5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Secara Alami – Tips Menyisir Rambut Kusut

Rambut panjang merupakan salah satu aset wanita yang dibanggakan, terlebih jika rambut itu sehat, hitam legam dan jatuh dengan lembut di punggung. Sepantasnya rambut panjang wanita menjadi kebanggaan, karena memperolehnya tidaklah mudah. Salah satu masalah yang biasa terjadi pada rambut panjang adalah model rambut ini sangat mudah menjadi kusut. Rambut kusut bisa menjadi masalah yang sulit ditangani apapun jenis rambut Anda. Rambut lurus saja sulit di rawat jika kusut, apalagi jika Anda memiliki rambut yang kering dan keriting. (Baca Juga: Tips Menebalkan Rambut , Perawatan Rambut Berwarna)

Kebanyakan dari kita tidak peduli bagaimanapun caranya menguraikan rambut kusut karena biasanya kita sedang terburu – buru dan tidak sabar, sehingga langsung saja memaksa menyisir rambut yang kusut sampai rontok atau patah. Jika tidak berhati – hati menangani rambut yang kusut, resikonya rambut kita bisa rontok dan patah karena dipaksa untuk rapi. Resikonya, rambut akan menjadi rapuh dan bahkan terlihat bercabang. Karena itulah menangani rambut kusut harus dilakukan dengan lembut jika ingin rambut Anda tetap sehat dan cantik. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Berjilbab  , Cara Mengatasi Rambut Patah)

Mengatasi Rambut Kusut dengan Tangan

Rambut kusut terkadang lebih mudah diatasi menggunakan tangan daripada sisir, terutama jika lebih banyak bagian yang kusut daripada biasanya. Cara mengatasi rambut kusut dengan tangan yaitu:

  1. Lakukan dalam keadaan rambut lembab atau basah. 

Seperti telah diketahui, menguraikan rambut saat kering bisa menyebabkan rambut patah terutama pada rambut yang lebih bertekstur. Bila Anda tidak keramas sebelumnya, semprotkan air ke rambut setelah dibagi menjadi beberapa bagian. (Baca Juga:  Manfaat Putih Telur Untuk Rambut Rusak)

  1. Gunakan minyak esensial

Selain menggunakan air untuk menguraikan rambut, Anda bisa menggunakan minyak esesial seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, minyak argan atau minyak alpukat. Gunakan jari untuk mengoleskan minyak ke rambut. Gunakan secukupnya saja, jika terlalu banyak rambut Anda akan terlihat berminyak. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

  1. Pisahkan, bukan menarik

Untuk mengatasi rambut kusut, Anda bisa mencoba memisahkan helaiannya menggunakan tangan dan bukan menarik. Pisahkan helai rambut yang kusut dengan perlahan dan uraikan satu persatu. Menariknya dengan kuat hanya akan membuat rambut patah. (Baca Juga: Bahaya Bleaching Rambut)

Langkah -langkah Menyisir Rambut Kusut

Bagi pemilik rambut yang panjangnya melebihi bahu, biasanya rambut kusut sudah menjadi persoalan sehari – hari. Padahal, jika mengetahui cara mengatasinya dengan benar, Anda tidak perlu mengalami problem rambut kusut ini. Cobalah beberapa cara mengatasi rambut kusut yang bisa dilakukan sehari – hari ini:

1. Lakukan pada waktu yang tepat

Kebanyakan orang akan langsung menyisir rambut ketika habis keramas. Padahal, setelah keramas sebenarnya rambut dalam keadaan rapuh karena minyak alaminya sedang terkuras oleh bahan kimia dalam sampo. Hal itu akan menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan rontok. Waktu yang tepat untuk mengurai rambut yang kusut adalah sebelum keramas, atau gunakan kondisioner setelah keramas agar rambut lebih lembut dan mudah diurai kekusutannya. (Baca Juga: Merk Shampo untuk Rambut Keriting)

ads

2.Gunakan peralatan yang tepat

Alat yang harus dihindari saat akan mengurai rambut yang kusut adalah sikat bulat., karena rambut yang kusut bisa tersangkut di sisir . Gunakan sikat rambut atau sisir rambut yang datar, yang mampu bergerak di antara rambut tanpa tersangkut. Jika ingin menggunakan sisir, pastikan untuk menyisir rambut kusut setelah keramas dan diberi kondisioner. (Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut Ikal)

