18 Cara Perawatan Rambut Smoothing Biar Awet Secara Alami

Kebanyakan wanita yang merasa bahwa rambutnya kurang lurus aakan memutuskan melakukan smoothing, yaitu proses pelurusan rambut. Bagi Anda yang baru hendak mencoba smoothing, mungkin agak bingung juga dengan apa yang harus dilakukan untuk perawatan rambut smoothing. Setelah dismoothing, bukan berarti Anda kemudian dapat membiarkannya begitu saja, di bawah ini beberapa langkah untuk Anda lakukan demi menjaga keindahan rambut smoothing.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang)

1. Tidak Sering Mencatok

Smoothing berbeda dari rebonding, jadi sebaiknya Anda tidaklah sesering mungkin menggunakan catok seperti saat rambut Anda direbonding. Boleh mencatok, tapi tidak perlu terlalu sering karena justru membuat rambut lebih gampang kering dan gampang rusak. Kalaupun Anda membutuhkan catok rambut, pastikan bahwa Anda mengaplikasikan pelembab rambut.

2. Tidak Keramas sehabis Smoothing

Setelah proses smoothing, Anda tidak dianjurkan untuk mengeramasi rambut Anda, dan ini harus dilakukan sekitar 3 hari dari setelah dismoothing. Ini demi menjaga rambut Anda supaya tak terkena air, karena kalau sampai terkena air dalam kurun waktu 3 hari itu, rambut dapat mengembang. Obat pelurus yang digunakan dan diaplikasikan pada rambut pun juga ikut hilang.

(Baca juga: cara menyemir rambut)

3. Tidak Mewarnai Rambut

Setelah dismoothing, sebaiknya Anda tidak mencoba mengecat rambut. Kebanyakan wanita belum terlalu puas setelah smoothing dan melanjutkan dengan proses mewarnai rambut supaya tampil lebih oke. Bahaya cat rambut bakal sangat mengancam karena ada zat-zat kimia yang tak begitu baik.

Jangan terlalu tergoda untuk mengecat rambut karena pada dasarnya banyak cat rambut dengan bahan kimia yang berbahaya untuk rambut smoothing. Bila ingin tetap mengecatnya, tunggu dan bersabarlah sampai 6 bulan saat rambut sudah kembali normal. Pewarnaan rambut tak lagi menjadi masalah setelah waktu tersebut.

4. Memakai Sarung Bantal dari Satin

Untuk masalah tidur pun Anda perlu mengetahui bahwa pemilik rambut smoothing sebaiknya menggunakan sarung bantal yang tepat. Tak hanya merawat rambut secara langsung, bahkan untuk sarung bantal pun juga harus terbuat dari bahan yang tepat. Satin adalah yang paling direkomendasikan.

Mengapa satin adalah bahan yang paling baik untuk rambut smoothing, ini karena bahan satin tak akan membuat rambut kusut. Anda akan merasakannya ketika bangun keesokan paginya di mana rambut masih sangat rapi. Jadi bagi Anda yang takut akan rambut kusut sehabis tidur, masalahnya ada pada sarung bantal Anda, pilihlah bahan satin untuk itu.

(Baca juga: manfaat catok rambut)

ads

5. Rajin Melakukan Creambath atau Spa Rambut

Setelah dismoothing, ingat bahwa rambut Anda sangat memerlukan nutrisi karena sudah terkena obat pelurus rambut. Vitamin adalah yang paling dibutuhkan oleh rambut Anda, maka spa rambut atau creambath adalah perawatan yang sangat tepat. Karena obat pelurus rambut bisa saja merusak rambut, Anda perlu menyeimbangkannya dengan memenuhi nutrisinya.

Tujuan dari creambath dan spa rambut ini adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak gampang mengalami kerusakan. Untuk tetap memiliki rambut lurus yang indah dan sehat setelah smoothing, silakan melakukan salah satu atau dua kegiatan tersebut 2 minggu sekali saja. Rambut lurus ternutrisi akan tampak lebih menawan.

6. Tidak Mengikat Rambut

Setelah dismoothing, pastikan bahwa Anda tidak sering-sering mengikat rambut. Dimaklumi memang bahwa Anda yang berambut panjang pasti kerap merasa gerah apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya. Namun rambut smoothing yang diikat atau dikucir justru akan memberikan efek kurang bagus pada rambut setelah ikatannya dilepas nanti.

Efek lurus dari smoothing akan berkurang ketika Anda mengikat rambut Anda, karena nantinya ikatan tersebut akan berbekas ketika dilepas. Rambut malah akan menunjukkan adanya gelombang yang sama sekali membuatnya jadi kurang menarik. Sesekali saat di rumah, terutama saat hendak mandi, Anda boleh mengikatnya, tapi lebih baik jangan sering-sering.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon)

7. Memakai Sisir yang Tak Rapat

Demi rambut smoothing yang tetap lurus dan indah, penggunaan sisir pun harus benar-benar diperhatikan. Sisir yang rapat tidak begitu dianjurkan untuk menyisir rambut smoothing Anda meski memang hasilnya akan sangat melembutkan. Untuk sementara waktu, gunakan saja sisir yang tak rapat supaya rambut juga tak mudah rontok.

Sisir yang tak rapat jauh lebih baik, apalagi yang terbuat dari kayu supaya tidak terkena efek listrik statis. Efek tersebut biasa terjadi ketika Anda memakai sisir yang terbuat dari plastik, jadi Anda perlu memilih sisir yang benar juga. Apabila setelah 6 bulan rambut telah kembali normal, Anda dapat menggunakan sisir rapat kembali.

