17 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Hidung Super Cepat Alami dan Medis

Ketika menggunakan cermin, terkadang kulit wajah akan tampak mulus tanpa noda. Namun jika diperhatikan lebih dekat, lama kelamaan akan tampak bintik – bintik hitam di wajah, biasanya yang tampak paling jelas adalah di area hidung. Bintik – bintik atau flek hitam ini tidak hilang dengan cara mencuci muka biasa. Walaupun kecil, keberadaannya akan sangat mengganggu, terutama untuk penampilan kita sehari – hari. Make up yang kita pakai akan tampak bercela jika diganggu oleh noda hitam di hidung, misalnya pemakaian bedak tidak bisa menutupi noda tersebut kecuali jika dipakai agak tebal. Riasan yang tebal tentunya membuat penampilan kita tidak bisa memberi kesan alami. Padahal, penampilan yang alami justru lebih disukai pada masa sekarang ini.

Penyebab dan Macam Flek di Hidung

Flek atau bintik hitam yang kita lihat di hidung ini diantaranya bisa berupa dua macam yaitu:

  • Komedo

Penyebabnya adalah kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk sehingga mengakibatkan kelenjar minyak di wajah berproduksi berlebihan sehingga menyumbat pori – pori kulit dan menghasilkan komedo yang kita lihat sebagai bintik hitam di hidung. komedo ini biasanya terletak di ujung hidung.

  • Flek Hitam

Adapun penyebab flek hitam yang berhubungan dengan produksi pigmen di kulit adalah karena sering terpapar sinar matahari yang lama kelamaan akan menyebabkan warna kulit menggelap atau tidak rata. Penyebab lainnya yaitu karena proses penuaan dini. Produksi kolagen yang berkurang, akan membuat kulit rentan mengalami flek hitam. Pada daerah – daerah yang mengalami kelebihan pigmen, warna kulit akan tampak berbintik kehitaman. Flek hitam biasanya tampak di daerah hidung bagian atas atau pangkal hidung dan menyebar ke bagian kiri dan kanan hidung menuju bawah mata.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Hidung

Untuk mengatasi kedua macam penyebab flek hitam di hidung ini, ada banyak cara yang bisa ditempuh, baik cara alami sebagai masker wajah maupun yang menggunakan perawatan model terbaru di klinik kecantikan. Beberapa caranya adalah seperti berikut:

1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan telah diketahui ada beberapa macam yaitu seperti manfaat lidah buaya untuk kulit, manfaat aloe vera untuk rambut, dan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang juga berguna untuk cara menghilangkan flek hitam di hidung. Caranya cukup dengan menggosokkan lendir atau gel lidah buaya ke bagian hidung, biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Cara ini dapat dilakukan setiap hari sampai flek di hidung menghilang. Gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker wajah secara keseluruhan yang bisa dilakukan setiap 2-3 kali seminggu.

2. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai cara menghilangkan ketombe dengan sangat efektif. Namun selain itu jeruk nipis juga mempunyai manfaat yang bisa membantu menghilangkan flek hitam. Kandungannya yang kaya vitamin C sangat berperan dalam proses regenerasi kulit. Cukup gosokkan irisan jeruk nipis ke bagian hidung yang terdapat flek tersebut, biarkan beberapa saat lalu dibilas sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin dan lihatlah hasilnya.

Sponsors Link

3. Putih Telur

Putih telur dipercaya menjadi salah satu tips membuat kulit putih serta cara mengatasi rambut rontok. Pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu campur dengan tepung jagung dan minyak zaitun. Campur hingga rata lalu balurkan ke area hidung, kemudian bilas setelah didiamkan beberapa saat. Karena yang dibutuhkan hanya campuran untuk hidung, maka takaran yang diperlukan juga tidak terlalu banyak, sesuai perkiraan yang mencukupi saja. Selain putih telur, manfaat masker kuning telur juga baik untuk kulit wajah.

4. Beras dan Bubuk Kayu Manis

Tidak hanya butiran berasnya, air beras juga mempunyai manfaat baik untuk kecantikan. Di antaranya ada manfaat air beras untuk rambut, serta manfaat air beras untuk kulit. Manfaat bubuk kayu manis untuk wajah juga telah sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Tumbuk beras dan bubuk kayu manis secukupnya hingga halus, lalu sangrai sampai warnanya kekuningan. Setelah dingin, oleskan campuran yang sudah jadi ke area hidung. Perlu diingat juga jika yang ingin diberi perawatan hanya area hidung saja, maka jumlah campuran dapat disesuaikan juga.

5. Daun Nangka

Ambil beberapa lembar daun nangka yang sudah cukup tua, lalu haluskan sambil ditambahkan sedikit air. Oleskan langsung di bagian yang terkena flek. Jika sudah didiamkan beberapa saat, maka campuran bisa dibilas sampai bersih. Manfaat dedaunan lainnya untuk wajah yaitu ada manfaat daun pegagan untuk kulit, manfaat daun mint untuk wajah, dan juga ada manfaat daun waru untuk rambut.

6. Lemon

Selain manfaat lemon untuk rambut, ada juga manfaat jeruk lemon untuk wajah. Untuk menghilangkan flek di hidung, cukup dengan memeras sebutir lemon segar lalu celupkan kapas ke dalamnya. Pakai cairan lemon tersebut di hidung. Bisa diulangi satu atau dua kali sehari, atau ditambahkan madu jika ingin memakainya sebagai masker wajah. Bagi anak dan bayi, manfaat madu untuk rambut bayi juga sangat baik.

7. Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak vitamin C dan E yang sangat baik untuk peremajaan kulit. Manfaat masker pepaya bagi kulit wajah dan tubuh salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan komedo secara alami atau bintik hitam di kulit. Ambil sedikit saja buah pepaya, hancurkan sampai halus lalu pakaikan di area hidung yang terdapat flek hitam, kemudian bersihkan jika telah didiamkan beberapa saat.

8. Eksfoliasi

Flek di hidung bisa dihilangkan melalui manfaat eksfoliasi untuk wajah. Eksfoliasi atau scrub wajah adalah cara untuk mengelupas sel kulit mati, kotoran dan minyak yang menyumbat pori – pori kulit wajah yang akan menjadi penyebab timbulnya flek hitam, komedo atau jerawat.

9. Minyak Argan

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari biji pohon argan yang hanya tumbuh di negara Maroko. Salah satu kandungan minyak ini adalah vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Sekarang mulai banyak yang menjual minyak ini jadi seharusnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Cukup oleskan sedikit ke bagian hidung yang terkena komedo atau flek. Ada minyak herbal lainnya yang juga mempunyai kegunaan untuk kecantikan, misalnya manfaat minyak kelapa untuk perawatan alis yang bisa membuatnya makin tebal.

10. Cuci Muka

ads
Salah satu penyebab munculnya bintik – bintik di hidung adalah kebersihan wajah yang kurang terjaga. Maka dari itu ada baiknya membersihkan wajah secara rutin untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di wajah kita. Pastikan juga memilih pembersih wajah yang sesuai agar pemakaian kosmetik yang salah tidak menjadi penyebab alergi kulit wajah. Misalnya produk dari Olay yang mempunyai khasiat olay total effect night cream yang juga dapat menghilangkan flek dengan pemakaian teratur.

11. Pore Cleanser Strips

Sebagian besar wanita  tentu tahu alat kecantikan yang satu ini. Bentuknya seperti plester yang direkatkan di hidung untuk mencabut komedo. Cara penggunaannya sangat praktis, tinggal membasahi salah satu sisi plester lalu direkatkan ke hidung dan dicabut setelah plester mengering.

12. Uap Air Panas

Menguapi wajah dengan air panas dapat membuka pori – pori wajah sehingga segala kotoran yang tertumpuk bisa dikeluarkan. Taruh air panas di baskom, lalu dekatkan wajah Anda ke atasnya. Tutupi kepala dengan handuk agar uap air tidak menyebar.

13. Facial

Perawatan wajah yang satu ini umumnya dilakukan di salon dengan bantuan ahli kecantikan. Jika anda belum menguasai benar teknik facial wajah sendiri, sebaiknya memang memercayakan pada ahlinya dan pilihlah yang paling kompeten untuk menghindari bahaya facial di salon sembarangan. Selain facial, manfaat aqua skin whitening juga dapat membantu mengatasi masalah flek di hidung dan wajah.

14. Mikrodermabrasi

Salah satu bentuk perawatan modern untuk menghilangkan jerawat adalah mikrodermabrasi. Karena fungsinya yang bertujuan menghilangkan jerawat, mikrodermabrasi juga dapat membersihkan komedo di wajah. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai prosedurnya, Anda bisa mencari klinik kecantikan yang mempunyai ahli atau dokter kulit yang terpercaya.

15. Chemical Peeling

Prosedur chemical peeling yang paling akurat adalah di tangan ahli kecantikan atau dokter ahli kulit. Ini adalah perawatan yang bertujuan untuk mengikis lapisan kulit mati di kulit wajah menggunakan bahan kimia yang telah diramu dengan tepat. Tujuannya agar kulit wajah menjadi halus dan bebas noda.

16. Makanan dan Minuman Sehat

Istilah you are what you eat terkadang benar adanya. Jika kita tidak memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh kita dengan benar, tentu juga akan beresiko menimbulkan berbagai masalah. Tidak hanya bagi kulit namun juga bagi kesehatan tubuh. Untuk mengurangi komedo tentunya dimulai dengan mengurangi makan makanan yang berminyak, sehingga tidak memancing kelenjar minyak di kulit untuk berproduksi berlebihan. Juga biasakan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk menjaga kekenyalan kulit.

17. Hindari Polusi dan Sinar Matahari

Menghindari sepenuhnya tentu saja sulit, mengingat kita mempunyai banyak aktivitas yang mengharuskan kita keluar rumah. Yang bisa dilakukan adalah memakai krim tabir surya setiap akan keluar rumah, dan hindari tempat yang mengandung banyak polusi seperti asap rokok dan kendaraan jika bisa, karena ketiga faktor tersebut juga merupakan penyebab kulit keriput di usia muda.

Dari semua macam cara perawatan alami dan modern yang telah dibahas di atas, terserah kepada Anda untuk memilih perawatan manakah yang paling cocok. Sebelumnya usahakan kenali dulu jenis kulit Anda agar mendapatkan manfaat yang paling maksimal dari perawatan tersebut. Walaupun cara alami lebih aman dan murah biayanya, namun selalu ada kemungkinan bahwa cara alami belum membuahkan hasil. Jika demikian, bisa juga Anda mencoba berkonsultasi dengan ahli kulit atau kecantikan yang kompeten untuk langkah selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 19th, July 2016 / 04:58 Oleh :
Kategori : Wajah