3. Mulai dari ujung rambut

Biasanya kita akan menyisir dari akar rambut sampai ke ujung, bukan? Untuk rambut kusut, pastikan agar tidak menyisir mulai dari akar ke ujung karena malahan akan membuat rambut makin kusut. Sebabnya karena menyisir dari akar akan membuat Anda hanya membawa rambut yang kusut ke arah bawah, dan bukan menguraikannya.  Sebaiknya mulai menyisir dari ujung rambut terlebih dulu dan uraikan kekusutan yang berada di ujung rambut. Pegang rambut pada bagian diatas yang sedang diuraikan agar bisa menahan tarikan sisir. (Baca Juga: Manfaat Santan Untuk Rambut)

4.Bergerak ke bagian atas rambut

Setelah mengatasi rambut kusut yang berada di ujung, Anda bisa pindah ke bagian tengah rambut dan ke atas hingga akar. Gunakan sisir atau sikat yang datar. Jangan memaksakan rambut yang sedang kusut agar tidak patah. Gunakan jari Anda untuk membantu menguraikan rambut yang kusut. (Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak)

5. Gunakan kondisioner

Jika mencapai titik dimana Anda kesulitan untuk menguraikan rambut tanpa menyebabkannya rusak, gunakan bantuan. Untuk membantu menguraikan rambut kusut yang sulit Anda bisa menggunakan kondisioner. Memakai kondisioner yang biasa Anda gunakan sehari – hari tidak akan menjadi masalah. Kondisioner akan bisa menjadi cara merawat rambut kering. Cukup oleskan ke bagian rambut yang kusut sambil diuraikan, atau bisa juga gunakan serum rambut anti kusut dan masker rambut. Ketika sudah selesai, periksa lagi apakah masih ada rambut kusut yang tertinggal.

6.Gunakan beberapa macam sisir

Rambut kusut bisa sangat sulit untuk diuraikan. jika salah, Anda akan harus mencari cara alami mengatasi rambut rontok. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan kekuatan. Sebaliknya, mengatasi rambut kusut harus menggunakan cara yang lembut dan terarah agar tidak merusak rambut. Berbagai macam sisir dengan bentuk yang berbeda bisa digunakan untuk mengurai rambut kusut, namun jika Anda memiliki sisir yang bergigi jarang di ujungnya dan semakin merapat ke ujung lain, itu adalah alat yang cocok. Mulailah menguraikan rambut kusut dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang lebih dulu. Jika sebagian besar rambut kusut sudah teratasi, Anda bisa berganti menggunakan sisir yang lebih rapat.

7. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Bila anda memiliki rambut yang tebal, mengurai rambut mungkin akan menjadi sedikit sulit. Agar mudah untuk mengatasi rambut kusut, bagilah rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan jepit rambut. Sisir rambut satu persatu bagian perlahan, gunakan krim anti rambut kusut bila perlu. Bila mengoleskan produk rambut, lakukan dengan cara menekan dan bukan menggosok agar rambut tidak menjadi semakin kusut. Kalau rambut basah, gunakan tangan lebih dulu untuk menguraikan. (Baca Juga: Penyebab Rambut Apek)

8. Mengepang rambut

Rambut yang panjang seringkali menjadi kusut dengan mudah. Bisa saja karena bangun tidur, tertiup angin dan lain sebagainya. Untuk mencegah agar rambut panjang tidak mudah kusut Anda bisa mengepang rambut sebelum tidur. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang)

9. Menggunakan sarung bantal satin

Seringkali bahan yang digunakan untuk sarung bantal dan seprai juga berpengaruh terhadap rambut yang kusut setelah bangun tidur. Jika ada, gunakan sarung bantal atau seprai yang berbahan satin untuk mencegah rambut menjadi kusut saat tidur. Seprai dan sarung bantal satin juga dapat menjadi cara merawat rambut agar lembut.

Mengatasi Rambut Kusut dengan Ramuan Alami

Selain menggunakan perawatan sehari – hari, rambut yang kusut juga bisa diatasi dengan beberapa bahan alami yang akan membuat rambut menjadi tidak mudah mengalami kekusutan. Bahan alami ini juga bisa menjadi cara merawat rambut panjang yang bermanfaat. Beberapa macam dari bahan alami itu adalah:

  1. Cuka Apel

Cuka tidak hanya bermanfaat untuk keperluan dapur, ada pula manfaat cuka untuk rambut yang sangat berguna. Cuka ada dua macam yaitu cuka putih dan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk rambut sangat efektif dalam mengatasi rambut yang kusut. Rambut juga akan terlihat sangat lembut dan berkilau ketika sudah menggunakan cuka apel. Cara menggunakan cuka apel untuk rambut kusut yaitu:

  • Campurkan satu sendok makan cuka apel ke dalam setengah cangkir air
  • Tuangkan ke dalam botol semprot agar lebih mudah disemprotkan ke rambut yang lembab.
  • Selain itu Anda bisa menggunakan campuran cuka apel dan air ini untuk membasahi rambut setelah selesai keramas.

