14 Cara Mengatasi Rambut Patah Secara Alami

Rambut yang tidak sehat pasti sangat menjengkelkan bagi pemiliknya. Terutama rambut yang sangat mudah patah. Sangat sulit menata rambut yang sangat mudah patah dan rapuh. Terkadang bahkan sisiran sedikit saja sudah bisa membuat rambut berjatuhan. Apalagi mengikat rambut, akan memberi efek yang semakin buruk pada rambut rapuh. Rambut yang patah juga besar kemungkinannya untuk mengalami ujung yang bercabang.

Rambut yang patah merupakan bagian daripada masalah kerontokan rambut. Rontok terjadi karena rambut terlepas dari akarnya atau batang rambut patah begitu saja, dan ujung rambut yang patah ini biasanya menjadi bercabang. Banyak faktor dalam kehidupan sehari – hari yang bisa mempengaruhi rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Namun biasanya semua berakar dari cara perawatan yang salah.

Penyebab Rambut Mudah Patah

Apa saja  faktor yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi rapuh dan mudah patah, serta juga menjadi penyebab rambut bercabang? Coba kita simak beberapa hal berikut ini:

  • Kekurangan kelembaban dan minyak di kulit kepala

Pada kulit kepala diproduksi minyak untuk mempertahankan tingkat kelembaban tertentu pada rambut. Minyak ini akan melembabkan rambut dari akar ke ujung rambut. Kecepatan minyak ini menutrisi rambut tergantung dari jenis rambut masing – masing orang. Semakin keriting dan tebal rambut, proses melembabkan alaminya akan semakin lama. Bagaimanapun, walaupun kulit kepala memproduksi banyak minyak untuk melembabkan, mungkin saja proses itu diganggu oleh kegiatan keramas yang dilakukan setiap hari tanpa memberi manfaat conditioner rambut. Selain itu, cuaca dan aktivitas harian Anda juga bisa membawa pengaruh yang menyebabkan hilangnya kelembaban pada kulit kepala.

  • Proses Penataan Rambut yang Berlebihan

Hasil yang lazim terjadi dari proses penataan yang berlebihan adalah kerusakan rambut akibat panas. Bahkan, kerusakan akibat panas adalah penyebab utama dari rambut patah. Penggunaan berlebihan dari manfaat catok rambut, hair dryer dan alat lainnya menyebabkan ujung rambut terbakar dan mengalami perubahan tekstur. Yang dimaksud dari penataan rambut yang berlebihan bukan hanya karena menggunakan alat catok serta alat lainnya terlalu banyak, akan tetapi lebih disebabkan karena beberapa perlakuan proses kimia berbeda pada rambut.

  • Penggunaan Bahan Kimia

Tidak hanya satu penggunaan bahan kimia saja yang bisa memberikan efek buruk pada rambut, melainkan penggunaan beberapa perawatan kimia sekaligus. Misalnya melakukan proses smoothing atau rebonding, hair extension, dan cat rambut dalam waktu yang berdekatan. Semua penggunaan bahan kimia tersebut mempunyai bahaya tersebut bagi kesehatan rambut. Bahaya cat rambut dan bahaya smoothing rambut contohnya, turut menyumbang dalam menyebabkan rambut yang mudah patah.

  • Kebiasaan Makan yang Buruk

Kondisi tubuh kita tergantung dari apa yang kita makan atau asupan kita ke dalam tubuh sehari – hari. Jika kebiasaan makan tidak sebaik seharusnya,  maka selain mempengaruhi kesehatan tubuh, hal tersebut akan turut mempengaruhi kesehatan rambut. Makanan yang tinggi kandungan sodiumnya, yang terkandung di sebagian besar makanan cemilan dapat menyebabkan rambut patah dan rontok. Sedangkan makanan manis bisa menghalangi penyerapan protein dalam tubuh, yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang, gigi dan rambut. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe)

  • Stress

Segala masalah yang terjadi dalam kehidupan bisa membuat Anda stress. Dan perasaan stress itu akan terlihat dampaknya pada keadaan rambut. Stress bisa juga menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Orang yang sedang banyak pikiran bisa saja lalai merawat kondisi tubuhnya termasuk merawat rambut. Serta melakukan berbagai hal yang bisa membuat rambut rusak seperti menarik – narik atau menjambak rambut, kurang makan sehingga rambut pun mengalami kekurangan nutrisi, dan lain sebagainya.

