Sponsors Link

12 Tips Agar Makeup Tahan Lama dan Tidak Luntur

Sponsors Link

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia membuat kita mungkin telah familiar dengan cuaca panas dan lembap sehingga kita tidak perlu khawatir akan mengalami kulit yang kering. Namun hal tersebut juga dapat menjadi tantangan tersendiri bila kita mengaitkannya dengan makeup. Membuat wajah nampak selalu segar dan tidak kucel akibat cuaca panas memang dapat diatasi dengan mengaplikasikan makeup, namun bagaimana menjaga makeup agar tidak luntur sepanjang hari merupakan masalah lain.

ads

Membuat makeup tahan lebih dari dua jam mungkin adalah salah satu hal tersulit yang dilakukan oleh para wanita. Kenyataannya hal tersebut merupakan salah satu perjuangan yang biasa dialami oleh mereka. Anda bisa membaca banyak tips dan trik tentang makeup dan mempraktikkannya agar Anda nampak cantik sempurna di pagi hari, namun saat Anda kembali berkaca di siang hari, pemandangan yang berbeda akan menyambut Anda.

Baca juga: Cara makeup natural untuk wajah bulat – Bedak untuk kulit sensitif – Pelembab Untuk Kulit Berminyak

Tahukah Anda, para wanita, bahwa ada banyak cara untuk membuat makeup Anda tahan lama? Bahkan hingga seharian dan caranya pun tidak sulit. Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat makeup tahan berjam-jam.

Berikut 14 tips agar makeup tahan lama yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah:

1. Siapkan kulit Anda untuk dirias

Siapkan kulit Anda sebelum dirias dengan mengeksfoliasi wajah Anda seara lembut agar kulit kering dan bersisiknya hilang. Gunakan scrub dan kain bersih yang lembut untuk melakukannya. Bila ingin lebih efektif lagi, Anda bisa mencampurkan cleanser yang biasa Anda pakai dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan pijat wajah Anda menggunakan campuran ini.

Minyak zaitun dapat membantu melembutkan wajah Anda, namun penggunaannya adalah optional. Lantas basahi kain lembut dengan air hangat dan tutupkan pada wajah selama 10 detik sebelum menggosok wajah Anda dengannya. Ingat, lakukan hal ini dengan perlahan pada wajah Anda, jangan terlalu bersemangat dan menggosoknya dengan kasar. Bersihkan wajah Anda dan keringkan. Kulit yang lembut dan telah dibersihkan akan membuat foundation, bedak, dan bronzer mudah diaplikasikan.

Baca juga: Tips Memilih Eyeliner – Cara memilih bedak untuk kulit sawo matang

2. Beri moisturizer

Salah satu tips yang paling umum diberikan untuk membuat makeup tahan lama: beri pelembap alias moisturizer. Kuno, memang. Tapi cara ini memang efektif! Biarkan moisturizer mengering di kulit Anda sebelum mulai mengulas wajah dengan tahapan makeup selanjutnya. Moisturizer akan melembutkan dan menghidrasi kulit sehingga mudah diberi foundation.

Perhatikan agar jangan over-moisturize, kebanyakan pelembap justru terasa berat untuk digunakan pada siang hari dan akan membuat wajah Anda mudah berminyak. Berikan pelembap secukupnya atau gunakan yang kandungannya bebas minyak atau sediaan gel untuk penggunaan siang hari agar makeup Anda dapat bertahan lama di kulit wajah.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Sensitif – Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan – Krim Pemutih Palsu

3. Gunakan primer

Primer berfungsi untuk “mengunci” moisturizer dan memberikan permukaan wajah yang lembut dan imbang saat menggunakan makeup. Primer tidak akan membuat makeup terserap pada kulit wajah dan membuatnya tahan lebih lama. Gunakan primer yang sesuai dengan tipe kulit Anda, baik itu normal, kering, berminyak, atau kombinasi.

Bila perlu, belilah dua jenis primer yang dapat diaplikasikan pada bagian wajah yang berbeda bila memang ada area wajah yang memiliki masalah sendiri-sendiri. Ada pula primer untuk area kelopak mata yang dapat membuat eyeshadow Anda bertahan lebih lama dan tidak mudah pudar.

Sponsors Link

4. Bentuk bulu mata sebelum memberi maskara

Sedikit tips: panaskan eyelash curler Anda dengan blowdryer sebentar sebelum menggunakannya agar curler Anda menjadi hangat, jangan terlalu panas. Ini akan membuat bulu mata lentik Anda tahan lebih lama. Jepit bulu mata di tiga bagian: yang dekat dengan akar, di tengah, dan dekat ujungnya. Anda akan mendapatkan bulu mata lentik yang nampak alami. Setelah itu baru berikan maskara.

5. Pilih yang waterproof

Membeli produk makeup yang bagus merupakan investasi yang bagus. Terutama bila Anda memang ingin membuat makeup tahan lama dari pagi hingga sore saat aktif bekerja atau beraktivitas. Memang, produk yang berkualitas baik biasanya cenderung mahal, terutama untuk makeup seperti maskara dan eyeliner. Untuk kedua hal ini, ada baiknya Anda memilih yang waterproof atau tahan air. Maskara yang tahan air akan menjaga bulu mata Anda tetap lentik dan bebas luntur sepanjang hari.

