Sponsors Link

33 Cara Menghilangkan Komedo Putih Di Hidung Paling Ampuh

Sponsors Link

Bagian kulit kita yang paling sensitif adalah kulit wajah. Kuman atau bakteri sangat mudah menempel pada kulit wajah, terutama pada kulit berminyak. Pemilik kulit berminyak pasti sering direpotkan dengan masalah kulit klasik, yaitu jerawat. Selain jerawat, problem yang kerap muncul pada kulit yang jenisnya berminyak adalah komedo. Seringnya komedo ini tampak dengan jelas di area hidung, karena itu kemunculan komedo ini sangat mengganggu penampilan. Komedo membuat kulit wajah jadi tidak terlihat mulus dan bernoda, sehingga bedak atau make up yang dibubuhkan pun terganggu kesempurnaannya.

ads

Jenis komedo yang biasa muncul di hidung ada dua, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Tidak seperti komedo hitam yang relatif mudah dibersihkan, komedo putih lebih sulit karena bentuknya menonjol dan berwarna putih di permukaan kulit wajah. Komedo putih muncul karena tertutupnya pori – pori kulit yang disebabkan kotoran, sel kulit mati, dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan, sehingga membentuk bintik putih di kulit. Karena itu komedo putih juga sering disebut jerawat batu.

Penyebab Komedo

Penyebab umum timbulnya komedo di kulit adalah sebagai berikut:

  • Faktor Hormonal

Ketidak seimbangan hormonal pada tubuh dapat memicu produksi kelenjar minyak yang berlebihan yang pada akhirnya akan membuat pori – pori kulit tertutup. Misalnya pada pemakaian kontrasepsi, masa pubertas, pemakaian obat – obatan yang mengandung hormon, kehamilan, masa menstruasi, dan lain – lain.

  • Penggunaan Kosmetik

Pemakaian produk kecantikan atau kosmetik yang tidak cocok bisa membuat kulit mengalami reaksi alergi, dan dari reaksi alergi tersebut bisa muncul masalah seperti komedo. Selain karena kosmetik yang tidak cocok, pemakaian kosmetik berlebihan juga bisa menghalangi kulit untuk bernapas.

  • Bakteri

Keadaan kulit wajah yang kurang bersih bisa mengundang bakteri untuk menempel di wajah, dan akibatnya menimbulkan komedo putih tersebut. Hal ini juga bisa terjadi apabila sehari-hari kulit kita terekspos pada lingkungan yang kotor dan banyak polusi.

  • Gaya Hidup

Stres, pola makan yang buruk, merokok, minum minuman keras, juga pola tidur yang tidak teratur akan memperburuk kondisi kulit. Kulit bisa menjadi sangat berminyak dan memancing munculnya komedo.

  • Makanan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, santan, dan yang berkolesterol tinggi akan membuat kulit tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga kondisi kulit pun akan menjadi kurang baik. Kurang nutrisi pada kulit mempermudah timbulnya komedo, bahkan jerawat.

Perawatan Alami

Komedo putih memang lebih sulit dihilangkan daripada komedo hitam, namun beberapa bahan alami berikut ini bisa dicoba untuk menghilangkannya:

1. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif yaitu bisa digunakan sebagai scrub wajah. Caranya, campur oatmeal dengan yoghurt tawar dalam jumlah secukupnya sampai merata, lalu pakai di wajah dengan gerakan memutar. Bisa juga dipakai di hidung saja. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali seminggu. Manfaat eksfoliasi wajah bisa Anda dapatkan dengan menggunakan oatmeal.

Sponsors Link

2. Bubuk Sandalwood (Bubuk Cendana)

Bubuk ini dihasilkan dari olahan kayu cendana. Ambil bubuk cendana secukupnya, campurkan dengan air mawar hingga membentuk pasta. Kemudian pakai di wajah atau bagian hidung saja, biarkan salama 10menit. Bilas dengan air hangat.

