini bisa kalian manfaatkan. Garam bisa membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada wajah. Bahkan beberapa ahli kecantikan menyarankan agar kalian mencampurkan garam dengan beberapa tetes minyak wajah maupun  facial oil. Kemudian kalian pijatkan campuran tersebut di wajah dengan perlahan dan gerakan berputar. Kemudian bilaslah hingga bersih wajah kalian seperti biasanya.

Baca juga: Cara Membuat Masker Alpukat

Sponsors Link

4. Mengontrol Kandungan Minyak Dalam Wajah

Manfaat garam buat wajah berminyak yaitu mengontrol minyak pada wajah kalian dengan baik. Ini dikarenakan garam mempunayai kandungan potasium serta belerang di dalamnya. Cara penggunaannya pun sangat mudah kalian lakukan sendiri di rumah. Kalian bisa menggunakannya untuk membasuh muka dengan handuk yang dicelupkan ke air garam yang sedikit panas. Atau bisa juga dengan menguapi wajah dengan air garam. Lakukan secara rutin, kalian akan mempunyai muka yang tidak terlalu mengkilap karena minyak. (Baca Juga : Manfaat Air Teh Untuk Wajah)

5. Toner

Selain bisa digunakan untuk facial, garam ternyata juga bisa  digunakan sebagi toner. Kalian cukup menyemprotkan air gara ke wajah dan kalian tepuk-tepuk perlahan. Cairan garam dapat menjadi pengganti toner guna menutrisi kulit wajah. (Baca juga: Pembersih Wajah Alami)

6. Garam Bisa Menjadi Detoks Wajah

Manfaat garam buat wajah lainnya adalah mendetoksifikasi segala sesuatu yang buruk pada wajah. Mendetoks wajah dengan garam merupakan sesuatu hal yang dianjurkan para ahli kecantikan. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan 2 hingga 3 sendok makan garam. Kemudian campurkanlah garam tersebut ke dalam air hangat-hangat kuku hingga larut.

ads

Kemudian basuhlah wajah kalian dengan menggunakan air garam. Kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menitan. Wajah kalian akan langsung terasa menjadi lebih segar karena segala kotoran maupun racun pada wajah sudah menghilang. Jika kalian melakukan hal ini secara rutin, kalian akan mempunyai wajah yang kenyal, halus dan bersinar. Selain itu, wajah kalian akan terhindar dari yang namanya jerawat. (Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami)

7. Scrubbing
Garam ternyata tak hanya bisa menghaluskan kulit tapi juga bisa menyamarkan kerutan.  Caranya adalah dengan menjadikan garam sebagai scrubbing. Walaupun akan terasa sedikit perih, garam juga dapat menyembuhkan luka jauh lebih cepat. Membuat scrub alami dari garam sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan garam dengan sedikit minyak zaitun. Kalian juga bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, juga cinnamon untuk membantu merelaksasi tubuh. (Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

8. Meredakan Mata Bengkak
Banyak mitos yang mengatakan bahwa saat kalian kebanyakan mengkonsumsi garam dapat membuat wajah menggemuk. Ternyata garam merupakan peredak pembengkakan yang handal jika kalian memakainya sebagai perawatan luar. Bisa saja kalian menggunakannya pada bagian bawah mata. Kalian bisa mencampurkan beberapa sendok garam dengan sedikit air hangat lalu kalian aplikasikan pada mata kalian bengkak. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Di Mata)

9. Mengobati Infeksi Kulit Wajah Efek dari Pedicure

Perawatan kuku atau yang biasa disebut pedicure – manicure sering kali mempunyai efek samping pada wajah seperti menjadi infeksi. Kalian juga ternyata bisa mengatasinya dengan menggunakan air garam. Carany pun sangat mudah sekali, kalian hanya perlu menuangkan 1 gelas garam ke wadah berisikan air hangat. Kemudian gunakan untuk membasuh wajah kalian sambil menepuk-nepuknya pelan. Sisanya bisa kalian gunakan untuk merendam kaki selama kurang lebih 10 menit. (Baca juga: Cara Merawat Kulit Sensitif)

10. Menghaluskan Wajah

Ternyata garam juga bisa menghaluskan wajah kalian. Cara penggunaannya pun cukuplah mudah, kalian bisa menjadikannya sebagai scrubbing. Membuat scrub alami dari garam sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan garam dengan sedikit minyak zaitun. Jika terasa perih, jangan khawatir karena  itu disebabkan efek saat membunuh bakteri dikulit wajah. (Baca juga: Manfaat Eksfoliasi Wajah)

11.Bermanfaat untuk Mengatasi Komedo

Masalah pada kulit wajah seperti komedo ini akan menimbulkan efek kusam dan kasar pada kulit wajah kita, dan tentunya sangat mengganggu pada penampilan kita. Komedo merupakan bentuk kumpulan bakteri yang menumpuk pada bagian kulit wajah tertentu seperti hidung, bibir, dan dagu. Selain menimbulkan efek kusam pada kulit wajah, jika di biarkan akan menjadi jerawat yang membandel. Maka dari itu, segerlah atasi untuk merawatnya. Anda bisa memanfaatkan garam ini sebagai obat untuk membunuh bakteri dan kotoran pada kulit wajah, sehingga wajah akan terbebas dari komedo dan masalah pada kulit wajah lainnya. (Baca juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Wajah Sensitif)

Baca Juga :

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 04:27 Oleh :
Kategori : Wajah