8. Melakukan Trim

Melakukan trim pada rambut secara berkala juga turut membantu merawat rambut smoothing dengan sangat baik. Metode perawatan semacam ini bisa meminimalisir kerusakan rambut Anda, seperti rambut kering dan bercabang. Ini juga menjadi salah satu cara merawat rambut smoothing agar tahan lama dan tidak mudah kembali seperti semula.

Bagian rambut yang kiranya bercabang bisa coba Anda potong, atau yang permukaannya terasa kasar. Tak usah terlalu sering karena trim pada rambut lebih baik dilakukan sekali dalam sebulan. Kalaupun tak menemukan adanya rambut bercabang serta kasar, trim pada rambut ini tak perlu dilakukan, jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja.

9. Menggunakan Serum secara Rutin

Untuk merawat rambut setelah dismoothing Anda bisa mengaplikaskan serum ke rambut secara rutin. Serum yang tepat tentu akan sangat membantu Anda dalam mencegah rambut mengalami kerusakan dari faktor apapun, seperti debu, polusi, hingga paparan sinar matahari. Carilah serum yang benar-benar sesuai dengan jenis rambut Anda dan cocok juga untuk rambut smoothing.

10. Menggunakan Kondisioner secara Rutin

Manfaat conditioner rambut memang sangat besar, apalagi ketika Anda sering menggunakan alat atau produk penata rambut. Pilihlah kondisioner yang tepat untuk rambut Anda supaya setelah dismoothing atau diberi obat pelurus rambut, rambut tetap terjaga kelembutan dan kelembabannya. Penggunaan kondisioner dianggap sangat efektif dalam menghindari kekeringan, kekusaman, dan kasarnya rambut.

11. Tidak Menggunakan Hair/Blow Dryer

Kebiasaan beberapa orang setelah keramas adalah menggunakan hair/blow dryer untuk mengeringkan rambut, padahal cara ini adalah cara paling mudah merusak rambut. Rambut yang kering kemungkinan besar terjadi akibat penggunaan hair/blow dryer yang terlalu sering. Rambut setelah dismoothing lebih dianjurkan untuk dikeringan menggunakan handuk saja ketimbang alat pengering rambut.

12. Menggunakan Susu

Karena menggunakan obat pelurus rambut, tentunya ada bahaya smoothing rambut lurus yang pelru Anda hindari. Untuk itulah gunakan susu untuk merawat rambut smoothing Anda, dengan mencampurkan susu bersama air dingin. Kocok-kocok sampai tercampur rata, dan semprotkan langsung ke rambut Anda, tunggu 15 menit, sisir rambut dan bilaslah.

(Baca juga: cara meluruskan rambut secara alami)

13. Memakai Kelapa

Selain susu, ada lagi bahan alami yang mampu membantu Anda merawat rambut yang sudah melalui proses smoothing. Supaya rambut tetap terjaga kesehatannya, silakan menggunakan kelapa dengan memarutnya, haluskan, lalu campur dengan air dingin secukupnya. Ramuan ini langsung bisa Anda oles ke rambut hingga menyeluruh. Sesudah 3 jam, Anda bisa membilasnya dengan air; melakukannya sebulan 2 kali sangat dianjurkan.

14. Menggunakan Lidah Buaya

Masker rambut dari lidah buaya bakal sangat berkhasiat bagi rambut Anda karena ini termasuk cara merawat rambut bercabang dan kering yang sangat efektif. Tentu agar rambut senantiasa lembab dan tidak mudah rusak akibat obat pelurus rambut, Anda bisa mengambil dagingnya dan juga lendirnya. Usap-usapkan ke rambut secara merata, lalu setelah 15 menit Anda bisa menggunakan air bersih untuk membasuh rambut.

(Baca juga: bahaya rebonding rambut)

Sponsors Link

15. Memakai Pelindung Rambut/Kepala

Anda sebaiknya memberikan perlindungan ekstra pada rambut Anda dengan mengenakan topi ketika pergi ke luar. Paparan sinar matahari akan sangat berbahaya dan berefek jahat pada rambut Anda, jadi pastikan bahwa Anda selalu ke mana-mana membawa payung atau mengenakan topi. Bahaya sinar UV tak hanya tak bagus untuk kulit, tapi juga untuk rambut smoothing.

16. Menggunakan Santan

Sediakan kelapa secukupnya yang kemudian bisa Anda parut, ambil santannya. Santan kental inilah yang dapat Anda pergunakan untuk perawatan rambut sehabis dismoothing. Oles sampai merata ke seluruh rambut, dari akar hingga ujungnya. Proses pengaplikasian dapat disertai dengan memberikan pijatan lembut, tunggu 30 menit sebelum membilas hingga bersih. Lanjutkan dengan mengeramasinya seperti biasa dengan sampo ringan.

(Baca juga: penyebab rambut kering)

17. Memakai Yogurt

Sediakan yogurt tawar yang bisa Anda oles langsung ke rambut Anda sebagai masker rambut. Yogurt dengan kandungan nutrisinya yang tinggi bakal sangat berguna untuk kesehatan rambut smoothing Anda. Diamkan 20 menit sebelum akhirnya dibasuh dengan air biasa.

18. Memakai Alpukat

Selain enak dibuat menjadi minuman jus, alpukat adalah buah yang sangat bagus untuk merawat rambut smoothing. Lumatkan buah alpukat hingga benar-benar lembut, dan terapkan pada rambut Anda sampai menyeluruh. Sesudah teroles secara sempurna, sisirlah rambut Anda, diamkan sampai kering selama beberapa menit sebelum dibilas.

(Baca juga: cara merawat rambut agar lurus)

Itulah cara perawatan rambut smoothing yang alami dan efektif. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir akan rambut rusak akibat smoothing.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 12th, September 2016 / 02:08 Oleh :
Kategori : Rambut