7 Cara Agar Kuku Tidak Cepat Kotor

Baik kuku tangan maupun kuku kaki, keduanya memiliki fungsi yang amat penting bagi kita. Tanpa sadar, banyak aktivitas yang kita lalui melibatkan fungsi kuku di dalamnya mulai dari mengambil kartu sim hp hingga menggaruk kulit kita di saat gatal. Di samping itu, kita akan lebih percaya diri bila memiliki kuku yang bersih, indah dan terawat. Tidak heran jika banyak wanita rela menghabiskan waktu dan uangya hanya untuk memperoleh perawatan kuku di salon. Sebenarnya, yang terpenting dari perawatan kuku ialah merawat dan menjaganya agar tidak cepat kotor.

Berikut ini akan kami sajikan cara agar kuku tidak cepat kotor dengan perawatan sehari-hari :

  1. Ubah Kebiasaan yang Buruk

Setiap orang dapat menerapkan cara agar kuku tidak cepat kotor di manapun itu. Agar kuku tidak rentan kotor, jangan memaksanya untuk suatu pekerjaan yang berat. Untuk itu, hindari penggunaan kuku untuk melepas atau mencabut staples yang menempel pada kertas. Hindari pula mengerok-ngerok sesuatu yang keras dengan kuku. Jika anda ingin menggosok antau mengerok, gunakanlah uang logam sebagai alatnya karena pekerjaan ini dapat mengakibatkan kulit kuku iritasi atau terluka dan juga membuat kuku tangan anda kotor. Tentu ini akan mengurangi estetika kuku anda bukan? Maka dari itu perhatikan hal ini baik-baik ya. Jika kuku anda terlanjur rusak dan juga bau bacalah juga cara merawat kuku yang rusak dan bau.

     2. Perawatan Kuku yang Benar

Idealnya, kita dianjurkan untuk memotong kuku sebagaimana telah dianjurkan oleh guru-guru SD kita dan juga orang tua kita. Namun yang perlu diperhatikan yaitu apabila kuku tangan dan kuku kaki anda masih pendek, sebaiknya hindari untuk memotongnya lagi. Sangat dianjurkan untuk menunggu hingga satu minggu bahkan lebih untuk memotongnya kembali. Terlalu rajin memotong kuku dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan kuku anda kurang bagus, terutama bagi anak-anak. Namun jika anda ingin memanjangkan kuku, bacalah cara memanjangkan kuku dengan cepat.

Jika anda terbiasa dengan perangkat manicure dan pedicure dan memilikinya di rumah, simpanlah peralatan tersebut secara baik dan benar di tempat yang kering, tertutup dan tentunya bersih supaya kuman tidak dapat berkembang biak pada alat-alat anda tersebut. Gunakan pula gunting kuku yang khusus digunakan untuk kutikula jika hendak memotong kutikel di sekitar kuku anda. Sebaiknya anda tidak memotongnya jika belum ahli. Untuk perawatan kuku yang lebih alami anda dapat membaca cara merawat kuku dengan bawang putih.

     3. Jaga Kelembapan Kuku Kaki dan Tangan

Setelah mencuci segala sesuatu dengan tangan secara langsung, biasanya kulit maupun kuku kita akan kering. Ini diakibatkan oleh penggunaan deterjen atua sabun yang kita pakai selama proses pencucian tadi. Oleh karena itu, dianjurkan buat anda untuk mengoleskan krim yang khusus untuk kulit segera setelah melakukan aktivitas mencuci tersebut. Anda juga dapat menggunakan hand body sebagai alternatif krim yang dimaksud. Bila perlu anda dapat menggunakan sarung tangan ketika hendak mencuci segala sesuatu yang kotor supaya kuku tetap bersih dan tetap terjaga dengan maksimal.

Sebelum mengenakan sarung tangan sebaiknya anda mengoleskan lotion atau krim ke tangan serta kuku anda. Untuk segala jenis pekerjaan yang tergolong aktivitas bersih-bersih, dapat juga menancapkan kuku ke sebuah sabun batang sebelum mencuci. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah untuk dibersihkan dari kotoran atau kuman nantinya. Untuk menghindari agar kuku tidak kuning bacalah juga cara merawat kuku agar tidak kuning.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu gunakan pelembab sesudah menggunakan tangan maupun kaki dalam waktu yang lama di tempat yang panas. Begitupun halnya jika kuku tangan maupun kaki yang lama terkena paparan sinar matahari secara langsung, penggunaan lotion sangat penting. Jika anda terlalu lama berada di air, seperti berenang, sebaiknya gunakan pelembab agar kuku anda tidak mudah rusak. Apalagi kalau jenis kuku anda rapuh sehingga mudah sobek dan patah, sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab pada kuku.

