20 Cara Meluruskan Rambut Ikal secara Alami

Hampir setiap wanita menginginkan penampilan yang maksimal di mana masalah rambut ikal pun menjadi masalah. Tak sedikit dari para wanita berambut ikal bakal memilih untuk meluruskan rambut mereka dengan cara direbonding atau dengan cara smoothing. Memiliki rambut lurus seperti adalah dambaan bagi para wanita karena merasa lebih anggun.

Tanpa harus ke salon dan mendapat sentuhan alat-alat penata rambut serta bahan kimia yang mampu merusak rambut, Anda pun tetap bisa meluruskan rambut dengan cara-cara alami yang mungkin sebelumnya tak terpikirkan. Daripada memunculkan efek negatif pada rambut Anda, seperti rontok, mengembang, kering dan kusam, cara meluruskan rambut ikal di bawah ini cocok untuk Anda coba.

(Baca juga: cara merawat rambut keriting)

1. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak atau kastor adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin meluruskan rambut secara alami. Mungkin Anda sudah kerap mendengar tentang manfaat dari minyak jarak ini bagi kesehatan, ternyata untuk kecantikan rambut pun juga sangat oke.

  • Caranya: Untuk meluruskan rambut dengan minyak ini, Anda perlu memanaskannya terlebih dulu karena yang paling dibutuhkan adalah minyak jarak hangat. Dalam kondisi hangat, oleskanlah merata ke bagian kulit kepala Anda sampai merata. Sambil dioles, pijatlah juga kira-kira selama 5 menit, lalu kepala bisa Anda bungkus menggunakan handuk hangat yang sebelumnya telah Anda rendam di dalam air panas. Keramasi setelah 30 menit berlalu.

2. Memakai Minyak Almond

Satu lagi jenis minyak yang bisa Anda andalkan untuk meluruskan rambut secara alami tanpa efek samping, yakni minyak almond. Kalau pada umumnya para wanita akan memakai kondisioner setelah keramas, gantikan produk kondisioner tersebut dengan minyak almond saja. Cara ini bakal menutrisi rambut Anda secara lebih aman dan maksimal.

Selain dapat meluruskan rambut bila dilakukan rutin, rambut akan jauh lebih ternutrisi dan sehat senantiasa. Setelah pengaplikasian minyak jarak ke rambut, pastikan Anda tidak menggunakan alat pengering rambut untuk mengeringkannya. Diamkan atau angin-anginkan biasa saja supaya rambut kering alami dan tak memicu kerusakan rambut.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Jenis minyak lainnya yang tak kalah efektif dalam memberikan efek lurus alami pada rambut adalah minyak zaitun di mana minyak satu ini juga mampu menyehatkan kulit kepala. Sudah bukan rahasia bahwa minyak zaitun ini sangat baik untuk kesehatan jantung, namun sebetulnya minyak zaitun dapat berguna dalam merawat rambut juga.

Asalkan menggunakan secara rutin seperti cara penggunaan minyak jarak yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa merasakan khasiatnya setelah beberapa minggu atau bulan. Selain lebih lurus, dijamin rambut pun akan lebih ternutrisi dan juga jauh lebih hitam. Jadi bila ingin rambut indah lurus dan hitam alami, minyak zaitun solusinya.

4. Memanfaatkan Susu dan Telur

Kombinasi susu dan telur dapat menjadi cara merawat rambut agar lurus serta halus secara ampuh. Karena berkandungan nutrisi tinggi, Anda bisa memanfaatkannya tak hanya sebagai pelurus rambut alami, namun sebagai solusi pencegahan ketombe serta menyehatkan kulit kepala.

  • Caranya: Sediakan telur ayam kampung 1 butir, pecahkan dan pisahkan bagian putihnya. Setelahnya campurkan dengan 2 cangkir susu putih tapi tak usah ditambah dengan pemanis seperti gula atau madu. Masker rambut sudah jadi dan Anda bisa mengaplikasikannya secara menyeluruh pada setiap bagian rambut. Bila sudah, rambut dapat ditutup memakai shower cap sekitar 15 menit sebelum akhirnya Anda mengeramasinya.

