12 Obat Penumbuh Rambut Alami Secara Cepat dan Ampuh

Sejalan dengan bertambahnya usia, semua orang akan mendapati rambutnya semakin menipis. Penipisan rambut terjadi karena banyak dari folikel rambut yang sudah tidak aktif lagi sehingga tidak tumbuh rambut yang baru. Rambut yang menipis bisa juga dikarenakan mulai mengalami kerontokan, sehingga pada beberapa orang tertentu akan menjadi botak atau pitak. Rambut yang botak akan menajdi masalah besar bagi sebagian orang terutama wanita. Apalagi jika penipisan rambut yang terjadi terlalu parah.

Begitu juga dengan rambut yang menipis atau botak sebelum waktunya, hal itu akan membuat seseorang cepat terlihat tua. Umum terjadi pada pria dewasa, hal ini cukup membuat panik pria yang rambutnya menipis sebelum waktunya. Kehilangan rambut disebut sangat dini ketika telah dimulai pada usia awal 30 tahunan. Banyak sebab yang bisa memperngaruhinya, namun rata – rata adalah faktor genetik atau gaya hidup yang kurang sehat sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Penyebab Rambut Rontok

Ada beberapa sebab lain yang bisa membuat rambut rontok yaitu:

  • Infeksi jamur di kulit kepala akan melemahkan kondisi akar rambut sehingga mudah rontok
  • Stress juga dapat membuat rambut menjadi rontok
  • Anemia atau kekurangan darah
  • Efek dari obat – obatan tertentu, misalnya kemoterapi
  • Kurang nutrisi yang diterima tubuh sehingga akr rambut pun kekurangan vitamin
  • Penyakit kronis yang diderita
  • Hormon yang tidak seimbang, misalnya sedang hamil, pubertas, menggunakan KB dan lainnya.
  • Sampo yang tidak cocok akan mengakibatkan rambut rontok.

Penumbuh Rambut Alami

Banyak orang yang enggan untuk menggunakan bahan kimia bagi perawatan rambut yang rontok namun lebih memilih yang berbahan alami karena takut kepada efek samping dari beragam kandungan bahan kimia tersebut. Berikut ini adalah beberapa obat penumbuh rambut alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut Anda:

1. Al Katel Herbal Double Care

Istilah Katel artinya adalah sejenis laba – laba. Khasiat dari laba – laba ini sudah terbukti dapat menumbuhkan rambut dan aman bagi pria serta wanita. Kandungan vitamin E acetate dan vitamin booster akan membarikan nutrisi kepada pori – pori kulit dan ke dalam akar rambut yang dapat mempercepat proses pertumbuhan dan mengatasi penyebab rambut rontok parah serta cara mencegah rambut rontok parah . Beberapa khasiat lain dari Al Katel yaitu untuk menyuburkan dan melebatkan rambut, mencegah kebotakan dan ketombe, menghentikan kerontokan rambut, menghitamkan rambut, cambang dan jenggot. Obat ini juga bisa menjadi cara menumbuhkan brewok dengan cepat.

Cara Pemakaian:

  • Kocok lebih dulu kemasannya sebelum digunakan
  • Campurkan satu slot isi serum ini dengan air yang hangat
  • Kemudian oleskan pada bagian yang diinginkan pada pagi dan sore hari secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan serum ini setiap hari.

2. Minyak Kemiri : Miracle, Kukui, Ratu, dan merk – merk asli lainnya.

Minyak kemiri yang banyak ditemukan di apotik ataupun di toko obat telah ada dalam berbagai jenis dan merk yang berbeda. Sesuai dengan namanya, bahan baku minyak penumbuh rambut alami ini adalah kemiri yang memang sudah terkenal dengan khasiatnya untuk perawatan rambut, yaitu sebagai cara menghitamkan rambut secara alami.  Cara menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut yaitu:

  • Siapkan minyak kemiri sesuai dengan volume rambut Anda
  • Ambil sedikit menggunakan jari, lalu oleskan secara merata ke seluruh kulit kepala.
  • Diamkan sekitar satu sampai dua jam hingga minyaknya meresap
  • Setelah itu keramaslah sampai minyak kemiri benar – benar bersih
  • Perawatan ini dapat Anda lakukan minimal dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebaiknya Anda juga mengetahui cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak yang mudah, sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah. Minyak kemiri juga dapat menjadi cara menghitamkan rambut dengan cepat.

