15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

Sebagai perempuan, kita semua pasti melakukan usaha tanpa henti untuk menjaga kulit, rambut, bahkan kuku kita agar nampak sehat. Bahkan industri perawatan dan kecantikan pun mengambil keuntungan dari fakta ini dan mengeluarkan produk-produk baru setiap harinya. Pemasaran jitu mereka mampu memengaruhi orang, dan kami yakin Anda termasuk di antaranya, untuk membeli produk mereka. Namun acap kali hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harga yang mereka banderol. Dalam hal ini, kami yakin bahwa untuk memenuhi hasrat memiliki kulit yang sehat dan nampak muda tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk produk-produk serta perawatan kecantikan yang mahal. (Baca Juga: Merk Concealer Untuk Kulit Berminyak , Merk Foundation untuk Kulit Sawo Matang)

Ingat, kulit adalah organ tubuh yang paling besar. Kulit yang sehat dan nampak muda dan cerah adalah tanda kesehatan/kesejahteraan (well-being) seseorang. Dari pola makan yang baik hingga olahraga rutin, perawatan kulit sehari-hari hingga pola tidur, semuanya memengaruhi kualitas kulit Anda. (Baca juga: Penyebab kulit cepat keriput)

Menjaga kulit agar nampak sehat dapat dicapai dengan cara yang tepat. Berikut 15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih:

  1. Gunakan sunscreen

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar kulit Anda tetap cantik adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari selama Anda hidup adalah salah satu penyebab kulit menjadi keriput, munculnya bintik hitam (age spots), dan masalah kulit lainnya. Matahari memerankan peran penting dalam penuaan dini pada kulit. Inilah pentingnya melindungi kulit Anda dari sinar matahari setiap hari, meski sedang musim panas maupun penghujan. (Baca uga: Cara Meratakan Warna Kulit Tangan , Merek Sabun Pemutih Badan Permanen)

Sebelum keluar rumah, aplikasikan sunscreen (minimal SPF 30) pada seluruh bagian tubuh yang tidak terlindungi dan punya kans terpapar sinar matahari. Gunakan sepanjang hari saat Anda berada di luar ruangan, selalu bawa sebotol lotion di tas Anda untuk berjaga-jaga. Anda juga bisa menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan SPF tinggi yang dapat melembapkan sekaligus melindungi kulit Anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal)

  1. Konsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meremajakannya. Vitamin A juga merupakan antioksidan lainnya yang membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaganya dari kerusakan. Diet yang kaya akan buah dan sayur dapat membuat kulit nampak sehat dan cerah. (Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bawang Merah , Cara Menghilangkan Selulit di Paha)

  1. Cuci wajah sehari sekali

Kecuali kulit Anda mudah berjerawat, para dermatologis menganjurkan untuk mencuci wajah cukup sekali dalam sehari, yaitu pada malam hari sebelum tidur, dan gunakan cleanser yang lembut. Hal ini sekaligus untuk menghilangkan sisa makeup, polusi, dan partikel-partikel lain yang menempel pada kulit. Bila Anda terbiasa mencuci wajah di pagi hari, cukup bilas dengan air tanpa menggunakan produk apapun. Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkannya kering, terutama bila Anda memiliki kulit kering dan sensitif.

Artikel terkait: Cara merawat wajah sensitifcara mengatasi kulit kering dan gatal

  1. Hindari scrubbing berlebihan

Mengelupas kulit dengan lembut adalah cara yang jitu untuk menghilangkan sel kulit mati dan kembali mencerahkan kulit. Namun proses pengelupasan yang berlebihan justru menyebabkan iritasi dan peradangan. Biasanya saat menggunakan scrub, kita cenderung menggosok kulit secara berlebihan. Gesekan yang terjadi secara konstan ini dapat mengikis lapisan kulit yang mengandung minyak alami, sehingga menyebabkan kulit iritasi dan kering. Bahkan dapat menyebabkan hyperpigmentation yang berujung pada noda yang menggelap pada kulit. (Baca Juga: cara merawat kulit kering)

Kapan Anda tahu telah over-scrubbing?