Baca juga: Bedak untuk memutihkan wajah – BB Cream Untuk Kulit Kering –  Krim Pemutih Palsu

6. Concealer untuk bibir

Ingin lipstik atau lipgloss Anda awet melekat di bibir? Gunakan sedikit concealer berbentuk krim pada bibir, lantas gunakan pensil bibir untuk mengisi warna bibir Anda, baru oleskan lipstik dengan warna senada di atasnya. Hal ini akan membuat lipstik tahan lebih lama di bibir bahkan hingga seharian. Namun tentu saja Anda harus berhati-hati saat makan.

Baca juga: Merek concealer yang bagus – CC cream untuk kulit berminyak – Cara makeup natural untuk wajah bulat

ads

7. Pilih bedak yang ringan

Gunakan bedak yang ringan atau translucent (tembus cahaya, hampir tidak nampak) dengan brush untuk memulas area sekitar mata dan tulang pipi bagian atas. Ada baiknya Anda selalu menggunakan brush saat mengaplikasikan makeup karena jari-jari kita mengandung minyak sehingga justru akan membuat makeup berantakan. Gunakan brush atau spons agar makeup tahan lebih lama pada wajah.

Baca Juga : Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama – Bedak padat untuk kulit berminyak

8. Less is more

Bila Anda berpikir bahwa semakin tebal makeup maka ia akan semakin awet pada wajah, Anda salah. Gunakan prinsip less is more saat menggunakan makeup, yaitu semakin tipis makeup maka ia akan bertahan semakin lama pada wajah, plus akan lebih nampak natural ketimbang menggunakan makeup yang tebal. Hal ini dapat Anda aplikasikan pada penggunaan foundation, concealer, dan bedak. Semakin tebal Anda mengoleskan semua produk itu pada wajah, maka Anda akan nampak seperti sedang menggunakan topeng.

Hindari penggunaan foundation pada seluruh bagian wajah, gunakan secara tipis dengan brush foundation pada bagian-bagian yang memang perlu dikover, seperti: bagian kulit yang kemerahan, kulit yang tidak imbang tone warnanya, dan yang memiliki bekas-bekas luka/jerawat. Lantas tambahkan bedak yang ringan di bagian wajah yang cenderung berminyak, seperti: dahi, hidung, dan dagu.

Baca juga: Bahaya penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan – Foundation untuk kulit kering – BB Cream sebagai pengganti foundation

9. Setting powder

Kebanyakan dari Anda mungkin menggunakan foundation dan concealer yang berbentuk cairan, dan keduanya merupakan makeup yang cepat luntur bila Anda menyentuh bagian-bagian wajah Anda. Setting powder dapat menjaga agar foundation dan concealer Anda tetap berada di tempatnya dan mencegah concealer, terutama di kelopak mata bagian bawah, nampak berlipat atau tidak halus.

Setting powder juga bisa memberikan efek matte pada foundation, mengontrol minyak berlebih yang muncul pada wajah, dan membuat area-T di wajah bebas kilauan akibat minyak tersebut. Untuk mendapatkan makeup yang nampak alami, gunakan setting powder hanya pada bagian mata dan area-T. Gunakan eyeshadow dan bedak yang memiliki shade sama agar makeup Anda nampak natural.

Baca juga: Foundation Untuk Kulit Gelap –  Tips Memakai Eyeshadow – Eyeshadow Matte Yang Bagus

10. Fixing spray

Pernahkah Anda mendengar produk yang satu ini? Fungsinya adalah untuk menjaga agar seluruh makeup Anda tetap berada di tempatnya setelah dipulas. Fixing spray dapat membuat seluruh lapisan makeup bertahan di kulit wajah Anda dan setting spray membuat semuanya bertahan lama di wajah Anda. Pilihlah fixing dan setting spray yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Sponsors Link

11. Selalu bawa kertas penyerap minyak

Untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak namun harus sering menggunakan makeup, benda satu ini wajib selalu berada dalam tas Anda. Bila minyak mulai muncul di wajah Anda, atau makekup mulai terasa terlalu berat, gunakan kertas penyerap minyak ini dengan cara menekan bagian wajah yang berminyak dengannya (jangan diusap karena akan membuat makeup luntur). Gunakan saja ujung jari Anda untuk melakukannya. Atau Anda bisa menggunakan alternatif berupa misting spray yang ringan untuk wajah berminyak Anda.

Baca juga: Merk bedak untuk kulit kering dan kusam – Merk Sunblock Untuk Wajah Berminyak –

12. Jangan sering-sering menyentuh wajah

Banyak orang yang secara tidak sadar menyentuh wajah mereka berulang kali dalam sehari. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun bila Anda menggunakan makeup, terlalu sering menyentuh wajah justru akan membuat makeup Anda luntur dan tidak berimbang. Bila Anda ingin makeup Anda awet, jaga agar wajah tidak sering mengalami kontak yang tidak perlu dengan tangan Anda.

Tidak hanya akibat cuaca panas, kadar minyak alami pada kulit juga merupakan hal yang tricky dan dapat membuat Anda kewalahan dalam menjaga makeup agar tahan lama pada wajah. Namun bila Anda memersiapkan diri dengan kebutuhan yang diperlukan, seperti yang telah kami sebutkan di atas, maka jangan khawatir. Anda telah menemukan solusinya. Semoga tips yang kami berikan di atas berguna untuk Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 01:59 Oleh :
Kategori : Make Up