21 Merk Foundation untuk Kulit Sawo Matang yang Cocok

Tujuan setiap wanita ketika berdandan adalah untuk membuat penampilannya terlihat bagus. Berdandan adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita agar selalu terlihat menarik, dan juga merupakan salah satu tips agar awet muda yang paling mudah dilakukan. Ada banyak tips berdandan atau memakai make up yang ditujukan kepada para wanita, diantaranya tips memakai eyeshadow, cara membuat rambut keriting gantung sendiri, dan banyak lagi. Semua hal tersebut ditujukan untuk mencapai kesempurnaan ketika bermake up.

Begitu pula dengan peralatan make up berupa kosmetik yang biasa digunakan oleh kaum wanita untuk menonjolkan bagian – bagian terbaik dari wajahnya. Banyak sekali pilihan yang bisa dipertimbangkan seperti lipstik, eye shadow dan alas bedak. Meskipun sekarang ini banyak pilihan bb cream sebagai pengganti foundation, namun tetap ada wanita yang lebih memilih memakai foundation untuk rias wajahnya daripada menggunakan bb cream.

Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Foundation dapat menjadi alas bedak dan juga menutupi kekurangan di wajah. Menggunakan foundation tentu harus benar – benar cocok dengan kulit wajah, agar tidak menimbulkan kesan belang dengan kulit bagian tubuh lainnya seperti leher dan badan.

  • Ketahui Warna Undertone Kulit – Memilih produk yang cocok dengan undertone kulit Anda sangatlah penting. Walaupun warna kulit dapat dengan jelas terlihat seperti putih, kuning langsat, hitam atau sawo matang, namun warna undertone lah yang menentukan kecocokan make up dengan kulit. Undertone kulit ada tiga macam yaitu warm tone, cool tone dan neutral tone.
  • Amati Reaksi Kulit Pada Sinar Matahari – Bagaimana penampilan kulit Anda ketika terkena sinar matahari? Apakah menjadi kemerahan atau kecoklatan? Jika menjadi kemerahan, berarti Anda memiliki cool tone, dan jika menajdi kecoklatan maka Anda memiliki warm tone.
  • Lihat Warna Urat Nadi Anda – Jika berwarna biru, maka Anda termasuk ke dalam cool tone. Sedangkan jika berwarna hijau, maka itu adalah golongan warm tona. Namun jika tidak yakin karena warnanya merupakan perpaduan dari biru dan hijau, maka itu termasuk neutral tone.
  • Lakukan Tes Pada Berbagai Pencahayaan – Memilih warna foundation yang tepat dapat menjadi urusan yang cukup rumit. Hal ini berlaku untuk semua warna kulit, termasuk untuk Anda yang berkulit sawo matang. Cobalah meminta tester kepada beauty assistant suatu merk. Usapkan sedikit ke kulit pergelangan tangan, tunggu sampai lima belas menit dan lihat warnanya pada cahaya terang siang hari. Bandingkan penampilannya dengan menggunakan cahaya indoor atau lampu yang terang.
  • Memilih Tekstur – Salah memilih tekstur foundation maka Anda bisa mendapati diri tampil dengan wajah Cakey. Ada dua jenis foundation yang biasa dijual di pasaran, yaitu creamy dan matte. Tekstur matte cocok untuk kulit wajah yang berminyak, dan tekstur creamy untuk wajah cenderung kering.

Merk Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Berikut ini adalah beberapa merk foundation yang cocok untuk Anda yang berkulit sawo matang:

1. Becca Ever Matte Shine Proof Foundation

Banyaknya varian warna yang tersedia pada merk kosmetik ini akan memudahkan Anda untuk memilih tone yang cocok bagi kulit sawo matang Anda. Kandungan partikel bubuk microfine didalamnya menjadi salah satu keunggulan produk ini karena dapat menyerap minyak di wajah dengan baik. Selain itu juga ada kandungan antioksidan berupa vitamin A dan E yang akan menutrisi wajah dengan baik. Jika bermasalah dengan jerawat, Anda juga bisa memilih menggunakan bb cream untuk kulit sensitif dan berjerawat.

2. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation 

Pilihan warna yang cocok untuk kulit sawo matang Anda adalah Nude Silk, yang bernomor 03. Tekstur dari foundation merk lokal ini tidak ringan dan tidak pekat, sehingga terasa pas ketika digunakan dengan hasil matte. Kandungan yang ada di dalamnya adalah beberapa minyak esensial yang sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit wajah seperti jojoba oil, macadamia seed oil, soybean oil dan avocado oil. Selain itu juga mengandung ekstrak mutiara dan tabir surya SPF 31. Selain Foundation, ada juga merk bb cream untuk kulit sawo matang yang cocok.

3. Menard Tsukika Liquid Foundation Shade 44

Kulit wanita Indonesia yang cenderung berwarna sawo matang dapat menggunakan salah satu merk dari Jepang ini. Shade bernomor 44 adalah  warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Produk ini menggunakan formula moisture wrapping, yaitu formula yang dapat menutupi ketidak sempurnaan di wajah, melembabkan kulit wajah yang kering, dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar, alami, dan lembut. Sebagai alternatif, ada beberapa merk bb cream untuk kulit kering yang bisa Anda pilih.

4. Mustika Ratu Simply Stay Liquid Foundation

Produk lokal yang sangat terkenal ini juga mempunyai banyak pilihan shade yang pasti cocok bagi kulit sawo matang khas wanita Indonesia. Mampu bertahan selama delapan jam penuh setelah diaplikasikan, foundation dari mustika ratu ini tidak akan membuat wajah berminyak dan berjerawat. Bila kulit Anda berminyak, bisa juga memilih merk bb cream untuk kulit berminyak yang tersedia.

5. Milani Conceal + Perfect 2 in 1 Foundation & Concealer

Konon produk ini digemari oleh banyak blogger kecantikan, tak lain karena produk ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai alas bedak dan sebagai concealer. Dua fungsinya ini membuat teksturnya cenderung terasa tebal ketika diaplikasikan. Warna yang cocok untuk kulit sawo matang adalah Sand Beige 06 yang memiliki tone kuning coklat. Karena teksturnya yang cenderung tebal sebaiknya untuk pengaplikasian Anda menggunakan kuas atau spons basah sedikit demi sedikit dahulu. Lengkapi penggunaan foundation untuk kulit sawo matang dengan cara memilih bedak untuk kulit sawo matang yang tepat pula.

6. Revlon Color Stay Whipped Creme

Pilihan shade yang banyak membuat Anda yang memiliki kulit sawo matang tidak akan kesulitan untuk mencari warna yang cocok jika ingin menggunakan foundation Revlon ini. Formula Time Release Technology yang ada di dalam produk ini dapat memberikan penampilan yang seimbang dan tahan seharian pada kulit, tanpa akan ada perasaan berat, pecah – pecah atau mengelupas, dan coverage medium t0 full sehingga cocok untuk segala jenis kulit. Namun kekurangannya, karena bertekstur krim maka produk ini akan sedikit sulit untuk dibaurkan. Selain foundation dan bb cream, ketahuilah bahwa ada juga merk cc cream untuk kulit berminyak.

7. Wardah Luminous Creamy Foundation Extra Cover

Tekstur yang creamy dan tahan lama ada pada produk foundation dari Wardah ini. Produk lokal yang tentunya ditujukan untuk kulit wanita Indonesia, maka Anda tidak akan sulit mencari warna yang cocok untuk kulit sawo matang Anda. Dapat menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, juga mengandung UV protection. Agar tata rais sempurna, ketahui juga cara memakai bedak agar tahan lama di wajah.

