15 Manfaat Air Beras Untuk Kulit dan Wajah

Selama ini beras kita kenal sebagai makanan pokok orang Indonesia. Beras yang diolah atau dimasak akan menjadi nasi yang kita makan sehari-hari. Saat memasak beras, sebelumnya beras harus dicuci dahulu agar bersih. Biasanya air cucian beras yang pertama warnanya keruh. Warna yang keruh inilah yang menunjukkan adanya nutrisi-nutrisi yang terkandung di bagian kulit ari beras.  Nutrisi-nutrisi yang ada di dalam air beras ini adalah mengandung banyak mineral dan zat yang bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh, seperti vitamin, asam amino, antioksidan, serta zat oryzanol yang bisa membentuk pigmen melanin baru dan menetralisir pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Tetapi selama ini banyak orang yang memanfaatkan air cucian beras ini hanya untuk menyiram tanaman. Hal ini memang baik bagi tanaman karena beras mengandung fosfor yang dapat memacu pertumbuhan akar. Selain itu juga mengandung zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) pada tanaman.

Walaupun air beras biasa dipakai untuk menyiram tanaman, tapi air beras juga biasa dipakai untuk produk-produk kecantikan, seperti lipstick, body lotion, kosmetik tabir surya, bedak wajah, kondisioner rambut, dan produk kecantikan lainnya. Sebab juga dipercaya bisa menghaluskan kulit, memutihkan kulit, hingga menguatkan rambut. Tapi kalau Anda mau memanfaatkan air beras saat Anda mau memasak nasi, air beras ini bisa Anda gunakan untuk kesehatan kulit Anda.

Berikut manfaat air beras untuk kulit dan perawatan wajah :

  1. Sebagai lulur badan

Agar kulit Anda menjadi halus dan kencang, gunakan air beras yang dicampur dengan pasta almond. Balurkan campuran air beras dan pasta almond ini ke seluruh tubuh secara merata. Diamkan beberapa saat,lalu bilas dengan air hangat.

  1. Sebagai masker wajah

Kandungan inositol di dalam air beras bermanfaat untuk membantu pembentukan sel dan juga untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Cara memanfaatkan air beras untuk masker wajah adalah dengan menggunakan paper napkin yang dipotong membentuk masker wajah.  Masukkan paper masker tadi ke dalam wadah yang berisi air beras selama 10 menit. Setelah itu peras paper masker tadi dan tempelkan di wajah, dan diamkan selama 10 menit. Anda akan merasakan kesegaran dan kelembutan setelah menggunakan air beras sebagai masker. Selain itu air beras bisa dicampur juga dengan madu. Dengan menggunakan masker air beras dengan madu ini dapat membersihkan wajah serta menghaluskan kulit wajah Anda. (Baca juga : manfaat eksfoliasi wajah)

  1. Sebagai toner kulit

Air beras bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah atau toner. Caranya dengan merendam kapas di air beras, kemudian lap kulit wajah dengan kapas basah tersebut. Bila dilakukan secara teratur akan membuat kulit wajah menjadi lembut dan halus. (Baca juga : manfaat air garam untuk wajah)

Sponsors Link

  1. Sebagai air cuci muka

Saat Anda mencuci beras, simpan airnya di dalam botol. Gunakan air beras itu setiap kali Anda ingin mencuci muka Anda. Dengan mencuci muka dengan air beras secara teratur, akan membuat wajah Anda menjadi bercahaya dan putih. (Baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap hari)

  1. Untuk memudarkan noda hitam dan bekas jerawat

Noda hitam dan bekas jerawat yang ada di kulit seringkali sulit dibersihkan. Dengan menggunakan air beras yang ditambah dengan air kunyit, noda hitam yang ada di kulit bisa memudar secara perlahan asal dilakukan secara rutin. (Baca juga : masker untuk kulit kering dan flek hitammanfaat timun untuk wajah)

  1. Untuk menghilangkan jerawat

Dengan mencuci muka menggunakan air beras secara teratur dapat membuat wajah jadi bersih dan terbebas dari jerawat. (Baca juga : manfaat menthol untuk wajah)

  1. Untuk mengatasi komedo

Untuk membersihkan komedo gunakan air beras yang suam-suam kuku. Sehingga air beras yang telah dipisahkan dari beras, taruh  di wadah dan panaskan sebentar. Kemudian bilas wajah dengan air beras suam-suam kuku itu, lalu biarkan hingga kering. Kemudian gosokkan komedo dari hidung Anda dengan menggunakan kain atau handuk lembut. (Baca juga : cara menghilangkan komedo secara alami)

  1. Untuk mengencangkan kulit

Dengan rutin menggunakan air beras untuk mencuci muka, dapat mengencangkan kulit yang mulai mengendur akibat penurunan berat badan atau diet.

