4 Cara Merawat Kuku Kaki dengan Bahan Alami

Anda penggemar sepatu high heels? Rasanya menjadi hal yang wajar jika merawat kaki menjadi salah satu agenda rutin agar kaki bisa tetap sedap dipandang. Namun ada satu hal yang kadang sering terlewatkan untuk dirawat yaitu kuku kaki. Kuku kaki memang jarang terekspos, tidak seperti kuku tangan yang bisa dirawat dan dibentuk sedemikian rupa agar tetap cantik. Tetapi alangkah baiknya jika anda mulai memperhatikan kuku kaki sehingga saat menggunakan sepatu dengan ujung terbuka pun tetap akan enak dilihat. Cara merawat kuku kaki yang benar akan menghindarkan bentuk kuku anda dari kerusakan dan juga hitam. (Baca Juga: Perawatan Kuku Setelah Dicabut , Penyebab Betis Besar)

Sebelum mengatahui bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk merawat kuku kaki, anda bisa belajar untuk mengetahui cara merawat kuku kaki yang sudah terlanjur rusak dan juga bau. Kuku kaki yang rusak ini biasanya karena terbentur, patah, atau akibat menggunakan sepatu terlalu sempit.

Cara Merawat Kuku Kaki yang Terluka dan Bau

Kuku kaki memang luput dari perhatian karena sering tertutup sepatu atau sandal cantik. Anda mungkin baru tahu ada masalah di kuku kaki jika sudah muncul bau tidak sedap atau rasa sakit karena kuku yang rusak. Jika sudah muncul masalahnya, inilah tips untuk mengatasinya. (Baca Juga: Cara Merawat Kuku Kaki yang Bau , Cara Agar Kuku Tidak Cepat Kotor)

  • Kuku yang patah dan berdarah, atau bagian jari kaki yang terluka dekat dengan kuku akan mengalirkan darah yang cukup banyak karena di sini terdapat banyak jaringan pembuluh darah. Segera hentikan pendarahan dengan mengangkat kaki lebih tinggi dari posisi tubuh dan membalut erat dengan perban. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah)
  • Apabila darah sudah berhenti mengalir, buka perbannya lalu bersihkan dengan air mengalir atau air mineral supaya luka terhindar dari kuman. Setelah bersih, keringkan menggunakan tisu atau handuk kering, baru diberi antiseptik atau obat merah. Perban lagi dan kurangi aktivitas yang melibatkan kaki terlalu banyak seperti joging, bermain bola atau menari. Gunakan alas kaki dengan ujung terbuka, jangan menggunakan sepatu sampai luka benar-benar mengering. Jika anda tidak menjaga kuku kaki yang terluka tersebut, maka lukanya bisa membusuk dan menimbulkan bau.
  • Jika kuku kaki yang terluka itu sampai terlepas, maka jaga kebersihannya dengan rutin mengobati dan mengganti perban steril. Jangan membiarkan kuku kaki yang terluka itu tanpa perban sampai jaringan kuku yang baru sudah tumbuh dan mengeras. Rutinlah merendam kaki di dalam air suam-suam kuku untuk mencegah bakteri dan kuman hidup di luka yang belum mengering. (Baca Juga: Cara Menghaluskan Kulit Kaki)

Aktivitas yang Baik untuk Merawat Kuku Kaki

Cara merawat kuku kaki yang baik tentu dengan mencegahnya terluka. Seperti halnya wajah dan juga bagian tubuh lainnya, kuku kaki juga butuh perhatian karena justru aktivitas di bagian telapak kaki itu membutuhkan daya yang lebih besar karena harus menopang tubuh kita. Banyaknya tekanan pada kaki juga bisa merusak kuku kaki jika tidak benar-benar diperhatikan.

