24 Merk Foundation untuk Kulit Kering yang Bagus

Kulit wajah yang kering sama dengan kulit wajah berminyak biasanya tidak diinginkan oleh para wanita. Tentu saja kita kaum wanita menginginkan kulit wajah yang sempurna tanpa masalah apapun, sehingga pesona kecantikan kita bisa mudah terlihat. Sayangnya, ada sebagian wanita yang memang memiliki kulit kering sejak lahir sehingga hal itu menjadi masalah ketika akan memilih kosmetik atau menerapkan make up dan riasan pada wajah.

Masalah yang timbul biasanya mulai dari kosmetik yang sulit untuk menempel sempurna sampai wajah yang masih terlihat kering atau pecah – pecah setelah mengaplikasikan make up. Terkadang, pelembab wajah yang tepat bisa menjadi solusi untuk mengurangi kekeringan pada wajah. Namun untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna, diperlukan beragam tips atau trik untuk memberikan hasil akhir make up yang bagus di wajah yang berkulit kering dan bukan hanya dengan menggunakan pelembab, melainkan juga menggunakan foundation.

Bagaimana cara memilih foundation jika kulit kering?

Wanita yang memiliki kulit wajah yang kering memang harus melalui pertimbangan tertentu jika ingin memilih dan mendapatkan foundation yang tepat. Semua itu diperlukan agar tidak melakukan kesalahan dalam memilih produk yang tidak dapat merawat kulit kering Anda dan justru membuat kulit menjadi rusak.

  • Pilihlah foundation yang mempunyai kandungan moisturizer atau pelembab.
  • Cari jenis foundation cair atau liquid, dan bukan bubuk.
  • Aplikasikan foundation dengan brush, agar tidak menyerap ke jari tangan terlalu banyak.
  • Carilah foundation yang hasilnya dewy atau luminous, karena tidak akan membuat kulit tampak makin kering.

Beberapa Pilihan Foundation untuk Kulit Kering

Kulit yang kering biasanya cenderung sensitif dan murah teriritasi karena kadar kelembabannya sangat kurang. Anda yang memiliki kulit kering dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan merk foundation atau alas bedak yang bagus dan cocok bagi jenis kulit Anda berikut ini:

1. Dior Nude Air Serum

Komposisi Dior sangat cocok untuk pemakaian pada kulit kering, karena formulanya ringan dan tidak akan menyebabkan wajah break out meskipun berkeringat. Hasilnya juga natural dengan daya tahan sekitar empat sampai lima jam, dan mengandung tambahan serum yang akan sekaligus merawat kulit wajah Anda. Dilengkapi juga dengan kandungan SPF 25++ dan menggunakan aplikator yang bentuknya mirip pipet untuk memudahkan takaran pemakaian. Produk ini tidak memberi efek oksidasi pada kulit, hasil akhirnya sheer dan natural.

2. Bobbi Brown Extra SPF 25 Tinted Moisturising Balm

Ini adalah foundation bertekstur krim dari Bobbi Brown. Walaupun berbentuk krim, foundation ini mengandung banyak pelembab atau moisturizer yang akan sangat cocok bagi kulit kering. Dapat menjadi cara mengencangkan kulit wajah serta mencegah kulit kering, dan juga melindungi kulit dari sinar matahari dengan kandungan SPF yang ada didalamnya.

3. Bobbi Brown Intensive Skin Serum Foundation SPF 40

Rata – rata produk foundation untuk kulit kering mengandung tambahan serum untuk sekaligus mengatasi penyebab kulit kering pada wajah. Isi kandungan foundation cair dari Bobbi Brown ini adalah lychee, bamboo grass, cordyceps mushroom extract yang dapat memberi efek wajah awet muda dan segar. Kulit wajah yang kering adalah salah satu penyebab kulit keriput di usia muda, namun berkat foundation ini yang mengandung anti penuaan dan SPF 40 sebagai perlindungan matahari, Anda terhindar dari bahaya penuaan dini. Bentuknya mirip dengan Dior yang juga menggunakan aplikator serupa pipet.

