6 Cara Merawat Kuku Panjang Agar Cantik dan Sehat

Merawat kecantikan tubuh itu sangat penting, terutama bagi perempuan. Mengapa demikian?? karena merawat kecantikan sama halnya dengan merawat kesehatan tubuh kita. Tapi jangan salah ya, merawat kecantikan juga harus kita perhatikan caranya. Merawat kecantikan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, harus kita lakukan dengan teliti. Kita bisa melakukan perawatan rambut dengan berbagai macam perawatan, seperti perawatan alami misalnya. Merawat rambut dengan cara alami di nilai cukup aman, karena tentu tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bahkan bisa merugikan rambut kita. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut dengan bahan alami, kamu juga bisa mempelajari cara membuat bahan alami untuk merawat rambut. Seperti misalnya mencari tahu tentang bagaimana cara merawat rambut dengan lidah buaya. Atau jika rambut mu kering kamu juga harus mencari tahu tentang apa saja vitamin rambut kering.

Kuku merupakan bagian tubuh yang remeh, namun tetap penting lho. Tahu kah kamu jika kuku memiliki fungsi sebagai pelindung ujung jari yang sensitif, dan melindungi urat syaraf pada jari mu. Oleh sebab itu kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya, terutama pada kuku yang panjang.

Cara merawat kuku yang mudah dilakukan :

  1. Makanan Begizi

Jika kamu ingin kuku panjang mu tetap tumbuh sehat dan terawat, maka makanlah makanan yang bergizi. Dengan kamu mengonsumsi makanan bergizi, maka tubuh akan menyerab nutrisi yang masuk pada tubuh. Dengan terserapnya nutrisi di dalam tubuh, maka otomatis organ kita akan menerima asupan nutrisi yang cukup. Makanan yang baik untuk kuku sangat mudah kamu temukan lho, seperti misalnya makanan yang mengandung kalsium, protein, vitamin B, vitamin A, vitamin C, zync dan zat besi. Kamu bisa mendapatkan berbagai sumber gizi tersebut di pasar tradisional dan supermarket terdekat.

  1. Air Putih

Air putih mampu mengatasi berbagai gangguan yang ada dalam tubuh kita. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari, agar tubuh mu tidak mengalami dehidrasi. Karena jika tubuh mu mengalami dehidrasi, maka tubuh mu akan kekurangan cairan begitu juga dengan kuku yang akan mengering. Oleh sebab itu konsumsi lah air putih sebanyak mungkin, agar tubuh mu tetap segar dan tidak dehidrasi.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya ini memang sangat terkenal sekali khasiat nya, selain untuk merawat rambut. Lidah buaya dapat kita gunakan sebagai bahan alami perawatan kuku. Kandungan zat aktif pada lidah buaya, mampu untuk membuat kuku panjang mu lebih mengkilap dan sehat. Cara menggunakannya cukup mudah lho, gunakan lidah buaya yang segar. Lalu bukalah kulitnya dan ambil gel pada lidah buaya, oleskan pada kuku satu persatu secara merata. Jika sudah mengering, kamu bisa mencuci dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya Untuk KecantikanManfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Wajah

  1. Rapikan Kuku

Merawat kuku panjang itu boleh, tapi ingatlah jika kita tetap harus merawatnya agar kuku tetap terlihat rapid an sehat. Merapikan kuku adalah hal yang penting, tentu agar kuman atau telur cacing tidak masuk tubuh melewati kuku kita. Rapikan kuku mu seperti biasa selama seminggu sekali, jangan lupa untuk mengikir agar terlihat lebih rapi.

Baca Juga : Cara Agar Kuku Tidak Cepat Kotor

  1. Hand Spa

Hand spa ternyata perlu kita lakukan demi merawat kecantikan kuku tangan. Dengan melakukan hand spa secara rutin, ternyata dapat merawat kuku kita agar lebih terlihat indah dan sehat. Selain itu hand spa juga dapat membuat kuku panjang mu terlihat lebih mengkilap, dan pasti kamu akan menyukai hal ini. Lakukan hand spa dua minggu sekali, agar mendapatkan kuku yang indah dan sehat.

  1. Air Beras

Tahukah kamu jika air cucian beras yang biasanya kita buang begitu saja, ternyata tidak hanya bisa menghaluskan kulit saja. Air beras juga mampu membuat kuku mu lebih cepat panjang, indah dan sehat. Kamu bisa menggunakan air cucian beras sebagai bahan alami untuk merawat kuku mu. Cara menggunakannya sangat mudah lho, saat kamu mencuci beras ambilah air cucian pertama atau kedua saja. Lalu kamu bisa merendam tangan mu ke dalam air cucian beras tersebut selama 10-15 menit.  Lakukan perawatan ini secara rutin, yaitu empat kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga : Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan

Pentingnya Perawatan Kecantikan

Bagi perempuan yang belum menikah atau yang sudah menikah, merawat badan itu adalah hal yang wajib kamu lakukan. Kamu bisa mencari tahu bagaimana cara merawat kulit tubuh mu agar terlihat lebih cantik. Atau jika kamu memiliki selulit pada bagian paha, kamu juga bisa mencari tahu bagaimana cara menghilangkan selulit di paha. Dan bagi wanita yang sudah punya anak, biasanya memiliki beberapa strechmark pada bagian tubuhnya. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan beberapa produk krim penghilang strechmark pada tubuh mu. Selain itu kamu juga perlu menjaga keindahan bibir dengan menggunakan perawatan dari bahan alami. Tentu hal ini akan sangat mengasyikkan, selain itu merawat bibir dengan bahan alami di nilai cukup aman bagi kesehatan bibir mu. Kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk bibir, tentu bahan ini alami dan di nilai sangat aman untuk di gunakan secara rutin.

Selain itu, merawat wajah harus kita lakukan demi menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Tapi waspadalah terhadap produk perawatan wajah dan berhati-hatilah dengan bahan kosmetik yang berbahaya. Sebelum memilih kosmetik kenali dulu beberapa jenis-jenis kulit wajah,  agar kamu bisa menentukan manakah jenis kulit mu dan dapat memilih kosmetik yang tepat. Jangan lupa untuk merawat tubuh kita agar terlihat tetap indah dan sehat. Bagi kebanyakan perempuan yang sudah menikah, merawat tubuh sudah di anggap tidak penting lagi. Banyak dari mereka yang malah membuat statement, jika sudah menikah berarti mau untuk terima apa adanya. Jika kamu juga berpikir demikian, sebaiknya ubahlah cara pikir mu yang kuno itu.