  • Hilangnya kelembapan pada kulit
  • Ada area-area yang super kering hingga mengelupas
  • Kurit memerah akibat iritasi
  • Kulit terasa sensitif pada produk-produk yang biasa Anda gunakan (terasa perih saat digunakan)
  • Gatal-gatal

Lakukan scrubbing atau pengelupasan kulit satu atau dua kali per minggu, bergantung pada seberapa sensitif kulit Anda. (Baca juga: Cara membuat scrub kopicara menghilangkan flek hitam di pipi)

  1. Aplikasikan pelembap setelah mandi

Pelembap adalah hal yang penting untuk merawat kulit karena dapat melindungi kulit Anda dari cuaca, kekeringan, serta nampak kusam. Bahkan dapat menjaga kadar pelembap alami di kulit Anda dengan mempertahakan air yang ada di lapisan dalam kulit atau melepaskan komponen pelembapnya ke dalam kulit Anda. (Baca Juga: krim penghilang bopeng)

Saat Anda selesai mandi dan mengeringkan kulit Anda, pori-pori kulit masih dalam kondisi terbuka (terlebih bila Anda menggunakan air hangat). Aplikasikan pelembap pada saat ini untuk membantu komponennya meresap lebih dalam ke lapisan kulit. (Baca juga: Pelembap untuk kulit berminyakpelembap untuk kulit sensitif)

  1. Bercukurlah dengan hati-hati

Para pria dan wanita kerap bercukur untuk menghilangkan bulu-bulu/rambut halus yang tidak diinginkan pada tubuh untuk memiliki kulit yang lembut. Tapi bercukur dengan cara yang sembarang dan tidak hati-hati dapat menyebabkan kulit iritasi, terutama bila kulit Anda cenderung tipis, kering, dan sensitif.

Direkomendasikan untuk bercukur setelah mandi dengan air hangat, atau kompres dulu bagian tubuh yang akan dicukur dengan handuk/kain yang telah dibasahi oleh air hangat. Jangan pernah bercukur saat kulit dalam kondisi kering. Selalu gunakan pisau cukur yang bersih, tajam, dan cukur bulu-bulu searah dengan arah tumbuhnya. Bila kulit mengalami iritasi setelah bercukur, hindari penggunaan lotion yang berbahan dasar alkohol meski menimbulkan rasa sejuk di kulit. Hal itu hanya akan menambah parah iritasi dengan membuat kulit semakin kering. (Baca juga: Cara menghilangkan bulu betiscara menghilangkan bulu dada secara tradisional)

  1. Gunakan minyak kelapa 

Tidak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, minyak kelapa extra virgin dapat menjadi pelembap yang sangat baik. Orang-orang pada usia tertentu yang kulitnya cenderung berjerawat dan mudah kering dapat ditolong dengan menggunakan produk natural ini. Minyak kelapa dapat mengurangi hilangnya air pada kulit penderita atopic dermatitis, kondisi kulit yang meradang akibat pelindung moisturizer alami pada kulit tidak bekerja dengan baik. Minyak ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung organ tisu kulit lainnya. (Baca Juga: cara menghilangkan bulu ketiak permanen dengan jeruk nipis)

  1. Jangan gunakan berbagai produk pada waktu bersamaan

Pada waktu tertentu, kita memang kerap mencoba beberapa produk berbeda bagi kulit dengan harapan dapat menemukan satu jenis/merek yang cocok. Namun eksperimen ini justru terbukti berefek buruk pada kulit Anda. Menggunakan banyak produk dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Dan bila Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda justru mengundang masalah besar karena sebagian produk dapat menimbulkan reaksi alergi yang justru dapat merusak kulit. (Baca juga: bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan)

Hindari membebani kulit Anda dengan produk-produk berbahan dasar kimia. Selalu tes produk baru, kosmetik, dan lotion dalam jumlah kecil di kulit lengan Anda sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Atau lebih baik lagi gunakan produk herbal atau alami yang cenderung lebih aman dan murah untuk merawat kulit Anda.

  1. Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat adalah salah satu kebiasaan yang berpengaruh buruk. Hal ini dapat menyebabkan iritasi yang tidak semestinya terjadi, kemerahan, serta rasa sakit di sekitar area jerawat. Bahkan dapat meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Saat Anda memberi tekanan pada jerawat untuk mengeluarkan sebum dan isi lainnya, Anda justru “merobek” kulit Anda dan menyebabkan trauma serta menambah intens peradangan yang terjadi. Kotoran dan bakteri dari wajah dan jari-jari Anda juga menempel di jerawat dan membuat masalah lain muncul pada kulit Anda. (Baca Juga: BB Cream Untuk Kulit Sensitif  , Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Jeruk Nipis)

Jangan sentuh jerawat di wajah Anda, bila Anda tidak sabar ingin segera mengenyahkannya coba gunakan minyak esensial jenis tea tree oil. Atau bisa juga gunakan manfaat odol untuk kecantikan lekas mengeringkan jerawat.