     4. Pemakaian Cat Kuku yang Benar

Jika anda gemar menggunakan cat kuku atau dikenal dengan kuteks, berikan beberapa waktu untuk kuku anda bernafas. Caranya yaitu dengan meberikan kesempatan kuku-kuku anda untuk bebas dari hal-hal yang berbau cat kuku serta aksesorisnya. Ketika sedang membersihkan kuteks tersebut, hindari untuk mengerok kuku anda dengan mengguanakn benda tajam atau sejenisnya. Pakailah cairan khusus penghapus/ pembersih cat kuku supaya lebih amannya.

Agar hasil dari pengecatan kuku yang telah anda lakukan dapat bertahan lama, berilah pelembab sebelumnya. Ketika hendak mengoleskan kuas untuk mengecat kuku, dianjurkan bagi anda untuk mencelupkan kuas tersebut secukupnya saja supaya tidak luber serta hasil olesan yang dihasilkan lebih sempurna. Cara pengecatannya yaitu dengan mengusapkan kuas cat kuku secara horizontal, mulai dari kanan lalu ke kiri, scara vertikal dari bawah ke atas atau ujung kuku. Bilamana menjumpai cat berlebih pada kuku, sebaiknya jangan memakai tisu atau kapas, tetapi pakailah manicure stick dari kayu. Namun demikian, cat kuku juga berbahaya bagi kesehatan sehingga bacalah bahaya cat kuku bagi kesehatan.

      5. Memperbanyak Asupan Makanan yang Tinggi Akan Vitamin B5

Manfaat vitamin B5 bagi kuku sangat krusial. Jika kuku anda mudah patah atau mudah rapuh, sebaiknya perhatikan apa yang anda konsumsi sehari-hari. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mangandung banyak vitamin B5. Dengan perawatan rutin dari dalam, efeknya akan terasa pada kesehatan serta kebersihan kuku anda. Karena pada dasarnya kuku tersusun dari zat-zat yang terdapat pada makanan seperti protein, vitamin B5 dan lain-lain. Di samping itu, bacalah juga cara merawat kuku agar cantik dan bersih.

      6. Hindari Menggaruk Kepala

Yang sering kali kita lakukan ketika gatal ialah menggaruknya, bagian tubuh manapun itu. Jika yang gatal kulit kepala, karena ketombe atau jerawat misalnya, secara otomatis tangan kita akan menggaruknya dengan kuku dimana kuku merupakan salah satu senjata ampuh untuk meredakan gatal. Tetapi sebetulnya cara ini kurang tepat karena dapat mengakibatkan kuku kotor serta penuh ketombe. Setidaknya, hasil garukan anda akan meninggalkan butiran-butiran komedo yang terselip di sela-sela kuku. Inilah yang perlu dikhawatirkan karena kuku merupakan salah satu aset penting dalam penampilan anda. Belum lagi jika dikaitkan dengan kesehatan, tentu kebersihan kuku anda harus benar-benar terjaga. Agar kuku tidak rapuh, bacalah juga cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh dan rusak.

       7. Hindari Menggaruk Tubuh yang Terasa Gatal

Seperti halnya kulit kepala, kulit tangan, kaki, perut, dan lainnya yang gatal dapat memancing terjadinya aktvitias menggaruk. Jika aktivitas menggaruk tersebut dengan menggunakan alat yang memang berfungsi untuk itu, hal itu bukanlah masalah. Lain halnya jika memanfaatkan kuku untuk menggaruk, tentu perlu dihindari. Karena kulit manusia rentan kotor karena aktivitas-aktivitas tertentu yang dilakukan dimana kotoran minyak dan daki yang menempel pada kulit akan berpindah dan terselip pada kuku anda. Akan tetapi, anda dapat mengatasinya dengan cara rajin merawat kebersihan diri, misalnya rajin mandi dengan sabun, rajin keramas dan bilas hingga benar-benar bersih. Bersihkan juga wajah dengan sabun muka agar bersih tak berminyak. Jika kuku anda kuku jengkol, bacalah juga cara merawat kuku jengkol agar cepat panjang.