12 Cara Mengkilapkan Kuku dengan Pasta Gigi yang Efektif

Bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari kita adalah kuku. Kuku merupakan jaringan epidermis yang keras dan padat, terbuat dari sel – sel yang sama yang membentuk kulit kita. Protein yang disebut keratin banyak terdapat pada sel – sel tersebut. Fungsi keratin pada kuku adalah untuk memberikan jalan bagi masuknya oksigen yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku, dengan memungkinkan air masuk dan memberikan hidrasi pada kuku, sehingga penampilan kuku akan tampak berwarna merah muda dan segar.

Bagian kuku yang terlihat merupakan tiga perempat bagian dari keseluruhan kuku, sisanya tersembunyi di bawah kulit jari tangan. Di pangkal kuku kita terdapat kulit ari yang berfungsi melindungi kuku dari kotoran. Kuku yang merupakan bagian dari tulang dapat tumbuh sepenuhnya dalam waktu enam bulan, dan akan tumbuh lebih cepat pada laki – laki daripada perempuan. Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang penuh urat syaraf dan lembut. Kuku menjadi bagian terkeras dari tubuh seperti tulang dan gigi karena mempunyai kandungan air yang sangat kecil.

Ciri Kuku yang Sehat

Perhatikanlah kuku Anda untuk mengetahui apakah kondisinya sehat atau tidak dengan mencari ciri – ciri seperti berikut:

  • Permukaan kuku halus
  • Tidak terdapat gelombang atau galur yang tidak normal
  • Tidak ada perubahan warna atau bintik – bintik
  • Kuku kuat dan tidak rapuh atau mudah patah.

Ciri Kuku Tidak Sehat

Sebaliknya, jika kuku tidak sehat maka akan menunjukkan ciri – ciri seperti ini:

  • Kuku berwarna pucat, mengindikasikan penyakit anemia, gagal jantung, penyakit hati, dan kurang gizi.
  • Kuku berwarna kuning, menunjukkan penyakit karena jamur, gondok, paru – paru, diabetes dan psoriasis.
  • Indikasi masalah hati atau resiko hepatitis terlihat dari warna kuku yang putih dengan pinggiran agak gelap.
  • Jika permukaan kuku berkerut atau tidak rata, indikasi penyakitnya adalah tanda awal dari radang sendi atau artritis dan psoriasis.
  • Lipatan kuku mengalami peradangan jika kuku tampak bengkak.
  • Tubuh kurang oksigen berarti infeksi pada paru – paru apabila kuku berwarna kebiruan.
  • Jika garis kuku berwarna lebih tua, bisa saja itu merupakan gejala melanoma atau kanker kulit.
  • Kuku yang berwarna putih di beberapa area, itu tandanya kekurangan sel darah merah.
  • Kuku yang kuning dan menebal bisa jadi merupakan indikasi penyakit paru – paru seperti bronkitis kronis.

Masalah yang Biasa Terjadi Pada Kuku

Merawat kuku merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada kuku Anda, antara lain:

  • Mudah Patah – Kuku tipis maupun tebal mempunyai resiko yang sama untuk mudah patah. Kuku yang tipis mudah terkelupas, sedangkan kuku yang tebal patah di bagian ujung. Cukupi kebutuhan kalsium tubuh agar kuku tidak mudah patah atau terkelupas.
  • Kutikula Mengeras – Kutikula yaitu kulit berwarna putih yang ada di pinggiran kuku dan dapat mengeras akibat kurang cairan tubuh atau pun terkena sabun cuci dan produk kimia lainnya. Untuk menghilangkannya, diperlukan gunting khusus untuk kutikula dan harus dilakukan oleh ahlinya.
  • Dehidrasi – Tanda bahwa kuku dehidrasi adalah adanya garis vertikal di permukaannya dan berlapis atau mudah mengelupas, sebabnya bisa karena memotong terlalu pendek atau kekurangan kadar air atau minyak di dalam kuku.
  • Berjamur – Jamur di kuku akan berbentuk seperti bubuk putih. Infeksi ini bisa terjadi ketika tangan luka ketika menggunting kuku dan masuk kotoran serta bakteri ke dalam luka tersebut.
  • Kuku tumbuh ke dalam – Kuku rentan tumbuh ke dalam jika bentuknya melengkung atau salah cara menggunting sehingga tumbuh menusuk daging dan terasa nyeri. Untuk menggunting kuku yang melengkung diperlukan teknik khusus, sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.
  • Menguning – Kuku yang menguning biasanya dialami pada wanita yang sering menggunakan cat kuku. Terutama yang mengandung zat kimia keras seperti formaldehyde atau toluene.