  • Rutinlah memakai alas kaki yang nyaman dan juga terbuka. Jika anda harus bekerja dengan sepatu tertutup, carilah sepatu yang nyaman dan juga tidak sempit untuk jari-jari kaki. Untuk bentuk kaki yang cenderung lebar, bisa menggunakan sepatu wedges model platform sehingga jemari kaki tidak tersiksa. Hindari penggunaan sepatu dengan ujung terlalu meruncing dan hak terlalu tinggi jika membuat kuku kaki anda tidak nyaman. Kuku kaki akan terdesak dan dapat patah jika anda menggunakan alas kaki yang tidak pas. (Baca juga: Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah)
  • Banyaklah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Minum susu dan juga makan sayuran yang mengandung kalsium tinggi, akan berpengaruh tak hanya untuk kekuatan tulang tubuh tetapi juga daya tahan kuku kaki. Kuku kaki yang kuat, tentunya tidak akan mudah patah saat beraktivitas tinggi. (Baca Juga: Cara Merawat Kuku Panjang)
  • Biasakan untuk mengelap jari kaki sampai kering jika anda baru saja mencuci pakaian atau kehujanan di luar. Kulit kaki yang lembab bisa menimbulkan jamur hingga kutu air. Bakteri yang merusak kuku juga bisa menimbulkan nanah jika dibiarkan. (Baca Juga: Cara Merawat Kuku Jengkol)
  • Rutinlah merendam kaki menggunakan air hangat dan garam. Tak hanya membuat kaki rileks, cara ini ampuh untuk membunuh kuman penyebab kaki bau. Kuku juga akan lebih bersih. Selain itu rajinlah memotong kuku kaki agar tidak hitam karena kumpulan kotoran. (Baca Juga: Cara Merawat Kuku Dengan Bawang Putih)

Bahan Alami untuk Merawat Kuku Kaki

Cara merawat kuku kaki dengan bahan-bahan alami juga ampuh untuk mempercantik kuku kaki anda. Dengan pemilihan bahan yang tepat, lupakanlah pergi ke salon mahal untuk menicure dan pedicure. Anda bisa merawat kuku kaki di rumah. Cantik tidak perlu mahal, bukan?

  1. Jeruk nipis

Anda bisa merendam kuku kaki dengan campuran air hangat, jeruk nipis serta sedikit garam dapur sesuai kebutuhan. Rendam selama kurang lebih 15 menit tiap hari. Kandungan astringent di dalam jeruk nipis dapat memperbaiki struktur kuku kaki yang sudah terlanjur rusak atau patah. Selain itu warna kuku kaki yang mudah kusam dan menguning, bisa dikembalikan cerah lagi menggunakan jeruk nipis. (Baca juga: Cara Membuat Masker Jeruk Nipis , Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

  1. Alpukat

Alpukat sangat baik untuk nutrisi tubuh karena kandungan vitamin dan juga protein di dalamnya yang cukup banyak. Selain itu alpukatpun dapat dijadikan masker alami untuk wajah yang bisa membuat wajah bersih dan juga bersinar. Cara merawat kuku kaki dengan alpukat juga cukup mudah. Siapkan satu alpukat yang dagingnya dihaluskan bersama air mawar hingga bentuknya menyerupai pasta. Oleksan pada kuku kaki dengan sedikit dipijat lalu biarkan selama 15 sampai 25 menit. Bilas memakai air setelah waktu selesai. Manfaatnya adalah membuat kuku mengkilap, halus dan juga muncul rona pink alami di kuku. (Baca Juga: Cara Memanjangkan Kuku , Manfaat Alpukat Untuk Kulit)

  1. Susu

Merendam kaki di dalam susu akan membuat kulit di sekitar area kuku kaki akan lebh lembab. Kuku pun juga lebih mudah dibersihkan. Setelah merendam kaki sekitar 15 menit, bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapat manfaatnya. (Baca Juga: Cara Merawat Kuku Agar Tidak Rapuh , Cara Membuat Masker Susu)

  1. Minyak zaitun

Anda bisa merendam kaki di dalam air hangat yang sudah dicampur minyak zaitun. Selain bisa membersihkan kulit dan kuku kaki dari daki dan kotoran, minyak zaitun berfungsi untuk menyempurnakan tampilan kuku anda sehingga bisa terlihat lebih bersih serta mengkilap. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis , Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir)

Banyak sekali cara merawat kuku kaki yang bisa anda aplikasikan di rumah. Lakukan secara teratur dan juga perhatikan kuku kaki anda agar kecantikan anda bisa sempurna dari ujung rambut hingga ujung kaki