10 Cara Mencerahkan Selangkangan Secara Alami

Semua orang pasti senang memiliki kulit yang mulus dan tanpa cela, walaupun bagian kulit itu tidak terlihat oleh umum. Terutama kaum wanita yang selalu ingin memiliki kulit yang bersih dan mulus. Memiliki kulit yang bersih dan mulus akan berguna ketika wanita ingin mengenakan busana yang sedikit terbuka dan memperlihatkan bagian tubuhnya. Sayangnya masalah kulit yang menggelap kerap kali mengganggu, terutama bagi para wanita. (Baca Juga: Langkah Perawatan Kulit Kering)

Memiliki bagian kulit yang warnanya menggelap tentu saja menyulitkan jika ingin mengenakan busana yang memperlihatkan kulit. Kulit yang menggelap bisa tampak di daerah lipatan kulit seperti di bawah lengan, siku, lutut, leher dan selangkangan. Daerah selangkangan yang hitam atau gelap tentunya tidak diinginkan oleh para wanita. Biasanya jika  mengalami hal seperti ini, wanita akan mencari cara memutihkan selangkangan dengan menggunakan obat pemutih selangkangan untuk mengembalikan kondisi kulitnya.

Penyebab Kulit Selangkangan Hitam

Kondisi kulit yang menjadi gelap ini berarti bahwa kulit mengalami hiperpigmentasi. Adapun penyebab kulit mengalami hiperpigmentasi adalah:

  • Obesitas – Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas cenderung untuk memiliki area selangkangan yang gelap, karena gesekan kulit paha yang sering terjadi.
  • Kelembaban – Cuaca yang lembab membuat kulit sering berkeringat dan tergesek sehingga kulit menjadi kasar dan akhirnya warna kulit menggelap.
  • Pakaian ketat – Kebiasaan memakai pakaian ketat, terutama pakaian dalam juga akan menyebabkan kulit berubah warna menjadi gelap.
  • Penyakit – Perubahan warna kulit menjadi levih gelap di daerah tubuh tertentu bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, contohnya diabetes.
  • Alat Kontrasepsi – Pemakaian alat kontrasepsi oral juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit yang menggelap tidak hanya di area selangkangan saja, tetapi juga di bagian lain tubuh.
  • Infeksi – Penyebab kulit selangkangan menghitam lainnya adalah masalah kulit yang dialami seperti infeksi jamur.

(Baca Juga: Penyebab Kulit Hitam , Cara Menghilangkan Kulit Belang)

Mencegah Selangkangan Menjadi Hitam

Perubahan warna bagian selangkangan bisa mempengaruhi penampilan ketika akan memakai celana pendek atau baju renang dan sejenisnya. Penyebab kulit selangkangan menghitam atau menjadi gelap biasanya berasal dari berbagai kebiasaan yang dilakukan sehari – hari seperti telah disebutkan di atas. Jika ingin kulit di sekitar selangkangan menjadi cerah kembali dan tidak berubah warna, Anda bisa membiasakan diri dengan beberapa hal berikut yang bisa dilakukan sehari – hari:

ads
  1. Gunakan pakaian yang longgar

Pakaian yang longgar selalu lebih baik daripada mengenakan pakaian ketat, terutama untuk pakaian dalam. Pilihlah yang terbuat dari bahan katun daripada pakaian dalam berbahan sintetis, karena lebih aman bagi kulit dan nyaman dikenakan. Katun memungkinkan kulit untuk bernapas lebih bebas, selain itu juga menyerap keringat yang muncul di paha dan selangkangan. Jangan gunakan pakaian dalam ketat yang akan membuat kulit tergesek dan mengalami tekanan yang menyebabkan kulit menghitam. (Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak , Tips Memutihkan Ketiak)

  1. Menurunkan berat badan

Jika selangkangan menghitam karena masalah berat badan. Anda memang harus mencari cara untuk bisa menurunkan berat badan dengan benar. Karena lemak yang mengumpul di area paha memang akan menyebabkan kulit sering tergesek, sehingga mengalami iritasi dan warna kulit menghitam. (Baca Juga: Cara Cepat Mengecilkan Paha , Cara Mengencangkan Paha)

  1. Gunakan produk perawatan yang tepat

Untuk merawat selangkangan yang menghitam, gunakan sabun herbal yang mengandung licorice. Bahan alami ini bisa melembutkan dan menghaluskan kulit dengan efektif. Livorice juga bisa menjadi cara memerahkan puting payudara secara alami.

