12 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami dan Cepat

Memiliki bulu mata yang lentik tentu menjadi keinginan para wanita karena tidak perlu lagi repot menggunakan berbagai macam peralatan bila sudah mempunyai bulu mata yang lentik secara alami. Mata akan semakin tampak indah dengan bulu mata yang lentik. Namun tidak semua wanita diberi anugerah berupa bulu mata yang lentik dan cantik. Beberapa wanita memiliki bulu mata yang tebal tetapi lurus. Ada juga yang bulu matanya tipis sehingga sulit dilentikkan dengan penjepit bulu mata.

Mengapa Bulu Mata Kurang Indah ??

Bulu mata yang tidak lentik akan membuat penampilan mata kurang indah. Ada beberapa penyebab mengapa bulu mata tidak tumbuh dengan lentik, yaitu:

  1. Faktor usia – Memasuki usia 30 tahun keatas, tubuh akan mulai menampakkan tanda – tanda penuaan. Tanda penuaan ini bisa dimulai dari kerontokan rambut, alis dan bulu mata yang menjadi tipis. Ini terjadi karena penurunan kinerja hormon penumbuh rambut dalam tubuh.
  2. Faktor Keturunan – Bulu mata yang lentik bisa diperoleh dari faktor genetis. Jika kita memiliki orang tua yang bulu matanya lentik, maka kemungkinan besar kita juga akan memiliki bulu mata yang lentik secara alami.
  3. Kosmetik – Bila kita menggunakan kosmetika secara berlebihan pada mata, maka efek sampingnya bisa jadi berpengaruh kepada pertumbuhan bulu mata. Misalnya bulu mata akan dapat mengalami kerontokan sehingga menjadi tipis dan tidak lentik lagi.
  4. Kurang Nutrisi – Bulu mata akan tumbuh dengan sehat dan lentik bila tubuh mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi yang akan menyokong pertumbuhannya. Kita memerlukan asupan vitamin E, asam folat dan asam amino agar bulu mata tumbuh dengan baik.
  5. Menggosok Mata – Kondisi bulu mata akan menjadi rapuh dan mudah rontok bila kita sering menggosok mata ketika terasa gatal, apalagi jika menggosoknya dengan keras dan kencang.

Dengan Bahan Alami

Mungkin ada di antara kaum wanita yang ingin membuat bulu matanya lentik dalam jangka waktu yang lama dan tidak usah berulang – ulang menggunakan penjepit bulu mata. Beberapa cara berikut ini bisa dicoba secara rutin untuk membuat bulu mata menjadi lentik lebih lama:

1. Minyak Zaitun

Mengandung vitamin E, tidak hanya ada manfaat minyak zaitun untuk rambut anak saja tetapi minyak zaitun juga bisa menjadi bahan untuk cara melentikkan bulu mata. Cara memakainya sederhana, cukup mengoleskan minyak zaitun ke bulu mata lalu biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya menggunakan air.

2. Minyak Kastor

Minyak kastor atau minyak jarak dikenal sebagai cara menghilangkan tahi lalat dan cara menghilangkan tompel secara alami. Oleskan minyak ini secara merata pada bulu mata kemudian biarkan dulu semalaman. Bilas keesokan harinya sambil mencuci muka dengan air ketika bangun tidur.

3. Madu

Banyak orang yang menggunakan manfaat madu dalam perawatan kecantikan, salah satunya sebagai cara menghilangkan bibir hitam dan cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat. Cara menggunakan madu untuk membuat bulu mata menjadi lentik adalah seperti ini:

  • Oleskan madu ke bulu mata sampai rata.
  • Biarkan selama tiga puluh menit atau sampai kering lalu bilas.
  • Gunakan madu murni agar khasiatnya lebih terasa.
ads

4. Susu

Manfaat susu untuk rambut didapat dari kandungan berbagai vitamin, fosfor serta kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Susu bisa menjadi cara membuat bulu mata lentik secara alami. Cara menggunakan susu untuk membuat bulu mata lentik yaitu:

  • Ambil susu murni secukupnya, untuk bulu mata cukup sedikit saja.
  • Kocok dulu sampai berbuih lalu pakaikan pada bulu mata.
  • Tunggu sampai kering dan bilas.

Gunakan juga manfaat susu untuk kulit yang bisa memutihkan dan menghaluskan kulit sehingga tampak dan terasa seperti kulit bayi lagi.

5. Telur Udang

Protein diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut. Pada telur udang mengandung protein yang lebih tinggi daripada daging sapi, karena itulah telur udang baik untuk pertumbuhan rambut termasuk juga bulu mata yang merupakan bagian dari rambut yang ada di tubuh kita. Cara memakai telur udang untuk bulu mata yaitu:

  • Telur udang sungai yang berwarna hijau dipecahkan dan ambil isinya, oleskan pada bulu mata.
  • Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian bilas.
  • Bau amis dari telur udang ini memang cukup menyengat, karena itu mungkin kita harus mencucinya beberapa kali agar hilang.

6. Kemiri

Kemiri lebih dikenal sebagai bahan untuk merawat rambut. Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak telah banyak digunakan untuk merawat rambut yang mengalami kerontokan dan kebotakan. Cara melebatkan bulu mata juga merupakan salah satu manfaat dari kemiri, begitu juga dengan membuat lentik bulu mata Anda. Cara menggunakan kemiri sebagai bahan untuk melentikkan bulu mata yaitu:

  • Ambil sedikit minyak kemiri dalam jumlah yang secukupnya saja.
  • Oleskan ke bulu mata secara merata, dari bagian dalam dan luar.
  • Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air.

Manfaat kemiri untuk alis mata juga bisa dicoba untuk menebalkan alis yang bisa membingkai mata dengan indah, seperti juga bulu mata yang lentik.

7. Teh Hijau

Orang – orang lebih mengetahui manfaat teh hijau untuk rambut. Namun, teh hijau juga bisa bermanfaat untuk melentikkan bulu mata, sekaligus menebalkannya. Cara menggunakan teh hijau untuk bulu mata yaitu seperti ini:

  • Tumbuk daun teh hijau secukupnya.
  • Tambahkan sedikit air hangat, campur sampai merata.
  • Celupkan pada kapas dan oleskan pada bulu mata menggunakan kapas tersebut.
  • Biarkan sampai agak mengering lalu bilas dengan air bersih.

Manfaat teh untuk perawatan kecantikan ada banyak, diantaranya manfaat teh untuk rambut dan manfaat teh untuk wajah yang bisa dicoba sebagai alternatif perawatan kecantikan Anda.

8. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan biasanya digunakan untuk perawatan rambut dan wajah. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk membuat bulu mata semakin lentik secara alami. Cara menggunakan lidah buaya untuk melentikkan bulu mata yaitu:

  1. Potong dan kupas tanaman lidah buaya secukupnya.
  2. Ambil sedikit gel lidah buaya segar. Gosokkan jari tengah dan jempol agar gelnya sedikit hangat.
  3. Tutup mata, jepit bulu mata dengan jari telunjuk dan jempol yang sudah dilumuri gel.
  4. Gosokkan gel dengan perlahan beberapa kali pada bulu mata sampai rata.
  5. Biarkan mengering dan tekan telunjuk pada bulu mata ke arah atas sampai lentik.
  6. Lakukanlah cara yang sama pada mata yang lain dan bulu mata bagian bawah.

Selain untuk membuat bulu mata lentik, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan membuatnya menjadi bahan masker wajah.

9, Sendok

Tidak hanya cara menghilangkan kantung mata dengan sendok, bisa juga melentikkan bulu mata dengan menggunakan sendok. Beginilah cara menggunakan sendok untuk melentikkan bulu mata:

