7 Manfaat VCO untuk Rambut dan Kulit Kepala

Rambut adalah mahkota yang selalu menjadi perhatian bagi pemiliknya, termasuk juga anda bukan? Memiliki rambut yang kuat, sehat dan berkilau adalah impian bagi setiap orang, terutama bagi para wanita. Rambut yang bermasalah seperti  mudah rontok, bercabang hingga beruban akan menimbulkan masalah yang membuat kepercayaan diri anda turun. Terutama masalah uban yang menimpa kalangan muda di bawah tiga puluh tahun. Rambut yang memutih di usia muda dianggap sebagai penuaan dini. Untuk mengatasi hal tersebut, sudah banyak orang menggunakan metode alami misalnya mencari cara membuat perawatan rambut tradisional setelah mengetahui manfaat VCO untuk rambut beruban. (Baca Juga: Manfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan , Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Namun sebenarnya, uban itu terjadi bukan karena usia tubuh yang menua lebih cepat. Banyak sekali faktor ekstenal maupun internal yang sangat berpengaruh terhadap munculnya uban. (Baca Juga: Penyebab Kerusakan Rambut).

  • Stres yang berlebihan memiliki pengaruh cukup besar terhadap rambut yang cepat memutih. Pembentukan sel melanin untuk membuat rambut tetap terjaga kehitamannya menjadi semakin terhambat jika stres bertumpuk. Akhirnya bisa muncul uban. Sel melanin diproduksi dari melanosit. Untuk mengatasi masalah uban yang terjadi karena melanosit yang perkembangannya terhambat, anda hanya perlu istirahat cukup niscaya rambut hitam akan muncul lagi.
  • Keseimbangan gizi serta nutrisi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika nutrisi tubuh tidak tercukupi, imbasnya adalah kondisi rambut juga bisa ikut tidak sehat. Misalnya, gizi yang tidak cukup dapat memicu rambut beruban, kusut atau kemerahan tidak sehat.
  • Genetik juga bisa menjadi faktor pemicu uban lebih dini. Ketika orang tua anda dulunya juga memiliki pengalaman rambut beruban di usia muda, maka ada kemungkinan masalah tersebut tersimpan dalam kode genetis mereka yang akhirnya terbawa pada anda. Walaupun secara genetik bisa menurun, faktor pemicu paling besar adalah kondisi kesehatan tubuh dan makanan.

(Baca Juga: Manfaat Hair Tonic , Cara Mencegah Rambut Mengembang)

Bila uban sudah muncul di usia dua puluhan atau tiga puluhan awal, biasanya anda pasti akan mencari jalan pintas untuk menghitamkan rambut entah lewat toning, cat rambut atau hair glossy yang membuat rambut hitam mengkilat. Namun jangan lupa, jika kandungan kimia juga bisa malah memicu kerusakan rmabut yang lebih parah dan uban dapat muncul lebih banyak. Oleh sebab itu, cobalah perawatan tradisional untuk mengatasinya. (Baca Juga: Cara Membuat Rambut Klimis)

Perawatan tradisional yang sedang marak digandrungi saat ini adalah menggunakan VCO. Sekilas di awal, disinggung mengenai manfaat VCO untuk rambut beruban dimana bisa kita buat sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Apa itu VCO? VCO adalah kepanjangan dari Virgin Coconut Oil atau artinya minyak kelapa murni. Indonesia sebagai negara tropis, memiliki iklim yang baik untuk pertumbuhan segala jenis tumbuhan termasuk kelapa, jadi anda dapat mencari VCO lebih mudah. VCO juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan kulit kepala, manfaat saat menggunakan VCO rupanya bisa mengatasi banyak masalah rambut anda. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Rambut Alami)

  1. VCO Untuk Rambut Beruban

Sudah dijelaskan secara sekilas jika VCO sangat bermanfaat untuk menghilangkan uban. Cara mengaplikasikan VCO untuk rambut beruban adalah, gunakan VCO di tangan, usapkan di kulit kepala dan rambut secara merata, lalu pijat secara perlahan. Diamkan beberapa menit. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih lalu gunakan sampo yang sesuai  jenis kulit kepala anda. (Baca Juga: Masker Alpukat Untuk Rambut , Cara Mencegah Rambut Beruban)

  1. VCO Untuk Rambut Bayi

VCO juga bisa dimanfaatkan tak hanya untuk kulit kepala dan rambut orang dewasa. Bayi anda juga aman menggunakan VCO. Karena produk alami dan juga tidak mengandung kandungan berbahaya, asalkan cara penggunaannya tepat, maka kulit kepala dan rambut bayi anda akan lebih sehat. (Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Perawatan Rambut Bayi , Manfaat VCO Untuk Rambut Bayi)

Rambut bayi akan lebih terangsang pertumbuhannya jika menggunakan VCO. Selain tu penggunaan teratur juga tak hanya menumbuhkan tetapi juga melebatkan rambut yang tumbuh. Setelah rambut tumbuh, perawatan dengan VCO bisa terus dilakukan karena manfaat lannya adalah melembutkan rambut. Biasanya kulit kepala bayi juga mengalami gangguan seperti munculnya semacam lapisan kerak atau cradle crap. Memijat kepala bayi anda dengan VCO akan mengatasi masalah kerak tersebut. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

  1. VCO Untuk Mengatasi Masalah Ketombe

Anda bermasalah dengan ketombe? Cobalah untuk mengaplikasikan VCO di kulit kepala secara teratur. VCO memiliki kandungan asam laurat yang cukup tinggi dan mudah diserap kulit kepala. Asam laurat sangat berkhasiat untuk membersihkan rambut hingga akar dan juga membasmi ketombe yang membandel di kulit kepala anda. Ketombe tidak mudah dihilangkan dengan sampo apalagi jika munculnya akibat kesalahan pemakaian produk untuk rambut. Untuk itulah mencoba bahan alami seperti VCO, akan lebih aman. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe , Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut)

  1. VCO Untuk Mengatasi Eksim di Kulit Kepala

Cuaca panas dan juga keringat berlebih seringkali menimbulkan masalah. Apalagi bagi anda yang menggunakan hijab atau jilbab dimana rambut tertutup dan kurang mendapat sirkulasi udara dengan baik, bisa terancam eksim di kulit kepala. Kulit kepala yang awalnya hanya gatal lalu bercampur bakteri atau jamur, bisa memicu eksim. Menggunakan VCO di kulit kepala sangat bermanfaat untuk mengatasi munculnya eksim. (Baca Juga: Bahaya Cuka untuk Rambut , Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering)

  1. VCO Untuk Melembutkan Rambut

Apakah anda memiliki rambut kering yang sangat mengganggu? Cobalah untuk rutin memijat kepala anda menggunakan VCO. Kandungan di dalam VCO dapat melembutkan rambut. Tekstur VCO yang memang oily, tidak membuat rambut lepek. Anda tidak perlu lagi membutuhkan kondisioner mahal karena dengan VCO maka masalah rambut kering  akan teratasi. (Baca Juga: Cara Melembutkan Rambut)

  1. VCO Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah masalah yang sering terjadi bagi anda yang sering melakukan perawatan di salon atau menata rambut. Hobi meluruskan atau mengeriting rambut dengan catok, berganti-ganti warna rambut sampai blow dry bisa membuat rambut bercabang dan mudah patah. Gunakan VCO di kepala dan ujung rmabut untuk mengatasi rambut bercabang secara perlahan. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Rontok Parah)

  1. VCO Untuk Kesuburan Rambut

Untuk anda yang memiliki rambut tipis dan jarang, cobalah mengaplikasikan VCO secara rutin, karena VCO punya khasiat untuk menebalkan rambut. Kulit kepala akan dirangsang pertumbuhannya, dan juga kekuatan akar rambut akan terjaga. Rambut yang tebal, sehat serta berkilau bisa dicapai dengan rutin menggunakan VCO. (Baca Juga: Obat Penumbuh Rambut Alami)

Ternyata manfaat VCO untuk rambut beruban dan juga kesehatan rambut memang sudah lama dikenal masyarakat. Back to nature untuk merawat kesehatan serta kecantikan anda rasa-rasanya tidak salah. Coba di rumah yuk!