5. Memakai Minyak Kedelai

Ada banyak manfaat dari minyak kedelai yang ditawarkan, seperti kandungan omega-3 yang sangat tinggi meski memang minyak ini tidak untuk memasak. Walau tidak disarankan untuk dikonsumsi, minyak kedelai adalah solusi tepat bagi yang memiliki rambut ikal untuk menjadi lebih lurus secara alami.

  • Caranya: Siapkan minyak kedelai berikut bahan campurannya, yaitu minyak jarak, sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesendok makan minyak kedelai dapat Anda campurkan bersama minyak jarak sebanyak 2 sendok makan. Campuran minyak ini dapat Anda oles secara merata pada seluruh bagian rambut, lalu berikan pijatan sejenak kira-kira 5 menit. Supaya meresap, tunggu ½ jam sebelum Anda boleh mengeramasinya.

(Baca juga: penyebab rambut keriting)

6. Menggunakan Santan dan Jeruk Nipis

Obat pelurus rambut lainnya yang dipastikan aman dan efektif adalah campuran antara santan dan jeruk nipis. Kedua bahan ini dapat dikombinasikan sebagai kondisioner yang mampu membuat rmabut lebih lurus secara cepat.

  • Caranya: Kedua bahan tersebut bisa Anda campurkan dengan takaran yang secukupnya. Sesudah dicampur merata, Anda dapat menerapkannya langsung ke seluruh bagian rambut helai demi helai sampai menyeluruh. Diamkan hingga mengering, lalu bilaslah dengan mengeramasinya. Supaya hasil maksimal, seminggu 2 kali adalah waktu yang tepat dan paling dianjurkan untuk memakai obat pelurus rambut alami ini.

7. Memakai Susu dan Madu

Bila sebelumnya susu dicampurkan dengan telur, maka kali ini Anda dapat mencampurnya dengan madu yang sama-sama bernutrisi tinggi. Untuk mendapatkan nutrisi dobel, tentunya Anda juga perlu mengombinasikan keduanya supaya rambut dapat lebih lurus dan juga lebih sehat.

  • Caranya: Sediakan susu tawar putih segelas saja tanpa diberi gula, lalu campur dengan madu murni sebanyak 2-3 sendok makan. Jangan lupa juga untuk menambahkan sejumlah buah stroberi lalu Anda aduk hingga merata. Oles ke seluruh area rambut sebagai masker, tunggu 2 jam sebelum akhirnya Anda bisa mengeramasinya

8. Menggunakan Telur dan Tepung Beras

Karena bahaya rebonding rambut cukup besar, Anda bisa mengombinasikan telur dan tepung beras untuk menjadi obat pelurus rambut alami dengan hasil cepat. Hanya saja, penggunaan kombinasi bahan ini juga tak dianjurkan untuk berlebihan karena mampu membuat rambut patah serta rontok.

  • Caranya: Saat memecahkan sebutir telur ayam kampung, ambil bagian putihnya saja lalu campur dengan tepung beras sebanyak 5 sendok makan dan aduklah merata hingga terbentuk adonan pasta. Pasta ini yang Anda bisa terapkan ke seluruh bagian rambut lalu untuk meratakannya gunakanlah sisir supaya rambut lurus. Tunggu kurang lebih sejam sebelum membilas atau mengeramasinya; karena efek sampingnya cukup berbahaya, Anda hanya diperbolehkan menggunakan solusi ini seminggu 1 kali saja.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang)

9. Memanfaatkan Seledri

Mungkin Anda pernah mendengar fungsi seledri bagi rambut adalah untuk menghitamkan dan menyuburkannya. Ternyata seledri pun memiliki peran lainnya, yaitu sebagai pelurus rambut alami, tapi Anda juga perlu tahu bahwa penggunaannya cukup ribet sehingga Anda harus punya cukup waktu luang untuk perawatan ini.

