10 Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah

Buah semangka adalah jenis buah yang menyegarkan karena 90% isinya merupakan air. Namun tahukah Anda bahwa dengan membuang kulitnya (bagian putih yang dekat dengan kulit terluar), Anda telah menghilangkan nutrisi ekstra dari buah tersebut? Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda tidak terburu-buru menyingkirkan kulit semangka ketika telah selesai mengonsumsi buahnya. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Buah Naga  , Cara Membuat Masker Alami)

Entah mengonsumsinya sebagai bahan masakan atau menggunakannya secara topikal, kulit semangka ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Banyak yang menggunakan kulit semangka dalam masakan mereka karena rasanya yang ringan. Kulit semangka sendiri memiliki vitamin, mineral, dan serat, serta kegunaan lain bagi kesehatan. Memanfaatkan kulit semangka juga sekaligus dapat mengurangi limbah yang Anda produksi, sehingga baik bagi lingkungan Anda. (Baca Juga: Manfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan , Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

Nutrisi

Semangka merupakan buah yang rendah kalori. Satu cangkir buah semangka dapat memberikan 50 kalori dan vitamin A dan C bagi yang mengonsumsinya. Semangka merah kaya akan lycopene, antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Kulit buah semangka mencegah rasa manis dari dagingnya berubah rasa, kulit tersebut juga mengandung vitamin C, serat, potasium, dan sedikit vitamin B6. Kulit buah semangka mengandung sangat sedikit kalori sehingga Anda bisa menambahkannya dalam jumlah berapa pun sebagai campuran pada masakan Anda tanpa harus khawatir telah mengonsumsi kalori berlebihan. (Baca juga: Manfaat cuka untuk rambutvitamin untuk kulit kering)

Penggunaan Secara Medis

Kulit buah semangka punya kegunaan medis tambahan. Penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka mengandung citrulline. Citrulline ini membuat arginine, sebuah asam amino yang membuat protein bagi tubuh Anda dan berperan dalam relaksasi pembuluh darah. Beberapa orang memiliki defisiensi arginine dalam tubuh mereka. Sehingga ekstrak kulit semangka kini diteliti sebagai potensi pengobatan angina dan kondisi jantung serta darah lainnya. (Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut , Manfaat Anggur Untuk Rambut)

Manfaat Kulit Semangka Secara Umum

Mengonsumsi kulit semangka membuat Anda dapat memanfaatkan seluruh bagian buah ini dan mengurangi sampah makanan.

  1. Rasanya yang ringan membuat Anda dapat menggunakan kulit semangka dalam berbagai masakan. Contohnya, orang Asia menggunakan kulit semangka sebagai campuran salad, sup, dan makanan lainnya. Di Amerika banyak yang memanfaatkannya sebagai acar (pickled watermelon rinds). Kulit semangka juga digunakan untuk membuat bahan pengawet, penyedap, serta pemanis. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat)
  2. Konsumsi buah semangka sekaligus bagian kulitnya yang berwarna putih bila Anda ingin menurunkan tekanan darah Anda. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak semangka dapat membantu orang dewasa yang mengalami obesitas mengontrol tekanan darah mereka. Dengan begini, Anda pun dapat mengurangi risiko terserang penyakit stroke yang membayangi para penderita tekanan darah tinggi. (Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat untuk Rambut)
  3. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen L-citrulline dapat meningkatkan kemampuan ereksi pada pria yang memiliki disfungsi ereksi ringan hingga sedang tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping yang biasa terkandung dalam Viagra. Kulit semangka yang kaya akan asam amino citrulline dipercaya memiliki kemampuan yang sama untuk meningkatkan libido dan membantu mengatasi disfungsi tersebut.
  4. Masih berfokus pada kaum pria; semangka kandungan lycopene-nya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker prostat. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun data awal yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa lycopene memiliki korelasi positif terhadap pencegahan kanker. Selain itu, komponen yang terdapat dalam semangka dapat menjaga saluran kemih Anda sehat. (Baca Juga: penyebab rambut rontok pada pria)
  5. Ekonomis. Contohnya: menggunakan kulit semangka dalam acar adalah alternatif yang amat murah ketimbang membeli ketimun. Kulit semangka seringkali tidak digunakan dan dibuang, sehingga mencari cara untuk memanfaatkannya sebagai bahan masakan/campuran makanan dapat menambah fungsionalitas bagian buah ini. (Baca juga: Manfaat timun untuk wajah)

