Sponsors Link

12 Krim untuk Mengecilkan Pori Pori Wajah dan Kulit

Sponsors Link

Siapa di antara Anda yang tidak mengetahui apa itu pori-pori? Atau adakah di antara Anda yang tidak memiliki pori-pori? Kami yakin jawaban dari kedua pertanyaan ini adalah “tidak ada” dan “tidak mungkin”, tentunya secara berurutan. Ya, pori-pori adalah lubang kecil yang ada pada permukaan kulit manusia. Ukurannya teramat kecil hingga tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, namun ia cukup besar untuk menampung cairan “buangan” tubuh. Pori-pori terdapat pada tiap milimeter kulit kita dan tentunya seseorang dapat memiliki jutaan pori-pori, sebagaimana pula mamalia lainnya.

ads

Baca juga: Cara mengecilkan pori-pori besar – Manfaat eksfoliasi wajah

Macam Pori-pori

Nah, untuk yang satu ini pasti banyak di antara Anda yang masih bingung tentang macam pori-pori. Sebenarnya kulit kita memiliki dua jenis pori-pori, keduanya pun memiliki fungsi yang berbeda.

1. Folikel

Folikel atau hair follicles berfungsi sebagai tempat bercokolnya kelenjar minyak (pilosebaceous unit). Fungsinya adalah untuk melubrikasi atau melicinkan kulit. Folikel terdapat di seluruh bagian tubuh kecuali pada telapak tangan dan telapak kaki. Folikel yang tersumbat merupakan hal yang umum terjadi, biasanya berujung pada masalah jerawat hingga keratosis, tergantung pada area di mana folikel tersumbat hingga masalah yang mendahuluinya.

2. Pori Keringat

Pori keringat atau sweat pores merupakan “saluran” kelenjar keringat. Gunanya adalah untuk mendinginkan tubuh. Pori keringat terletak di seluruh tubuh meski lebih terkonsentrasi pada bawah lengan (ketiak), selangkangan, tangan, dan kaki. Pori-pori ini amat jarang tersumbat, namun bila memang ada kasus pori keringat yang tersumbat, biasanya terjadi pada ketiak.

Pori-pori besar maupun kecil sebenarnya hanyalah mitos. Hal ini merupakan masalah kecantikan yang kerap dikeluhkan terutama oleh para wanita, terutama pori-pori bagian wajah. Sama halnya dengan tinggi badan, ukuran dan visibilitas pori-pori dipengaruhi oleh gen. Biasanya pori-pori Anda akan nampak besar karena adanya komedo yang membuntunya. Sel kulit mati yang dibarengi dengan keluarnya minyak berlebih, serta sisa-sisa makeup yang terakumulasi pada area kulit dapat mengakibatkan komedo. Inilah yang menyebabkan pori-pori membengkar berkali-kali lipat dari ukuran alaminya sehingga menjadi sangat nampak, bahkan kadang membuat wajah nampak kotor dan kusam.

Baca juga: Cara mengecilkan pori-pori besar –  Cara Mengatasi Kulit Kusam

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin seseorang menua, pori-pori memang dapat membesar dan semakin nampak karena berkurangnya kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit seseorang mengendur, begitu pula dengan pori-porinya.

Meski begitu ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk “mengecilkan” atau mengurangi visibilitas pori-pori kulit wajah. Yaitu dengan membersihkan wajah hingga eksfoliasi secara teratur. Keduanya dapat Anda lakukan di salon perawatan kulit dengan jasa tenaga profesional dan alat-alat tertentu, seperti laser dermatologi misalnya, serta produk kecantikan yang biasanya dijual sepaket dengan perawatan pada masing-masing salon. Hal ini jelas merupakan investasi yang membutuhkan dana besar.

