11 Merk Pewarna Rambut yang Halal dan Aman

Mewarnai rambut sekarang ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Jika pada zaman dulu orang hanya mengecat rambut untuk menutupi uban, sekarang cat rambut telah banyak digemari orang untuk menunjang penampilan walaupun rambutnya tidak beruban. Banyak pria dan wanita yang mewarnai rambut dengan alasan mode, dan bukan hanya untuk menutup rambut putih yang mulai muncul. Berbagai warna cat rambut sekarang ini sudah banyak sekali pilihannya sehingga sangat mudah untuk menyesuaikan dengan keinginan. Begitu pula poduk cat rambut yang beredar di pasaran, berbagai merk dan kelebihannya bisa dipilih dengan bebas.

Kebanyakan dari produk perwarna rambut yang praktis dan mudah didapat tersebut berbahan kimia. Seperti diketahui, pewarna rambut berbahan kimia dikhawatirkan memiliki kecenderungan untuk menutupi pori – pori kepala sehingga air wudhu tidak dapat meresap ke kulit. Lalu bagaimana dengan umat muslim yang juga ingin mengecat rambut tanpa harus khawatir dengan kehalalan produk pewarna rambut tersebut? Solusinya tentu dengan memilih produk yang sudah jelas memiliki pengakuan atau sertifikat halal dari MUI dan ijin dari BPOM. Namun, saat ini produk pewarna rambut yang benar – benar mencantumkan label halal belum ada.

Pewarna Rambut Alami

Jika belum ada produk yang telah benar – benar mendapatkan sertifikat halal, maka jalan keluarnya adalah menggunakan produk yang berbahan alami, karena bahan alami tidak akan menutupi pori – pori kulit dan menghalangi air wudhu untuk menyerap ke dalam kulit kepala. Produk pewarna rambut alami yang banyak digunakan saat ini adalah produk yang berbasis henna alami. Henna rambut  adalah tanaman herbal yang banyak terdapat di India dan diolah menjadi bubuk untuk mewarnai rambut. Cara kerja henna rambut ini adalah memberikan semacam lapisan protein pada batang rambut yang bersifat semi permanen. Kandungan asam hennatanic membantu memberikan semacam perlindungan pada rambut sehingga tidak menjadi penyebab kerusakan rambut jika diwarnai menggunakan henna. Beberapa macam henna yang mengandung bahan alami dan halal digunakan untuk rambut yaitu:

1. Bestway Noni Black Hair Miracle dan Color Hair Dye

Pewarna rambut ini berbahan dasar alami dari mengkudu atau buah noni, ginseng, ganoderma lucidum, berbagai sari buah – buahan, asam amino, seng, dan ZPT kolagen. Merupakan produk yang sama dengan BSY Noni, hanya saja untuk merk Bestway telah mendapatkan nomor sertifikat dari BPOM. Tidak hanya menghitamkan, namun juga mewarnai rambut dengan cara alami, serta memberikan banyak manfaat untuk rambut yaitu dapat menjadi cara mengatasi rambut lepek, cara mengurangi rambut rontok, cara melebatkan rambut dan cara mengatasi rambut bercabang. Selain itu juga dapat mengatasi penyebab rambut beruban, bisa menjadi cara menghilangkan ketombe di kulit kepala, dan juga cara menghilangkan kutu rambut di kepala. Cara memakainya seperti berikut ini:

  • Cuci rambut terlebih dulu dengan sampo sampai bersih
  • Keringkan rambut sampai kondisi setengah basah
  • Gunakan sarung tangan plastik dan tuangkan isi Bestway Noni ke wadah, lalu aduk sampai tercampur rata
  • Balurkan ke kulit kepala dan rambut sambil dipijit selama sekitar tiga sampai lima menit
  • Diamkan selama sepuluh sampai lima belas menit untuk warna hitam, dan dua puluh sampai tiga puluh menit untuk yang berwarna.
  • Bilas dengan air bersih, bisa juga menggunakan sampo lagi.

2. Purbasari Hair Color Henna

Pewarna rambut ini dibuat alami dari daun henna sehingga aman dan tidak merusak rambut Anda. Mengandung natural protein untuk menjaga dan merawat kilau rambut serta bebas amonia, warnanya lebih tahan lama dibanding semir rambut lainnya. Tersedia dalam dua warna, yaitu dark brown dan black. Cara menggunakan Purbasari Henna yaitu:

  • Tuangkan Purbasari sebanyak 10 gram ke dalam wadah, tambahkan air hangat sebanyak 30 ml.
  • Aduk sampai mengental berbentuk pasta
  • Gunakan pasta ke rambut menggunakan sisir
  • Tutup rambut dengan shower cap, biarkan kurang lebih satu jam atau sampai agak kering
  • Bilas rambut dengan air sesudahnya

3. Amar’s Henna

Henna adalah tanaman yang sudah dikenal selama berabad – abad untuk mewarnai rambut, kulit dan kuku, para wanita dari India biasa menggunakannya sejak lama. Henna dapat memberi warna alami pada rambut dan tidak merusak struktur rambut melainkan memberi kelembaban dan nutrisi pada rambut. Amar’s Henna tersedia dalam banyak varian warna, antara lain Black, Burgundy, Natural Black, Red, dan Brown. Cara memakainya yaitu:

  • Keramas lebih dulu rambut Anda menggunakan sampo jika rambut berminyak
  • Gunakan sarung tangan
  • Tuang Amar’s Henna ke dalam wadah, satu bungkus dicampur dengan tiga per empat mangkuk air.
  • Aduk sampai larut dan bertekstur seperti pasta.
  • Aplikasikan pewarna pada rambut sampai rata menggunakan sisir
  • Biarkan selama kurang lebih dua puluh menit atau sampai kering
  • Cuci rambut dengan air atau sampo sampai air cucian bersih dan tidak berwarna.

4. Eagle’s Henna Hair Dye

Merk ini khusus diimpor dari India dibuat secara tradisional dengan pengawasan standar mutu yang ketat sehingga tetap berkualitas dan higienis. Tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, coklat dan chestnut. Cara penggunaan sama dengan cat rambut berbasis henna lainnya. Henna dapat digunakan sebagai penghitam rambut alami dan cara menghitamkan rambut secara alami.

5. Henna Herbul Hair Color

Juga berbahan dasar henna alami dan sudah dikenal di India, produk ini memiliki lebih banyak varian warna daripada merk henna yang lainnya yaitu Black, Brown, Dark Brown, Burgundy, Chestnut, Mahogany, Burgundy, Supreme Red, Blue Black. Persediaan warna tergantung dengan toko yang menjualnya. Cara pemakaian sama dengan produk henna lainnya atau Anda bisa mengikuti petunjuk yang tertera di kemasan. Apabila Anda ingin menghindari bahaya cat rambut berbahan kimia, maka henna bisa menjadi cara menghitamkan rambut yang alami.

6.  Agarwals Soft Color Henna Bleach

Ini adalah salah satu pewarna rambut alami. Sama dengan produk lainnya, bahan dasar pembuatan Agarwals Henna adalah henna alami. Tidak perlu khawatir produk ini akan menjadi penyebab rambut kering karena bahan alaminya. Cukup ditambahkan air karena kandungannya benar – benar henna alami dan tidak mengandung amonia. Menutrisi rambut sehingga menjadi lembut dan berkilau alami, juga tidak merusak struktur rambut.

7. Jamila Henna Powder

Kelebihan semir henna ini adalah bisa digunakan juga untuk menggambar tato henna di kulit tangan dan kaki. Untuk  menggunakannya sebagai semir rambut, Anda bisa mencampurnya dengan sedikit air perasan lemon yang dapat membuat warnanya lebih tahan lama. Saat ini produk Jamila Belum banyak yang menjualnya di Indonesia. Bila ingin mendapatkannya, Anda bisa mencoba di situs online jual beli internasional. Sebelum memutuskan untuk memilih warna, Anda bisa mencari tahu dulu warna rambut untuk kulit kuning langsat  atau warna rambut untuk kulit gelap yang cocok agar sesuai dengan warna kulit Anda.

8. Rainbow Henna Hair Color

Diklaim 100% alami tanpa zat kimia PPD, paraben, resorcinol dan amonia, produk ini aman untuk rambut Anda. Mengandung kondisioner yang menjamin rambut tidak akan kering setelah diwarnai dengan Rainbow Henna. Produk ini juga tidak dites menggunakan hewan. Tersedia varian warna yang banyak, namun sayangnya produk ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Bila memutuskan untuk mewarnai rambut, Anda perlu mengetahui juga bagaimana cara merawat rambut berwarna yang benar agar tidak cepat pudar.

9. Zubedah Henna 

Pewarna rambut ini terbuat dari daun inai, yang juga dikenal dengan nama daun henna. Warna rambut Anda akan lebih alami dan kuat setelah menggunakan produk ini yang juga aman karena tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Ra mbut juga menjadi lebih lembut dan mudah diatur jika menggunakan produk ini, tidak kering seperti jika menggunakan pewarna rambut kimia. Anda dapt dengan mudah menemukannya di situs online lokal. Cara pemakaian sama dengan pewarna rambut berbahan henna lainnya. Biasanya tersedia dalam warna hitam, coklat, dan coklat tua. Apapun warna yang Anda pilih, pastikan untuk melakukan perawatan rambut berwarna yang benar untuk memelihara dan mempertahankan warna rambut lebih lama.

10. Hashmi Henna

Satu lagi merk yang berbahan dasar henna alami, tidak merusak rambut dan dapat memberi kelembaban pada rambut. Harga juga cukup terjangkau seperti sebagian besar merk pewarna rambut henna lainnya. Cara menggunakannya sama dengan produk berbahan dasar henna bubuk lain yaitu cukup mencampurkannya dengan air secara merata sebelum digunakan. Menggunakan henna adalah salah satu cara menyemir rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

11. Rani Henna Cream Red

Produk ini berasal dari Arab Saudi. Warnanya pekat dan harus ditambahkan air terlebih dulu sebelum digunakan, karena produk pewarna rambut ini sudah dibuat dalam bentuk pasta kental dalam kemasan tabung. Anda pun bisa membuatnya sendiri. Ada banyak cara membuat henna bubuk yang bisa dipelajari, salah satunya adalah cara membuat henna bubuk menggunakan daun pacar.

Aman Memakai Henna Rambut

Saat sekarang ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha ikut menangguk keuntungan dengan menyamarkan produk yang mereka buat sebagai salah satu produk asli. Praktek pemalsuan ini banyak terjadi pada berbagai macam barang, termasuk juga terhadap produk henna. Produk palsu seringkali mengandung bahan kosmetik berbahaya. Salah satu  contohnya adalah bahaya kandungan paraben pada kosmetik. Agar terhindar dari menggunakan henna palsu, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan:

  • Utamakan memilih henna bubuk karena lebih kecil kemungkinan bubuk tersebut telah dicampur dengan bahan kimia, beda dengan henna yang berbentuk cairan yang mudah dibaurkan dengan bahan kimia berbahaya.
  • Lihat komposisi produknya dengan seksama. Sempatkan untuk membaca dengan teliti apa saja komposisi produk yang bisa Anda lihat pada kemasan untuk memastikan bahwa tidak ada bahan yang berbahaya dalam kandungannya.
  • Jangan gunakan henna untuk rambut kepada kulit Anda, kecuali produk tersebut memang sudah dinyatakan aman untuk digunakan pada keduanya.
  • Selalu lakukan tes terlebih dulu ke kulit Anda. Walaupun henna dikatakan aman untuk kulit, namun tidak ada salahnya untuk berjaga – jaga agar tidak timbul reaksi alergi ketika Anda mencoba henna untuk rambut. Oleskan sedikit henna ke belakang telinga dan tunggu sampai 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi yang timbul seperti gatal, kemerahan dan ruam, berarti produk tersebut aman dipakai.

Perlunya memperhatikan benar – benar produk pewarna rambut yang akan Anda gunakan sangatlah penting untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan kemudian hari. Henna palsu dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti alergi, keloid, melepuh, bahkan hingga terkena kanker kulit. Juga ingatlah untuk memperhatikan bahwa henna yang akan Anda gunakan benar – benar diformulasikan untuk mewarnai rambut, dan bukan untuk digunakan sebagai tattoo henna di kulit tangan dan kaki. Banyaknya merk henna yang benar – benar terbuat dari tumbuhan alami dapat menjadi sarana untuk Anda mewarnai rambut dengan menggunakan merk pewarna rambut halal dan aman.