19 Manfaat Air Garam Untuk Rambut Sehat

Tentu setiap orang mengingini rambut yang indah dan sehat bukan? Sehingga tidak jarang banyak wanita yang berani mengeluarkan banyak uang untuk merawat rambutnya. Buat kalian yang tidak sempat ke salon jangan khawatir. Karena kalian tetap bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan tradisional, salah satunya yaitu garam. Siapa sangka jika garam mempunyai manfaat tidak hanya untuk muka saja. Kalian juga bisa memanfaatkan rambut untuk mengatasi masalah pada rambut kalian. Berikut ini manfaat air garam untuk rambut yang bisa kalian coba dirumah.

1.Menyerap Minyak Berlebih
Mempunyai rambut yang berminyak tentu akan membuat kalian mendapatkan masalah. Yaitu seringkali memicu munculnya ketombe pada rambut. Tentu ini akan sangat mengganggu penampilan kalian bukan, apalagi minyak berlebih juga akan membuat rambut terlihat lepek.  Jika sudah begitu, kalian bisa memanfaatkan garam yang mengandungan mineral yang bisa menyerap minyak berlebih pada rambut. Caranya pun snagat mudah, kalian bisa menggunakan garam untuk keramas rambut kalian. (Baca Juga : Manfaat Air garam Untuk Kulit)

2.Menjaga Kelembaban Rambut
Jika rambut terlalu berminyak bisa menimbulkan masalah pada rambut, ternyata rambut yang terlalu kering juga isa menimbulkan masalah pada rambu kalian. Ini dikarenakan sel-sel kulit mati akan mengalami pengelupasan yang berlebihan, inilah yang membuat rambut akan mengalami ketombe. Tentu rambut berketombe akan sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Buat kalian yang mempunyai rambut kering kalian bisa memanfaatkan garam, untuk menjaga kelembaban rambut. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Berhijab)

Caranya pun sangat mudah dan bisa kalian coba sendiri dirumah. Kalian hanya perlu menggosokan secara perlahan garam pada kulit kepala serta akar kepala. Kemudian diamkan selama beberapa menit. Garam yang didiamkan secara perlahan akan mengeluarkan cairan yang akan membantu menjaga kelembaban pada rambut kalian.

Baca juga :

3.Untuk Meningkatkan Sirkulasi Kulit Kepala

Kulit kepala sehat tentu mempunyai kulit kepala dengan sirkulasi yang lancar. Sebab jika sirkulasi pada kepala kurang baik jangan heran jika terjadi penumpukan sel-sel kulit mati. Sel ini yang kemudian akan mengelupas serta menimbulkan ketombe. Tentu kalian tahu bahwa garam mengandung banyak sekali mineral. Serta kandungan lainnya seperti kalsium, kalium, serta magnesium. Mineral merupakan senyawa yang penting buat kesehatan kulit kepala. Dengan memakai garam pada rambut ternyata bisa membantu memberi nutrisi buat kulit kepala serta membantu memperlancar sirkulasinya. Dengan sirkulasi yang baik ini akan membantu mengatasi masalah ketombe secara alami. (Baca Juga : Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Bentol)

4.Dapat Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kepala

Salah satu pemicu munculnya ketombe yaitu jamur yang sering disebut dengan Pityrosporum Ovale. Jamur inilah yang seringkali berada di kulit kepala setiap orang. Dalam keadaan normal keberadaan jamur tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi beberapa faktor bisa saja menyebabkan jamur ini  bertumbuh drngan tidak normal sehingga menimbulkan masalah pada rambut kalian. Beberapa faktornya yang akan memicu jamur bertumbuh tidak normal adalah kuranganya kebersihana pada rambut. Atau juga bisa disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan sehingga bisa menimbulkan masalah pada rambut kalian.

Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa menggunakan garam untuk merawat rambut secara alami. Kandungan mineral di dalam garam bisa mencegah pertumbuhan jamur secara berlebihan pada kulit kepala. Sehingga kalian bisa mencegah timbulnya ketombe pada rambut kalian. (Baca Juga : Penyebab Rambut Gatal)

5. Mempercepat Pengelupasan Sel Kulit Mati

Seperti yang telah disebutkan, jika sel-sel kulit mati bisa menumpuk di kulit kepala . Hal inilah yang bisa menyebabkan muncul ketombe pada kulit kepala. Tentu ini akan membuat kalian merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa menggunakn garam. Kalian cukup mengoleskan garam di kulit kepala untuk membantu mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Sehingga bisa terhindar dari ketombe di rambut. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami)

6.Bikin Rambut Tampak Lebih Segar 

Seperti yang telah disebutkan, jika sel-sel kulit mati bisa menumpuk di kulit kepala . Hal inilah yang bisa menyebabkan muncul ketombe pada kulit kepala. Untuk mengatasi masalah pada rambut kalian bisa memanfaatkan garam. Garam ini juga bisa menolong kalian membersihkan kepala dari masalah rambut berminyak, bakteri, serta kotoran – kotoran lainnya. Sehingga ini akan membuat rambut kalian terlihat menjadi lebih fresh, sehat serta mengkilap. (Baca Juga : Manfaat Air Garam Untuk Wajah)

7.Menghindar Kerontokan 

Manfaat garam sangatlah banya salah satunya adalah untuk mempertebal rambut kalian. Selain itu garam juga akan membantu menutup rapat pori – pori kulit kepala. Sehingga ini akan mengurangi terjadinya kerontokan rambut yang tentu akan mempengaruhi penampilan kalian. Tentu kalian mengingkan rambut yang hitam dan tebal bukan? Buat kalian yang mengalami kerontokan rambu baik yang ringan maupun sudah parah kalian bisa menggunakan garam. Kalian bisa melakukan 1 minggu sekali membersihkan kepala atau keramsa dengan menggunakan air garam. (Baca Juga : Shampo Yang Bagus Untuk Rambut Rontok)

8.Membuat Rambut Bergelombang Dengan Alami

Jika kalian ingin mempunyai rambut yang bergelombang dengan alami kalian tidak perlu pergi dan menghabiskan waktu kalian ke salon. Demi mewujudkan gaya rambut ala beach waves. Ternyata kalian cukup dengan menyemprotkan air laut atau air yang telah dicampur dengan garam ke rambut kalian. Rambut ikal alami bisa kalian peroleh dengan menggunakan air garam yang dipakai dengan cara disemprotkan. Air garam atau air laut yang melekat pada rambut tentu bisa membentuk tekstur rambut kalian menjadi lebih ikal serta cantik. (Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut)

9.Mengatasi Rambut Berketombe

Banyak orang yang tidak menyangka jika garam mempunyai khasiat buat kecantikan wajah serta rambut. Ini dikarena garam sebenarnya berfungsi sebagai exfolitor/ pembersih alami. Sehingga kalian bisa menggunakan garam buat perawatan kulit wajah dengan menjadikan garam sebagai scrub wajah, garam juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat, bahkan menjadi pelembab bibir. Sedangkan untuk rambut, kalian bisa menggunakan garam untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketombe.

Ketombe merupakan serpihan atau sisik yang merupakan sel kulit mati yang menumpuk kemudian rontok serta melekat pada rambut. Ternyata yang menyebabkan ketombe muncul adalah jamur bernama pityrosporum ovale yang tumbuh secara berlebih pada rambut kalian. Kalian bisa menggunakan garam yang mengandung kristal abrasive untuk keramas. Kalian juga bisa mengaplikasikannya sebelum kalian keramas.. (Baca Juga : Manfaat Garam Untuk Rambut Berketombe)

Baca Juga :