18 Merk Vitamin Rambut Anak dan Balita yang Bagus

Rambut yang indah adalah keinginan setiap orang untuk dimiliki. Akan tetapi, untuk mendapatkannya tidak bisa dengan cara instan. Rambut yang indah harus di rawat sejak sangat awal, yaitu sejak masa kanak – kanak. Kondisi rambut yang terawat akan memudahkannya untuk tumbuh sehat dan subur. Untuk itu, perawatan rambut harus dilakukan sedini mungkin. Manfaat cuci rambut setiap hari saja tidak cukup untuk menjamin rambut si kecil akan tumbuh dengan sehat. Setiap ibu pastinya menginginkan buah hatinya memiliki rambut yang sehat, indah dan lebat. Untuk itu, perawatan rambut bayi dan anak harus lebih lengkap lagi, antara lain dengan menggunakan vitamin tambahan yang biasanya ada dalam produk hair lotion khusus untuk bayi dan anak.

Nutrisi yang tepat dan mencukupi sangat penting untuk pertumbuhan rambut terutama pada rambut anak. Penyebab rambut bayi rontok antara lain karena kurangnya nutrisi. Jika kondisi rambut selalu dirawat dengan tepat maka pertumbuhannya pun akan sehat. Merawat rambut bukan hanya mengenai masalah penampilan saja, akan tetapi juga berkaitan dengan fungsi sebagai pelindung kulit kepala. Tanpa perawatan yang tepat sejak dini rambut akan rusak dan tidak sedap diandang. Selain itu tanpa nutrisi yang baik rambut akan mengalami berbagai macam masalah dari mulai kerontokan, ketombe, kusam dan lainnya.

Produk hair lotion bayi dan anak saat ini telah mengalami banyak pengembangan dengan  berbagai ekstrak dan vitamin yang dicampurkan ke dalam formulanya. Sebagian besar produk untuk anak atau untuk bayi ini juga dapat menjadi cara alami menebalkan rambut yang tipis pada anak. Beberapa dari produk tersebut yang dapat menjadi referensi Anda adalah:

1. Green Angelica Penumbuh Rambut

Produk ini merupakan minyak kemiri yang sangat berkhasiat untuk menebalkan rambut, terbuat dari campuran minyak kemiri bakar, ekstrak ashitaba dan minyak camelia. Seperti diketahui kemiri merupakan tumbuhan yang banyak digunakan di Indonesia sebagai rempah – rempah dapur, namun memiliki khasiat yang sangat bagus sebagai penebal dan penumbuh rambut, juga sebagai anti jamur dan merangsang pertumbuhan rambut kembali. Selain untuk orang dewasa sebagai cara menghilangkan uban dengan kemiri, produk ini juga dapat digunakan untuk balita yang berusia diatas enam bulan.

2. On Miracle Minyak Kemiri

Terbuat seratus persen dari kemiri yang berkualitas super, dengan menggunakan teknik Cold Press yaitu tanpa melalui proses pemanasan, pembakaran, dan penyulingan yang tidak akan merusak kandungan nutrisi didalamnya. Produk ini diklaim sangat amph dan mengandung vitamin E, Omega 3 dan Omega 6, juga omega 9 yang sangat bagus untuk menyuburkan rambut anak. Kemiri pun mempunyai banyak khasiat untuk orang dewasa, selain cara menumbuhkan kumis dengan kemiri juga ada cara menumbuhkan rambut dengan kemiri.

3. HQ7 Hair Milk

Merk vitamin rambut anak ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak – anak, namun juga dapat digunakan untuk orang dewasa. Ada varian Lively Floral, Misty Musk, Simply Fruity, dan Very Berry yang kesemuanya mengandung argan oil untuk melindungi rambut yang rusak karena penataan dan pewarnaan. Mengandung ekstrak susu dan ekstrak madu, vitamin B5 dan vitamin E serta zinc yang dapat menutrisi sel rambut, melembutkan, mengkilapkan serta membuat rambut mudah diatur, juga melindungi rambut dari sinar matahari dengan UV Protection. Manfaat madu untuk rambut yang biasa digunakan pada perawatan tradisional juga akan didapatkan dengan kandungan ekstrak madu yang sudah disebutkan sebelumnya.