8. L’Oreal Paris Infallible Stay Fresh Foundation 24H

Produk ini diklaim bisa tahan selama 24 jam dengan hasil coverage yang sedang dan semi matte. Juga memiliki formula ringan yang tidak mudah luntur dan tidak membuat kulit menjadi kering, karena diperkaya oleh kandungan Hyaluron+ yang dapat menjaga kelembaban kulit. Diantara tujuh shade yang tersedia, yang paling cocok untuk kulit sawo matang adalah nomor 220 Sand. Jika memiliki kulit sensitif, Anda bisa menggunakan pelembab untuk kulit sensitif sebelumnya.

9. MAC Studio Fix Fluid Foundation SPF 15 

Foundation MAC ini tidak mengandung minyak, sehingga teksturnya agak kental dan memungkinkan menempel sempurna selama berjam – jam. Hasil akhirnya adalah natural matte, dan coverage nya medium. Formula ini akan membuat kulit tampak halus, pori tersamarkan, dan cocok untuk pemilik kulit yang agak berminyak. Bagi Anda yang memiliki warna kulit sawo matang, Anda bisa mencoba warna NC 45 ( Neutral Cool 45) dengan kategori undertone warna kuning. Untuk menyempurnakan kulit wajah, cobalah juga beberapa merk krim penghilang bopeng yang terpercaya.

10. Shiseido Synchro Skin Lasting Foundation (G3)

Kulit akan terlihat halus dan mulus berkat Advanced Sensing Technology yang digabungkan dengan silikon yang digunakan dalam foundation ini. Untuk mencegah kulit rusak akibat oksidasi, ada kandungan ekstrak Mother of Thyme dan juga untuk mencegah kulit menjadi kasar ada ekstrak St. John’s Wort. Agar warna terlihat alami pada kulit sawo matang, Anda bisa memilih warna Golden 3 (G3). Ada pula merk bedak untuk kulit sawo matang yang akan cocok bagi kulit Anda sebagai pelengkap setelah menggunakan foundation.

11. Wet n Wild Photo Focus Foundation

Wet n Wild memproduksi alas bedak yang telah melalui testing pada tujuh macam pencahayaan, sehingga dijamin wajah Anda akan tetap tampak flawless untuk difoto dalam kondisi cahaya apapun. Foundation yang dikhususkan untuk make up di depan kamera dan memberikan tampilan kulit Anda yang tanpa cela pada hasil foto tanpa menggunakan filter apapun. Jika Anda memiliki tahi lalat yang ingin dihilangkan Anda bisa mencoba beberapa krim penghilang tahi lalat yang banyak ada di pasaran.

12. ELF Studio Acne Fighting Foundation

Ketika kulit sedang bermasalah seperti jerawat, memakai make up pun akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Sulit menggunakan make up pada kulit yang tidak mulus, selain itu juga bisa membuat kondisi kulit semakin parah. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir. Bila kulit Anda juga berjerawat, foundation dari ELF ini cocok untuk digunakan karena mengandung salicylic acid, tea tree oil, witch hazel, camphor dan lidah buaya. Warna shade yang paling cocok untuk kulit sawo matang Anda adalah buff, sand dan beige. Ada merk foundation untuk kulit kering dan pelembab wajah untuk kulit kering yang juga memiliki banyak shade untuk kulit sawo matang.

13. Rimmel London Stay Matte Liquid Mousse Foundation

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sawo matang, Rimmel juga memiliki banyak pilihan warna yang cocok antara lain sand, classic beige, natural beige dan true nude. Tekstur mousse nya ringan di kulit wajah dan mengandung formula bebas minyak sehingga nyaman digunakan pada kulit wajah. Membuat wajah bebas kilap seharian dan hasil yang tanpa cela serta natural, dan tampilan matte. Aagr tampilan wajah makin proporsional, Anda bisa mencoba manfaat mencukur alis untuk membentuk alis menjadi semakin cantik.