Namun bila Anda ingin melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, kami juga punya solusinya. Berikut akan kami berikan 12 krim untuk mengecilkan pori pori wajah yang dapat Anda gunakan sendiri di rumah sebagai bagian dari perawatan di rumah :

1. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser

Instant Pore Eraser ini dibilang dapat membuat kulit Anda lembut dan nampak matte. Sesuai dengan namanya, produk keluaran Maybelline ini akan membuat kulit Anda terasa seperti kulit bayi yang lembut. Krim yang juga berfungsi sebagai pelembap ini terasa ringan dan dapat membuat pori-pori Anda bernapas karena tidak akan membuntu pori-pori, sehingga dijamin tidak akan membuat kulit wajah Anda berkomedo. Ia pun bebas dari bahan pengharum yang biasanya justru menimbulkan efek alergi tertentu pada kulit.

Baca juga:  Merk Pelembab untuk Kulit Berminyak – Cara Menghilangkan Komedo Membandel – Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur

2. Biore Self-Heating One Minute Mask

Kandungan charcoal alias arang yang terdapat pada krim yang berfungsi sebagai masker ini dapat merilekskan kulit Anda sembari menyingkirkan kotoran dan minyak yang bersarang pada wajah. Ia dapat memberi efek menyejukkan pada kulit Anda hanya dalam satu menit penggunaannya. Ia dapat membuka pori-pori dan mengeluarkan seluruh kotoran yang tersumbat di dalamnya. Ingat untuk membersihkan wajah Anda dengan air secara menyeluruh setelah selesai menggunakan masker krim ini.

Sponsors Link

3. L’Oreal Pore Vanisher

L’Oreal menjanjikan pori-pori Anda mengecil setelah satu bulan penggunaan produk ini. Krim untuk mengecilkan pori pori wajah ini terasa ringan di wajah, ia menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit selama sepanjang hari. Sehingga kulit Anda akan nampak cerah dan bebas minyak, sekaligus terhidrasi. Konsentrasi perline-p yang tinggi dalam produk ini menguatkan dan mengencangkan pori-pori serta menciutkannya kembali pada ukuran semula.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Berminyak – Penyebab Kulit Kering

4. The Body Shop Tea Tree Pore Minimizer

Produk yang satu ini berbentuk serum dan bekerja secara instan membuat kulit Anda nampak halus dengan mengecilkan pori-pori serta memberi efek mate pada kulit. The Body Shop mendesain produk ini bagi kulit yang kusam, ia pun mengandung antibakteri dari kandungan minyak esensial tea tree di dalamnya.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo dengan putih telur – Cara memutihkan wajah secara alami

5. Benefits Cosmetics the POREfessional Face Primer

Pori-pori yang biasanya membesar di area hidung dan dagu akan mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan menggunakan produk ini. Memang tidak sepenuhnya “menghilang”, namun kulit menjadi nampak lebih mulus karena keberadaan pori-pori tertutup. Bila Anda sering menggunakan makeup, foundation yang biasa Anda gunakan akan lebih mudah diaplikasikan pada wajah, hasilnya pun lebih halus, dan tidak serasa membuntu pori-pori Anda bila rutin menggunakan produk ini. Sehingga foundation Anda tidak perlu khawatir bila foundation bertahan lebih lama pada kulit wajah.

ads

6.  Dr. Brandt Skincare Pores No More Pore Refiner Primer

Komponen utama dalam produk ini adalah microspheres (bubuk mineral berwarna putih dan halus), flaxseed, dan minyak esensial tea tree. Fungsi utama lainnya adalah sebagai antibakteri, memberikan efek akhir matte pada kulit Anda meski tidak menggunakan makeup, juga bekerja dengan baik bila digunakan bersamaan dengan makeup. Anda akan merasa puas dengan hasil instannya karena dapat membuat kulit Anda nampak cerah dan pori-pori pada kulit Anda mengecil karena tersamarkan oleh produk satu ini.