4. Seimei Minyak Kemiri

Minyak kemiri ini khusus diproduksi untuk bayi, dan sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, menyuburkan rambut dan menyehatkan akar rambut, melebatkan serta merawat kulit kepala bayi. Produk ini diklaim sangat alami sehingga sangat baik untuk digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. Ada cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak sebagai obat penumbuh rambut alami.

5. Kukui Minyak Kemiri Anak

Tidak hanya mengandung minyak kemiri, produk yang dikhususkan untuk anak – anak ini juga mengandung minyak Argan yang juga diolah dengan teknologi Cold Pressed sehingga nutrisi pentingnya tetap terjaga. Warna kuningnya dan kekentalannya menunjukkan bahwa kemiri yang digunakan adalah asli tanpa campuran. Minyak argan dicampurkan untuk mengurangi bau tengik dan minyak pada kulit kepala ketika memakai ramuan ini. Selain minyak Argan, ada juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

6. Zwitsal Hair Lotion

Produk  Zwitsal telah dikenal dengan formulanya yang hipoallergenik, aman untuk kulit bayi serta anak yang masih sensitif. Walaupun tidak seratus persen dijamin dapat mencegah alergi, namun paling tidak resiko alergi karena pemakaian produk telah ditekan hingga batas minimal. Hair lotion dari Zwitsal memiliki satu varian saja, namun kandungannya lengkap yaitu Aloe Vera, Kemiri, dan Seledri. Dengan menggunakan produk ini, maka ada cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya, cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya, dan cara merawat rambut dengan lidah buaya yang akan didapatkan.

7.  Cussons Hair Lotion

Produk hair lotion dari Cussons ini diformulasikan dengan PH yang seimbang serta telah diuji secara dermatologis. Bahkan produk ini telah bebas dari paraben, yang merupakan bahan kimia berbahaya. Ada beberapa varian, yaitu Candlenut dan Celery, Avocado dan Pro Vit B5, Coconut Oil dan Aloe Vera, Almond Oil dan Honey dalam kemasan 50ml, 100ml, dan 200ml. Ada manfaat almond untuk rambut, manfaat madu untuk rambut bayi,  manfaat minyak  kelapa untuk rambut yang bisa didapatkan jika menggunakan produk ini.

8. Pure Baby Hair Lotion

Produk ini masih tergolong pendatang baru di bidang produk perawatan bayi, namun dengan cepat dikenal oleh para konsumen. Formula yang lembut untuk rambut bayi dan anak juga bisa didapatkan dalam produk hair lotion dari Purebaby. Mengandung kemiri, seledri dan pro vitamin B5 yang akan menyuburkan rambut si kecil sekaligus menutrisi kulit kepala. Tersedia dalam kemasan botol 80ml dan 230 ml. Manfaat seledri untuk rambut akan menjadi cara alami menebalkan rambut atau tips menebalkan rambut yang bisa digunakan.

9. Pigeon Hair Lotion

Beberapa bayi baru lahir biasanya  memiliki kerak di kepala yang merupakan bawaan dari proses kelahirannya. Hal ini sangat wajar dan akan menghilang dengan sendirinya, namun pasti tidak nyaman untuk  menyaksikan kerak tersebut di kepala si kecil. Lotion dari Pigeon ini diklaim dapat membersihkan kerak di kepala bayi, dengan kandungan ekstrak chamomile di dalamnya. Tersedia dalam kemasan botol 100ml dan 200ml.

10. Bambi Baby Hair Lotion

Hair lotion ini mengandung Allantoin yang dapat mengatasi kulit kemerahan akibat iritasi, vitamin E untuk merawat rambut dan Irgasan DP untuk berfungsi sebagai formula anti bakteri yang dapat mencegah gatal di kulit kepala. Gatal di kulit kepala dapat saja ditimbulkan oleh alergi atau masalah  yang akan membuat kulit kepala tampak kemerahan.  Cocok untuk digunakan pada bayi hingga anak usia 10 tahun.

