25 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat

Komedo seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan bagi para wanita, terlebih lagi jika komedo tersebut muncul di hidung dan bisa terlihat dengan jelas. Terutama bagi para wanita yang memiliki kulit cenderung berminyak, pori – pori hidung biasanya terlihat besar dan menampakkan komedo. Ketika pori – pori terisi komedo hitam bahkan bisa terlihat lebih besar, karena itulah untuk memastikan kemulusan kulit hidung, Anda harus rutin membersihkan komedo hitam tersebut dari hidung.

Menghilangkan komedo hitam berbeda dengan menghilangkan jerawat dan memerlukan pendekatan yang berbeda. Komedo hitam terjadi ketika sel kulit mati dan kelebihan minyak di kulit bercampur lalu terkena oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Memencetnya memang akan menjadi solusi sementara yang baik namun komedo hitam tersebut akan segera kembali lagi dengan cepat.

Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Alat dan Kosmetik

Apabila Anda ingin menghilangkan komedo hitam secara tuntas dari hidung Anda, diperlukan tindakan yang konsisten untuk menjaga pori – pori bersih dari sel kulit mati dan kelebihan minyak. Menjaga pori – pori tetap bersih akan mengurangi komedo hitam dalam jumlah besar. Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan menggunakan produk wajah yaitu:

1. Glycolic Acid

Menggunakan produk wajah yang mengandung glycolic acid untuk mencegah sel kulit mati kembali menempel pada permukaan kulit dan menyumbat pori – pori serta membuat kulit lebih bersih. Glycolic acid bekerja untuk menyeimbangkan produksi minyak di kulit sehingga pada pertengahan sore hari kulit Anda tidak lagi terlihat mengkilap atau kelebihan minyak. Selain itu, glycolic acid juga dapat menghilangkan tanda – tanda penuaan seperti garis halus dan keriput, dan juga kulit yang kusam. Perbaikan pada wajah akan terlihat setelah tujuh hari sampai satu bulan, tergantung kondisi kulit masing – masing.

2. Salicylic Acid

Pilihan terbaik lainnya untuk menghilangkan komedo hitam adalah menggunakan salicylic acid. Banyak produk yang mengandung salicylic acid untuk menghilangkan komedo. Sebaiknya gunakan produk yang dioleskan dan didiamkan di kulit daripada pembersih atau sabun muka, agar cara kerjanya semakin baik seiring dengan lamanya zat tersebut menempel di kulit.

3. Retinoid

Retinoid adalah merupakan senyawa turunan dari vitamin A. Retinoid juga merupakan produk yang sangat baik untuk menghilangkan komedo hitam dengan membersihkan pori – pori yang tersumbat dan mencegah pembentukan komedo hitam kembali. Walaupun ada banyak orang yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif tidak dapat menggunakannya, ada krim retinoid dengan takaran rendah yang aman untuk digunakan.

4. Benzoyl Peroksida

Jika Anda tidak memiliki kulit sensitif atau mudah kering, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung Benzoyl Peroksida. Produk ini juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo putih di hidung dengan efektif. Baahan utamanya akan membebaskan pori yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak sehingga dapat keluar dari pori – pori. Ini adalah produk umum yang paling cepat efeknya, namun akan sedikit keras untuk kulit Anda. Kandungan benzoyl peroksida biasanya berkisar antara 2,5 % sampai 10%, dan dapat mempengaruhi tingkat iritasi pada kulit tergantung kepada berapa lama pemakaian yang Anda gunakan. Jika Anda khawatir akan iritasi, gunakan persentase kandungan yang lebih rendah dan jangan gunakan pada kulit terlalu lama.

5. Pore Strips

Ini adalah cara yang paling praktis untuk menghilangkan komedo, namun tidak akan membuat komedo hilang selamanya. Jika sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit kembali bercampur, maka komedo pun akan kembali mengisi pori – pori hidung. Pore strips sangat mudah ditemukan di supermarket atau toko yang menjual beragam produk kecantikan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu:

  • Basahi area hidung dengan air lebih dulu.
  • Buka plastik yang berada di bagian belakang pore strips
  • Tempelkan ke hidung yang sudah dibasahi air.
  • Tunggu beberapa menit sampai pore strips mengering.
  • Cabut pore strips dan Anda akan melihat komedo menempel pada plester tersebut.

Cara ini sangat praktis digunakan apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan perawatan secara menyeluruh untuk menghilangkan komedo hitam. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan komedo dengan garam.

Sponsors Link

6. Alat Pengambil Komedo

Alat ini biasa digunakan oleh para ahli kecantikan atau dokter kulit yang kompeten untuk mengeluarkan komedo. Anda juga dapat melakukannya di rumah. Alat ini berbentuk kecil panjang dengan ujung berbentuk lingkaran. Menggunakan alat ini akan menjadi cara menghilangkan flek hitam di hidung yang aman, karena caranya mudah dan lebih sedikit beresiko daripada memencetnya dengan tangan Anda. Cara menggunakannya yaitu:

  • Bersihkan wajah terlebih dulu.
  • Tempatkan ujung yang berbentuk lingkaran kecil di hidung dan tekan secara perlahan sampai komedo keluar.
  • Jangan menekan terlalu keras karena akan merusak kulit Anda.
  • Teruskan hingga komedo keluar semua.
  • Bersihkan kembali kulit wajah dan alat untuk menjamin higienitasnya.

Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami

Bahan kimia selalu mengundang keraguan orang karena resiko yang bisa terjadi pada kulit apabila salah menggunakannya. Apabila Anda merasa kurang yakin untuk menggunakan produk kecantikan, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan menghilangkan komedo hitam di hidung, yaitu:

1. Air Hangat

Sebelum menggunakan masker bahan alami untuk cara menghilangkan komedo membandel, ada baiknya Anda melakukan penguapan terlebih dulu untuk memudahkan komedo keluar dari pori – pori. Cara melakukan penguapan yaitu:

  • Siapkan baskom besar, handuk dan air.
  • Rebus air sampai mendidih, tuangkan ke dalam baskom setelah agak mendingin.
  • Dekatkan wajah ke baskom dan tutupi kepala dengan handuk, jaga jarak aman agar wajah tidak terbakar.
  • Lakukan penguapan selama lima sampai sepuluh menit.
  • Cuci muka dengan air hangat dan keringkan dengan ditepuk.

Metode ini bisa dilakukan beberapa kali seminggu sebelum menggunakan masker wajah. Menguapi wajah juga bisa Anda lakukan untuk membantu cara menghilangkan komedo putih secara permanen dan juga Anda dapat menggunakan manfaat odol untuk menghilangkan komedo.

2. Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang mempunyai manfaat mengelupas kulit atau untuk eksfoliasi kulit, yang berguna sebagai manfaat eksfoliasi wajah untuk meluruhkan sel kulit mati dan mencegah sel – sel ini menyumbat pori – pori kulit serta menyebabkan komedo hitam. Baking soda juga berfungsi memperbaiki sirkulasi di kulit dan membuat kulit tampak bersinar sehat. Cara membuat masker baking soda untuk menghilangkan komedo hitam di hidung yaitu:

  • Campur dua sendok makan baking soda dan air mineral di dalam wadah sampai menjadi pasta.
  • Pakai pasta di hidung Anda, sambil digosok perlahan.
  • Biarkan mengering selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Ulangi perawatan ini satu atau dua minggu sekali

3. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk kulit sensitif dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung. Kombinasi oatmeal, lemon dan yogurt dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan komedo hitam. Cara membuat masker oatmeal untuk menghilangkan komedo hitam yaitu:

  • Campur dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yogurt tawar, dan air perasan dari setengah buah lemon. Oleskan pasta ke hidung Anda, biarkan selama beberapa menit. Jika sudah agak kering, bilas dengan air hangat.
  • Anda juga bisa membuat scrub oatmeal dengan tomat dan madu. Campur satu sendok teh madu dengan air perasan dari empat buah tomat dan beberapa sendok makan oatmeal. Oleskan pasta ini ke hidung Anda dan bilas dengan air hangat.

Ulangi perawatan menggunakan oatmeal ini paling tidak sekali seminggu. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan komedo dengan baby oil dan beberapa cara menghilangkan komedo putih di pipi dengan bahan alami.

ads

4. Gula

Jika memungkinkan Anda bisa menggunakan minyak Jojoba untuk campuran scrub gula, karena minyak jojoba merupakan minyak yang senyawanya paling mendekati sebum di kulit kita. Bila tidak ada minyak jojoba, Anda juga bisa menggunakan minyak lainnya seperti minyak almond manis yang didapatkan dari kacang almond dan juga cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun yaitu menggunakan manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan yang dapat menggantikan minyak jojoba. Cara membuatnya yaitu:

  • Campur empat sendok makan minyak dan satu cup gula merah atau gula putih ke dalam toples kedap udara.
  • Aduk sampai tercampur rata.
  • Basahi wajah dan ambil sedikit scrub ke ujung jari.
  • Pijatkan ke seluruh wajah dan hidung dalam gerakan melingkar.
  • Lakukan selama satu sampai dua menit dan bilas wajah dengan air hangat.
  • Jangan mengaplikasikan scrub ini melebihi dua sampai tiga kali seminggu agar kulit tidak kering atau iritasi.
  • Simpan scrub ini dalam toples kedap udara di tempat yang dingin dan jauh dari sinar matahari, ramuan ini bisa bertahan sekitar dua bulan.

5. Putih Telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur atau cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur telah lama ada dalam ritual perawatan kecantikan alami. Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo yaitu:

  • Siapkan satu butir telur, tisu wajah, mangkuk dan handuk bersih.
  • Pisahkan kuning telur dengan putihnya.
  • Bersihkan dulu wajah Anda menggunakan pembersih yang biasa.
  • Keringkan wajah dengan ditepuk dan oleskan putih telur ke hidung.
  • Biarkan mengering, lalu oleskan lapisan kedua. Biarkan mengering juga dan lanjutkan dengan lapisan ketiga.
  • Biarkan lapisan terakhir selama lima belas menit.
  • Wajah Anda akan terasa sedikit kencang dan tertarik, ini pertanda baik karena putih telur menempel dengan ketat ke hidung dan komedo Anda.
  • Celupkan lap handuk ke air hangat dan usap hidung sampai bersih.

