7 Cara Merawat Kuku Jengkol Agar Terlihat Panjang

Penampilan seseorang tidak hanya dilihat dari wajahnya saja, tapi kuku pun juga harus dirawat agar tampak cantik. Sehingga tidak heran banyak orang datang ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan kuku tangan maupun kakinya atau yang disebut dengan manicure dan pedicure. Perawatan kuku di salon dilakukan agar kuku bisa tampak bersih, sehat, dan jari terlihat panjang dan lentik.  Memang tangan dengan jari jemari yang panjang lentik dan bentuk kuku yang panjang terawat menjadi dambaan setiap wanita. Tetapi tidak semua orang memiliki kuku yang panjang. Ada 9 bentuk kuku yang kita kenal yaitu :

  • Bentuk kuku panjang
  • Bentuk kuku bulat telur (oval)
  • Bentuk kuku kotak (persegi)
  • Bentuk kuku segitiga
  • Bentuk kuku segitiga terbalik
  • Bentuk kuku almond
  • Bentuk kuku segilima terbalik
  • Bentuk kuku bulat (melingkar)
  • Bentuk kuku pendek dan lebar

Bentuk kuku yang pendek dan lebar ini yang kita kenal dengan sebutan kuku jengkol. Memiliki kuku jengkol mungkin membuat seseorang menjadi minder karena bisa membuat penampilan jadi kurang menarik. Tetapi dengan melakukan perawatan yang benar, maka bentuk kuku jengkol pun bisa tetap menarik sama seperti memiliki kuku yang panjang. Perawatan kuku ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon.

Berikut cara merawat kuku jengkol agar terkesan panjang adalah :

  1. Mengikir kuku

Walaupun kuku Anda pendek, tapi kuku Anda tetap harus dikikir sehingga bentuk kuku menjadi sama rata dan ujung-ujungnya menjadi halus. Agar jari terkesan lentik, bentuk kuku menjadi lonjong atau almond. Jangan mengikir kuku dengan bentuk kotak atau persegi karena bisa membuat kuku terkesan tetap pendek. (Baca juga : cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh)

  1. Melembabkan kuku

Agar kuku dan jari-jari menjadi lembab dan tidak kering, oleskan pelembab di seluruh jari dan tangan. Setelah itu oleskan minyak kutikula di sekitar tepi-tepi kuku. Diamkan selama beberapa menit agar pelembab dan minyak kutikula dapat meresap sehingga memudahkan kita saat akan mengikis kutikula kuku. Setelah itu rendam tangan ke dalam air hangat yang telah dicampur sedikit sabun selama kurang lebih 5 menit. (Baca juga : cara melembutkan telapak tangan yang kasar)

  1. Mengikis kutikula

Kutikula kuku letaknya di pinggiran kuku, warnanya putih dan keras.  Fungsi kutikula ini adalah untuk menahan bakteri agar tidak masuk ke bagian bawah kuku. Sehingga kutikula ini muncul akibat kuku sering terkena sabun atau deterjen. Maka untuk mengikis kutikula, gunakan stik khusus kutikula. Dengan mengikis kutikula akan membuat kuku jengkol terlihat lebih panjang dan rapi.

  1. Memilih warna cat kuku (kutek) yang sesuai

Pemilihan warna cat kuku juga menentukan kesan bentuk kuku Anda. Agar kuku jengkol Anda terlihat lebih panjang, gunakan warna-warna natural yang setingkat lebih terang dari warna kulit Anda. Tetapi jangan memilih cat kuku warna putih kapur, karena warna ini akan membuat kesan kuku semakin lebar dan besar.  Contohnya bila kulit Anda kuning langsat, pilihlah warna cat kuku yang gelap seperti merah atau ungu. Bila kulit Anda lebih gelap, gunakan warna yang lebih terang seperti merah muda atau jingga. Pemilihan warna cat kuku yang kontras dengan warna kulit dapat menonjolkan kesan bentuk kuku jengkol menjadi lebih indah.

  1. Mengoleskan cat kuku dasar (base coat)

Guna cat kuku dasar ini supaya saat mengoleskan cat kuku berwarna hasilnya menjadi terlihat lebih halus dan tahan lama. Maka sebelum mengoleskan cat kuku berwarna, oleskan dulu cat kuku dasar di seluruh permukaan kuku.

  1. Mengoleskan cat kuku berwarna yang telah dipilih.

Setelah cat kuku dasar mongering, mulailah untuk mengoleskan cat kuku berwarna yang telah Anda pilih sebelumnya. Pada lapisan pertama cat kuku dengan tipis dan rapi. Setelah mengering, cat kembali kuku Anda untuk mempertegas warna cat kuku. Setelah lapisan kedua mengering, oleskan dengan cat lapisan pelindung luar. Cat pelindung luar ini gunanya untuk mencegah cat kuku pecah-pecah. Pilihlah warna yang putih bening.  Agar kuku jengkol Anda terlihat lebih sempit dan panjang, jangan mengecat kuku sampai penuh di seluruh kukunya tetapi sisakan sedikit di tepi kedua sisi kuku. (Baca juga : bahaya cat kukubahan kosmetik yang berbahaya)

  1. Membersihkan noda-noda cat kuku.

Pada saat mengoleskan cat kuku seringkali mengenai sekeliling tepi kuku. Noda-noda cat kuku ini bisa membuat hasil pengecatan menjadi kurang rapid an membuat kuku terkesan semakin melebar. Untuk itu gunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam cairan penghapus kuku (aseton). Bersihkan noda-noda cat kuku yang ada di sekeliling tepi kuku dengan pelan dan hati-hati agar tidak merusak cat kuku yang sudah ada.

Cara Merawat Kuku Secara Alami

Untuk menyiasati kuku jengkol  agar terlihat panjang, akan membuat kita sering menggunakan cat kuku. Tetapi memakai cat kuku terlalu sering sebenarnya kurang baik karena dapat mengikis kuku lama kelamaan menjadi tipis. Oleh karena itu untuk menjaga agar kuku tetap sehat, Anda bisa merawat kuku secara alami, yaitu :

  • Rajin minum air putih – Air putih diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari dalam tubuh hingga luar tubuh seperti wajah dan kulit tubuh. Begitu pula dengan kesehatan kuku, karena dengan banyak minum air putih dapat menguatkan kuku dan membut kuku tidak terlihat kusam. Karena itu jangan lupa untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Menggosokkan bawang putih pada kuku – Bawang putih dapat memperkuat kuku kita. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi dua lalu gosokkan pada seluruh bagian kuku. (Baca juga : cara merawat kuku dengan bawang putih)
  • Mengoleskan lidah buaya pada kuku – Selama ini kita mengenal khasiat lidah buaya untuk kesehatan rambut. Tapi ternyata lidah buaya juga dapat menyehatkan kuku, membuat kuku cepat panjang dan terlihat bening. Caranya oleskan lidah buaya yang telah dibelah ke kuku Anda. Diamkan selama 2 menit. Setelah itu bersihkan dengan air sampai bersih. (Baca juga : cara memanjangkan kuku dengan cepat)
  • Menggunakan getah dari pepaya – Getah dari papaya ternyata berkhasiat untuk membuat kuku menjadi tidak mudah terkelupas. Caranya adalah dengan mengoleskan getah dari papaya ke seluruh jari Anda.
  • Menggosokkan kuku dengan belimbing wuluh – Kotoran-kotoran yang terdapat di sela-sela kuku seringkali sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasi hal ini Anda juga bisa menggunakan belimbing wuluh. Selain membersihkan kotoran, belimbing wuluh juga dapat menguatkan kuku. Caranya yaitu dengan menggosokkan belimbing wuluh yang sudah dipotong ke semua bagian kuku. Setelah diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan air. (Baca juga : cara merawat kuku agar cantik dan bersih)
  • Mengoleskan lemon pada kuku – Lemon berkhasiat dapat mengembalikan kuku yang menguning menjadi bening kembali. Caranya mudah saja cukup dengan mengoleskan lemon ke kuku secara rutin hingga kuku kembali cerah.  (Baca juga : cara merawat kuku agar tidak kuning)

Jadi buat Anda yang memiliki kuku jengkol tidak perlu minder, karena dengan perawatan yang baik akan membuat kuku jengkol Anda sehat dan terlihat panjang. Selain itu jenis kuku ternyata juga menunjukkan kepribadian seseorang.  Buat Anda yang memiliki kuku jengkol, Anda adalah orang yang kreatif dan selalu memiliki pemikiran yang kuat, tetapi keras kepala. Anda juga seorang yang pemberani, setia dan rela berkorban bagi sahabat, pasangan maupun orang-orang di sekitar Anda. Apakah sesuai dengan kepribadian Anda? Anda bisa cocokkan sendiri, ya.