4 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit

Madu adalah bahan alami yang sangat kaya dengan manfaat. Madu bisa dikonsumsi sebagai makanan yang sehat juga sebagai obat dan perawatan kulit. Sejak zaman dahulu dimana belum ada ditemukan berbagai jenis produk kecantikan, orang telah menggunakan madu untuk segala hal. (baca juga : manfaat madu untuk wajahmanfaat madu untuk bibir)

Madu sangat bagus untuk perawatan kulit. Madu sangat kaya akan vitamin, mineral, anti oksidan yang tinggi dan potassium. Madu bisa digunakan sebagai pelembab, masker wajah, perawatan kulit bahkan perawatan rambut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang khasiat madu untuk perawatan kulit. (Baca juga: cara mengatasi kulit kusam)

Kulit adalah indra yang sangat sensitif. Kulit sebagai bagian terluar dari tubuh berfungsi sebagai indra peraba. Banyak hal yang bisa mengganggu kesehatan kulit, seperti: paparan debu, alergi makanan, penggunaan obat-obatan yang tidak sesuai, serta kebersihan yang tidak dijaga dengan baik. Semua faktor tersebut bisa mengakibatkan berkembangnya bakteri dan jamur pada kulit. Kulit yang tidak sehat atau sakit akan terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu  aktifitas. (baca juga : Cara Merawat Kulit Tubuh)

Kulit Tubuh Manusia

Kulit adalah organ tubuh yang terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut memiliki fungsi tersendiri. Fungsi kulit adalah sebagai alat peraba, saluran pembuangan zat berbahaya dalam tubuh melalui keringat, mengatur suhu tubuh manusia, dan sebagai penyimpan lemak tubuh. keringat yang keluar melalui pori-pori kulit berguna untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal. (Baca juga: cara menghilangkan belang di kaki , cara mengencangkan kulit wajah)

kulit memiliki peranan penting terhadap hidup dan tubuh manusia. Oleh sebab itu sangat perlu untuk menjaga kesehatannya. Untuk merawat kulit sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Tergantung dari kedisiplinan masing-masing individu. Makanan yang sehat bisa membuat kulit jadi sehat. Asupan gizi dan vitamin yang cukup, mengkosumsi beragam buah dan sayuran  serta minum air putih minimal 8 gelas sehari adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit. (artikel terkait : makanan untuk kulit berminyak dan tips mencegah penuaan dini pada kulit)

Manfaat Madu Untuk  Kulit

Berbagai cara dapat dilakukan untuk merawat kulit anda. Cara tersebut bisa berupa perawatan khusus menggunakan produk kecantikan maupun dengan bahan–bahan alami yang ada di sekitar kita. Cara merawat kulit yang sederhana dan dapat dilakukan dirumah kapan saja adalah :

  • Menjaga pola makan
  • Minum air putih yang banyak sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  • Menjaga kebersihan badan
  • Menggunakan perawatan luar seperti lulur dan masker

(Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini , Penyebab Kulit Hitam)

Pada masa dahulu orang telah banyak menggunakan extrak buah dan tumbuhan yang kaya nutrisi dan vitamin untuk menjaga kulit mereka. Selain itu manfaat telur untuk wajah juga tidak kalah bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Seiring berkembangnya zaman, perawatan menggunakan extrak buah sudah banyak dikemas dalam kemasan. cara seperti ini dinilai lebih gampang untuk digunakan.

Salah satu bahan alami yang paling dikenal memiliki seribu manfaat terutama untuk kulit adalah madu. Berikut manfaat dan khasiat madu untuk kulit :

1. Menjaga kekenyalan kulit

Kandungan mineral dan vitamin dalam madu mampu menjaga kelembapan kulit. Madu bisa digunakan dengan cara dikonsumsi langsung maupun dengan cara dijadikan masker kulit anda. (Baca Juga: Masker untuk Mengencangkan Kulit , Manfaat Madu Untuk Perawatan Rambut)

Sponsors Link

2. Menghaluskan kulit

Selain melembabkan, madu ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghaluskan bagian kulit yang kasar, seperti: bagian siku dan tumit. (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Masker Wajah)

3. Sebagai obat jerawat

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan jerawat, anda bisa menggunakan madu untuk mengobati dan menghilangkan bekas jerawat pada wajah anda. Dengan cara:  mencampurkan sesendok  madu dan bubuk kayu manis, lalu aplikasikan pada bagian yang berjerawat, setelah itu diamkan satu malam lalu cuci dengan air bersih.

Baca Juga:

4. Untuk mengangkat sel kulit mati

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan madu. Salah satunya mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bersih dan tidak kusam. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit agar Putih , Obat Pemutih Selangkangan)

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari madu, alangkah baiknya anda juga menggunakan madu sebagai makanan tambahan anda sehari-hari. anda bisa mengkonsumsi langsung atau memakannya bersama makanan lain, seperti: roti, buah, salad. Madu juga nikmat dijadikan pemanis untuk teh dan jus.

baca juga :

Tanda Tanda Kulit Sehat dan Tidak Sehat

Kulit yang sehat cerminan dari hidup sehat dan kebersihan yang terjaga.hal demikian menjadi  kunci dari kesehatan kulit itu sendiri. tanda-tanda kulit sehat adalah :

  • Cerah dan bersinar

 Salah satu ciri dari kulit yang  sehat adalah tampak cerah dan bersinar. Cerah bukan berarti putih. Cerah disini maksudnya bersih, tidak kusam akibat kulit mati yang tidak dibersihkan dan pengaruh sinar matahari. (Baca Juga: Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam , Cara Menghaluskan Kulit Wajah)

  • Kenyal dan kencang

Kulit yang sehat terlihat kenyal dan kencang. kulit sehat tidak terlalu berminyak, dan juga tidak kering. kulit kenyal akan terasa lembab.

Sponsors Link

  • Warna kulit

Ciri dari kulit yang sehat juga tampak dari warna kulit yang alami. Orang yang memakai cream pemutih, maka warna kulitnya akan tampak lebih putih namun itu bisa jadi tidak sehat buat kulitnya. kulit yang berubah warna akibat penggunaan produk kecantikan bukanlah salah satu ciri kulit sehat, karena bukan warna asli dari kulit tersebut. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif  , Penyebab Alergi Kulit Wajah)

Sedangkan tanda kulit yang tidak sehat adalah kebalikan dari tanda diatas yakni:

  • Kulit kering

Akibat dari kurangnya vitamin dan air serta kebiasaan mengkosumsi makanan berlemak membuat kulit kering dan bahkan bersisik. ini merupakan tanda kulit tidak sehat. (baca juga  13 Cara Merawat Kulit Kering dan Bersisik Secara Rutin)

  • Kulit keriput

Di atas dijelaskan kalau ciri kulit sehat adalah kenyal. Jika kulit tampak keriput, ini berarti kulit anda tidak sehat. Perbanyaklah mengkosumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kulit.

  • Warna kulit tidak seperti aslinya

Warna kulit anda mungkin saja tampak lebih putih atau lebih hitam. hal ini bisa efek dari cream pemutih yang anda gunakan atau terkena sinar matahari yang lama, sehingga membakar kulit dan menjadikan kulit tampak gelap. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah , Cara Merawat Kulit agar Tidak Kusam)

Demikianlah beberapa manfaat madu untuk kulit. Anda bisa mencoba dan praktekan sendiri. semoga mengkosumsi madu secara teratur bisa membuat anda lebih cantik dan juga sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 18th, December 2016 / 10:30 Oleh :
Kategori : Kulit