4. E.L.F. Cosmetics Moisturizing Foundation Stick

Sesuai dengan namanya, produk ini memang merupakan foundation berbentuk stik. Kandungan shea butter, vitamin E, cocoa, grape, alpukat, macadamia dan aloe vera yang diformulasikan untuk mengatasi kulit kering dengan menghidrasinya. Anda juga dapat menghindari penyebab wajah terlihat tua di usia muda karena kulit yang kering dengan kandungan anti oksidan didalam produk ini .

5. Yves Saint Laurent Youth Liberator Serum Foundation

Foundation ini juga mengandung serum yang sangat baik untuk merawat wajah kering sehingga dapat mencegah penyebab kulit cepat keriput. Diklaim bisa bertahan selama waktu yang luar biasa yaitu puluhan jam di wajah Anda. Pilihan warnanya pun ada banyak sehingga Anda tidak kesulitan menyesuaikan dengan warna kulit.  Hasil pemakaian produk ini akan tampak glowing dan dewy dengan coverage medium to low.

6. Maybelline Fit Me Dewy + Smooth Foundation SPF 18

Jika Anda senang dengan foundation yang memberi hasil akhir tipis dan dewy maka produk ini sangat tepat untuk Anda. Coverage yang dihasilkannya berupa light to medium, sehingga lumayan mudah diratakan dan dilapis tanpa memberi efek cakey ke wajah Anda. Satu lagi kelebihannya adalah produk ini mengandung bahan dasar air, tidak mengandung minyak atau wax sehingga lebih nyaman bila dipakai dalam waktu lama. Produk ini juga mengandung perlindungan UV .

7. Maybelline Dream Liquid Mousse

Varian lain krim untuk wajah dari Maybelline ini dibuat dengan teknologi air whipped yang menghasilkan tekstur seperti mousse sehingga menjadi sangat lembut dan mudah diaplikasikan. Tekstur mousse mampu menyatu sempurna dengan kulit yang kering tanpa menyebabkan efek cakey.

8. Maybelline Dream Velvet Hydrating Foundation

Merupakan produk pertama berupa foundation yang mengandung moisturizer yang menghasilkan efek seratus persen matte di wajah. Dengan hasil matte, wajah akan terlihat mulus dan tidak perlu takut menjadi semakin kering karena menggunakan foundation dalam waktu lama. Kulit kering akan cenderung sensitif, karena itu Anda perlu juga mengetahui cara merawat wajah sensitif dan apa saja manfaat air cleo untuk wajah.

9. Wardah Exclusive Liquid Foundation SPF 30

Produk ini adalah foundation cair dari Wardah yang mengandung pelembab dengan UV protection SPF 30. Sangat baik untuk kulit yang kering, karena kandungan pelembab, vitamin E dan Macadamia Oil yang membuatnya menempel dengan baik pada wajah kering dengan coverage medium untuk menutup noda di wajah. Juga mengandung ekstrak mutiara sebagai cara mencerahkan kulit kering yang kusam.

10. Rimmel London 25H Foundation With Comfort Serum SPF 20

Serum yang terkandung dalam Rimmel London Foundation ini membuatnya mudah dibaurkan dan memungkinkan Anda memakai foundation seharian tanpa membuat kulit semakin kering atau tampak retak – retak. Foundation ini bertekstur sedikit kental dengan hasil coverage medium dan semi matte. Juga diklaim mampu tahan berjam – jam di wajah. Untuk perawatan wajah lainnya, ketahuilah apa saja manfaat ampas kopi untuk wajah dan cara membuat masker buah naga menjadi masker wajah.

11. The Body Shop Moisture Foundation SPF 15

Tekstur yang sangat ringan dari foundation body shop ini akan membuat Anda merasa seperti mengenakan pelembab wajah. Dengan hasil tampilan dewy dan coverage light to medium, ada kandungan vitamin E, beeswax dan marula untuk menyuplai kelembaban pada kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya tidak mencoba manfaat alkohol untuk wajah karena bisa membuatnya semakin kering. Cobalah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang sering terjadi ketika wajah menjadi sangat kering agar make up bisa terlihat mulus tanpa retakan.