7. Naked Skin Urban Decay Beauty Balm

Tidak hanya tampilan pori-pori, produk ini juga dapat meminimalisir munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kemerahan pada wajah dalam waktu delapan minggu. Ia dapat menyamarkan cacat pada kulit Anda dan memberikan efek antipenuaan. Produk yang ringan dan bebas minyak ini bekerja dalam jangka panjang. Shading-nya yang universal membuatnya cocok digunakan oleh warna kulit apapun. Kemampuan hidrasinya juga membuat kulit Anda terasa lembap.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun – Cara Menghilangkan Belang di Wajah – Cara Menghilangkan Bekas Luka

8. Kiehl’s Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

Kiehl’s mengklaim bahwa produknya ini terbukti 91% membuat kulit terasa lebih kencang, 87% terasa lebih terangkat, dan 85% mengecilkan pori-pori. Kandungan alaminya berupa ekstrak ragi yang telah difilter sebanyak tiga kali dapat menutrisi kulit dengan mengangkat kulit dan mengencangkan pori-pori. Minyak esensial geranium yang terdapat di dalamnya juga mengandung antioksidan yang merupakan agen antipenuaan. Aroma bunga alaminya dapat memberi efek segar pada wajah Anda.

9. HourglassVeil Mineral Primer

Teksturnya yang unik dan tidak sama dengan produk lain ini dapat memperpanjang pemakaian makeup pada kulit Anda sembari menutup kemerahan, meminimalkan pori-pori, garis-garis halus pada wajah, serta memberikan perlindungan khusus bagi kulit Anda dari sinar matahari sekaligus bahayanya dengan kandungan SPF15-nya. Produk ini bebas dari paraben, sulfat, dan phthalate. Baiknya Anda menggunakan produk ini sebagai langkah awal dari rutinitas berias Anda karena ia akan menjadi kanvas yang ideal untuk mengaplikasikan makeup di wajah Anda.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo hitam di hidung – Cara menghilangkan komedo putih di hidung

10. Lancome Visionnaire Advanced Skin Corrector (Wrinkles-Pores-Evenness)

Visionnaire merupakan produk Lancome yang dapat menyegarkan kulit dan menyerap minyak dengan cepat dari kulit Anda. Sehingga ia secara instan akan membuat kulit Anda nampak halus karena menyamarkan pori-pori yang nampak membesar. Tekstur kulit juga dirasa meningkat karena triple combo yang dimiliki oleh serum ini. Dalam empat minggu, Lancome menjamin selain pori-pori mengecil yaitu kerutan juga akan berkurang. Produk antikomedo dan antijerawat ini telah teruji oleh dermatologist dan aman untuk segala macam jenis kulit dan tipe kulit dari berbagai ras.

Sponsors Link

11. Etude House Goodbye Pore-ever Pore Primer Stick

Oke, kami sedikit curang dengan memasukkan produk berupa stik pada daftar ini. Namun produk keluaran Etude ini kerap digunakan dan diulas oleh beauty blogger dan vlogger. Dibandingkan dengan essence keluaran Etude dengan fungsi serupa, stik ini lebih kering. Bila Anda tidak memiliki kondisi pori-pori yang terlampau membesar dengan komedo yang sangat nampak, Anda bisa memilih stik ini sebagai alternatif untuk menyembunyikan pori-pori besar Anda. Kulit Anda akan nampak matte dan terasa amat lembut setelah menggunakannya. Warna peach-nya juga masih sesuai dengan tone kulit wanita Asia.

12. Wardah Pore Tightening

Tidak bisa dipungkiri bahwa produk keluaran Wardah yang satu ini ampuh dalam mengecilkan pori-pori. Produk ini merupakan rangkaian dari seri perawatan jerawat yang dikeluarkan oleh Wardah. Biasanya orang yang mudah berjerawat memiliki kulit yang berminyak dan toner ini memiliki formula yang dapat membuat kulit Anda bebas dari minyak. Memang hasilnya akan lebih maksimal bila Anda menggunakan serangkaian produk antijerawat Wardah. Dan tidak ada salahnya, bukan? Selain produk ini halal, ia juga aman karena cenderung cocok dengan tipe kulit Asia. Ditambah harganya yang amat terjangkau!

Artikel terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 12:08 Oleh :
Kategori : Wajah