Tips Penyajian

Daging buah semangka dapat cepat membusuk setelah dipisahkan dari kulitnya, jadi gunakan kulit tersebut pada saat terakhir setelah buahnya dikonsumsi. Berikut kami berikan beberapa tips pemanfaat dan penyajian kulit semangka:

  1. Kupas kulit terluar yang berwarna hijau dan pisahkan kulit bagian dalamnya yang berwarna putih, potong-potong menjadi ukuran 1,5 cm, gunakan selayaknya sayuran dalam masakan yang biasa Anda buat.
  2. Campurkan pada salad sayuran dengan dressing yang ringan.
  3. Tambahkan kulit semangka yang telah dipotong dadu pada sup yang Anda buat sebagai variasi atau tambahan nutrisi.
  4. Bila Anda punya resep acar favorit, Anda bisa mencoba mengganti komponen ketimun dengan kulit semangka ini. Anda akan terkejut akan rasa dan tekstur keduanya yang tidak jauh berbeda.
  5. Potong-potong dadu kulit semangka ini dan campur dengan gula, madu, atau pemanis kegemaran Anda. Jadikan kudapan bila Anda memang penggemar makanan manis.

(Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Rambut , Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat)

Nikmati bagian semangka yang kerap terlupakan ini dan manfaatkan semaksimal mungkin buah musiman yang segar dan mengandung banyak air ini.

Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah

Tahukah Anda bahwa selain berguna untuk menutrisi seluruh tubuh, kulit semangka ternyata memiliki manfaat khusus untuk wajah? Berikut contohnya:

  1. Meredakan kulit wajah yang terbakar sinar matahari (sunburn)

Dinginkan kulit semangka untuk mengatasi hal ini. Caranya cukup sederhana: gosokkan kulit semangka ke wajah, setelah beberapa menit basuh wajah. Lakukan hal ini dengan rutin agar efeknya terasa. Hal ini juga dapat memutihkan dan melembutkan kulit wajah Anda. (Baca Juga: cara mengencangkan kulit wajahcara mengatasi kerutan di wajah)

  1. Sebagai pelembap

Dinginkan kulit semangka dalam lemari es selama 20 menit. Cuci wajah Anda lantas gosokkan kulit semangka sambil pijat-pijat kulit wajah Anda secara lembut selama 10 menit. Hal ini akan memberi efek moisturizing pada wajah Anda. (Baca juga: Penyebab kulit keringcara merawat kulit kering)

  1. Antioksidan

Polusi dan debu yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit nampak kusam. Paparan sinar matahari pun dapat memberikan efek radikal bebas pada kulit wajah. Karena semangka (termasuk kulitnya) mengandung antioksidan, dia dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melawan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. (Baca juga: Cara mengatasi kulit keriput pada wajahcara menghilangkan kerutan di wajah)

  1. Kulit lebih cerah dan lembut

Campurkan jus semangka dan yogurt lantas gunakan sebagai masker selama minimal 10 menit pada wajah Anda. Basuh dengan menggunakan air dingin. Buah ini dapat menyembuhkan dan menambah kadar air dalam kulit, sedangkan kandungan enzim dan asam laktat pada yogurt akan mengelupas sel kulit mati dan membersihkannya. Ingat, gunakan kulit semangka bagian putih saat membuat jus tadi. (Baca juga: Pencerah kulit alamitips agar kulit menjadi putih secara alami)

  1. Mengatasi jerawat

Mengonsumsi kulit semangka dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan jerawat. Sekaligus menggunakannya secara topikal, yaitu dengan menggosokkan bagian kulit semangka tersebut ke permukaan wajah yang sedang mengalami jerawat.

Artikel terkait:

Bagaimana? Menarik bukan mengetahui bahwa bagian putih di kulit semangka, yang mungkin selama ini tidak pernah Anda konsumsi yang selama ini selalu berakhir di tempat pembuangan sampah, ternyata bermanfaat bagi kesehatan dan kulit Anda? Kami harap informasi ini bermanfaat dan dapat Anda aplikasikan di rumah untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.