Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Komedo Putih di Pipi Secara Cepat

Sponsors Link

Komedo putih biasa juga dikenal dengan jerawat putih, jerawat beku, atau whitehead memang sangat mengganggu penampilan wajah. Whitehead dapat terbentuk dari minyak yang berlebihan yang bertemu dengan bakteri serta sel kulit yang sudah mati. Biasanya komedo putih ini sering ditemukan pada wajah dengan kadar minyak yang tinggi. Nah, bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak wajib menjaga kelembabannya ya!, karena whitehead bisa saja hinggap pada wajah anda. (baca juga: Eyeshadow Palette Yang Bagus, Lem Bulu Mata Yang Bagus)

ads

Komedo putih ini terlihat seperti jerawat yang tertutup dengan titik putih di bagian tengahnya. Komedo jenis ini memang sedikit sulit untuk dihilangkan dalam waktu singkat karena sudah membeku. Namun, ada baiknya mencoba beberapa cara tradisional untuk mengeluarkan komedo sendiri di rumah dengan beragam bahan alami yang dapat dimanfaatkan. Selain menghemat pengeluaran ke salon, merawat wajah di rumah juga bisa menjadi pengalaman yang asik lho! Mau mencoba?

Artikel Terkait: Merek Bulu Mata Palsu Yang Bagus, Manfaat Air Cleo Untuk Wajah

Komedo adalah hasil dari pengendapan kotoran yang bercampur dengan minyak pada wajah. Minyak yang diproduksi pada wajah bisa jadi berlebihan jumlahnya karena beberapa faktor seperti pola makan atau pola hidup yang tidak sehat. Hal demikian dapat menyebabkan kadar pH wajah tidak seimbang sehingga berpengaruh terhadap pembentukan sel kulit baru yang akhirnya menjadikan sel mati mengendap bercampur dengan minyak dan kotoran. Berikut ini adalah beberapa cara tradisional dari bahan-bahan alami maupun kimia yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi komedo tersebut.

1. Asam Salisilat

Sudah tersedia di pasaran mengenai krim atau salep yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat berfungsi membunuh bakteri dan menghilangkan alergi pada kulit wajah. Dengan membunuh bakteri yang terdapat di permukaan kulit maka komedo dapat dengan mudah dikeluarkan. Anda bisa melakukan pemberantasan komedo dengan kapas yang steril atau dengan alat yang sudah dijual bebas untuk memencet komedo. Kandungan asam salisilat dapat menghambat pengendapan bakteri pada sel kulit sehingga memudahkan komedo untuk dikeluarkan.

2. Krim Retinoid

Retinoid adalah jenis bahan kimia yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kerutan, perubahan pigmen, jerawat hingga bekas luka. Retinoid adalah krim  yang terbuat dari turunan vitamin A yang mempu membersihkan pori-pori dengan cara mempercepat perbaikan sel kulit mati. Sedikit catatan bahwa penggunaan krim retinoid membutuhkan pengawasan dari dokter karena dapat menimbulkan iritasi jika tidak sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit anda saat diobati. (baca: Cara Membuat Masker Baking Soda, Manfaat Celak Mata)

3. Baby Oil

Baby oil diyakini mampu membersihkan komedo putih yang beku secara permanen. Kandungan vitamin E serta pH seimbang dalam minyak bayi ini dipercaya akan menjadikan kulit wajah anda lembut dan bebas dari komedo membandel yang dapat menimbulkan bekas. Anda dapat mengaplikasikan baby oil untuk menghilangkan komedo dengan dipadukan bersama bahan alami lainnya seprti minyak zaitun, scrub, yoghurt dan sebagainya. Kandungan baby oil yang kaya akan vitamin E akan menjadikan kulit wajah anda mulus dan terhindar dari penumpukan kotoran penyebab komedo dengan penggunaan yang rutin.

Artikel Terkait: Obat Penumbuh Rambut Alami, Jenis-Jenis Kulit Wajah

Sponsors Link

4. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dapat diperoleh dipasaran dalam bentuk krim. Mekanisme kerja krim dengan kandungan benzoil peroksida adalah menghancurkan bakteri di epidermis kulit wajah dan membuang sel kulit mati yang masih mengendap. Penggunaan krim benzoil peroksida harus dilakukan dengan pengawasan dan resep dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diharapkan seperti iritai, serta bercak pigmen yang tidak merata. Perlu diketahui bahwa benzoil peroksida dapat melunturkan warna sehingga sangat berbahaya jika tidak dalam pengawasan dan dosis yang tepat. Beberapa kendala yang dapat dirasakan saat menggunakan krim dengan kandungan benzoil peroksida adalah timbuknya rasa gatal, panas, dan kulit menjadi kering. Menghilangkan komedo dengan krim ini akan menimbulkan efek tersebut selama pemakaian dan akan berkurang jika pengobatan sudah dihentikan.

