8 Manfaat Celak Mata Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Celak mata, anda pasti mengenal jenis kosmetik yang satu ini. Selama ini celak mata diketahui hanya digunakan untuk menambah kecantikan kaum hawa. Namun, tidak demikian pada masa lalu. Celak mata sudah dikenal pada masa dulu (anjuran Rasulullah SAW), merupakan kosmetik yang sangat disarankan untuk dipakai baik oleh wanita maupun pria. Berbeda dengan masa kini, celak lebih dominan dipakai oleh kaum wanita yang ingin tampil cantik dan memukau di bagian mata. Nah, artikel kali ini akan membahas beberapa manfaat celak bagi kecantikan dan kesehatan, simak yuk !

(Artikel Terkait : Cara Membuat Henna Bubuk Dari Daun PacarManfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

Penggunaan celak pada saat ini memang cukup jarang ditemui. Masyarakat lebih memilih kosmetik eyeliner sebagai pengganti celak untuk memperelok mata. Selain itu celak hanya digunakan saat ada event tertentu yang menganjurkan penggunaan celak, seperti pada acara pentas kesenian. (baca juga : Manfaat Ampas Kopi untuk WajahJenis Jenis Kulit Wajah)

Kandungan yang ada dalam celak diyakini mampu merawat kesehatan mata. Celak yang baik untuk digunakan adalah yang memiliki kandungan batu “Istmid”. Batu Istmid adalah sejenis batu yang berasal dari Ashfahan (Persia). Kandungan dalam batu Istmid dapat membantu mata untuk menetralisir segala radikal bebas yang kemungkinan masuk melalui kotoran dan polusi debu saat mata terbuka. Pemakaian celak dianjurkan pada malam hari sebelum tidur. Waktu ini dipercaya dapat melindungi kelopak mata serta mengeluarkan kotoran mikro yang masuk ke dalam mata tanpa kita sadari. Berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat celak mata baik bagi kecantikan maupun kesehatan.

Baca juga :

  1. Menghilangkan Iritasi Mata Merah

Pernah mengalami mata perih dan kemudian terlihat merah pada bagian dalam? Jika jawabannya Iya, maka bila tersedia celak di rumah, anda dapat menggunakannya sebagai pertolongan pertama pada iritasi seperti diatas. Iritasi bisa terjadi apabila debu atau bekteri kecil masuk ke dalam mata, biasanya pada iritasi ini menimbulkan rasa gatal dan membuat mata merah. Celak dipercaya dapat menghilangkan mata yang merah karena iritasi baik yang dikarenakan alergi, suhu, makanan tertentu, atau debu. (Baca Juga: Penyebab Alergi Kulit Wajah , Jenis-Jenis Kulit Wajah)

  1. Mengobati Sakit Mata

Kandungan batu Istmid dalam celak mata diyakini bisa menghilangkan sakit pada mata. Penyakit mata yang dimaksud adalah sekadar penyakit mata ringan seperti nyeri akibat terkena partikel mikro atau nyeri karena mata lelah. selain itu celak mata dapat bermanfaat untuk mengobati nyeri karena efek kurang istirahat pada mata di malam hari. Celak dapat mengurangi nyeri dan menghilangkan bengkak pada mata yang ditimbulkan kurang tidur penderitanya. (baca juga: Manfaat Apel Untuk KulitCara Membuat Lulur Kunyit)

Sponsors Link

  1. Menyelimuti Kelopak Mata

Menggunakan celak mata secara teratur pada saat menjelang tidur dapat membantu anda beristirahat tanpa khawatir adanya partikel seperti debu atau semacamnya masuk ke dalam mata. Celak yang dioleskan sekitar area mata atas dan bawah akan membantu melindungi dan menyelimuti kelopak mata anda dan membuat tidur anda nyenyak, karena pada waktu istirahat (tidur) celak dapat melindungi kelopak mata dari cahaya yang mengganggu saat istirahat.

(Artikel Terkait: Obat Penumbuh Rambut Alami , Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami)

  1. Mengeluarkan Kotoran

Bagi anda yang sering beraktifitas di luar rumah, pasti sering mengalami kotoran yang masuk ke dalam mata. Bisa jadi kotoran tersebut adalah debu, pertikel halus, atau binatang kecil yang tidak sengaja masuk. Nah, untuk masalah semacam ini mudah diatasi hanya dengan menggunakan celak secara merata di sekitar area mata anda. Lakukan dengan mengoleskan celak mata seperti biasa pada bagian atas dan bawah mata, tunggu beberapa saat sampai kotoran keluar perlahan, bantu dengan tisu bersih. Celak dapat melembutkan materi atau kotoran yang masuk ke dalam mata sehingga memaksanya keluar. Hal ini akan mengakibatkan rasa perih dan sedikit gatal, namun akan berangsur menghilang setelahnya. (Baca Juga: Fungsi Alis Mata Manusia , Manfaat Baby Oil Untuk Alis)

  1. Mengobati Sakit Kepala

Mencampurkan serpihan celak mata dengan madu dapat difungsikan sebagai obat sakit kepala. Campuran ini bisa digunakan secara oral (diminum) atau cukup dengan dioleskan di sekitar dahi sambil dipijat ringan. Pengobatan ini dipercaya berkhasiat untuk meringankan sakit kepala.

Baca Juga :

  1. Mengobati Luka Bakar

Tahukah anda bahwa ternyata celak mata dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar? Dengan mencampurkan celak yang diserut sebelumnya dengan minyak alami, seperti minyak kelapa, atau minyak zaitun dapat mengobati luka bakar ringan pada kulit anda. Oleskan campuran tersebut pada bagian yang terluka, sambil menunggunya kering dan lakukan secara rutin sampai luka tertutup sempurna. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka , Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut)

Sponsors Link

  1. Menajamkan Garis Mata

Untuk manfaat yang satu ini jelas semua sudah mengetahui. Fungsi utama celak mata adalah memperindah bentuk mata anda. Celak mata akan mempertajam garis mata anda yang membuat mata akan terlihat bulat sempurna. Saat ini celak mata sudah digantikan oleh jenis kosmetik seperti eyeliner yang lebih praktis namun tetap berisiko karena kandungan zat kimia yang pasti dengan lamanya penggunaan akan berakibat buruk bagi mata anda. ( baca juga : Tips Memilih Eyeliner yang TepatTips Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit)

  1. Melentikkan Dan Menumbuhkan Bulu Mata

Celak dapat menggantikan fungsi maskara. Kenapa demikian? Kandungan batu Istmid dalam celak mata dipercaya wanita-wanita di Mesir pada masa lalu untuk mempercantik tampilan bulu mata mereka. Selain itu celak biasanya juga digunakan untuk menumbuhkan lebih cepat bulu mata sehingga tampak lebat dan lembut. (Baca Juga: Tips Memilih Eyeliner , Cara Agar Bulu Mata Lentik)

Celak mata juga diyakini pada zaman Rasulullah SAW memiliki beberapa manfaat menakjubkan lainnya seperti menyehatkan mata, menerangkan pandangan mata, menguatkan dan mengencangkan saraf mata,dapat juga menghilangkan daging tumbuh atau bisul di sekitar area mata.

Artikel Terkait :Cara Menghilangkan Bulu KakiCara Mencerahkan Selangkangan Secara Alami

Wow! Banyak sekali ya manfaatnya. Celak mata pada dasarnya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kecantikan sekaligus kesehatan bagi mata. Celak mengandung bahan tradisional dan terhindar dari bahan kimia yang justru banyak terdapat di kosmetik-kosmetik pasaran. Sudah siapkah anda beralih pada bahan tradisional yang bermanfaat? Selamat mencoba yaa!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, February 2017 / 08:20 Oleh :
Kategori : Mata