3. Gula

Campurkan gula dengan madu secukupnya, lalu pakai di hidung atau bagian wajah yang berkomedo putih. Gosokkan perlahan. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan handuk yang lembut. Gula juga dapat menjadi cara menghilangkan bulu di wajah dan cara memutihkan wajah secara alami.

4. Daun Fenugreek

Tanaman herba ini daunnya dapat dimanfaatkan untuk cara menghilangkan komedo putih di hidung. Caranya campur daun fenugreek dengan air secukupnya sampai menjadi pasta. Biarkan semalaman, lalu pagi harinya bilas dengan air dingin.

5. Cuka Apel

Campurkan cuka apel dengan air secukupnya hingga merata. Lalu pakailah di bagian yang berkomedo yaitu hidung dengan kapas. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Selain untuk menghilangkan komedo, ada juga manfaat cuka apel untuk rambut.

6. Strawberry

Hancurkan buah strawberry secukupnya sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan madu hingga membentuk pasta, pakai di hidung yang berkomedo. Biarkan 15 menit lalu bilas. Bisa dilakukan dua kali seminggu untuk perawatan ini.

7. Tomat

Manfaat tomat untuk wajah juga dapat membantu menghilangkan komedo putih di hidung. Hancurkan saja tomat hingga halus, lalu pakai di bagian hidung Anda. Biarkan kira – kira selama setengah jam, lalu bersihkan.

8. Daun Ketumbar

Daun yang berasal dari pohon ketumbar ini juga dapat dipakai untuk menghilangkan komedo putih di hidung. Hancurkan daun ini lalu ambil airnya dan pakailah di bagian hidung Anda. Biarkan sekitar 15-20 menit atau sampai mengering, lalu bilas.

9. Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah baik untuk merawat kulit yang berjerawat, berminyak dan kusam. Gunakan campuran setengah perasan jeruk lemon dan beberapa tetes madu. Pakai selama 10 menit lalu bersihkan. Bisa digunakan dua kali seminggu. Manfaat lemon untuk rambut juga bisa dicoba.

10. Baking Soda

Selain menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat, baking soda juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Campurkan 2 sendok teh baking soda dan air hingga menjadi pasta. Pakailah di hidung yang terdapat komedo putihnya selama sekitar 15 menit, lalu bersihkan.

11. Kayu Manis

Manfaat bubuk kayu manis untuk wajah adalah juga untuk membantu menghilangkan komedo putih pada hidung. Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon secukupnya, biarkan 10 menit, lalu bersihkan. Boleh dilakukan sebanyak 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasilnya. Kayu manis juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah pria.

12. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan yaitu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang salah satunya yaitu untuk membantu menghilangkan masalah komedo putih pada hidung. Caranya sangat simpel, cukup gosokkan gelnya pada hidung sampai kering, lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya segera terlihat dan komedo putih lenyap dari hidung Anda.

14. Putih Telur

Masker telur adalah salah satu cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dan menjadi bahan masker untuk mengencangkan kulit yang kendur. Namun putih telur juga bisa mambantu melenyapkan komedo putih di hidung. Kocoklah putih telur sedikit saja sampai berbusa, lalu oleskan ke hidung. Tutup dengan tisu atau kapas sampai kering, lalu angkat penutupnya. Lihatlah seberapa banyak komedo yang menempel disitu.

15. Madu

Selain manfaat madu untuk bibir dan manfaat madu untuk rambut, ada juga manfaat madu untuk masker wajah yang dapat menghilangkan komedo putih. Caranya panaskan beberapa sendok madu, lalu tunggu hingga agak dingin dan tidak terlalu kental. Ole skan di hidung selama beberapa menit, lalu bilas.

16. Kentang

Komedo putih di hidung dapat diatasi dengan menggunakan manfaat kentang untuk kulit wajah. Parut kentang secukupnya, lalu pakai masker kentang tersebut di hidung, bisa juga dipakai di seluruh wajah. Biarkan beberapa lama lalu bersihkan hingga tuntas.

