20 Cara Mengatasi Kerutan di Wajah Secara Alami

Kerutan dan garis halus di wajah sebenarnya merupakan hal yang normal sebagai tanda penuaan pada kulit. Namun kemunculan keriput dan garis halus ini membuat kulit tampak lelah dan tua. Karena itulah masalah ini bisa menjadi masalah serius bagi wanita. Keriput yang disebabkan oleh penuaan sulit di hilangkan, berbeda dengan keriput yang disebabkan faktor eksternal. Untuk menghilangkan keriput di wajah yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti sinar matahari dan polusi, dengan menghindarinya saja sebenarnya sudah cukup baik. Namun keriput yang disebabkan oleh usia akan lebih sulit dihilangkan dengan cara biasa. (Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini , Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda)

Walaupun mengalami keriput yang disebabkan usia, kebanyakan wanita tetap tidak mau wajahnya tampak menua. Karena itu mereka akan berusaha segala cara untuk mengurangi penampilan keriput pada wajahnya. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keriput di wajah, baik yang datang sebelum waktunya maupun yang disebabkan karena usia. Para wanita harus pintar memilih metode perawatan mana yang paling cocok dengan dirinya agar bisa membuahkan hasil yang baik.

Cara Merawat Keriput wajah Sehari – hari

Untungnya, keriput yang masih dalam tahap ringan bisa dirawat dengan menggunakan perawatan kosmetik sederhana, sementara keriput yang lebih dalam pada kulit membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit yang masih mengalami keriput ringan:

  1. Beri Pelembab

Oleskan pelembab setiap hari kepada kulit wajah untuk memimalkan keriput dan garis halus. Kulit yang kadar kelembabannya baik akan dapat menutupi keriput dan membuat kulit tampak lebih muda. Gunakan pelembab wajah untuk kulit kering yang bisa menjadi cara mengatasi kulit wajah kering dan cara mengatasi kulit kering pada wajah yang akan menjadi penyebab kulit keriput di usia muda. Selain itu pelembab akan bisa bermanfaat untuk mengatasi juga penyebab kulit kering.

  1. Krim Anti Keriput

Cobalah krim kosmetik anti keriput yang banyak dijual di toko kosmetik sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah. Cari yang mengandung fungsi AHA untuk kulit , tembaga peptida, retinol atau kinetin. Kandungan dalam produk anti keriput tersebut berfungsi untuk menghilangkan lapisan kulit atas pada wajah dengan merangsang produksi kolagen. Berhati – hatilah dalam memilih, karena salah memilih akan mendapatkan bahaya kosmetik palsu.

  1. Obat Dokter

Jika krim yang dijual secara bebas gagal, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Gunakan obat – obatan yang diresepkan yang mengandung tretinoin atau tazarotene untuk menghilangkan keriput di wajah yang tidak bisa hilang dengan kosmetik biasa. Resiko menggunakan krim anti keriput dengan resep dokter adalah kulit akan menjadi lebih sensitif termasuk terhadap sinar matahari dan bisa mengalami iritasi, rasa terbakar, kering, kemerahan dan gatal. (Baca Juga:  Cara Mengatasi Kulit Keriput pada Wajah)

  1. Tabir Surya

Jika sedang memakai obat – obatan dokter, sangat penting untuk menggunakan tabir surya sebagai perlindungan kulit wajah. Sinat matahari memberikan kontribusi yang cukup besar pada penuaan kulit wajah dan keriput. Melindungi kulit dari sinar UV bisa mencegah pembentukan keriput baru, dan memungkinkan krim anti keriput untuk bekerja lebih efektif serta mengurangi keriput yang sudah ada sebelumnya serta menjadi cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata)

ads
  1. Perawatan Kulit

Melakukan perawatan kulit wajah bisa bermanfaat untuk menghilangkan permukaan kulit wajah bagian atas dan menghilangkan keriput serta garis halus di wajah. Metode yang bisa digunakan adalah mikrodermabrasiprosedur chemical peeling, dan terapi laser dapat memperbaiki penampilan kulit sehingga wajah akan terlihat lebih muda dan .lebih halus menggantikan kulit lama yang keriput.

  1. Filler

Ada juga cara menghilangkan kerutan di wajah dengan teknik yang menggunakan filler yang disuntikkan kepada kulit wajah. Kolagen, lemak atau asam hyaluronic dapat menghaluskan keriput dan memperbaiki penampilan kulit wajah. Kekurangannya, suntikan filler ini bisa menimbulkan efek samping dan harus diulangi setiap beberapa bulan sekali. Waspadai bahaya suntik kolagen yang mungkin bisa terjadi, karena itu jangan lakukan suntik sembarangan.