Penyebab kuku kuning

Warna kuku yang kuning bisa disebabkan oleh berbagai hal, untuk mencegah kuku Anda kembali menguning perlu diketahui lebih dulu apa saja penyebabnya yaitu:

  • Jamur

Jamur bisa tumbuh di mana saja termasuk di bawah kuku dan menyebabkan warna kuku menguning. Kuku yang menguning karena infeksi jamur akan tampak kering dan mengeluarkan bau tidak sedap karena jamur merusak komposisi kuku. Untuk mengatasi kuku yang kuning karena jamur, Anda bisa menggunakan obat anti jamur yang diresepkan oleh dokter kulit. Jika kondisi kuku sudah semakin parah, ada kemungkinan harus dicabut oleh dokter agar bisa berganti dengan kuku baru. Dalam kasus seperti ini, perawatan kuku setelah dicabut juga penting agar tidak menimbulkan infeksi.

  • Rokok

Para perokok seringkali memiliki kuku yang berwarna kuning karena nikotin yang menempel di kukunya. Tidak hanya kuku yang mendapat efek negatif dari merokok, namun juga bagian tubuh yang lain dan rokok juga akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

  • Memakai cat kuku

Mungkin Anda bingung mengapa kuku yang sering dirawat dan mengenakan cat kuku agar cantik malahan menjadi kuning. Kuku membutuhkan oksigen untuk menampilkan warna alaminya. Penggunaan aseton sebagai pencampur dalam car kuku dapat membuat kuku berubah warna menjadi kuning karena menghilangkan kemampuan kuku menyerap oksigen untuk mempertahankan kondisinya.

Pasta Gigi Untuk Mengkilapkan Kuku

Memiliki kuku yang berwarna kuning serta kusam tentunya sangat mengganggu para wanita, namunn tidak perlu cemas. Pasta gigi ternyata mempunyai kemampuan untuk membuat kuku Anda kembali mengkilap dan berwarna segar kembali karena memiliki kandungan peroksida, yaitu suatu substansi yang dapat membersihkan dan memutihkan. Manfaat odol untuk kecantikan dapat menjadi cara merawat kuku kaki dan cara merawat kuku agar tidak kuning dan bersih. Cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi adalah sebagai berikut :

Cara Pertama

  1. Siapkan pasta gigi yang biasa Anda pakai, namun pastikan untuk menggunakan yang berwarna putih dan bukan bahan gel.
  2. Oleskan tipis pasta gigi pada kuku Anda, lalu biarkan selama sepuluh menit.
  3. Gunakan sikat kuku untuk membersihkan kuku secara lembut dan perlahan.
  4. Bersihkan sisa pasta gigi menggunakan bola kapas yang dicelup ke dalam air.
  5. Ulangi proses ini selama dua atau tiga kali seminggu selama satu bulan, Anda akan melihat hasilnya.

Cara Kedua

  1. Siapkan lemon dan potong separuh bagian.
  2. Peras airnya lalu tampung dalam mangkuk kecil.
  3. Campur air lemon dengan pasta gigi secukupnya.
  4. Aduk air lemon dan pasta gigi sampai tercampur rata.
  5. Celupkan sikat kuku atau sikat gigi bekas ke dalam campuran
  6. Sikat permukaan kuku Anda dengan perlahan dan lembut.
  7. Diamkan selama sepuluh menit, bilas dengan air dingin.