  1. Jangan mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas memang dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku dan memberi efek relaksasi tersendiri. Namun sering mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan menimbulkan ruam. Mandilah dengan air dingin atau hangat meski hanya beberapa kali dalam seminggu dapat membuat kulit Anda lembap. Bila setelah mandi kulit Anda nampak kemerahan, berarti air yang Anda gunakan tadi terlalu panas. (Baca Juga: Manfaat Hair Tonic , Manfaat Air Garam Untuk Kulit)

  1. Jangan tidur dengan makeup yang masih menempel

Anda baru pulang lembur bekerja? Terlalu lelah untuk sekadar menghapus makeup setelah seharian beraktivitas? Bahkan untuk sekadar meraupkan air pada wajah terasa membuang-buang waktu karena Anda ingin segera merebahkan diri di atas ranjang. (Baca Juga:  cara menghaluskan wajah)

Tidur dengan makeup yang masih menempel dapat berimbas amat buruk pada kulit dan bahkan dapat mempercepat proses penuaan. Lebih dari itu, polusi dari lingkungan yang menempel pada kulit Anda setelah seharian berada di luar rumah dapat membuntu pori-pori dan justru menimbulkan jerawat. (Baca Juga: cara mencerahkan kulit wajah)

Makeup pun dapat menguraikan kolagen yang elastin pada kulit yang dapat menyebabkan kulit cepat menua, menimbulkan kerutan, garis-garis, dan kusam pada wajah. Makeup pada sekitar mata pun dapat menyebabkan mata kering, merah, iritasi, hingga infeksi. Bulu mata Anda dapat rapuh dan mudah rontok. Ditambah, dengan adanya makeup, kulit Anda tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri saat Anda sedang tidur. Bila Anda terlalu lelah untuk mencuci muka atau melakukan ritual pembersihan kulit wajah sebelum tidur, cukup gunakan tisu basah untuk menghilangkan makeup. (Baca juga: Cara mengatasi kerutan di wajah)

  1. Hindari merokok sekaligus asapnya

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa merokok dapat memberikan efek yang sangat buruk pada kulit. Kegiatan ini dapat merusak lapisan terluar kulit sehingga menyebabkannya nampak kusam. Asap rokok yang ada di sekitar Anda juga dapat membuat permukaan kulit kering. Merokok dapat mengurangi jumlah aliran darah ke kulit karena dapat mengerutkan pembuluh darah, sehingga kulit akan kekurangan oksigen dan nutrisi esensial lainnya. Merokok juga dapat meningkatkan produksi enzim yang justru dapat menguraikan kolagen di kulit, sehingga kulit akan mudah kendur. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Di Wajah , Cara Melebatkan Kumis)

  1. Tidur telentang

Tidur jelas merupakan hal yang penting untuk kesehatan kulit. Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, hal ini dapat menimbulkan kantung di bawah mata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan memperlambat proses penyembuhan kulit dari stresor yang didapat dari lingkungan sekitar, seperti hilangnya pelindung (pelembap) kulit atau radiasi sinar ultraviolet. (Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur , Cara Mengkilapkan Kuku dengan Pasta Gigi)

Bukan hanya kuantitas tidur yang penting, namun posisinya pun berpengaruh. Cobalah untuk tidur secara telentang dan naikkan posisi kepala Anda dengan menggunakan dua buah bantal sebagai alas. Kebiasaan tidur secara tengkurap dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menimbulkan lingkaran hitam di area mata Anda. (Baca juga: krim penghilang kantung mata)

  1. Selalu minum air putih

Para ahli menyarankan untuk meminum 8-10 gelas air putih setiap harinya. Tidak hanya hal ini penting bagi tubuh, namun juga untuk kesehatan kulit Anda. Air putih juga dapat mengeliminasi racun-racun yang ada dari tubuh Anda. (Baca Juga:  Cara Merawat Wajah Agar Putih , Cara Membuat Masker Air Beras)

  1. Lakukan yoga untuk wajah

Facial yoga adalah salah satu aktivitas yang populer dan dapat memberikan manfaat yang sama seperti operasi plastik, namun tanpa biaya dan risiko yang sama.

Mempraktikkan facial yoga dapat mengurangi keriput, menghilangkan kantung mata, mengencangkan garis serta kulit wajah. Hal ini dapat terjadi karena pose yoga meningkatkan produksi kolagen (protein yang membuat kulit nampak muda) yang jumlahnya semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan paparan sinar matahari.

Baca juga: