12 Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Rapuh dan Rusak

Memiliki kuku yang indah merupakan kebanggaan tersendiri bagi sebagian wanita. Apalagi kalau kuku-kuku yang dimiliki merupakan kuku yang kuat dan tidak mudah patah. Kuku yang cantik, kuat, dan indah ini akan mencerminkan kepribadian kita yang baik juga. Tetapi kalau kukunya tampak kotor dan tidak terawat, akan memberikan kesan jorok dan bisa dicap sebagai orang yang tidak bersih dan kurang memperhatikan penampilan diri. Pastinya anda tidak ingin dinilai seperti kan?

Kuku yang merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia dan tumbuh di ujung-ujung jari tangan dan kaki ini berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat syaraf dan mempertinggi daya sentuh. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam 1 minggu rata-rata 0,5-1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengruhi oleh panas tubuh.

Pertumbuhan kuku yang tidak terawat dengan baik akan menyebabkan kuku jadi mudah rapuh. Sehingga untuk memiliki kuku yang tidak mudah rapuh tentunya perlu usaha dan perawatan khusus. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku agar tidak mudah rapuh :

  1. Rajinlah memotong kuku secara teratur.

Memotong kuku idealnya adalah seminggu sekali. Kalau Anda membiarkan kuku tumbuh panjang, tidak rata dan kasar, maka kemungkinannya kuku bisa mudah patah dan rapuh. Potonglah kuku dengan gunting kuku yang tajam sebab kalau tidak tajam akan menyebabkan hasil potongan yang tidak rapih dan mudah patah. Selain itu jangan terlalu pendek memotong kuku, karena ujung jari Anda bisa rentan mengalami hangnail (terpisahnya kulit kecil di pinggiran kuku dari kutikula) dan infeksi.

  1. Kikir kuku dengan cara yang benar.

Mengikir kuku dengan melakukan gerakan menggergaji dapat merusak serat-serat kuku sehingga bisa menyebabkan kuku mudah patah. Oleh karena itu untuk mengikir kuku yang benar adalah dengan memakai emery board untuk mengikir kuku dan gerakkan secara pelan-pelan alat itu searah bukan dengan gerakan bolak balik seperti menggergaji.

  1. Pakai minyak atau losion khusus untuk melembabkan kuku.

Untuk membantu memperkuat dan melembabkan kuku yang kering, gunakanlah minyak atau losion khusus untuk melembabkan kuku. Beberapa produk pelembab yang bisa membantu kuku menjadi kuat adalah : lidah buaya, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak, minyak almond, dan lain sebagainya. Oleskan losion tersebut setiap kali akan mandi. Anda juga bisa mengoleskan losion pada jari-jari sebelum tidur, sehingga kuku dan jari Anda akan menjadi lembab keesokkan harinya.

  1. Pakailah penguat kuku.

Penguat kuku dapat membentuk pelindung yang kuat untuk kuku, sehingga kuku tidak akan terpapar benda-benda yang bisa merapuhkannya. Penguat kuku ada yang harus dipakai seminggu sekali atau sebulan sekali. Cobalah gunakan penguat kuku sesuai ketentuan, sehingga menghasilkan kuku yang tidak mudah patah.

  1. Jangan terlalu sering manikur

Melakukan manikur terlalu sering akan membuat kuku menjadi rapuh, karena kuku akan terpapar berbagai macam bahan kimia yang terdapat pada cat kuku dan penghapus kuku (terutama aseton). Kuku  mungkin diperlakukan dengan kasar, seperti pengikiran kuku yang cara yang tidak benar. Selain itu peralatan di salon yang kemungkinan terpapar bakteri dapat mengganggu kekuatan kuku juga.

  1. Biarkan kuku dalam keadaan polos sekali-kali.

Cobalah sekali-kali tidak menggunakan cat kuku. Jika kuku Anda sudah lama tidak terkena cahaya matahari karena selalu dipoles cat kuku, cobalah untuk tidak memoleskan cat kuku dalam waktu sebulan. Selama sebulan ini merupakan waktu yang diperlukan untuk melihat pertumbuhan kuku baru yang kuat. Perubahan yang mungkin akan Anda lihat setelahnya adalah : pertumbuhan kuku yang disebabkan karena memakai warna-warna cat kuku akan akan hilang menjadi warna kuku aslinya, kuku akan tumbuh lebih halus dan tidak kasar dan tentunya kuku tidak akan mudah patah.

(Baca juga : bahaya cat kuku)

  1. Jangan suka menggigit kuku.

Kalau Anda punya kebiasaan menggigit kuku, ada baiknya segera dihindari. Karena hal ini akan membuat kuku pecah dan jari-jari mudah terkena infeksi, sehingga kuku akan cepat menjadi rapuh dan patah.

  1. Jangan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan keras untuk kuku.

 Deterjen, sabun cuci piring, ataupun pembersih rumah tangga lainnya biasanya menggunakan bahan-bahan kimia yang keras. Zat-zat kimia ini yang bisa berpengaruh terhadap kuku Anda. Untuk menjaga kuku Anda dari pengaruhi zat-zat kimia ini, pakailah sarung tangan karet yang tidak berpori saat akan mencuci atau membersihkan rumah dengan produk-produk deterjen atau pembersih lainnya.