Bahan Alami Sebagai Cara Mencerahkan Selangkangan Paling Ampuh

Selain beberapa tindakan pencegahan, ada juga bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan daerah sekitar selangkangan yang menggelap. Bahan – bahan itu adalah:

1.Bubuk Kunyit

Manfaat masker kunyit untuk wajah sudah sering digunakan sebagai cara memutihkan kulit secara alami dan campuran dalam ramuan untuk cara memerahkan bibir secara alami. Cara menggunakan bubuk kulit untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit, dua sendok teh jus lemon, dan semangkuk yogurt. Bisa menggunakan blender agar bertekstur halus seperti pasta.
  • Oleskan campuran ini ke bagian dalam selangkangan
  • Biarkan selama lima belas menit
  • Bersihkan menggunakan air hangat
  • Bisa juga dengan mencampur buku kunyit, susu dan krim. Campuran ini akan memutihkan kulit dan menutrisinya.

Ulangi perawatan ini setiap hari selama beberapa minggu sampai Anda melihat jika warna kulit di selangkangan telah menjadi cerah satu atau dua tingkat.

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang sering kita buang sehabis memakan buahnya ternyata sangat berguna untuk perawatan kulit, terutama untuk cara memutihkan kulit secara alami dan cara menghaluskan wajah. Cara menggunakan kulit jeruk untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Campurkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. yogurt dan kepingan oat.
  • Gosokkan ramuan tersebut ke area selangkangan
  • Biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air

Ramuan ini akan memberikan manfaat eksfoliasi yang akan mengelupas sel kulit mati sehingga kulit bisa menjadi tampak lebih cerah.

  1. Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit sudah sangat dikenal karena memiliki khasiat memutihkan dan mencerahkan kulit, yaitu jika digunakan sebagai manfaat masker pepaya bagi kulit. Cara menggunakan pepaya untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Siapkan buah pepaya secukupnya
  • Hancurkan lalu oleskan ke daerah selangkangan
  • Biarkan selama beberapa menit sampai agak mengering
  • Bersihkan dengan air
  1.  Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami pemutih kulit yang sudah populer. Manfaat lidah buaya untuk kulit biasanya digunakan dalam perawatan kecantikan sebagai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah. Jika digunakan secara teratur, akan dapat memutihkan kulit dan memudarkan noda – noda di kulit. Lidah buaya bahkan bisa memperbaiki sel kulit dan membantu regenerasi kulit. Cara menggunakannya yaitu:

  • Keluarkan gel dari tanaman lidah buaya dengan cara dikupas kulitnya
  • Gosokkan langsung ke area selangkangan
  • Biarkan selama dua puluh menit, lalu cuci dengan air

Lakukan perawatan ini selama setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan

  1. Jeruk Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah dan manfaat lemon untuk kulit telah lama digunakan untuk perawatan kecantikan wanita. Jus yang diambil dari jeruk lemon sangat bermanfaat untuk bahan pemutih kulit berkat kandungan asam di dalamnya. Vitamin C yang terkandung di dalamnya membantu menyingkirkan sel kulit mati dan memutihkan kulit, juga merangsang regenerasi kulit. Cara menggunakan lemon untuk memutihkan selangkangan yaitu:

  • Potong jeruk lemon menjadi dua, gosokkan bagian dalam selangkangan yang hitam dan biarkan selama sepuluh atau lima belas menit. Bilas dengan air hangat.
  • Campur air perasan dari setengah lemon dengan yogurt sebanyak satu sendok makan dan setengah sendok teh madu. Gosokkan ke bagian dalam paha. Biarkan selama sepuluh menit dan cuci dengan air.

Air lemon bisa membuat kulit kering, jadi sebaiknya oleskan pelembab setelah memakai ramuan ini. Berhati – hatilah agar tidak mengoleskan lemon ke area yang baru saja dicukur atau di wax karena bisa membuat iritasi. Juga hindari untuk terekspos sinar matahari selama satu sampai dua hari setelah menggunakan air lemon.

  1. Mentimun

Tidak hanya manfaat mentimun untuk rambut dan manfaat timun untuk wajah yang bisa digunakan, ada juga manfaat mentimun untuk kulit yang bisa mencerahkan selangkangan. Manfaat memutihkan kulit juga bisa didapatkan dari mentimun yang mengandung vitamin A, sehingga bisa membantu mengurangi kulit yang gelap dengan mengontol produksi melanin pada kulit. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi menjaga kulit tetap lembab dan bersinar. Cara menggunakan mentimun untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Ambil setengah potong mentimun dan buatlah menjadi jus.
  • Oleskan di sekeliling area paha dalam yang menghitam.
  • Biarkan selama sepuluh sanpai lima belas menit, lalu cuci dengan air dingin.
  • Ulangi dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang cepat.