  • Caranya: Ambil seledri secukupnya dan jadikan jus di mana jus ekstrak seledri ini juga harus Anda simpan lebih dulu semalaman. Walau demikian, tetap saja manfaat bagi rambut akan tetap besar, jadi Anda bisa mencobanya. Sesudah disimpan semalaman, ekstrak jus dapat Anda gunakan dengan mengaplikasikannya ke seluruh rambut, lalu diamkan lagi semalaman. Esok paginya, Anda bisa sisir rambut hingga halus, tutup lagi dan tunggu setengah hari sebelum membilas.

10. Menggunakan Lidah Buaya

Selain bahaya rebonding, bahaya smoothing rambut pun perlu Anda waspadai, oleh karena itu pakailah bahan yang pasti amannya saja seperti lidah buaya. Cukup dengan mengambil ½ cangkir gel lidah buaya yang kemudian dicampur bersama dengan minyak esensial hangat, Anda dapat langsung mengaplikasikannya ke rambut sebagai masker. Sangat sederhana dan cucilah rambut kalau sudah lewat 40 menit.

11. Memanfaatkan Pisang

Buah pisang tak hanya bagus dalam menutrisi tubuh, tapi juga baik dalam membuat rambut lurus secara alami tanpa sentuhan alat rebonding atau smoothing. Cukup tumbukan 2 buah pisang yang halus Anda campur bersama minyak zaitun, yogurt dan madu masing-masing 2 sendok makan, Anda dapat membentuk pasta dan oles ke rambut. Keramasi sesudah menunggu selama 30 menit.

(Baca juga: cara merawat rambut smoothing agar tahan lama)

12. Menggunakan Telur dan Minyak Zaitun

Kombinasi antara minyak zaitun serta telur adalah juga yang terbaik bagi rambut Anda supaya cepat lurus dan terjaga kesehatannya. Tanpa menimbulkan efek samping berbahaya, Anda bisa menggunakan bahan ini dengan mudah.

  • Caranya: Sediakan telur 2 butir saja dan minyak zaitun seperlunya dan campur hingga rata. Oles kulit kepala dan rambut dengan ramuan ini sambil memijat-mijatnya. Setelah itu Anda bisa membungkus kepala menggunakan handuk setelah dicelup di dalam air hangat. Cucilah rambut sesudah lewat 30 menit.

13. Memanfaatkan Pepaya dan Pisang

Pepaya serta pisang adalah 2 bahan alami yang juga tak kalah dalam memberikan efek lurus pada rambut secara aman tanpa efek samping. Belum lagi keduanya akan menutrisi rambut dengan vitamin dan mineral di dalamnya.

  • Caranya: Sediakan pepaya dan pisang secukupnya dengan takaran yang sama, lalu Anda bisa tumbuk sampai halus. Kedua bahan perlu Anda campur dan tambah dengan madu sedikit, aduklah sampai merata. Campuran ini Anda dapat aplikasikan langsung ke rambut serta kulit kepala, tunggu kering, barulah Anda keramas.

14. Memakai Minyak Zaitun dan Daun Rosemary

Apabila biasanya rosemary ini digunakan sebagai bumbu masak, bagian daunnya dapat Anda pakai untuk dijadikan obat pelurus rambut ampuh. Bersama dengan minyak zaitun Anda dapat membuat masker rambut.

  • Caranya: Sediakan ½ cangkir minyak zaitun, lalu Anda panaskan lebih dulu. Setelah menjadi hangat, ½ cangkir daun rosemary yang kering dapat Anda tambahkan pada minyak zaitun hangat tadi dan campur sampai rata. Oleskan kemudian ke kulit kepala sambil diberi pijatan ringan. Keramasilah apabila sudah ½ jam berlalu.