Gunakan cuka ini dalam jumlah secukupnya dan selalu campurkan dengan air. Jika anda menggunakan terlalu banyak bisa saja ada resiko bahaya cuka untuk rambut yang bisa terjadi dan memberikan efek yang buruk.

  1. Alpukat dan Minyak Zaitun

Manfaat alpukat untuk kulit bukan merupakan satu – satunya kegunaan buah ini saja, namun ada juga manfaat buah alpukat untuk rambut. Buah alpukat dapat digunakan sebagai manfaat masker alpukat untuk rambut. Selain itu ada pula manfaat alpukat untuk rambut rontok. Jika rambut Anda selain kusut juga mengalami kekeringan dan kurang lembab, ramuan alami menggunakan alpukat ini sangat cocok digunakan. Cara membuatnya yaitu:

  • Kupas daging buah alpukat matang, hancurkan dengan garpu
  • Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun.
  • Oleskan campuran ini ke rambut yang basah
  • Biarkan setengah jam dan bilas dengan air hangat.
  1. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk rambut sangat banyak, namun manfaatnya yang utama adalah minyak kelapa bisa bermanfaat sebagai kondisioner alami yang menghidrasi serat – serat dan membuat rambut terasa halus. Ini adalah bahan alami yang tepat untuk menguraikan rambut tanpa merusaknya. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya tinggal meneteskan beberapa minyak kelapa ke rambut yang masih lembab dan sisirlah dengan bantuan sisir bergigi jarang. Selain itu juga ada manfaat VCO untuk rambut bayi.

  1. Baking Soda

Baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk campuran bahan membuat kue, namun baking soda juga sudah lama digunakan untuk ramuan bagi kulit yang gelap. Ada juga manfaat baking soda sebagai cara menghilangkan keloid dan cara menghilangkan belang di wajah. Cara menggunakan baking soda untuk menguraikan rambut kusut adalah:

Sponsors Link

  • Campurkan baking soda dengan beberapa sendok makan kondisioner rambut yang biasa Anda pakai, aduk rata.
  • Oleskan ramuan ke seluruh rambut, bila perlu bagi rambut menjadi beberapa bagian
  • Pijat dengan lembut kulit kepala dan tutup dengan shower cap.
  • Biarkan selama 45 menit
  • Cuci rambut dengan keramas sampai bersih.
  1. Mayones

Menggunakan mayones yang biasa kita makan sebagai bahan pelengkap roti pun bisa mengatasi masalah rambut kusut. Mayones dapat menjadi cara menghaluskan rambut dan cara membuat rambut lembut secara alami. Cara menggunakan mayones untuk rambut kusut yaitu:

  • Ambil mayones secukupnya saja
  • Oleskan mayones pada bagian rambut yang kusut, jangan digosok ke kulit kepala
  • Biarkan selama dua puluh menit lalu bilas sampai bersih.

 Tips lain Untuk Mengatasi Rambut Kusut

Selain beberapa cara yang telah dibahas untuk mengatasi rambut kusut, ada beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasinya yaitu:

  • Hindari membeli sampo yang mengandung sulfat dan silikon karena membuat rambut kering dan mudah kusut. Pilihlah sampo yang mengandung minyak alami seperti minyak argan, minyak kelapa dan shea butter. Jika memilih sampo untuk rambut berminyak perhatikan juga kandungannya agar tidak memudahkan rambut kusut.
  • Kurangi pemakaian alat penata rambut. gunakan serum pelindung panas jika akan menata rambut dengan menggunakan alat yang memiliki panas tinggi agar Anda tidak perlu mencari cara mengatasi rambut bercabang akibat pemakaian alat penata rambut yang salah.
  • Jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk. Sebaiknya bungkus rambut dan tekan – tekan sampai air meresap ke handuk.
  • Selalu bawa produk perawatan rambut untuk mengatasi rambut kusut yang terjadi jika Anda sedang berada di luar rumah.
  • Jika cuaca berangin, ikat wambut menjadi ekor kuda.
  • Rajinlah memakai kondisioner pada rambut agar tidak kering. Manfaat kondisioner rambut juga sangat baik untuk perawatan rambut rusak.

Untuk rambut berminyak, disarankan menggunakan kondisioner pada bagian tengah hingga ke ujung rambut saja jika ingin mencegah rambut menjadi kusut. Mencoba mengurai rambut yang kusut memang akan terasa sakit, karena itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Bagi Anda yang terbiasa mengalami masalah rambut kusut, beberapa tips di atas bisa dicoba agar rambut Anda kembali lembut dan mudah diatur.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 07:27 Oleh :
Kategori : Rambut