Selain itu, campur dua sendok makan jus mentimun dengan setengah sendok makan jus lemon, dan setengah sendok makan bubuk kunyit. Oleskan ke area selangkangan yang hitam. Biarkan selama sepuluh menit, lalu cuci dengan air dingin. Ulangi sekali sehari setiap hari. (Baca Juga: Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

Sponsors Link

  1. Tomat

Buah tomat juga memiliki efek memutihkan dan sering digunakan sebagai bahan pemutih kulit. Karena itu manfaat tomat untuk kulit bisa berguna untuk mencerahkan selangkangan. Kandungan lycopene di dalamnya berfungsi sebagai anti oksida yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Cara menggunakan tomat untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Gosokkan sepotong tomat dengan gerakan melingkar ke kulit selangkangan selama beberapa menit
  • Biarkan selama sepuluh menit, lalu cuci dengan air dingin
  • Ulangi sekali sehari setiap hari

(Baca Juga: Manfaat Tomat Untuk Alis , Manfaat Tomat Untuk Wajah)

  1. Almond

Tidak hanya manfaat almond untuk rambut, almond juga bisa bermanfaat untuk kulit. Kacang almond dan buah almond keduanya bisa membantu mencerahkan warna kulit di area selangkangan. Kandungan tinggi vitamin A dan E, juga asam lemak esensial dalam almond membantu menutrisi, menenangkan dan melembabkan kulit. Almond utuh sangat baik untuk mengelupas dan melembutkan kulit. Cara menggunakan almond untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Rendam lima atau enam butir almond semalaman.
  • Giling keesokan peginya menjadi pasta lembut.
  • Campurkan satu sendok makan susu ke dalamnya.
  • Oleskan ke bagian selangkangan. tunggu sepuluh sampai lima belas menit, lalu bilas perlahan sambil menggosoknya dengan gerakan melingkar.
  • Ulangi dua atau tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.
  • Cara lain yaitu pijat area selangkangan dengan menggunakan minyak almond selama lima menit sebelum tidur malam.

(Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Kulit , Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit)

  1. Yogurt

Yogurt sudah lama dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk cara mencerahkan kulit wajah dan cara meratakan warna kulit. Sebagai bahan pemutih kulit yang lembut, yogurt bisa membantu mencerahkan area selangkangan berkat kandungan asam laktatnya. Selain itu, kandungan zinc nya bisa mengatasi kulit yang terbakar matahari. Cara menggunakan yogurt untuk mencerahkan selangkangan yaitu:

  • Gosokkan dengan lembut sejumlah yogurt tawar secukupnya ke area paha dalam.
  • Biarkan selama sepuluh atau lima belas menit, lalu cuci dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini sehari sekali.
  • Cara alternatif, campur jus dari setengah lemon dengan satu sendok teh yogurt tawar. Tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan tepung gram. Oleskan ke kulit yang menghitam dan biarkan kering. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu.
  1. Baking Soda

Bekerja sebagai bahan pengelupas kulit, baking soda juga bisa mencerahkan daerah selangkangan. Cara menggunakan baking soda untuk mencerahkan kulit selangkangan yaitu:

  • Campur satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan susu sampai membentuk pasta.
  • Tambahkan madu dan kocok merata
  • Oleskan ke paha dalam dan gosok dengan melingkar selama beberapa menit
  • Cuci dengan air hangat
  • Ulangi setiap hari

(Baca Juga: Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah , Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Madu)

Jika Anda termasuk yang memiliki masalah dengan kulit selangkangan yang menggelap, Anda bisa mencoba salah satu dari sekian banyak cara perawatan untuk mencerahkan selangkangan ini. Hanya saja harap diingat agar Anda tidak menggunakan beberapa macam sekaligus karena ingin cepat mendapatkan hasilnya, karena resikonya justru bisa membuat warna kulit di selangkangan menjadi makin gelap. Cobalah satu persatu bahan dan perawatan yang ada untuk menemukan bahan mana yang cocok dengan kondisi Anda dan bisa memberikan hasil lebih cepat. Ingat, perawatan ini harus dilakukan secara telaten dan mengandalkan kesabaran yang ringgi agar berhasil.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 27th, November 2016 / 15:53 Oleh :
Kategori : Kulit