(Baca juga: perawatan rambut rusak)

15. Menggunakan Susu Kelapa dan Jus Lemon

Untuk meluruskan rambut, Anda bisa menggunakan susu kelapa dan jus lemon di mana keduanya dapat Anda kombinasikan. Campuran keduanya akan dapat digunakan sebagai krim kondisioner yang akan meluruskan rambut bila dipakai secara rutin. Yang Anda perlukan adalah mencampur sampai rata kedua bahan, lalu mengaplikasikan langsung ke rambut dan kulit kepala. Gunakan air hangat untuk membasuh rambut beberapa menit kemudian; cukup secara rutin melakukan perawatan ini seminggu 2 kali, Anda akan melihat perbedaannya.

16. Memanfaatkan Telur

Selain dapat dikombinasikan bersama tepung beras, minyak zaitun dan susu, telur sendiri pun juga dapat Anda pakai secara langsung untuk meluruskan rambut. Ambil beberapa butir telur di mana bisa Anda sesuaikan dengan panjang pendek serta tebal tipisnya rambut Anda. Kocok telur lebih dulu tanpa harus memisahkan putih dan kuningnya. Setelah halus, aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, tinggalkan selama ½ jam sebelum dikeramasi.

(Baca juga: perawatan rambut smoothing)

17. Memakai Cuka

Cuka juga merupakan bahan alami yang mampu meluruskan rambut Anda tanpa efek samping berbahaya. Bahan ini dapat digunakan sesudah Anda memakai bahan-bahan pelurus rambut lainnya karena cuka ini berfungsi sebagai yang memaksimalkan kinerja bahan-bahan tadi. Menggunakannya rutin akan membuat rambut lurus dan berkilau.

  • Caranya: Cuka perlu Anda campurkan lebih dulu dengan air putih biasa dan jangan langsung mengaplikasikannya karena mampu menyebabkan peradangan. Sesudah lewat 30 menit barulah Anda boleh mengeramasi rambut.

18. Hindari Mengikat Rambut

Ketika rambut Anda sudah ada perkembangan menjadi lebih lurus dari sebelumnya, jangan buru-buru mengikat rambut karena hal ini justru hanya akan membuat rambut kembali seperti semula dengan mudahnya. Ikatan rambut yang terlalu kuat juga tidak dianjurkan sama sekali karena mampu menjadikan rambut tidak lurus secara sempurna.

(Baca juga: cara meluruskan rambut pria)

19. Menggunakan Roll Rambut Ukuran Besar

Bila Anda mencari cara meluruskan rambut tanpa rebonding, gunakan roll rambut yang datang dengan ukuran besar. Bahkan cara ini bisa membantu pemilik rambut keriting kecil-kecil untuk bisa menjadikannya berombak sedikit. Bagilah rambut yang masih cukup lembab menjadi beberapa bagian; gunakan jepit supaya lebih gampang. Pakai roll rambut untuk menggulung setiap bagian tersebut. Biarkan gulungan selama beberapa jam dan ketika Anda menyisir rambut, rambut akan jauh lebih lurus dari sebelumnya.

20. Memanfaatkan Hair Dryer dengan Suhu Rendah

Rambut Anda yang masih dalam keadaan basah atau lembab bisa Anda terapkan dengan serum rambut lebih dulu, khususnya yang anti frizz. Kemudian barulah Anda bisa menyalakan hair dryer dengan suhu yang tak begitu tinggi alias pada suhu dingin saja. Mulailah menyisir sambil rambut Anda hair dryer; tahan sejenak dengan posisi masuk ke dalam ketika sudah di ujung rambut. Teruskan metode ini hingga seluruh bagian rambut kering serta lurus total.

(Baca juga: cara meluruskan rambut secara alami)

Demikianlah cara meluruskan rambut ikal yang ampuh tanpa takut atau khawatir akan bahan-bahan kimia perusak rambut.