Cara Merawat Kerutan di Wajah Dengan Bahan Alami

Jika menginginkan cara perawatan yang minim resiko dan biaya, Anda dapat mencoba perawatan alami untuk mengatasi keriput di wajah. Bahan alami jika digunakan dengan tepat, khasiatnya tidak kalah dengan perawatan modern. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat keriput di wajah yaitu:

1.Susu Bubuk

Manfaat susu untuk kulit termasuk juga untuk merawat kulit wajah yang keriput. Campur dua sendok makan madu, empat sendok makan bubuk susu dan dua sendok makan air hangat. Oleskan di wajah dan biarkan selama sepuluh menit. Kemudian cuci sampai bersih. Manfaat madu untuk masker wajah akan memberi kilau alami dan susu bubuk akan membuat kulit tetap halus dan bebas keriput.

  1. Nanas

Mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk kulit khususnya jika ingin menyingkirkan keriput. Hancurkan nanas secukupnya dan oleskan ke kulit wajah. Biarkan selama sepuluh menit dan cuci wajah. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jus nanas untuk mencuci muka sambil memijatnya. Dengan menggunakan jus nanas bisa memperbaiki sirkulasi darah, warna kulit dan cara mengatasi keriput pada wajah secara alami.

  1. Pisang

Hancurkan buah pisang secukupnya sampai halus. Oleskan ke wajah secara merata dan biarkan selama setengah jam, lalu cuci wajah sampai bersih. Jangan menggosok wajah ketika mengeringkan, sebaiknya tepuk – tepuklah sampai kering. Manfaat pisang untuk kulit bisa menjadi masker untuk kulit kering dan flek hitam pada wajah.

  1. Teh

Banyak manfaat yang menguntungkan dari teh untuk mendapatkan kulit yang bebas kerutan. Terutama teh hijau. Manfaat teh untuk wajah sangat baik sebagai masker wajah untuk merawat wajah yang terbakar matahari. Meminum teh hijau tanpa gula setiap hari akan membuat kulit tampak segar dan lebih muda karena manfaat detoks dari teh hijau.

  1. Mentimun

Manfaat mentimun untuk wajah sangat baik dan berkhasiat luar biasa. Ambil mentimun segar dan potong – potong tipis. Taruh potongan – potongan mentimun di atas wajah. Mentimun akan melembutkan wajah dan mengurangi keriput.

  1. Minyak Zaitun

Salah satu bahan rumahan yang baik untuk mengatasi keriput adalah minyak zaitun. Minyak ini mengembalikan kelembaban yang hilang dari kulit. Untuk memijat wajah, tambahkan beberapa tetes lemon ke dalam minyak zaitun secukupnya. Hasilnya, wajah akan tampak cerah, bersinar dan bebas keriput. Anda juga bisa menemukan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun dan cara memutihkan wajah secara alami dengan minyak ini juga.

  1. Minyak Almond

Beberapa tetes minyak almond bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi keriput di sekitar mata. Gunakan satu atau dua tetes minyak almond di ujung jari dan oleskan ke bawah mata. Minyak almond adalah bahan alami yang baik untuk cara menghilangkan kerutan di mata.

  1. Semangka

Kulit semangka bisa bermanfaat untuk merawat wajah yang keriput. Gosokkan kulit semangka ke wajah Anda dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Ini akan menyegarkan kulit yang kusam dan membuatnya lembut. (Baac Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam , Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah)

  1. Madu dan Lemon

Siapkan madu dan air perasan jeruk lemon dalam jumlah yang sama dan aduk sampai tercampur rata. Oleskan ke kulit wajah dan biarkan sampai beberapa menit, setelah itu bersihkan. Masker ini akan membuat kulit wajah mengencang dan bebas keriput, juga menjadi cara menghilangkan belang di wajah dengan ampuh. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kulit  , Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah)

  1. Tepung Beras

Menghilangkan keriput di kulit wajah juga bisa menggunakan tepung beras sebagai salah satu perawatan alami. Caranya siapkan tepung beras secukupnya, lalu tambahkan air mawar dan susu sambil diaduk hingga menjadi pasta kental. Basahi wajah dan oleskan ramuan ini di wajah yang basah. Biarkan selama dua puluh menit, lalu bersihkan. Ramuan ini akan mengencangkan dan membuat kulit cerah serta menghilangkan keriput. (Baca Juga: Manfaat Beras Untuk Wajah , Manfaat Air Beras untuk Kecantikan)