Cara Mengkilapkan Kuku dengan Bahan Lainnya

Tidak hanya pasta gigi, Anda pun dapat membuat kuku mengkilap dengan menggunakan bahan selain pasta gigi. Anda tidak perlu melakukan perawatan kuku yang mahal di salon. Hanya dengan bermacam – macam bahan alami ini, kuku Anda akan tampak mengkilap dan bagus. Berikut adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengkilapkan kuku beserta caranya:

  1. Mentega – Cara merawat kuku agar cantik dan bersih bisa Anda lakukan menggunakan mentega. Lelehkan mentega secukupnya dan oleskan pada kuku Anda, lalu biarkan beberapa saat. Bersihkan menggunakan kapas basah dan air setelahnya. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya maksimal.
  2. Cuka putih – Cara memutihkan kuku secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan cuka. Manfaat cuka untuk kuku hampir sama dengan lemon, yaitu kandungan asam yang ada di dalam cuka dapat memutihkan serta membuat kuku mengkilap. Campurkan beberapa tetes cuka ke dalam satu mangkuk air hangat, lalu rendam kuku Anda selama sekitar sepuluh menit. Ada juga manfaat cuka untuk rambut salah satunya adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan cuka putih dan cuka apel.
  3. Baking Powder – Campur baking powder ke dalam semangkuk air hangat, aduk hingga larut. Rendam kuku Anda di dalam larutan tersebut dan biarkan selama sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Lakukan seminggu sekali. Cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau juga dapat dilakukan menggunakan baking powder.
  4. Listerine – Cairan pembersih mulut ini bisa digunakan untuk kuku yang terkena infeksi jamur karena mengandung bahan seperti menthol, eucalyptol, methyl saliycilate dan thymol yang berfungsi sebagai anti jamur, dan bisa menjadi cara agar kuku tidak cepat kotor. Rendam kuku di dalam larutan listerine murni selama setengah jam, lakukan setiap hari selama seminggu. Istirahat selama satu minggu lagi, lalu ulangi minggu berikutnya. Kulit di sekitar jari mungkin berubah menjadi hijau, namun akan menghilang dengan sendirinya.
  5. Kulit Jeruk – Kulit jeruk juga mengandung banyak vitamin C. Gosokkan kulit jeruk ke kuku dua atau tiga kali sehari sebagai cara merawat kuku panjang. Hasilnya akan Anda lihat dalam beberapa minggu.
  6. Biji Jintan – Manfaat jintan adalah sebagai disinfektan yang kuat dan dapat merawat kulit yang terkena jamur dengan efektif. Caranya, tambahkan satu sendok jintan yang sudah dihancurkan ke dalam satu mangkok air. Rendam kuku Anda yang kuning ke dalam larutan tersebut. Lakukan cara ini sekali sehari sebelum tidur malam selama beberapa minggu.
  7. Kulit Semangka – Tidak hanya kulit jeruk, kulit semangka pun bisa membuat kuku mengkilap. Gosokkan kulit smangka pada kuku dan diamkan sampai airnya mengering. Lalu gosok kuku dengan tisu kering, hasilnya kuku akan tampak mengkilap.
  8. Bawang putih – Cara merawat kuku dengan bawang putih bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kuku yang kusam dan kuning. Kupas bawang putih dan gosokkan ke kuku Anda. Setelah itu diamkan selama beberapa menit. Lalu cuci kuku dengan air. Bawang putih dapat mengatasi masalah kuku yang terinfeksi jamur.
  9. Belimbing wuluh – Menggunakan belimbing bisa juga mengkilapkan kuku Anda yang kusam. Caranya sama, yaitu dengan menggosokkan belimbing ke kuku yang menguning. Biarkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air. Belimbing wuluh juga dapat berfungsi sebagai masker wajah. Para wanita sering menggunakan cara membuat masker belimbing wuluh untuk kecantikannya.