12. Lunasol Skin Modeling Water Cream Foundation

Produk yang berasal dari Jepang ini bertekstur kental, namun sangat mudah diaplikasikan karena mengandung 60 persen air didalamnya. Karena itu jugalah produk ini tidak akan mudah retak jika diaplikasikan ke wajah dan terasa dingin ketika dioleskan. Akan tetapi. pilihan warna atau shade yang tersedia kurang cocok untuk kulit wajah yang berwarna gelap.

13. Bourjois Healthy Mix Serum Foundation

Kulit yang kering seringkali membuat hasil make up menjadi break out dan terlihat tidak alami. Produk ini dapat membuat wajah terlihat alami dan sekaligus juga melembabkan. Teksturnya yang ringan mengandung ekstrak buah – buahan seperti leci, goji berry, dan delima. Ketidaksempurnaan wajah seperti warna tidak merata akan tersamarkan selama dua belas jam tanpa retak. Jika Anda juga mengalami kulit wajah yang kusam, ada tips mencerahkan wajah paling mudah dengan manfaat mentimun untuk wajah.

14. L’oreal Paris Lucent Magique Liquid Foundation

Efek finishing yang dewy dan bercahaya akan Anda dapatkan jika menggunakan produk ini. Teksturnya cair karena mengandung air sebanyak empat puluh persen, dan sangat baik untuk memberi hidrasi pada wajah yang kering. Coverage medium yang dihasilkan mampu menutup noda atau ketidak sempurnaan lainnya pada kulit wajah, mampu bertahan antara empat sampai enam jam pemakaian.

15. Clinique Supermoisture Make Up

Clinique membuat produk ini bertekstur ultra creamy. Walaupun begitu dapat melembabkan kulit yang kering karena mengandung formula ringan yang menyegarkan. Foundation ini mampu membuat wajah terlihat lembut sepanjang hari, dan tidak akan terlihat bahwa sesungguhnya Anda memiliki kulit yang kering. Sebaiknya lakukan juga cara membuat masker kentang untuk wajah yang bisa menjadi cara mengatasi kerutan di wajah.

16. Shiseido Radiant Lifting Foundation Broad Spectrum SPF 17

Shiseido membuat produk revolusioner dengan anti penuaan dan teknologi spektrum untuk menghilangkan bayangan pada wajah dan membuat wajah tetap bercahaya. Mengandung efek pelembab yang dapat bertahan selama 24 jam dan keindahan wajah Anda akan bertahan selama 12 jam. Formula anti penuaan didalamnya akan membantu mengurangi keriput dan juga mencerahkan kulit wajah. Sangat cocok untuk pemakaian sehari – hari. Varian warnanya yang banyak akan membantu Anda untuk mencocokkannya dengan warna kulit, misalnya memilih warna foundation untuk kulit gelap.

17. Ultima II Beutiful Nutrient Nourishing Make Up

Sesuai dengan namanya, foundation dari Ultima ini dapat memberikan efek wajah yang lembab segera setelah dipakai. Dengan demikian produk ini sangat cocok untuk kulit yang kering. Ultima II menambahkan formula perlindungan dari sinar matahari dengan SPF 12 dan hasil pemakaian yang natural pada wajah. Untuk Anda yang lebih suka menggunakan BB Cream sebagai pengganti foundation, mungkin bisa mempertimbangkan cara memakai bedak agar tahan lama dengan mendasarinya menggunakan foundation lebih dulu.

18. Kate Powderless Liquid for Cover Foundation

Kate diprosukdi oleh perusahaan yang sama dengan Lunasol, yaitu oleh Kanebo yang sudah lama terkenal sebagai merk kosmetik high end. Coverage medium yang ditawarkan produk ini memiliki daya tahan yang sangat baik, tidak akan luntur ketika wajah berkeringat. Tekstur cairnya dapat menjadi powdery saat diaplikasikan ke kulit wajah. Walaupun cocok untuk semua jenis kulit, namun foundation ini lebih tahan lama saat digunakan pada kulit kering daripada kulit berminyak. Ketahuilah juga cara memilih bedak untuk kulit sawo matang bagi Anda yang memiliki warna kulit tersebut dan apa saja merk bedak padat untuk kulit berminyak yang bagus untuk menunjang kesempurnaan make up Anda.