  1. Pepaya

Buah pepaya adalah pilihan yang paling bagus untuk menghilangkan keriput dan garis halus. Cara menggunakannya hanya dengan menghancurkan sebagian kecil pepaya dan campurkan dengan madu. Oleskan pada leher dan wajah. Manfaat pepaya untuk kulit akan menjadi ramuan alami yang sangat baik untuk wajah dan memberi kilau pada wajah Anda. (Baca Juga: Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit)

  1. Air Mawar

Campuran dalam ramuan ini adalah kunyit, madu dan air mawar. Aduk sampai merata dan menjadi tekstur seperti pasta kental. Oleskan ke leher dan wajah. Ulangi ini selama satu kali seminggu dengan aturan yang sama. Jangan melebihi sekali seminggu karena bisa membuat kulit kering. (Baca Juga: Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah)

  1. Putih Telur

Ambil putih telur dan pisahkan bagian putihnya. Tambahkan air mawar dan gliserin sebanyak dua sendok makan ke dalam putih telur dan aduk merata. Oleskan kepada wajah, biarkan beberapa menit sampai mengering. Bersihkan sampai bau telurnya hilang. (Baca Juga: Manfaat Putih Telur Untuk Rambut Rusak , Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur)

  1. Aprikot

Buah ini sangat kaya akan magnesium, potasium, fosfor dan kalsium. Cara membuatnya adalah dengan mengambil dua potong aptikot, buang bijinya dan hancurkan buahnya sampai halus. Tembahkan dua sendok makan madu, sedikit susu dingin dan jus dari satu buah lemon. Campur sampai rata dan gosokkan pada wajah dan leher. Cuci wajah setelah sepuluh menit dan tepuk – tepuk sampai kering.

Sponsors Link

  1. Bubuk Cendana

Ini adalah bumbu yang sangat kuno dan telah sering digunakan sejak jaman dulu untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan bebas keriput. Campur sedikit bubuk cendana dengan air mawar sampai rata, lalu basahi wajah dan oleskan campuran tersebut. Cendana akan membuat wajah bercahaya dan air mawar akan memberikan rona pada kulit wajah. Juga sangat bagus untuk kulit bebas jerawat. (Baca Juga: Cara Memutihkan Tangan)

  1. Jahe

Bahan yang dibutuhkan hanya seruas jahe. Potong – potong jahe yang sudah dikupas dan tambahkan satu sendok madu. Minumlah setiap hari di pagi hari ketika matahari terbit. jahe akan menjadi pertahanan tubuh yang bagus untuk melawan keriput. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bau Badan)

  1. Stroberi

Buah yang tampak manis ini bisa berfungsi sebagai ramuan untuk wajah keriput. Caranya dengan menghancurkan 3-4 buah stroberi dan hancukan. Tambahkan satu sendok makan madu, oleskan ke wajah dan biarkan selama lima belas menit. Bilas dengan air dingin sesudahnya. (Baca Juga: Cara Memutihkan Leher , Cara Meluruskan Rambut Ikal)

  1. Alpukat

Hancurkan alpukat secukupnya sampai menjadi bubur. Oleskan bubur tersebut ke wajah, lalu biarkan sampai agak mengering dan bilas. Alpukat sangat kaya akan vitamin E dan akan melembabkan kulit yang kering sehingga tidak mudah keriput. (Baca Juga: Manfaat Alpukat Untuk Kulit , Manfaat Masker Alpukat untuk Rambut)

  1. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari juga dapat menolong memperlambat proses penuaan karena kandungan anti oksidan yang dimiliki oleh bawang putih tersebut. Jika Anda tidak terganggu dengan baunya, maka cara ini bisa anda coba.

  1. Apel

Cara membuat apel menjadi ramuan untuk wajah yang keriput yaitu dengan menghancurkan sepotong apel. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam apel yang telah hancur. Oleskan ke wajah dan leher selama 15-20 menit lalu cuci bersih dengan air dingin. (Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut , Manfaat Kulit Apel untuk Perawatan Rambut)

Semua cara perawatan wajah yang berkerut ini bisa Anda coba bahkan sebelum mengalami keriput tersebut. Jika ingin menghindari kerutan di wajah maka ada pula beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari seperti janganlah sering mengerutkan dahi dan bagian wajah lain karena itu akan membentuk pola garis di kulit wajah.. Lakukan gaya hidup sehat sepert banyak minum air putih, berolah raga dan jangan merokok serta minum alkohol, juga jaga makanan yang bergizi.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 01:22 Oleh :
Kategori : Wajah