14. Maybelline Fit Me Matte Poreless Foundation

Foundation dari Maybelline ini memiliki dua jenis. Varian matte poreless dikhususkan untuk kulit normal cenderung berminyak. Formulanya dapat menahan minyak di wajah selama berjam – jam dan menyamarkan pori – pori wajah yang besar sehingga membuat wajah Anda terlihat halus dan mulus. Untuk kulit sawo matang, Anda bisa mencoba warna shade Natural Buff 320 dan Warm Honey 322.  Untuk perawatan wajah Anda di malam hari, cobalah khasiat olay total effect night cream.

15. Maybelline Fit Me Dewy Smooth Foundation

Banyak review yang menyatakan keunggulan coverage dari foundation Fit Me ini. Anda yang memiliki kulit normal cenderung kering dapat mencoba varian Dewy Smooth yang dapat memberi kelembaban pada kulit wajah Anda. Untuk kulit sawo matang, varian shade yang ada sama dengan versi Matte Poreless yaitu Natural Buff 320 dan Warm Honey 322. Lengkapi tata rias yang sempurna dengan cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang.

16. Wardah Exclusive Liquid Foundation

Shade yang cocok untuk kulit sawo matang adalah Coffee Beige. Teksturnya yang cair sangat lembut dan mengandung pelembab sehingga kulit tidak akan kering dan tidak terasa berat di wajah ketika diaplikasikan. Selain foundation, ada jenis eyeliner wardah yang bisa menjadi pilihan Anda dan juga cara memakai eyeshadow tiga warna untuk menyeimbangkan make up wajah Anda.

17. Max Factor Skin Luminizer 60 Sand

Tekstur yang sangat ringan dari produk ini mungkin akan membuat Anda merasa seperti tidak mengenakan make up sama sekali. Dengan coverage medium – high dan nuansa glowing yang lebih cocok pada malam hari, staying powernya hanya bertahan sekitar lima jam kurang lebih.

18. Max Factor Face Infinity

Warna Soft Honey 77 adalah warna shade dari produk ini yang cocok untuk kulit sawo matang. Teksturnya juga sangat ringan di kulit dan mempunyai tingkat coverage medium high. Pemakaian foundation ini bisa bertahan sekitar lima sampai delapan jam.

19. L’Oreal True Match Super Blendable Foundation

Kekurangan pada kulit wajah dapat ditutupi dengan formula Precise Match Technology yang terkandung di dalam produk ini. Anda bisa memilih shade N6.5 Golden Beige atau W8 Creme Cafe. Kelebihannya produk ini tidak menyumbat pori sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak, dan dapat menutrisi kulit dengan kandungan vitamin A serta C didalamnya.

20. Bourjois Healthy Creme Mix Serum Foundation

Foundation dari Bourjois merupakan salah satu yang dikenal tidak mudah luntur dan tahan lama, bahkan diklaim dapat mencapai 16 jam. Warna Beige clair adalah shade yang cocok untuk kulit sawo matang atau gelap. Kandungannya termasuk buah – buahan seperti melon , apel dan aprikot mampu memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit.

21. Fashion Fair Oil Free Perfect Finish Creme to Powder

Merk ini juga dikenal dengan ketahanannya ketika diaplikasikan pada kulit. Mudah diaplikasikan dan tidak mengering di wajah, formulanya juga mengandung bebas minyak. Selain itu juga mengandung SPF 12 sebaai pertahanan terhadap sinar matahari. Shade yang cocok untuk kulit sawo matang dan gelap adalah bronze.

Banyaknya pilihan merk foundation yang bagus untuk Anda pilih tentunya bisa membuat Anda kesulitan menentukan pilihan. Sebaiknya sesuaikan pilihan dengan kondisi kulit Anda dan juga budget yang tersedia, jangan lupa pula untuk mencari review selengkapnya sebelum memutuskan untuk membeli salah satu. Selalu mempertimbangkan kecocokan dengan warna undertone kulit juga sangat penting untuk mendapatkan hasil yang bagus pada kulit wajah Anda, karena terkadang warna kulit tidak sama dengan warna undertone kulit.