19. RMK Liquid Foundation

Ini adalah merk foundation yang menjadi salah satu best seller di Jepang, baik untuk jenis foundation cream ataupun liquidnya. Foundation yang bertekstur liquid dari RMK menawarkan coverage yang tipis dan mudah dibaurkan, serta tidak mudah menyerap ke dalam pori – pori wajah. Membuat tampilan wajah sangat flawless dan natural. Jika Anda telah menentukan cara memilih bedak untuk warna kulit sawo matang, foundation ini dapat juga Anda pilih sebagai cara make up natural untuk wajah bulat.

20. Revlon Touch & Glow Moisturizing Make Up

Anda tidak perlu menambahkan base make up jika menggunakan foundation ini karena hasilnya sudah bisa membuat wajah tampak lebih bercahaya. Untuk kulit wajah kering, foundation ini juga sekaligus dapat melembabkan. Tidak akan menimbulkan jerawat dan komedo, karena produk ini merupakan produk non comedogenic. Wajah akan terlihat segar dan alami dengan penggunaan produk dari Revlon ini. Bagi Anda yang juga memiliki kulit berminyak, ketahuilah apa saja BB Cream untuk kulit berminyak yang bagus dan bagaimana cara merawat kulit berminyak yang tepat.

21. Shu Uemura Face Architect Face Fit Foundation

Produk ini adalah alas bedak yang memiliki tekstur cair yang lembut pada kulit dan berdaya kontrol maksimal. Hasil pengaplikasian foudation ini adalah sheer hingga ke medium dan akan tampak semi matte pada kulit. Foundation ini juga dapat melembabkan sehingga tepat untuk menjadi foundation untuk kulit kering. Ketahuilah juga beberapa cara memancungkan hidung dengan make up untuk menyempurnakan teknik tata rias Anda, dan apa saja produk BB Cream untuk kulit sawo matang yang bagus.

22. Viva Liquid Foundation

Bila Anda ingin menggunakan foundation yang bagus untuk kulit kering namun juga memiliki harga yang terjangkau, produk dari Viva ini bisa menjadi pilihan. Teksturnya yang liquid memudahkan pengaplikasian pada kulit wajah yang kering, dan juga produk ini adalah produk asli Indonesia sehingga tone warnanya sudah disesuaikan dengan warna kulit wanita Indonesia. Diperkaya dengan emollient untuk menghaluskan wajah dan pelembab. Setelah menggunakan pelembab, Anda juga perlu tahu apa saja merk bedak untuk kulit berminyak yang cocok dan merek concealer yang bagus untuk menyamarkan noda di wajah.

23. The Body Shop Extra Virgin Minerals Liquid Foundation

Kandungan mineral murni dan minyak zaitun di dalam alas bedak dari Body Shop ini selain menyegarkan juga dapat memberikan kelembaban alami pada wajah yang kering. Selain itu, produk ini juga dapat menyeimbangkan kadar minyak alami pada wajah dan mengandung tabir surya SPF 30 untuk perlindungan dari sinar matahari. Agar make up Anda sempurna, ketahuilah beberapa tips memakai eye shadow dan cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang yang cocok.

24. Alas Bedak Sariayu Energizing Aromatic

Alas bedak ini bertekstur cair dan diperkaya dengan kandungan pelembab sehingga dapat direkomendasikan untuk kulit kering. Kandungan ekstrak pinang didalamnya dapat merawat kulit agar kencang dan essential oil Cendana akan memberikan keharuman yang segar pada alas bedak ini. Juga mengandung perlindungan tabir surya. Alas bedak atau concealer dapat Anda gunakan untuk cara mengecilkan hidung yang besar melalui taknik make up, dan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dapat mencoba CC cream untuk kulit berminyak yang aman.

Agar Anda bisa mendapatkan foundation yang cocok untuk kulit kering, sebaiknya banyak mencari rekomendasi atau review dari para pengguna tentang suatu prosuk. Review tidak sulit untuk dicari, karena sudah sangat banyak di internet. Juga pastikan untuk mengetahui tone warna kulit Anda, agar tidak salah memilih warna, apalagi jika berniat membeli foundation yang harganya lumayan mahal.