11. Beauty Barn Hair Lotion

Banyak kelebihan yang dimiliki produk ini, antara lain formulanya non toxic, tanpa pewangi buatan, tanpa paraben, dan terbuat dari 99%, bahan alami. Dapat digunakan oleh bayi dan anak berusia diatas tiga bulan, dengan wangi alami jeruk bali, kandungan rosemary untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, menghitamkan dan memelihara kondisi kulit kepala. Selain itu juga ada kandungan kemiri untuk menutrisi kulit kepala dan menebalkan rambut. Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan bahan kimia akan membuat bahaya kandungan paraben  menjadi semakin mendekat.

12. Huki Hair Lotion

Rambut si kecil akan tetap segar dengan penggunaan hair lotion, sekaligus juga memberi perawatan ekstra untuk pertumbuhannya. Sangat wajar apabila anak kecil banyak melakukan aktivitas dan banyak berkeringat. Hair lotion ini merupakan produk vitamin rambut anak yang diperkaya dengan minyak zaitun dan bahan – bahan berkualitas lainnya yang aman untuk digunakan oleh anak dan bayi. Wangi parfumnya yang lembut juga akan memberi kesejukan sepanjang hari untuk rambut si kecil.

13. Kiddle Minyak Kemiri

Minyak kemiri dengan ukuran 40 ml ini merupakan minyak kemiri murni  tanpa campuran bahan kimia yang diklaim sangat aman untuk bayi  dan juga beraroma khas kemiri. Minyak kemiri sangat berguna untuk menumbuhkan rambut bayi, menyuburkan, menghitamkan, dan menguatkan akar rambut. Dengan pemakaian yang teratur, rambut anak akan menjadi semakin sehat dan aman.

14. Mungil Minyak Kemiri

Bagi Anda yang ingin mencari solusi untuk menyuburkan rambut bayi atau anak , penggunaan minyak kemiri dapat menjadi jalan keluar yang sesuai.  Formulanya khusus terbuat dari bahan alami yang cocok untuk bayi dan anak. Teknologi double filter membuat kandungan molekul mikronya menjadi mudah diserap oleh kulit kepala bayi dan anak sehingga nutrisi yang diperlukan bisa maksimal. Kandungan Mungil minyak kemiri antara lain yaitu polifenol, vitamin E, Omega 9, Saponin, dan antioksidan.

15. Mitu Baby Hair Lotion

Dalam kemasan botol berkurang 10ml, vitamin rambut bayi ini mempunyai satu varian yaitu Natural yang komposisinya antara lain adalah Aloe vera,kemiri dan urang aring. Telah diuji hipoalergenik dan terbuat dari bahan yang aman. Lotion ini akan merawat rambut bayi dan anak hingga menjadi sehat dan lebat. Manfaat urang aring untuk rambut salah satunya dapat menjadi cara menghitamkan rambut secara alami.

16. Hippie Baby Hair Lotion

Vitamin rambut bayi ini juga berupa minyak kemiri yang memiliki banyak khasiat untuk menyuburkan rambut bayi dan anak – anak. Minyak kemiri ini tersedia dalam ukuran 65ml, merupakan minyak kemiri yang seratus persen murni sehingga aman untuk digunakan. Rambut si kecil akan semakin sehat, lebat dan hitam dengan menggunakan minyak kemiri. Ada pula manfaat daun waru untuk rambut jika Anda ingin mencoba perawatan dengan menggunakan bahan – bahan alam.

17.  My Baby Hair Lotion

Hair lotion ini formulanya lembut dan telah diuji secara klinis sehingga tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala.  Varian yang tersedia adalah Black Shine, dengan kandungan kemiri dan alpukat , mengandung provitamin B4, dan chamomile. Menutrisi kulit kepala dan rambut bayi serta anak, melembutkan dan membuat rambut anak menjadi berkilau alami.

18. Cussons Hair Oil

Cara praktis untuk menyehatkan rambut si kecil kini telah hadir. Anda tidak perlu membuat minyak rambut sendiri di rumah, namun cukup menggunakan produk siap pakai seperti hair oil dari Cussons. Tersedia dalam ukuran 100ml, ada dua varian yaitu Kemiri dan ProVit B5, Coconut dan Vitamin E. Manfaat VCO untuk rambut bayi dan manfaat VCO untuk rambut orang dewasa terkandung dalam produk ini.