  1. Siapkan sendok yang bersih. Gunakan sendok teh dan bukan sendok makan, sesuaikan ukurannya dengan mata kita, agar lengkungan sendok bisa dicocokkan dengan lengkungan kelopak mata kita.
  2. Panaskan sendok terlebih dulu dengan mencuci sendok menggunakan air panas . Sendok yang panas akan membuat bentuk bulu mata lebih tahan lama. Efeknya mirip seperti jika kita menggunakan alat penata rambut.
  3. Tempelkan sendok tersebut pada kelopak mata dalam posisi horizontal atau menyamping. Tekan bagian sendok yang cembung pada kelopak mata dan bagian cekungnya mengarah ke bagian luar mata. Tekan sejajar tepi sendok dengan garis mata atas.
  4. Kemudian tekan bulu mata dengan sisi sendok yang cembung selama tiga puluh detik. Cara ini juga bisa dilakukan pada bulu mata bagian bawah.
  5. Panaskan sendok kembali untuk mata yang satu lagi. Jika bulu mata tampak kurang lentik, ulangi kembali cara diatas selama tiga puluh detik lagi.
  6. Aplikasikan maskara ke bulu mata yang sudah lentik. Gunakan sisir bulu mata untuk meratakan pemakaiannya.

Supaya mata semakin cantik, atasi juga penyebab kantung mata hitam dan penyebab mata panda yang membuat mata tampak lelah serta tidak segar. Mata yang segar akan sangat serasi dengan bulu mata yang lentik dan alis tebal.

Sponsors Link

10. Cotton Bud

Cotton bud adalah alat yang biasa kita gunakan untuk membersihkan telinga. Ternyata cotton bud juga mempunyai kegunaan untuk cara melentikkan bulu mata. Berikut ini adalah cara memakainya:

  1. Pakai maskara di mata seperti biasa, jangan sampai mengering.
  2. Posisikan korek kuping dengan arah horizontal di sepanjang garis bawah bulu mata.
  3. Gunakan batangnya untuk mendorong helai – helai bulu mata ke arah atas. Tekan sampai bulu mata menjadi lentik.
  4. Biarkan selama tiga puluh detik atau sampai maskara mengering.
  5. Lakukan hal yang sama pada bulu mata bagian bawah dan mata yang satu lagi.

Jika Anda memiliki kantung mata, lakukan juga cara menghilangkan kantung mata dan cara menghilangkan kerutan di mata agar penampilan mata semakin cantik dan cerah dengan bulu mata lentik dan mata yang segar.

Menggunakan Kosmetik

Beberapa bahan kosmetik yang biasa digunakan untuk merawat kecantikan juga bisa menjadi alat untuk membuat bulu mata menjadi lentik. Berikut ini adalah bahan dan caranya:

1. Petroleum Jelly

Bahan ini banyak ditemukan pada toko yang menjual kosmetik dalam berbagai merk, salah satunya adalah vaseline. Merk lain juga bisa digunakan dengan tujuan sama, hanya pastikan kandungannya saja berupa petroleum jelly. Cara memakainya yaitu dengan mengoleskan sedikit di bulu mata, lalu biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya dengan air sambil mencuci muka. Manfaat vaseline petroleum jelly untuk alis juga bisa dicoba untuk menebalkan dan merawat alis.

2. Bedak Bayi

Bedak milik si kecil juga bisa digunakan untuk membuat bulu mata lentik lebih lama. Cara menggunakannya adalah:

  • Pakai maskara seperti biasa pada bulu mata.
  • Tuangkan bedak bayi sedikit di telapak tangan, pakai ke bulu mata menggunakan kuas maskara.
  • Pakai lagi maskara setelah memakai bedak bayi.

Sebelum mendandani bulu mata,  sebaiknya lakukan juga perawatan mata dengan cara menghilangkan kantung mata dengan es batu dan menggunakan cream untuk menghilangkan kantung mata agar penampilan mata sesuai dengan bulu mata yang sudah lentik.

Merawat bulu mata agar lentik memang agak berisiko arena letaknya yang persis dekat dengan mata. Jadi bila kurang berhati – hati, salah satu bahan yang Anda pilih ini akan masuk ke mata dan menyebabkan mata terasa pedih bahkan teriritasi jika masuk dalam jumlah banyak. Pastikan selalu memejamkan mata sebelum mengoleskan bahan – bahan tersebut ke bulu mata dan ketika membersihkan, kemudian buka mata ketika sudah kering. Juga selalu bersihkan bekas – bekas maskara dengan tuntas agar bulu mata selalu dalam keadaan bersih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 04:34 Oleh :
Kategori : Mata