31 Cara Agar Bulu Mata Lentik dan Lebat

Bulu mata yang lentik menjadi tujuan setiap wanita ketika merias bagian mata. Sedikit lengkungan yang membuat bulu mata menjadi lentik memang akan mempengaruhi penampilan mata dan wajah secara keseluruhan, memberi kesan mata lebih tegas dan cantik. Wanita yang memiliki bulu mata lentik secara alami sejak lahir tentu akan sengat beruntung karena tidak perlu mencari cara untuk melentikkan bulu matanya sepanjang waktu.

Bulu mata memang dapat berbeda – beda bentuk dan teksturnya pada setiap orang, tergantung pada asal genetika mereka. Namun selalu ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat bulu mata terlihat lentik dan melengkung dengan indah. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk membuat bulu mata terlihat lentik:

Menggunakan Sendok Agar Bulu Mata Lentik

Konon cara menghilangkan kantung mata yang unik adalah cara menghilangkan kantung mata dengan sendok. Tahukah Anda bahwa sendok ternyata juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk digunakan melentikkan bulu mata? Beginilah caranya membuat bulu mata lentik dengan menggunakan sendok:

  1. Siapkan sendok yang bersih

Gunakan sendok teh ukuran biasa untuk melentikkan bulu mata. Sendok teh memiliki lengkungan yang ukurannya mendekati lengkungan mata. Pastikan sendok yang digunakan bersih.

  1. Panaskan sendok

Sebelum digunakan untuk membuat bulu mata menjadi lentik, panaskan dulu sendok tersebut. Anda dapat merendamnya di air panas atau menyiramnya dengan air panas dari keran sampai panasnya terasa cukup. Keringkan sendok setelah panas.

  1. Pegang sendok di depan kelopak mata

Posisikan sendok secara mendatar dan tekan dengan lembut kepada kelopak mata dengan lengkungan sendok menghadap keluar dan bagian bawah sendok menekan bulu mata.

  1. Tekan bulu mata menggunakan sendok

Gunakan jari untuk menekankan sendok ke bulu mata. Tahan dalam posisi tersebut selama sekitar tiga puluh detik. Jika masih kurang lentik, ulangi prosesnya selama tiga puluh detik lagi. Anda juga bisa menggunakan teknik ini pada bulu mata bawah. Untuk mata yang satu lagi, sendok perlu dihangatkan kembali.

  1. Gunakan Maskara

Pada bulu mata yang sudah lentik, gunakan maskara. Kemudian sisir bulu mata saat maskara masih basah agar lentiknya tahan lebih lama serta bulu mata tidak menggumpal.

Menggunakan Cotton Bud Agar Bulu Mata Lentik

Kapas berbatang yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga juga memiliki banyak manfaat selagi kita merias wajah. Kapas ini bisa digunakan untuk membuat bulu mata agar lentik. Cara menggunakan cotton bud untuk bulu mata yaitu:

  1. Gunakan maskara kepada bulu mata Anda seperti biasa. Gunakan satu atau dua lapisan sesuai keperluan Anda. Segera lanjutkan ke tahap kedua sebelum maskara menjadi kering. Sebaiknya lakukan satu persatu pada tiap mata.
  2. Gunakan bagian batang cotton bud untuk mendorong bulu mata kearah atas agar lentik. Tahan dengan arah mendatar sepanjang arah bulu mata sampai menjadi lentik. Jika Anda memiliki masalah mata panda, atasi penyebab mata pandadengan manfaat teh basi untuk wajah yang bisa mengompres bagian hitam pada bawah mata sebagai cara alami menghilangkan mata panda.
  3. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih tiga puluh detik. Selama waktu ini maskara akan menjadi kering dan membuat bulu mata bertahan pada bentuk yang lentik.
  4. Keringkan bulu mata menggunakan hair dryer dengan setelan hangat. Jaga jarak beberapa centimeter dari wajah Anda. Mengeringkan maskara dengan hair dryer membantu bentuk bulu mata yang lentik bertahan lebih lama. Jangan gunakan setelan yang terlalu panas karena bisa mencederai mata Anda. Tidak perlu menggunakan cara ini jika Anda merasa sudah puas dengan hasil sebelumnya.
  5. Ulangi langkah – langkahnya dengan bulu mata bagian bawah dan mata Anda yang satu lagi. Perhatikan juga 3 jenis eyeliner wardahyang dapat Anda pilih untuk melengkapi pemakaian maskara pada bulu mata dan cara agar eyeliner tidak luntur, dan juga tips memakai eye shadow dengan benar.

Menggunakan Jari Agar Bulu Mata Lentik

Membuat bulu mata agar lentik pun bisa menggunakan jari Anda sendiri. Bagaimana caranya? Coba simak langkah – langkah berikut ini:

  1. Mulailah tanpa menggunakan maskara dalam keadaan bulu mata bersih. Hal ini bertujuan agar mata tidak kotor karena ternoda oleh maskara yang dipakai sebelumnya. Sebaiknya lakukan cara menghilangkan kerutan di mataatau cara menghilangkan kerutan di bawah mata sebelum merias mata, agar mata Anda tampak makin indah.
  2. Gosok – gosokkan kedua tangan Anda dan jari agar hangat selama beberapa menit atau rendam di dalam air hangat.
  3. Dorong bulu mata kearah atas menggunakan jari dan tahan posisi tersebut selama tiga puluh detik. Ulangi cara ini dengan bulu mata bagian bawah dan mata yang lain.
  4. Gunakan dua lapis maskara untuk mempertahankan kelentikannya. Gerakkan hati – hati dari akar sampai ujung bulu mata. Sisir bulu mata dengan hati – hati agar tidak merusak lengkungannya.

Menggunakan Lidah Buaya Agar Bulu Mata Lentik

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan antara lain untuk menjadi cara melentikkan bulu mata atau cara membuat bulu mata lentik secara alami. Lidah buaya juga dapat menjadi cara memanjangkan bulu mata secara alami. Cara menggunakan lidah buaya untuk bulu mata agar lentik yaitu:.

  1. Ambil sedikit gel lidah buaya ke ujung jari Anda. Gosokkan di ujung jari menggunakan jempol dan jari agar menjadi sedikit hangat dan tidak menggumpal.
  2. Oleskan gel lidah buaya ke bulu mata. Tempelkan jempol ke bawah mata dan pelan – pelan lakukan gerakan menutup mata yang menekan bulu mata ke arah jempol. Pegang bulu mata diantara dua jari dan oleskan lidah buaya dengan lembut.
  3. Dorong bulu mata ke arah atas untuk membuatnya lentik. Tempatkan jari telunjuk di bawah bulu mata dan dorong ke arah atas. Tahan posisi tersebut selama sekitar tiga puluh detik selama lidah buaya mengering. Ulangi dengan bulu mata bagian bawah dan mata Anda yang lain.
  4. Lengkungan bulu mata akan bertahan lebih lama bila Anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkan lidah buaya sambil ditahan dengan jari. Ingatlah untuk menggunakan setelan hangat saja dan bukan yang panas.
  5. Setelah lidah buaya mengering, Anda bisa mengaplikasikan maskara untuk membuatnya tampak lebih tebal. Untuk menghilangkan kantung mata, anda dapat menggunakan manfaat timun untuk mata dan wajah sebagai cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari atau cara menghilangkan kantung mata yang kendur.

Menggunakan Maskara Agar Bulu Mata Lentik

Dengan bantuan maskara, bulu mata wanita dapat terlihat lentik dan memesona sehingga dapat memberi kesan lebih pada mata. Maskara juga dapat menjadi cara menebalkan bulu mata. Berikut ini ada beberapa trik menggunakan maskara yang bisa melentikkan bulu mata dengan efektif:

  1. Bengkokkan sikat maskara

Anda tentu merasakan bahwa agak sulit mengaplikasikan maskara dengan batang sikat yang lurus sehingga harus dilakukan dengan gerakan menyamping. Gerakan tersebut sedikit membuat kikuk karena tangan kita pun harus terangkat kesamping untuk memakai maskara tersebut. Cobalah membengkokkan bagian sikat maskara dengan hati – hati untuk mengaplikasikannya ke bagian bulu mata. Posisi sikat maskara ini akan mempermudah pemakaian ke bulu mata dan menjangkau bagian yang sulit. berhati – hatilah agar tidak patah saat Anda mencoba membengkokkan bagian sikatnya.

  1. Gunakan tisu 

Pada maskara yang baru dibuka seringkali terdapat gumpalan cairan yang berlebih, yang juga dapat menyebabkan gumpalan ketika diaplikasikan ke bulu mata Anda. Gunakan tisu untuk menyerap kelebihan cairan maskara sebelum memakainya ke bulu mata.

  1. Perhatikan tekniknya

Gunakan maskara dengan gerakan zig zag ke kiri dan kanan pada akar bulu mata untuk mempertahankan kelentikannya lebih lama. Mengaplikasikan maskara yang lebih tebal di bagian akar bulu mata dan lebih tipis di ujungnya merupakan cara yang lebih baik untuk mempertahankan bulu mata yang lentik.

  1. Gunakan dua jenis maskara

Maskara anti air lebih sulit untuk dibersihkan tapi sangat bagus untuk mempertahankan bulu mata yang lentik lebih lama. Solusinya, gunakan maskara biasa lebih dulu lalu lapisi dengan maskara anti air.

  1. Lapisi kedua sisi

Agar bulu mata terlihat lentik dan juga tebal, aplikasikan maskara kepada kedua sisi atas dan bawah bulu mata. Dengan demikian kedua sisi akan terlapisi maskara secara utuh dan terlihat tebal. Jika Anda memiliki kantung mata, coba atasi dengan cream untuk menghilangkan kantung mata atau cara menghilangkan kantung mata dengan es batu.

  1. Rendam maskara lebih dulu

Bila maskara menggumpal, Anda dapat merendamnya lebih dulu di dalam gelas berisi air panas. Cara ini juga dapat membuat maskara lebih mudah diaplikasikan. Maskara juga dapat menjadi salah satu cara make up natural untuk wajah bulat yang cocok, selain itu Anda juga perlu tahu cara memakai eye liner agar tidak luntur.

  1. Gunakan bedak tabur

Bedak tabur berguna untuk membuat maskara tetap menempel dengan baik di setiap pulasan pada bulu mata. Oleskan satu lapis maskara lalu lapisi dengan bedak tabur, dan oleskan lagi maskara di atas lapisan bedak tabur tersebut.

Trik Lainnya

Ada juga beberapa trik make up yang bisa Anda gunakan untuk melentikkan bulu mata yaitu:

  1. Gunakan sikat gigi 

Jika Anda tidak memiliki sikat maskara, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menyisir bulu mata agar tidak menggumpal dan tampak rapi. Gunakan sikat gigi yang bersih, karena sikat gigi bekas beresiko kepada iritasi dan infeksi.

  1. Gunakan maskara sambil melentikkan bulu mata

Anda dapat membuat bulu mata tampak lentik lebih lama dengan menggunakan maskara pada saat bulu mata dilentikkan. Ketika menjepit bulu mata menggunakan pelentik bulu mata, oleskan maskara ke bulu mata yang sedang dijepit tersebut.

  1. Panaskan pelentik bulu mata

Anda juga dapat menggunakan hair dryer pada pelentik bulu mata agar hangat. Cara ini juga bisa mempertahankan bentuk bulu mata, membuat bulu mata tampak lentik lebih lama. Sebelumnya pastikan jika pelentik bulu mata tersebut tidak terlalu panas.

  1. Trik agar lebih lentik

Gerakkan pelentik bulu mata agar hasilnya tampak lebih lentik lagi. Jepit bulu mata seperti biasa, lalu lepaskan. Tempatkan penjepit bulu mata agak ke atas sekitar posisi tengah sejajar mata, lalu jepit kembali. Lepaskan, pindahkan posisi penjepit ke arah atas mata lalu jepit kembali.

  1. Vaseline

Sebenarnya bukan hanya vaseline yang dapat melapisi bulu mata sebelum menggunakan penjepit bulu mata, namun Anda juga dapat menggunakan merk lain yang sama fungsinya. Lapisi bulu mata dengan bahan ini lalu gunakan penjepit bulu mata untuk melentikkannya.

Pada dasarnya apapun teknik yang Anda pilih baik menggunakan cara alami atau beberapa tips dan trik make up, semuanya dapat berguna untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik. Di salon – salon kecantikan bahkan telah banyak yang menawarkan layanan melentikkan bulu mata secara permanen. Adalah tergantung kepada Anda untuk menentukan metode mana yang lebih cocok dan berhasil untuk dilakukan sehari – hari agar bulu mata tampak semakin cantik.