Tips Merawat Rambut Bayi dan Anak

Merawat rambut bayi dan anak tentunya berbeda dengan merawat rambut orang dewasa, karena karakteristik rambut anak dan dewasa tidak sama. Agar perawatan rambut bayi dan anak semakin optimal, ada beberapa tips yang dapat dicoba.

  • Menjaga kebersihan kulit kepala – Bayi yang baru lahir terkadang akan terlihat berketombe, kulit kepalanya tampak kotor dan kering karena pengaruh berbagai hormon kehamilan ibu. Penting untuk menjaga agar kulit kepalanya tidak terlalu kering atau justru terlalu berminyak, karena dapat menyebabkan rambutnya rontok.
  • Jangan sampai kusut – Ketika baru lahir bayi juga akan banyak tidur dalam posisi telentang karena belum dapat menggerakkan badannya. Hal ini bisa membuat rambut bayi menjadi kusut, atau tidak tumbuh dengan baik pada bagian yang terus menerus terkena bantal atau kasur. Sebaiknya ketika bayi sudah cukup kuat, bantulah untuk mengubah posisi bayi selama beberapa saat, gunakan sampo secukupnya dan gunakan sikat rambut khusus bayi. Demikian pula ketika rambut anak yang lebih besar terlihat kusut, Anda dapat menggunakan cara mengatasi rambut kusut untuk menyisirnya dengan perlahan agar rambut tidak rontok atau patah.
  • Memilih sampo bayi khusus – Sampo yang cocok sangat penting karena kondisi bayi dan anak yangg masih sensitif. Pilihlah yang tidak membuat mata pedih, tidak banyak busa, berbahan alami, dan juga tidak menggunakan pewangi buatan. Bacalah dengan teliti kandungan yang tertera di botol sampo tersebut. Gunakan seperlunya saja, dan untuk anak – anak yang aktif serta mudah berkeringat, mungkin diperlukan untuk keramas setiap hari. Sedangkan bayi sebenarnya tidak perlu terlalu sering keramas, kecuali jika di kulit kepalanya masih terdapat kerak yang belum mengelupas.
  • Minimalkan penataan rambut – Rambut anak anak masih berada dalam kondisi yang asli dan murni, karena itu sebaiknya dihindarkan dari segala bentuk penataan rambut yang terlalu sering. Memang akan menyenangkan melihat anak tampil menggemaskan dengan rambut yang lucu, akan tetapi jika dilakukan terlalu intensif hal itu malah dapat merusak rambutnya. Contihnya, mengikat rambut anak perempuan setiap hari menggunakan ikat rambut yang kencang yang pada akhirnya justru akan menyebabkan kerontokan pada rambut anak.
  • Lindungi rambutnya –  Ada saatnya anak akan beraktivitas di luar ruangan dan di bawah terik matahari, Anda dapat menjaga rambutnya dari sengatan matahari dengan menggunakan tutup kepala atau topi.

Pada dasarnya perawatan rambut bayi dan anak adalah sesuatu yang lebih sederhana dan mudah daripada orang dewasa, karena belum tersentuh berbagai bahan kimia serta polusi, dan juga belum terpengaruh faktor nutrisi yang berasal dari makanan yang beragam seperti orang dewasa. Perawatan yang berlebihan justru dapat merusak kondisi rambut anak. Oleh sebab itulah, yang perlu diingat hanya bahwa perawatan rambut anak tidak memerlukan sesuatu yang terlalu canggih, rumit atau bahkan mahal. Cukuplah dengan menjaga gizi dan asupan nutrisi pada anak serta menjaga kebersihannya dan menggunakan vitamin rambut anak pilihan Anda. Ada cukup banyak pilihan di pasaran yang dapat menjadi bahan pertimbangan, beserta semua manfaat alami yang ditambahkan ke dalamnya seperti yang telah dibahas sebelum ini.