  1. Untuk mengurangi keriput di wajah

Munculnya keriput di bawah mata menjadi tanda munculnya penuaan dini. Air beras yang mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Tapi untuk mengatasi hal ini gunakan air yang berasal dari nasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Baca juga : cara mencegah penuaan dini)

  1. Untuk melembutkan kulit

Mandi menggunakan air beras tentunya masih asing buat kita. Tapi tidak ada salahnya Anda coba, karena air beras bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kusam. Kandungan vitamin, protein, glutein, hemiselulosa, selulosa, dan gula yang terdapat di air beras dapat melembutkan kulit. (Baca juga : manfaat kentang untuk kulit wajah)

ads
  1. Dapat mengontrol kelebihan minyak di kulit

Air beras yang digunakan untuk mencuci muka setiap pagi secara teratur dapat mengontrol kulit wajah yang cenderung berminyak menjadi normal. Karena kulit berminyak menyebabkan wajah rentan terhadap munculnya jerawat. (Baca juga : manfaat kiwi bagi kulit)

  1. Dapat memutihkan kulit tubuh

Untuk merawat kecantikan kulit tubuh, kita mungkin lebih mengenal mandi susu dan minyak zaitun. Tapi ternyata khasiat air beras juga dapat memutihkan kulit, sehingga tidak kalah dengan susu dan minyak zaitun. Bahkan penggunaan air beras tentu lebih mudah dan murah karena selalu ada di rumah setiap hari. Caranya, saring air cucian beras yang telah dipisahkan dari beras hingga dua kali sampai benar-benar bersih. Simpan air beras tersebut ke dalam botol dan diamkan selama semalaman supaya mengendap.

Setelah itu pisahkan air dan endapan air beras ke dalam wadah yang berbeda. Endapan hasil air beras itu dapat Anda gunakan untuk lulur di tubuh Anda. Setelah itu bilas dengan air beras.  Lakukan kegiatan lulur ini secara rutin 2-3 kali seminggu hingga Anda mendapatkan kulit tubuh yang lebih putih dan cerah. (Baca juga : cara memutihkan wajah secara alamitips agar kulit menjadi putih secara alami)

  1. Sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam air beras, dapat melindungi kulit dari dampak buruk polusi maupun cahaya matahari. Sehingga mencuci muka dengan air beras ataupun mandi dengan  air beras, dapat melindungi tubuh melawan zat berbahaya juga.

  1. Dapat mencerahkan bibir yang gelap

Bila Anda mempunyai masalah dengan bibir yang gelap, Anda bisa mencoba mengatasinya menggunakan air beras. Air beras yang dioleskan di bibir secara teratur dapat membantu mencerahkan warna bibir. (Baca juga : cara alami memerahkan bibir)

  1. Dapat mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar sebagai akibat kulit wajah yang cenderung berminyak, sehingga kecenderungan timbulnya jerawat lebih banyak. Untuk itu atasi hal ini dengan menggunakan air beras. Caranya, ambil kapas yang dibentuk seperti bola-bola lalu celupkan ke dalam air beras. Usapkan bola-bola kapas itu ke kulit wajah dan di gosokkan secara perlahan. Apabila dilakukan secara rutin pori-pori wajah lama-kelamaan akan mengecil dan Anda juga mendapatkan sensasi kesegaran di kulit wajah. (Baca juga : manfaat tomat untuk kulit)

Bila Anda ingin menggunakan air beras untuk kecantikan kulit dan wajah, ada baiknya beras yang digunakan adalah beras organik. Karena beras biasa yang banyak beredar di pasaran banyak yang menggunakan zat kimia seperti pemutih, pengawet ataupun pewangi. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga menghindari efek samping terhadap kulit dan wajah Anda, ada baiknya Anda menggunakan beras organik. Sehingga tidak saja aman untuk kulit dan wajah Anda, tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 07:56 Oleh :
Kategori : Kulit