3. Kaminomoto Hair Growth Accelerator

Serum penumbuh rambut ini juga terbuat dari berbagai bahan herbal, contohnya kamigen dan ekstrak bunga rosemary. Kandungan anti septik dalam serum ini juga berfungsi untuk menghilangkan luka di kepala akibat ketombe atau masalah kulit lainnya. Serum ini memang dibuat khusus untuk kebotakan rambut yang sudah parah, karena bahan kimia, virus, jamur, alopecia areata, bahkan kasus kebotakan yang sulit untuk disembuhkan dengan meregenerasi sel klit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Pada obat herbal asli buatan rumah , ada manfaat daun waru untuk rambut yang bisa menjadi cara alami mengatasi rambut rontok.

Cara Pemakaian:

  • Bersihkan rambut dengan keramas terlebih dulu menggunakan air dingin dan sampo seperti biasa
  • Diamkan selama lima belas menit, lalu bilas sampai bersih dari sampo.
  • Keringkan dengan menepuk rambut menggunakan handuk
  • Sisir rambut sampai tidak ada bagian yang kusut
  • Sambil membalurkan serum Kaminomoto, pilah rambut menggunakan sisir sehingga serum bisa meresap ke kulit kepala dengan baik.
  • Pijat – pijat selama satu atau dua menit
  • Gunakan serum ini pada pagi hari dan sebelum tidur malam setiap hari, dan bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

4. Firdaus Oil

Tidak hanya bisa menumbuhkan rambut di kepala, obat ini yang hanya dikhususkan untuk kaum pria juga bisa menumbuhkan jenggot dan kumis. Cara menggunakan Firdaus Oil untuk menumbuhkan rambut yaitu:

  • Kocok lebih dulu sebelum digunakan
  • Oleskan ke area yang ingin ditumbuhi rambut sampai merata
  • Lakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari.
  • Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika digunakan setiap hari.

5. Green Angelica

Bisa digunakan untuk kasus kerontokan rambut yang telah mencapai lima puluh persen, kandungan herbal dalam obat ini adalah ekstrak bunga camelia, ekstrak daun hijau angelica, serta ekstrak bunga rosemary yang mampu menghidrasi pori – pori kulit sehingga dapat merawat rambut yang rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut. Obat ini dapat digunakan dua kali sehari, pagi dan malam. Untuk perawatan tambahan rambut yang rontok, Anda bisa menggunakan manfaat hair mask untuk rambut sebagai cara merawat rambut rontok dan kering.

6. Bio Hair 123

Obat ini adalah obat penumbuh rambut yang terbuat dari ramuan tradisional china dengan komposisi Astragali Radis, Panacis Radix, dan Rosa Centifolia. Manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan obat ini adalah mengatasi masalah rambut yang rontok hingga hampir botak dengan merangsang pertumbuhan rambut baru, menyuburkan rambut tipis, menguatkan rambut, mengatasi ketombe dan gatal pada rambut. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan obat ini pada kulit kepala sebanyak dua atau tiga kali sehari, tidak perlu keramas dahulu sebelum menggunakan obat ini.

7. Rudy Hadisuwarno Hair Growth Serum

Serum rambut dari Rudy Hadisuwarno ini menunjukkan manfaatnya dengan berperan aktif menghentikan produksi hormon DHT (Dihydrotestosterone) yang memicu terjadinya kebotakan rambut. Diklaim merangsang pertumbuhan rambut sebanyak 160% hanya dalam waktu dua minggu dan mengoptimalkan masalah rambut botak sebanyak 93% hanya dalam waktu satu minggu. Kemasannya berupa satu boks berisi enam buah botol serum. Cara kerjanya yaitu:

  • Memberikan nutrisi kepada kulit kepala
  • Memperkuat struktur rambut melalui akarnya, dengan demikian juga mengurangi kerontokan
  • Membantu merangsang pertumbuhan rambut
  • Memperkuat folikel rambut agar tidak mudah rapuh

Pada minggu – minggu pertama pemakaian, Anda akan memerlukan satu botol sebanyak tiga kali pemakaian seminggu. Jika sudah membaik, hanya diperlukan satu botol untuk satu minggu saja. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca di petunjuk pemakaiannya.

8. Hair Tonicum

Konon hair tonicum ini adalah salah satu penumbuh rambut yang cepat dan ampuh karena dibuaat dari ginseng. Manfaat ginseng untuk rambut memang dapat membantu mengatasi masalah kerontokan atau cara mengatasi rambut rontok. Hair tonicum bekerja dengan meningkatkan suplai nutrisi dan oksigen di kulit kepala, sehingga dapat memperkuat akar rambut, mengurangi kerontokan dan memstimulasi pertumbuhan rambut dengan cepat. Cara menggunakannya pada rambut dan kulit kepala  yang telah bersih sebanyak dua kali sehari. Hasilnya akan terlihat setelah dua minggu pemakaian. Selain ginseng, ada pula manfaat jeruk nipis untuk rambut, manfaat pisang untuk rambut, manfaat alpukat untuk rambut rontok yang dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok dan kering.

9. Minyak Urang Aring

Manfaat urang aring untuk rambut biasanya digunakan sebagai cara alami  menebalkan rambut, karena itu minyak kemiri juga sangat baik untuk digunakan sebagai onat penumbuh rambut alami. Karena bermanfaat untuk rambut, maka ada juga manfaat minyak kemiri untuk alis yang juga bisa menebalkan alis Anda. Cara menggunakan minyak kemiri untuk penumbuh rambut yaitu:

  • Gosokkan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala
  • Pijat sedikit kulit kepala sampai miyak meresap
  • Biarkan sekitar dua puluh atau tiga puluh menit, lalu cuci sampai bersih dengan air saja

Penumbuh Rambut Lainnya

Sebagai referensi tambahan, berikut ini ada beberapa obat penumbuh rambut yang tidak menggunakan bahan alami, yaitu:

1. Regrou Forte Minoxidil 5%

Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kebotakan yang terjadi pada pria, dan juga penyebab rambut rontok pada pria. Mengandung Minoxidil yang merupakan bahan aktif yang dapat merangsang pertumbuhan rambut melalui akar sehingga dapat memperbaiki kondisi akibat rambut rontok parah, yaitu kebotakan. Penggunaan obat ini benar – benar harus sesuai dengan ketentuan, karena bila tidak dapat menyebabkan iritasi atau luka pada kulit kepala.

2. Liposomes Hair Stimulator

Berbentuk kemasan box dengan isi beberapa botol serum, Liposomes dapat digunakan untuk rambut yang botak parah atau untuk rambut yang rontok dan dapat mencegahkerontokan serta menjadi cara mengurangi rambut rontok. Bahan aktifnya yaitu filatov placentary extractsdapat mengaktifkan pertumbuhan rambut kembali, serta membuat kerontokan berhenti. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan kepada area bekas kerontokan atau yang mengalami kebotakan. Jika pernah ada bekas luka, obat ini tidak bisa digunakan karena tidak akan bekerja pada area kulit yang terdapat bekas luka, melainkan hanya pada kulit yang masih normal.

3. Pantogar Penyubur Rambut

Pantogar ini adalah obat penumbuh rambut yang digunakan dengan cara diminum sebanyak tiga kali per hari. Obat ini harus diminum secara rutin selama beberapa waktu untuk cara mengatasi rambut agar tidak rontok, terutama bagi kasus kebotakan yang parah bisa saja waktu meminumnya menjadi lebih lama. Manfaat obat ini adalah:

  • Memberikan nutrisi sampai ke akar rambut
  • Mencegah kebotakan baik bagi wanita dan pria
  • Memperkuat kondisi rambut
  • Mengurangi kerontokan
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Mencegah gatal pada kulit kepala

Sebelum memutuskan untuk mencoba salah satu dari obat – obat penumbuh rambut ini, ada baiknya Anda cermati dulu isi dan kandungan dari setiap jenis yang biasanya ada tertera dalam kemasannya. Bila perlu, Anda juga bisa mengecek nomor registrasinya apakah sudah terdaftar di badan POM atau belum untuk menghindari bahaya yang mungkin dialami apabila memakai produk yang tidak terdaftar atau palsu. Selain itu, obat ini kebanyakan hanya digunakan untuk pemakaian luar, tidak untuk wanita hamil dan menyusui, serta harus dijauhkan dari jangkauan anak – anak, dan beberapa diantaranya mungkin harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda.