6 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dalam 3 Hari Paling Cepat

Memiliki wajah yang cantik selalu menjadi idaman setiap wanita. Setiap usaha dilakukan oleh wanita agar wajah terlihat bersih, cantik dan menarik. Bahkan tidak jarang banyak wanita yang rela mengeluarkan kocek yang cukup mahal untuk menjaga penampilan wajahnya tetap cantik. Begitu pula bila timbul kantung mata di wajah, tepatnya di bawah mata. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan kita sehingga wajah menjadi terlihat lesu, kurang cerah, dan kurang menarik dipandang mata. (baca juga : cara menjaga penampilan diri wanita)

Sebenarnya kantung mata  ini merupakan penggelembungan kulit  di bawah mata. Hal ini terjadi karena adanya pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di daerah sekitar mata. Penumpukan cairan yang menyebabkan munculnya kantung mata ini sifatnya sementara atau yang disebut juga dengan edema periorbital. Tetapi bila kantung mata disebabkan oleh penuaan atau karena genetik maka sifatnya bisa lebih lama.

Sebenarnya kantung mata yang sifatnya sementara ini merupakan gangguan kesehatan ringan, yang biasanya bisa hilang sendiri. Tetapi bila kantung mata tidak bisa hilang dengan sendirinya, maka perlu dilakukan dengan melakukan perawatan. Apalagi kalau Anda harus tampil cantik dalam waktu beberapa hari ke depan, sementara masih ada kantung mata di area bawah mata. Pastinya Anda ingin agar kantung mata hilang dengan cepat. Berikut ini adalah cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari :

  1. Kompres dingin

Setelah bangun tidur, cuci muka dengan air dingin ke wajah dan area sekitar mata Anda. Hal ini untuk memberikan kesegaran di wajah dan mata Anda. Bila memungkinkan kompres dengan menggunakan air dingin atau es. Caranya, basahi handuk dengan air dingin atau bungkus es batu ke dalam kain. Tempelkan di bawah mata sambil ditekan-tekan. Kompres dengan air dingin atau es ini akan membuat pembuluh darah di area sekitar bawah mata mengecil dan kencang. (baca juga manfaat es batu lainnya : manfaat es batu untuk alis)

Kompres dingin juga bisa menggunakan sendok dingin. Caranya, rendam sendok dalam air dingin atau air es selama 15 menit. Setelah itu tempelkan sendok yang dingin tersebut ke bawah mata sampai rasa dinginnya menghilang. Sifat dingin di sendok itu dapat membentuk rileksasi kulit di area bawah mata. (baca juga : manfaat menthol untuk wajah)

  1. Minum air putih

Jangan lupa untuk minum segelas air putih setelah bangun tidur. Dan cukupi kebutuhan air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari. Karena air putih dapat menyegarkan kulit dan menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Hindari minum minuman yang mengandung kafein dan alkohol, karena kedua jenis minuman ini mengurangi penyerapan cairan dalam tubuh sehingga tubuh bisa mengalami dehidrasi.

  1. Gunakan krim pelembab mata

Selesai mandi, gunakan pelembab untuk mata atau krim mata yang mengandung lidah buaya dan vitamin C. Krim mata digunakan untuk mengurangi bengkak dan menyamarkan garis halus di area sekitar mata akibat adanya kantung mata ini. Setelah memberikan krim mata, baru Anda dapat merias wajah sebelum memulai aktivitas dalam pekerjaan atau kegiatan Anda sehari-hari. (baca juga : pelembab untuk kulit kering dan kusam)

  1. Lakukan pemijatan

Gunakan minyak almond – Setelah mandi sore lakukan pemijatan di area bawah mata dengan menggunakan minyak almond. Minyak almond mengandung berbagai mineral yang bermanfaat, seperti magnesium, kalsium, asam folat dan kolagen. Fungsi dari kolagen inilah yang dapat mengencangkan kulit di area sekitar mata. Caranya, oleskan minyak almond di bawah mata sambil dipijat-pijat atau ditekan perlahan selama 10 menit. Lalu diamkan sesaat hingga mengering dan bilas dengan air dingin atau es.

Gunakan minyak zaitun – Pemijatan bisa juga dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya, setelah mandi oleskan minyak zaitun ke area di bawah mata selama 30 menit. Lakukan pemijatan agar meresap dan bekerja optimal.

Gunakan putih telur – Kandungan protein yang terdapat di dalam putih telur dapat mengencangkan kulit secara alami, sehingga kantung mata pun  dapat cepat hilang. Caranya, kocok putih telur hingga berbuih. Oleskan putih telur tersebut ke bawah mata yang berkantung. Lalu lakukan pemijatan selama 5 menit dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

  1. Kompres mata dengan bahan alami

Gunakan irisan mentimun – Setelah beraktivitas seharian, lakukan perawatan untuk cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari dengan menggunakan mentimun. Caranya, cuci mentimun dengan air bersih. Lalu iris mentimun menjadi 2 bagian kecil. Letakkan irisan mentimun di atas mata yang tertutup sambil berbaring. Biarkan selama 15-20 menit. Khasiat mentimun dipercaya dapat memberikan kesegaran untuk mata dan mengurangi kantung mata, karena sifat astrigen di dalam mentimum dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu kegiatan berbaring ini juga sebagai rileksasi setelah melakukan aktivitas seharian. (baca juga : manfaat timun untuk mata dan wajahmanfaat timun untuk wajah)

Gunakan kantung teh – Anda juga bisa mengompres dengan menggunakan kantung teh bekas seduh. Kalau Anda suka minum teh, jangan dibuang kantung tehnya. Anda bisa menggunakannya untuk mengompres mataa. Kantung teh mengandung tanin yang mampu mengencangkan kulit dan menyempitkan pori-pori kulit wajah. Caranya, celupkan 2 kantung teh bekas ke dalam air dingin selama 10 menit. Lalu tempelkan di area mata selama 15-20 menit. Lakukan ini sambil berbaring untuk mendapatkan manfaat rileksasi juga.

Gunakan kentang – Kentang juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengompres mata Anda. Sebab kentang mengandung asam sitrat dan asam folat yang tinggi, yang mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang baru. Caranya, kupas 1 buah kentang kemudian dihaluskan (blender), lalu masukkan ke dalam kain tipis dan kompres di mata Anda selama 30 menit.

  1. Tidur tidak larut malam

Tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 8 jam sehari. Oleh karena itu jangan tidur terlalu malam. Karena porsi tidur yang kurang dapat membuat mata lelah dan bisa memperparah kantung mata. Perhatikan pula posisi tidurnya, yaitu tidur dengan menggunakan bantal yang agak tinggi. Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat dapat mencegah cairan mengumpul di sekitar mata sehingga dapat mengatasi kantung mata.

Dengan melakukan perawatan terhadap kantung mata ini niscaya kantung mata bisa cepat memudar bahkan menghilang tergantung dari apa yang menyebabkan timbulnya kantung mata itu. Kantung mata bisa hilang dalam hitungan yang lebih cepat, dalam hitungan menit, jam atau dalam sehari. Tapi bisa juga baru bisa hilang lebih dari tiga hari. Maka sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan kantung mata ini, maka kita perlu tahu juga penyebab timbulnya kantung mata ini.

Penyebab Timbulnya Kantung Mata

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan timbulnya kantung mata :

  • Menangis

Pada saat menangis terjadi penumpukan cairan dari air mata di kelenjar kecil area sekitar kelopak mata. Sehingga setelah menangis biasanya akan timbul kantung mata di area bawah mata dan sekitarnya. Keadaan kantung mata akibat menangis ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya sesaat setelah menangis berhenti.

  • Kurang tidur atau istirahat

Lama tidur orang dewasa yang ideal adalah 8 jam sehari. Tetapi karena kesibukan kerja, seringkali membuat kita harus pulang larut malam dan tidur kurang dari 8 jam. Mata yang kurang istirahat ini akan menyebabkan bagian di bawah mata mengalami pembengkakan yang disebut dengan kantung mata ini. Kurang tidur juga mengakibatkan pembuluh darah di bawah mata menjadi melebar dan warnanya menggelap. Akibat dari kurang tidur ini juga membuat kulit wajah lebih pucat.