Mengapa kuku tidak tumbuh dengan benar

Selain masalah kuku yang tampak kusam dan kuning, kuku juga dapat tampak tidak tumbuhdan sulit mencari cara memanjangkan kuku dengan cepat sehingga Anda juga sulit membentuk kuku sesuai keinginan agar cantik. Jika Anda mengalami keluhan mengenai kondisi kuku yang rapuh dan lemah, simaklah beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Gizi seimbang – Asupan makanan yang seimbang menjadi salah satu faktor yang membuat kuku tumbuh lebih cepat, mengonsumsi jenis makanan yang tepat tidak hanya membuat kuku menjadi tumbuh lebih cepat namun juga tumbuh dengan kuat dan tidak mudah patah.
  • Kebiasaan buruk – Tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan buruk seperti menggigit kuku dapat membuat kuku menjadi rapuh dan rusak. Berhentilah menggigit kuku, dan Anda akan mendapati kuku lebih sehat dan tidak mudah patah.
  • Penggunaan cat kuku – Bahaya cat kuku mungkin tidak pernah Anda kira dapat mengalaminya. Perhatikan kandungan bahan yang ada di dalam cat kuku Anda. Jika mengandung terlalu banyak bahan kimia atau aseton, hal itu dapat membuat kuku menjadi kering dan mudah rapuh serta rusak.
  • Biarkan kuku bernapas – Sama dengan rambut, kuku pun memerlukan istirahat dari segala macam pemakaian cat kuku. Walaupun Anda sangat menyukai memakai cat kuku, namun pemakaian yang terlalu banyak dapat menyebabkan kuku menjadi rusak bentuknya dan berubah warna. Berikan produk perawatan kuku sebagai cara agar kuku tidak mudah rapuh yang cocok agar kuku tetap sehat.
  • Tidak memberi pelembab – Kurangnya kelembaban pada kuku juga merupakan salah satu alasan mengapa kuku tidak tumbuh dengan benar. Pastikan untuk melembabkan kuku dengan menggunakan minyak alami jenis apapun sebelum tidur malam untuk menjaga kelembabannya dan sebagai cara merawat kuku agar tidak mudah patah.
  • Terkena bahan kimia – Cairan pencuci piring atau sabun cuci pakaian dapat memberi pengaruh pada pertumbuhan kuku. Anda bisa menghindarinya dengan menggunakan sarung tangan saat mencuci piring dan memberi pelembab pada kuku setelah selesai mencuci.
  • Salah mengikir kuku – Menggunakan kikir kuku dengan cara yang salah adalah salah satu cara mengapa kuku bermasalah dengan pertumbuhannya. Jika Anda mengikir kuku dengan arah yang salah, terlalu sering atau terlalu keras dan kasar, maka sudah pasti kuku akan menjadi rusak.

Cara Memilih Bentuk Kuku yang Cocok

Tidak sulit untuk memilih bentuk kuku yang cocok bagi jari Anda. Anda hanya perlu menentukan bagaimana bentuk jari Anda, apakah jari Anda panjang atau pendek, dan kuku Anda lebar atau sempit, atau juga bagaimana cara merawat kuku jengkol. Beberapa pilihan untuk bentuk kuku yang cocok bagi jari tangan Anda yaitu:

  • Jari panjang dan kuku lebar – Bila Anda memiliki bentuk jari panjang dan kuku yang lebar, maka bentuk kuku yang sedikit panjang cocok untuk jari Anda. Bentuk yang paling cocok untuk jari Anda adalah oval dan bentuk almond. Kedua bentuk ini akan memberi kesan jari lebih ramping.
  • Jari yang panjang dan ramping – Bentuk kuku yang manapun akan cocok bagi jari yang panjang dan ramping. Namun bentuk yang paling tepat adalah bentuk oval dan oval cenderung persegi. Kuku persegi akan memberi bentuk yang elegan.
  • Jari pendek dan kuku lebar – Untuk memberi ilusi bahwa jari tampak lebih panjang, pilihlah bentuk oval dan bulat. Jangan lupa melakukan cara merawat kuku agar cepat panjang yang akan memberi kesan jari tampak lebih ramping dan panjang.
  • Jari pendek dan ramping – Bila memiliki jari yang mungil dan ramping, kemungkinan Anda juga memiliki tangan yang mungil. Bentuk almond dan oval akan memberi ilusi bahwa jari Anda lebih ramping dan panjang. Tangan Anda akan tampak feminin dan bukannya tampak seperti tangan seorang gadis kecil.

Cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi bisa dijadikan perawatan kuku secara menyeluruh agar kuku Anda benar – benar tampak terpelihara, tidak hanya merawatnya untuk menghilangkan warna kekuningan. Selain itu, menjaga kondisi kesehatan juga bermanfaat untuk menjaga kondisi dan penampilan kuku Anda tetap cantik. Hal itu termasuk memotong kuku dengan benar , menjaga kebersihan tangan dan rutin menghindari hal – hal yang dapat menyebabkan kuku menjadi rusak. Agar kuku semakin cantik, Anda juga harus pandai memadukan warna kutek untuk kulit gelap dan warna kutek untuk kulit terang.