(Baca juga : bahan kosmetik yang berbahayabahaya kandungan paraben pada kosmetik)

  1. Jangan menggunakan air panas saat mencuci tangan.

Air panas bersifat keras untuk kuku. Kuku bisa menjadi lunak dan pada saat itu bisa menjadi mudah rusak. Maka pakalah air hangat saja atau suam-suam kuku, jangan sampai terlalu panas.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung protein.

Agar kuku mendapat nutrisi dari dalam tubuh juga, cobalah untuk makan makanan yang mengandung protein. Karena kuku sebenarnya terbuat dari protein, jadi kalau Anda tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup sehari-hari maka akan berpengaruh pada kekuatan kuku juga. Protein pada makanan biasanya terdapat pada telur, daging, tahu ataupun ikan.

  1. Konsumsi juga makanan yang banyak mengandung vitamin.

 Untuk mendapatkan kuku yang kuat dan sehat, penuhi gizi Anda dengan makanan yang mengandung banyak vitamin. Vitamin D, H dan A sangat penting untuk kesehatan kuku. Vitamin D terdapat pada makanan berbahan dasar susu. Vitamin H terdapat pada pisang, kacang-kacangan dan telur. Sedangkan vitamin A didapat dari wortel dan ubi jalar.

  1. Makanlah dengan cukup dan gizi seimbang.

Menjalani diet yang ketat sering kali dapat menyebabkan kuku menjadi berhenti tumbuh. Tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup dapat menyebabkan  kuku menjadi rapuh, menguning dan mudah patah. Pastikan Anda mendapatkan kalori yang cukup melalui lemak, protein dan karbohidrat.

(Baca juga : cara memanjangkan kuku dengan cepat)

Bahan Alami untuk Mempercantik Kuku

Selain  itu, untuk menguatkan kuku sekaligus mempercantik kuku, kita bisa menggunakan bahan alami, yaitu :

  • Buah berry asam

Untuk mendapatkan kuku yang kuat, indah dan juga jernih, bisa didapat dengan asupan vitamin C. Vitamin C ini didapat dari buah-buah berry yang asam, seperti black currant, cranberry, dan sebagainya.

Caranya :

Ambil buah berry yang asam, lalu gosok-gosokkan ke kuku dan kulit di sekitarnya. Lakukan ke semua kuku dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan hal ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Minyak zaitun dan lemon

Minyak zaitun mengandung vitamin E. Vitamin E ini sangat baik untuk menguatkan kuku. Minyak zaitun yang dicampur dengan perasan jeruk lemon dpat menguatkan dan mencemerlangkan kuku. Sebab lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk membuat kuku tampak lebih putih.

Caranya :

Panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat. Setelah itu tetesi dengan perasaan lemon lalu aduk sampai rata. Oleskan ramuan ini ke kuku dan jari tangan di sekitarnya sambil dipijat dengan perlahan dan lembut. Setelah itu bungkus dengan sarung tangan katun. Lakukan menjelang tidur selama dua kali seminggu sampai kuku terlihat tampak kuat dan indah.

(Baca juga : cara menghaluskan telapak tangan)

  • Madu dan telur

Telur mengandung protein yang menutrisi kuku agar lebih kuat, sementara madu kayak akan emmolien yang bermanfaat melembabkan sekaligus melembutkan kuku. Minyak zaitun untuk memperkuat kuku. Sehingga ramuan campuran ketiga bahan ini sangat bermanfaat untuk perawatan kuku.

Caranya :

Masukkan dua sendok makan madu dan dua sendok makan minyak zaitun ke dalam panci kecil. Panaskan hingga tercampur rata. Setelah tercampur, angkat dan dinginkan. Masukkan satu butir telur yang telah dikocok, aduk ketiganya hingga tercampur rata. Lalu rendam seluruh jari tangan ke dalam campuran ini selama 10-15 menit. Setelah itu angkat dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini seminggu sekali secara rutin.

  • Lemon dan air mawar

Lemon yang banyak mengandung vitamin C ini dipercaya dapat menormalkan warna kuku, ditambah dengan air mawar yang dapat mencerahkan kuku sehingga kuku lebih kuat.

Caranya :

Campur satu sendok makan perasan air lemon dan tiga sendok makan air mawar. Aduk keduanya hingga tercampur rata. Rendam jari-jari tangan ke dalam campuran tadi. Biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan hal ini seminggu dua kali agar kuku menjadi semakin kuat.

  • Bawang putih dan jeruk nipis

Bawang putih dipercaya dapat menguatkan kuku. Namun bau bawang putih yang menyengat kadangkala kurang disukai. Maka penggunaan bawang putih ini dicampur dengan jeruk nipis agar aromanya lebih segar. Selain itu jeruk nipis yang mengandung vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan kuku.

(Baca juga : manfaat jeruk nipis untuk rambut)

Caranya :

Kupas dua suing bawah putih, lalu gosokkan bawang putih itu pada kuku. Setelah itu gosokkan jeruk nipis ke permukaan kuku dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin. Lakukan hal ini sesering mungkin hingga kuku Anda yang mudah rapuh menjadi lebih kuat.

(Baca juga : cara merawat kuku agar cantik dan bersih)

Demikian cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh yang bisa Anda coba sendiri di rumah, baik perawatan dari luar melalui kuku Anda ataupun perawatan dari dalam melalui makanan yang kita konsumsi.  Selain itu kebiasaan-kebiasaan terhadap kuku yang kurang baik ada baiknya juga dihindari sehingga penampilan Anda semakin cantik dengan kuku yang cantik terawat dan tidak mudah patah atau rapuh.

(Baca juga : cara menjaga penampilan diri wanita)