  • Penyakit

Rambut yang patah dan rontok terkadang bisa menjadi tanda dari suatu gejala penyakit pada tubuh. Bisa jadi rambut yang mudah patah adalah sinyal dari tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi pada tubuh Anda.

Perawatan Sehari – hari Untuk Atasi Rambut Patah

Semua penyebab rambut patah di atas berguna agar Anda dapat mengetahui asal muasal yang menyebabkan rambut menjadi rapuh serta mudah patah. Agar rambut tidak bertambah buruk kondisinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut rusak yang mudah patah yaitu:

1. Perawatan Rambut Harian

Cobalah batasi perlakuan Anda terhadap rambut untuk awalnya. Misalnya mengurangi penataan yang berlebihan pada rambut. Hindari penataan dengan suhu panas dan blow dry sesering mungkin, atau menyisir rambut secara berlebihan setiap hari, juga keramas yang dilakukan setiap hari. Jika merasa kondisi rambut sangat berminyak dan perlu sering dibersihkan, gunakan sampo yang bisa sekaligus melembabkan rambut dan kulit kepala dan lakukan perawatan dengan cara alami untuk mengatasi penyebab rambut berminyak.

2. Jaga Asupan Makanan

Mengonsumsi makanan sehat memiliki beberapa keuntungan tersendiri bagi tubuh. Salah satunya adalah mendapatkan rambut yang sehat. Makanan yang mengandung banyak protein akan banyak membantu pemulihan rambut yang rusak karena mudah patah. Misalnya kacang merah, ikan salmon, dan bermacam kacang – kacangan lainnya. Kurangi makanan yang tinggi sodium dan gula. Jaga asupan air putih yang cukup setiap hari. (Baca Juga: Manfaat Air Hangat Untuk Wajah)

3. Temukan Cara Untuk Mengelola Stress

Dalam hidup, selalu ada resiko akan mengalami berbagai permasalahan.Temukanlah cara untuk bersikap santai dan rileks misalnya dengan mempelajari meditasi atau mempelajari yoga untuk menenangkan pikiran. (Baca Juga: Manfaat Olahraga untuk Kecantikan , Cara Merawat Wajah Agar Tetap Segar)

4. Pilih Produk Rambut yang Tepat

Hindari produk rambut yang mengandung mineral oil, yang akan berdampak kekeringan pada rambut. Gunakan produk yang dibuat khusus untuk tipe rambut Anda. (Baca Juga: Perawatan Rambut Rusak)

5. Istirahatkan Rambut

Jika Anda suka menata rambut dengan mengikat, mengepang, atau membentuk rambut menjadi sanggul dan bermacam gaya rambut lainnya, beri sedikit waktu untuk rambut agar bernapas dengan menggerai rambut sesekali. Biarkan rambut terbebas dari segala macam ikat mengikat dalam satu waktu agar tidak menjadi rapuh dan patah.

6. Potong Rambut Teratur

Jika ingin memanjangkan rambut, bukan berarti Anda tidak memotong rambut sama sekali. Merapikan rambut dengan memotong ujungnya setiap enam minggu sekali sangat dianjurkan untuk menghindari kerusakan rambut seperti rambut patah karena rapuh. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Mengembang)

Perawatan Alami Untuk Atasi Rambut Patah

Rambut yang rusak dan mudah patah sangat tidak disarankan untuk dirawat menggunakan bahan kimia. Karena itulah, maka lebih baik menggunakan perawatan yang alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut yang patah. Berikut adalah Cara Mengatasi Rambut Patah:

1. Madu

Begitu banyak manfaat alami madu bagi rambut. Salah satunya manfaat madu untuk rambut yang bisa mengatasi rambut yang bercabang dan patah. Cara memakainya hanya dengan mengoleskan madu mulai dari akar rambut sampai ke ujung rambut. Diamkan sampai terasa agak kering, lalu cuci sampai bersih. Madu juga dapat menjadi cara melembutkan rambut yang kasar.