5. Lidah Buaya

Mengoleskan gel lidah buaya segar ternyata bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Cara ini dapat anda lakukan selama dua kali dalam seminggu disertai perawatan berkala menggunakan coconut oil. Antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu merangsang pembentukan sel kulit baru dan menghambat terjadinya pengendapan serta pertumbuhan bakteri di area sekitar hidung atau tempat tumbuhnya komedo.

Artikel Lainnya:

6. Masker Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk bermanfaat untuk membantu dalam proses peremajaan sel kulit mati. Menghilangkan komedo dengan masker jeruk dapat dilakukan hanya pada kondisi tertentu yaitu pada wajah yang tidak terlalu berminyak serta digunakan kapas lembut untuk menekan komedo agar tidak terjadi iritasi kulit. Pemakaian jeruk secara teratur sebagai bahan pembersih wajah akan membuat wajah bersih dan terbebas dari kotoran yang membandel sebagai penyebab jerawat serta komedo.

7. Susu

Susu dapat menjadi bahan alami penghilang komedo dengan langkah yang mudah. Camuran susu dengan garam dan lemon dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang berkomedo.

Baca Juga: Merk Eyeshadow untuk Pemula, Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Bahan dan cara pembuatan:

  • Sediakan 2 sdm susu bubuk
  • Perasan lemon dan 1 sdt garam
  • Campurkan bahan tersebut hingga membentuk scrub
  • Oleskan pada wajah yang dihinggapi komedo serta pijat dengan gerakan memutar
  • Bilas dengan air hingga bersih
Sponsors Link

8. Kentang

Kentang yang dibuat masker wajah sangat bermanfaat untuk kulit. Kandungan vitamin dan ekstrak alaminya mampu menjadikan kulit wajah anda bebas komedo serta terlihat lebih kencang dan cerah. Caranya hanya dengan mengaplikasikan masker kentang yang sudah diparut pada wajah selama satu jam untuk kemudian dibilas dengan air hingga bersih. Penggunaan masker kentang dengan rutin akan menjadikan kulit wajah anda lebih sehat dan bebas komedo.

Artikel Lainnya: Cara Menumbuhkan Kumis Dengan Kemiri, Kondisioner Non Alkohol

9. Tomat

Vitamin dan mineral serta antioksidan yang ada pada tomat sangat efektif untuk menghilangkan komedo serta jerawat yang membandel. Mengoleskan tomat pada area wajah yang berkomedo sangat efektif untuk membunuh bakteri serta melancarkan sirkulasi oksigen pada wajah anda. Tomat juga baik untuk proses regenerasi sel kulit mati sehingga dengan penggunaan secara teratur akan menjadikan wajah anda tampak lebih cerah dan bersih dari kuman maupun noda bekas komedo.

Komedo yang membuat anda merasa kurang percaya diri adalah akibat dari beberapa kebiasaan yang salah seperti merokok, mengonsumsi makanan berlemak, dan malas membersihkan wajah saat menjelang tidur. Kebiasaan tersbeut yang akhirnya membuat endapan kotoran tidak bisa keluar dari pori-pori dan bertahan hingga terbentuk komedo yang membandel dan keras. (baca juga: Bedak Tabur Untuk Kulit Berminyak, Cara Menghilangkan Bulu Betis)

Tips berikut ini dapat membantu anda mencegah timbulnya komedo putih dan mencegah munculnya jerawat di kulit wajah:

  • Minimalkan mengonsumsi makanan berlemak dan rajin minum air putih untuk mengurangi kadar minyak pada wajah
  • Berolahraga adalah cara yang tepat bagi anda yang ingin membakar lemak jahat yang kemungkinan dapat berubah menjadi endapan komedo
  • Membatasi polusi dan area yang memungkinkan anda terkena dampak negatifnya baik itu asap, polusi udara, atau sejenisnya yang dapat menjadi endapan bakteri pada permukaan kulit wajah anda

Artikel Terkait:

Demikian artikel tentang cara menghilangkan komedo putih di pipi, semoga bermanfaat bagi anda!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 06th, April 2017 / 01:27 Oleh :
Kategori : Wajah