8 Manfaat Pepaya Untuk Rambut – Daun dan Biji

Pernahkah Anda  mendengar nama carica papaya? Ya, nama itu tak lain adalah buah tropis yang biasa kita sebut dengan pepaya saja. Warnanya yang oranye kemerahan mampu menerbitkan air liur bila mengingat rasanya yang manis dan segar. Bagian dari  pepaya yang bisa dimanfaatkan adalah buah dan bunganya yang dimasak menjadi sayuran dalam keadaan muda, begitu juga daunnya yang juga sering dibuat sebagai pelunak daging berkat enzim papain yang terkandung di dalamnya. Kalau sudah matang pepaya dapat dimakan langsung sebagai pencuci mulut atau dibuat rujak.

Di dalam buah pepaya banyak terkandung gizi yang baik dan lengkap bagi tubuh. Antara lain Vitamin A, B, C, Niacin, Riboflavin, Kalium, Lemak, Karbohidrat, Kalori, Zat Besi , Fosfor dan Kalsium, Karoten, Flavonoid. (Manfaat masker buah lainnya untuk rambut: manfaat masker alpukat untuk rambut, manfaat anggur untuk rambut, manfaat alpukat untuk rambut rontok)

Berikut ini manfaat pepaya untuk rambut :

1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Kandungan Magnesium  pada pepaya membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat ini, yang akan membantu memperkuat akar rambut dan mengurangi jumlah rambut rontok. (Perawatan rambut rontok, baca juga: manfaat urang aring untuk rambut, manfaat jeruk nipis untuk rambut, manfaat hair mask untuk rambut)

2. Mengatasi Ketombe

Karena kandungan alaminya, pepaya dipercaya bisa membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menempel. Salah satu penyebab ketombe adalah jamur di kulit kepala. Pepaya memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti radang sehingga ketombe bisa ditanggulangi sebelum terlalu parah dan menginfeksi kulit kepala. Ada beberapa ramuan yang bisa dibuat :

  1. Pertama hancurkan setengah buah pepaya dengan bijinya sekaligus sampai tercampur merata. Pijatkan ke kulit kepala dan seluruh rambut,biarkan selama satu jam. Kemudian keramas dengan sampo seperti biasa.
  2. Cara kedua yaitu membuat masker pepaya mentah yang dicampur dengan yoghurt.
  3. Ketiga, campuran pepaya, air jeruk, air lemon dan madu juga dapat membantu mengatasi masalah ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala.

(Baca juga: manfaat cuka apel untuk rambut, cara mengatasi rambut kering)

3. Sebagai Kondisioner

Kandungan Vitamin A dapat membantu memberikan kelembaban alami pada rambut sehingga rambut terhindar dari kekeringan. Campur pepaya, pisang, yoghurt dan minyak kelapa secukupnya kemudian dihancurkan hingga tercampur rata. Oleskan campuran ke kulit kepala dan rambut lalu dibungkus dengan handuk panas selama kira – kira setengah jam, lalu bilas dan keramas dengan sampo hingga bersih.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak bercabang, manfaat pisang untuk rambut)

4. Meluruskan Rambut

Pepaya dicampur pisang dan madu, dihancurkan hingga tercampur rata, lalu oleskan mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan hingga agak kering lalu cuci rambut dengan sampo menggunakan air dingin. Lakukan minimal satu atau dua kali seminggu. (Baca juga: penyebab rambut keriting, cara meluruskan rambut secara alami)

5. Menghitamkan Rambut

Kandungan Kalium atau Potasium yang bermanfaat dalam pertumbuhan jaringan, pembentukan sel-sel tubuh baru membantu memulihkan atau menggantikan rambut yang rontok dengan pertumbuhan rambut baru. (Baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami)

6. Membantu Pertumbuhan Rambut

Zat Niacin atau Vitamin B3 dalam pepaya berfungsi memperbesar pembuluh darah kapiler sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Hal ini tentu akan mendorong pertumbuhan rambut yang bagus. (Baca juga: cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak)

7. Memperkuat Akar Rambut

Vitamin C dalam pepaya berkhasiat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga nutrisi dari apa yang kita konsumsi juga dapat tersalurkan ke akar rambut melalui pembuluh darah. Kecukupan nutrisi yang diterima akar rambut akan memperkuatnya sehingga rambut akan tumbuh baik tanpa ada masalah rambut bercabang, rontok atau patah. Rambut akan terlihat berkilau alami.

Campurkan pepaya dengan santan dan madu, baik untuk dioleskan ke seluruh kepala dan rambut terutama di ujung rambut yang bercabang. Biarkan 30 manit, kemudian bilas tanpa menggunakan sampo. (Baca juga: cara merawat rambut rontok dan kering, penyebab kerusakan pada rambut, penyebab rambut bercabang)

8. Dibuat Sampo

Ekstrak atau ampas pepaya sering digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan rambut dan sampo. Untuk diingat, bahwa pepaya juga dapat memicu reaksi alergi kepada orang yang sensitif terhadap zat latex atau papain. Jadi sebaiknya pastikan dulu ya apakah Anda mempunyai alergi atau tidak sebelum mencobanya.

(Baca juga: manfaat cuci rambut setiap hari, manfaat buah apel untuk kesehatan rambut, manfaat kulit apel untuk rambut)

Bagian Pepaya yang Bermanfaat Untuk Rambut Lainnya

Ternyata, hampir seluruh bagian dari tanaman pepaya bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk perawatan rambut. Berikut ini manfaat bagian \\tanaman pepaya untuk perawatan rambut dan cara membuat ramuan masker rambut :

  • Daun

Daun pepaya bisa dibuat menjadi bubuk daun pepaya yang bisa digunakan sebagai kondisioner rambut. Ambil daun secukupnya lalu cuci dan dijemur selama 2-3 hari sampai menjadi kering. Setelah kering, hancurkan dan simpan di dalam  toples. Rebus seukuran satu sendok makan hingga mendidih dan keluar ekstraknya, setelah dingin bisa dipakai ke rambut sebagai kondisioner. (Baca juga: manfaat mengkudu untuk rambut, cara merawat rambut agar cepat panjang)

  • Biji

Anda tentu familier dengan biji – biji kecil berwarna hitam yang ada di dalam buah pepaya. Biasanya ketika akan dimakan biji tersebut dibuang. Namun ternyata biji pepaya ini memiliki khasiat yang sangat baik lho bagi kesehatan tubuh. Sudah pasti mempunyai manfaat untuk kecantikan juga. Kandungan glucoside cacirindan karpain dalam biji pepaya bisa membantu menghitamkan rambut. Untuk menggunakannya, caranya dengan disangrai terlebih dulu sampai kering, lalu ditumbuk hingga halus.

Setelah itu dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Lalu  cuci rambut dengan sampo.Buah pepaya juga bisa diaplikasikan sebagai masker rambut. Caranya dihaluskan kemudian dipakai ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit lalu bilas dan cuci rambut Anda. Pepaya bisa menghaskan rambut dan membuatnya berkilau.

(Baca juga: manfaat seledri untuk rambut, manfaat kopi untuk rambut, manfaat madu untuk kesehatan rambut)