17. Bubuk Kunyit

Manfaat masker kunyit untuk wajah juga dapat membantu menghilangkan komedo putih, jika dicampur dengan beberapa bahan lainnya yaitu bubuk kunyit, 1 sendok teh tepung beras, madu, dan air jeruk lemon secukupnya. Aplikasikan ke bagian hidung, bisa dilakukan sebanyak 2 kali seminggu.

ads

Perawatan Modern

1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi yaitu tindakan yang dilakukan untuk menormalkan wajah dari jerawat dan bekasnya, atau dengan kata lain metode ini bertujuan untuk memuluskan kembali kulit wajah. Perawatan dengan metode ini biasanya dilakukan di klinik kecantikan dan oleh dokter ahli kulit atau ahli kecantikan. Manfaatnya bisa menghilangkan bekas jerawat, mengangkat jerawat, menghaluskan kulit dan menyamarkan garis halus. Demikian juga dengan komedo putih, bisa hilang dengan prosedur mikrodermabrasi ini.

2. Chemical Peeling

Prosedur chemical peeling juga merupakan salah satu jenis perawatan modern yang dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Pada dasarnya ini adalah perawatan untuk eksfoliasi wajah dengan menggunakan bahan kimia. Pengelupasan wajah dengan taknik ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, mengatasi kulit kusam, dan menghaluskan kulit, juga mengatasi masalah komedo putih.

3. Facial

Cara menghilangkan komedo putih di hidung juga bisa menggunakan teknik facial, karena pada perawatan ini ada teknik mengeluarkan komedo hingga wajah menjadi bersih. Jika Anda senang melakukan perawatan di salon, facial adalah salah satu teknik perawatan wajah dasar yang bisa dicoba. Hati – hati juga untuk memilih salon atau klinik kecantikan yang terpercaya, untuk menghindari bahaya facial di salon yang dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya.

Perawatan Dengan Produk Kecantikan

1. Benzoyl Peroxide 5%

ini adalah bahan yang banyak terdapat di berbagai obat untuk masalah jerawat. Cara kerjanya yaitu dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Karena komedo putih adalah salah satu bentuk jerawat, krim atau obat jerawat yang mengandung benzoyl ini bisa digunakan untuk mngatasi masalah komedo putih pada hidung. Akan tetapi, penggunaannya sebaiknya berdasarkan resep dokter kulit, karena bahan ini bisa menimbulkan reaksi alergi jika tidak cocok dengan kondisi kulit kita.

2. Salicylic Acid

Asam salisilat juga banyak digunakan pada obat jerawat. Senyawa ini bersifat anti inflamasi, berguna untuk meredakan peradangan pada jerawat. Karena sifatnya yang anti inflamasi, biasanya digunakan juga untuk sabun muka. Penggunaan asam salisilat ini juga mempunyai resiko alergi, karena itu sebaiknya dipakai berdasarkan resep dokter.

3. Retinoid Cream

Krim ini biasanya digunakan untuk menutup pori – pori, memingkatkan produksi kolagen karena mengandung vitamin A, meratakan warna kulit, menghaluskan dan mengurangi garis tipis di kulit wajah. Retinoid juga termasuk obat yang mengharuskan adanya resep dokter untuk penggunaannya.

Cara Mencegah Komedo Putih

Tidak cukup hanya merawatnya saja, komedo putih yang tampak di hidung juga harus dicegah agar tidak terus menerus muncul. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  • Rajin Mencuci Muka
  • Perhatikan Asupan Makanan
  • Minum Air Putih
  • Gaya Hidup Sehat
  • Hindari Stres dan Polusi

Bila Anda cukup rajin melakukan perawatan dan menghindari hal – hal yang bisa membuat komedo putih ini kembali muncul di hidung, maka Anda akan mendapatkan kulit wajah yang benar – benar mulus. Jangan lupa pula untuk memperhatikan setiap nilai baik dan buruknya dari setiap perawatan, terutama yang menggunakan bahan kimia, agar Anda terhindar dari kerugian akibat salah perawatan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, August 2016 / 05:08 Oleh :
Kategori : Wajah