2. Telur

Manfaat telur untuk rambut banyak sekali digunakan sebagai salah satu bahan untuk masker rambut. Perlu diperhatikan bahwa setiap selesai menggunakan masker berbahan telur, rambut harus dicuci dengan menggunakan sampo yang berbahan ringan, misalnya sampo bayi. Ada beberapa cara membuat masker telur untuk rambut yang patah, yaitu:

  • Cara pertama yaitu menggunakan kuning telur, minyak zaitun dan madu. Manfaat masker kuning telur dapat digunakan untuk merawat rambut yang sering patah. Tambahkan satu kuning telur dengan tiga sendok makan minyak zaitun dan satu sendok madu. Aduk sampai rata, lalu pakai di seluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan shower cap, biarkan selama satu jam atau lebih. Kemudian cuci rambut dengan sampo. Selain itu, ada juga manfaat kuning telur untuk wajah.
  • Cara kedua dengan mencampurkan dua butir telur, setengah cup full fat yogurt, dan satu setengah sendok makan minyak almond. Aduk semuanya sampai rata, lalu gunakan pada kulit kepala dan rambut. Jika sudah terasa agak kering, segera bersihkan dengan keramas sampai bersih. Manfaat Almond untuk rambut bisa memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut patah dan rapuh.
  • Pada cara ketiga, campurkan tiga butir telur, satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu sampai rata. Pakai campuran ini ke kulit kepala dan seluruh rambut. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan dengan cara keramas. Tidak hanya seluruh bagian telur, ada pula manfaat putih telur untuk rambut rusak.
  • Cara terakhir menggunakan bahan – bahan seperti tiga butir telur, satu sendok makan cuka, satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan minyak kelapa. Semua bahan dicampur sampai rata lalu dipakai ke rambut dan kulit kepala. Biarkan sampai meresap, tutup rambut kira – kira selama setengah jam. Kemudian cuci rambut dengan sampo. Manfaat cuka untuk rambut bisa membersihkan rambut dan membuat rambut menjadi berkilau. Gunakan juga manfaat putih telur untuk rambut.

3. Pepaya

Manfaat pepaya untuk rambut jika dicampur dengan yogurt bisa menjadi cara mengatasi rambut bercabang. Campur pepaya dengan yogurt tawar secukupnya, aduk sampai merata. Lalu pakai di kulit kepala dan rambut, biarkan sekitar setengah jam sambil menutup rambut dengan shower cap. Keramas rambut sampai bersih sesudahnya.

4. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa dapat sangat berkhasiat untuk merawat rambut yang rusak, bercabang, pecah dan mudah patah. Gunakan minyak kelapa pada rambut sebagai kondisioner pada malam hari sebelum tidur. Sesuaikan pemakaian dengan panjang pendeknya rambut. Keesokan harinya cuci rambut sampai bersih.

5. Minyak Zaitun, Mayones dan Cuka

Minyak zaitun memiliki khasiat untuk melembabkan rambut, mayones akan memberikan rambut kilau serta merawat rambut dengan cara membuat rambut lembut, sedangkan cuka bisa mencegah rambut kusut. Campur ketiga bahan secukupnya sesuaikan dengan panjang rambut, lalu oleskan ke rambut sampai merata. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air berkarbonasi. Jika tidak ada, cukup dengan air biasa. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

6. Alpukat, Pisang dan Minyak Almond

Masker alpukat bisa menjadi cara mengatasi kulit kepala kering. Pisang akan mengurangi rambut bercabang dan melembutkan rambut. Dicampur dengan manfaat almond untuk  rambut, ketiga bahan ini akan berguna mengatasi rambut yang rapuh dan mudah patah. Hancurkan satu buah alpukat yang telah dikerok, satu buah pusang, dan setengah sendok teh minyak almond.

7. Bawang

Kaya akan kandungan sulfur, bawang bisa digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan helai – helai rambut. Gosokkan bawang yang telah dikupas dan dipotong ke kulit kepala, biarkan beberapa saat lalu keramas rambut sampai bersih. Selain untuk rambut, ada pula manfaat bawang merah untuk alis.

8. Lidah Buaya

Untuk kesekian kalinya, manfaat lidah buaya untuk rambut bisa digunakan, yaitu manfaat aloe vera untuk rambut yang bisa merawat rambut yang rapuh dan mudah patah. Lidah buaya sangat baik untuk memberi kilau pada rambut, melembabkan, dan melembutkan. Campur empat sendok makan lidah buaya dan tiga sendok makan yogurt, gunakan ke rambut sampai rata dan biarkan sekitar 20-30 menit. Cuci rambut sampai bersih seperti biasa setelahnya. (Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan , Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah)

Sebagian besar penyebab rambut yang patah adalah karena kondisi rambut yang kurang terawat atau justru perawatan yang tidak benar. Oleh karena itu usahakanlah untuk telaten merawat rambut secara rutin untuk menghindari kerusakan rambut yang membuat rambut menjadi mudah patah.