  • Kelelahan

Pekerjaan yang terlalu lama di depan komputer dapat membuat mata menjadi lelah. Mata yang lelah juga bisa menimbulkan tekanan pada mata sehingga mata menjadi berkantung.

  • Hidung tersumbat akibat sakit pilek, flu dan infeksi sinus

Saat mengalami sakit pilek, flu, ataupun infeksi sinus dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, menyebabkan saluran hidung yang tersumbat. Pada saat hidung tersumbat, pembuluh nadi dari mata ke hidung Anda akan melebar dan menggelap sehingga menimbulkan kantung mata.

  • Alergi

Alergi bisa disebabkan karena makanan, kosmetik, cuaca,  atau sebab alergen yang lainnya. Gejala alergi biasanya berupa bersin-bersin disertai dengan mata yang berair. Bila mengalami alergi bisa memicu timbulnya kantung mata karena pembuluh nadi kecil yang ada di bawah mata membesar akibat adanya peradangan.

  • Pola makan yang tidak baik

Konsumsi makanan yang bergizi berpengaruh pada kecantikan wajah juga. Vitamin diperlukan tubuh untuk kerja kelenjar adrenalin. Apabila tubuh Anda kekurangan vitamin B, C, E dan K maka penyerapan vitamin  melalui kelenjar adrenalin berkurang yang menyebabkan wajah kelihatan bengkak dan muncul kantung mata. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi garam menimbulkan penumpukan cairan  terutama yang terlihat di mata yang bengkak.

  • Dehidrasi

Apabila tubuh kurang minum air dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan bengkak di area bawah mata. Terutama tubuh membutuhkan air putih 8 gelas per hari. Bila terlalu banyak kafein dan alkohol juga membuat tubuh dehidrasi.

  • Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit. Selain itu dapat menimbulkan masalah pada pembuluh darah, yaitu pembuluh yang mengerut membuat sirkulasi darah memburuk, menjadi terlihat jelas dan menggelap.

  • Hormon

Perubahan hormon bisa terjadi saat menstruasi, hamil maupun menopause. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan kantung mata karena kelebihan cairan sehingga pembuluh darah bengkak dan menyebabkan kantung mata.

  • Penuaan

Usia yang semakin tua membuat semakin menipisnya kulit lembut di area sekitar mata serta semakin berkurang elastisitasnya. Sehingga kulit menjadi mengendur dan cairan akan menumpuk di area tertentu termasuk di bawah mata. (baca juga : cara mencegah penuaan dinicara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

  • Genetik

Bila orang tua mempunyai kantung mata dan Anda juga memiliki kantung mata, ini bisa terjadi karena faktor genetik. Keadaan tubuh orang tua yang mengalami kombinasi kelebihan pigmen maupun masalah pembuluh darah yang ada dalam tubuh bisa mempengaruhi kondisi tubuh Anda juga.

Untuk faktor penuaan dan genetik, biasanya lebih sulit untuk dihilangkan dengan cepat. Tapi harus dilakukan perawatan yang rutin dan lebih lama. Sehingga banyak orang yang rela mengeluarkan kocek yang lebih besar untuk cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari ini dengan melakukan perawatan di salon kecantikan. Biasanya prosedur yang dilakukan antara lain dengan laser resurfacing (laser untuk mengurangi jaringan kulit), prosedur chemical peeling (bahan kimia yang bisa mengelupaskan kulit), dermal filler (penyuntikan dengan bahan zat tertentu) atau bahkan dengan prosedur operasi yang dinamakan blefaroplasti. (baca juga : manfaat aqua skin whiteningmanfaat suntik kolagen bagi kulit)

Tetapi buat Anda yang mempunyai masalah kantung mata di luar masalah genetik dan penuaan ini, Anda juga harus menghindari  penyebab yang mengakibatkan timbulnya kantung mata. Sehingga pada saat perawatan selesai, kantung mata tidak muncul lagi.