6. Madu dan Susu

Pore strips yang biasa dibeli di toko mengandung bahan perekat yang berfungsi untuk melekatkan strip tersebut di hidung kita. Anda bisa menggunakan manfaat susu untuk kulit dan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu sebagai pore strip alami buatan sendiri  dengan cara berikut:

  • Siapkan satu sendok makan madu murni, satu sendok teh susu, dan secarik kain katun bersih.
  • Campur madu dan susu di dalam mangkuk tahan panas. Hangatkan selama lima sampai sepuluh menit di dalam microwave atau di atas kompor.
  • Aduk campuran tersebut agar tercampur rata.
  • Apabila sudah tidak terlalu panas, oleskan tipis ke hidung Anda.
  • Tempelkan kain katun dengan lembut ke hidung.
  • Biarkan mengering sekitar dua puluh menit lalu kelupas kain perlahan.
  • Bilas hidung dengan air dingin dan keringkan sambil ditepuk.

Manfaat madu untuk wajah dan manfaat madu untuk kulit memang sangat menakjubkan, tidak berbeda dengan cara membuat masker susu untuk cara mengatasi kulit wajah kering.

7. Daun Mint

Toner sangat bagus untuk menghilangkan sel – sel kulit mati dan mengurangi kemerahan atau radang pada kulit, terutama di sekitar hidung. Manfaat daun mint untuk wajah dalam pembuatan toner ini berguna bagi pemilik wajah sensitif. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan tiga sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan daun mint yang dihancurkan di dalam botol, biarkan selama satu minggu di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari.
  • Saring campuran tersebut dan tambahkan air secukupnya.
  • Simpan lagi campuran tersebut di kulkas selama enam hari.
  • Cuci wajah terlebih dulu dengan air dan ulaskan toner menggunakan kapas ke hidung.
  • Biarkan toner semalaman atau beberapa jam.
  • Beri pelembab pada hidung setelahnya.

8. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit juga dapat berfungsi sebagai toner yang dapat menghilangkan komedo hitam, namun lemon juga dapat membuat warna kulit menjadi lebih terang sehingga akan ada kemungkinan kulit di hidung Anda akan tampak berbeda dengan bagian wajah yang lain dan juga membuat wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Cara menggunakan lemon untuk wajah yaitu:

  • Cuci wajah dan tepuk dengan handuk sampai kering, jangan mengeringkannya dengan menggosok.
  • Peras lemon secukupnya dan celupkan kapas ke dalamnya.
  • Oleskan ke hidung sebanyak tiga sampai empat kali seminggu pada malam sebelum tidur.
  • Keesokan paginya cuci muka dengan air hangat dan gunakan pelembab sepert biasa.

Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Perawatan Kecantikan

Perawatan kecantikan yang biasa ditawarkan oleh klinik – klinik atau saloin kecantikan sudah sangat banyak dan Anda hanya tinggal memilih tempat yang paling cocok serta kredibel untuk didatangi. Beberapa jenis perawatan tersebut yang dapat berkhasiat untuk menghilangkan komedo yaitu:

1. Facial

Memilih salon atau klinik yang mampu melakukan facial dengan aman sangat diperlukan untuk menghindari bahaya facial di salon. Jenis facial yang biasa dilakukan untuk mengatasi komedo antara lain adalah prosedur chemical peeling. Bentuknya dengan memakai bahan kimia untuk mengelupas kulit agar tampak cerah dan membuang sel – sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Salah satu prosedur sebelum menggunakan bahan kimia tersebut adalah proses penghilangan komedo di hidung.

2. Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi adalah perawatan kulit wajah mendalam yang memperbarui kulit wajah dan memberi penampilan yang lebih muda dan segar. Dengan kata lain, mikrodermabrasi adalah operasi plastik tanpa perlu melakukan prosedur operasi tersebut. Ini adalah salah satu prosedur perawatan kulit yang sederhana dan ideal untuk dilakukan oleh orang yang memiliki kulit sensitif sekalipun. Perawatan ini cocok untuk kondisi kulit yang bergaris halus, keriput, warna kulit tidak merata, bopeng, masalah pigmentasi kulit, dan lainnya.

Banyak pilihan yang bisa Anda ambil untuk menghilangkan komedo di hidung, mulai dari menggunakan produk kecantikan, bahan – bahan alami, maupun perawatan kulit di klinik kecantikan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan cara yang manapun, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih dulu keuntungan atau resiko yang akan didapat dari masing – masing metode perawatan untuk menjamin hasil yang sesuai harapan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 21st, May 2017 / 08:38 Oleh :
Kategori : Wajah