15 Cara Memilih Lipstik untuk Bibir Kering dan Hitam

Bibir merupakan salah satu daya tarik bagi seorang wanita. Untuk memiliki bibir yang indah diperlukan juga pemilihan lipstick yang tepat. Karena bisa jadi Anda memiliki bibir yang cenderung mudah untuk menjadi kering. Selain memiliki bibir yang kering banyak juga permasalahan seputar bibir seperti bibir yang pecah – pecah dan bibir yang menghitam akibat penggunaan lipstick yang tidak tepat. Jika Anda memiliki bibir yang kering maka artikel ini akan menjabarkan mengenai cara – cara untuk memilih lipstick yang tepat bagi Anda. Artikel ini bertujuan untuk tidak membuat kondisi bibir Anda menjadi semakin kering dan parah lantaran memilih lipstick yang tidak tepat. Disini perlu diperhatikan kandungan yang terdapat didalam lipstick. Baiknya memilih lipstick yang memiliki kandungan alami didalamnya.

Masalah seputar bibir yang kering akan pasti akan lebih mudah mengalami pengelupasan dan pecah-pecah. Kondisi ini kadang membuat bibir Anda terasa perih saat akan makan dan minum. Untuk itu diperlukan pemilihan lipstick yang tepat dan memiliki kandungan yang aman seperti madu, vitamin e dan aloe vera didalamnya. Tujuannya agar saat dioleskan lipstik pada bibir membuat tampilan menjadi lebih sempurna dan tidak mengakibatkan kondisi bibir semakin kering. Nah, inilah cara memilih lipstick untuk bibir kering antara lain :

1.Lipstick yang mengandung pelembap

Pelembap tidak hanya dimanfaatkan untuk wajah namun juga untuk bibir. Bibir yang lembap pastinya memiliki daya tarik tersendiri. Lipstick juga memiliki kandungan pelembap didalamnya hanya saja tidak untuk semua jenis lipstick. Untuk itu sebelum membeli perhatikan dengan baik kandungan yang terdapat di dalam lipstick. Lipstick yang mengandung pelembap sangat cocok untuk bibir yang kering.

Baca juga :

2. Lip balm

Untuk Anda yang juga ingin mewarnai bibir dan baru pertama kali ingin mencoba,baiknya gunakan lip balm terlebih dahulu. Lip balm mengandung vitamin yang dapat menutrisi kulit sehingga dapat mencegah bibir kulit menjadi kering. Selain itu lip balm juga mengandung kandungan madu didalamnya sehingga cocon untuk orang yang memiliki masalah dengan bibir yang kering.

(Baca juga : Merk lip balm untuk bibir hitam)

3. Lipstick yang mengandung madu 

Seperti yang dijelaskan diatas lipstick yang mengandung madu juga sangat dianjurkan untuk Anda gunakan. Madu merupakan bahan alami yang baik untuk bibir dan juga memiliki manfaat untuk mencerahkan warna bibir. Pemakaian lipstick yang mengandung madu dapat mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah yang nantinya akan membentuk semacam garis-garis pada bibir.

Baca juga :

4. Lipstick kaya vitamin e

Vitamin e merupakan vitamin yang baik untuk menutrisi kulit. Kebutuhan kulit terhadap vitamin e sangatlah penting. Karena kekurangan vitamin e bagi kulit akan membuat kulit tampak terlihat kusam dan tidak bercahaya begitu juga bagi bibir. Vitamin e dapat membantu mengatasi kulit bibir yang kering dengan pemakaian yang teratur. Untuk itu sebelum membeli lipstick perhatikan kandungan vitamin e yang terdapat didalamnya. Jika ada kadungan vitamin e maka silahkan dibeli.

Baca juga :

5. Melihat kadaluarsa lipstick

Kadang sebagai pembeli kita lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di suatu produk termasuk lipstick. Anda perlu memperhatikan dengan cermat tanggal tersebut agar tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan kulit bibir Anda. Karena menggunakan produk yang telah kadaluarsa memiliki dampak yang tidak baik sama sekali. Contohnya dapat memperburuk kondisi bibir Anda untuk menjadi lebih kering dari pada sebelumnya.

Baca juga :

6. Lipstick yang tidak matte

Kebanyak para wanita memilih lipstick yang matte dengan tujuan memiliki warna yang terang dan tidak mudah terhapus saat makan dan minum. Memang tidak dipungkuri itulah salah satu keunggulah dari lipstick matte. Jadi Anda tidak perlu mengoleskan lipstick pada bibir terlalu sering. Namun bagi Anda yang memiliki bibir kering sangat tidak dianjurkan menggunakan lipstick matte yang memiliki kandungan berat tersebut. Ada baiknya pilihlah lipstick yang tidak matte agar kondisi kering pada bibir Anda tidak semakin parah.

Baca juga :

7. Mengoleskan krim terlebih dahulu

Ada beberapa langkah bijak untuk Anda memilih lipstick bagi yang memiliki bibir kering. Caranya adalah dengan mengoleskan krim pelembap untuk bibir terlebih dahulu. Cara ini dapat Anda lakukan jika didalam lipstik Anda tidak terdapat kandungan pelembapnya, sedangkan Anda sangat cocok sekali dengan lipstick trsebut. Jadi sebelum mengoleskan lipstick pada bibir Anda oleskan terlebih dahulu pelembap untuk bibir. Ini tergolong aman sekali untuk Anda praktekkan sehari-hari.

Baca juga :

8. Hindari lipstick yang mengandung alkohol

Tidak sedikit juga sekarang beredar dipasaran lipstick yang memiliki kandungan alkohol didalamnya. Dengan semakin maraknya kehadiran berbagai jenis lipstick dipasaran memang sebagai konsumen Anda harus lebih teliti dan jeli dalam membeli. Lipstick yang mengandung alkohol juga dapat membuat bibir terasa sangat kering. Jadi ada baiknya perhatikan komposisi yang terkandung didalam kemasan lipstick yang ingin Anda beli. Hindari dengan sangat lipstick yang mengandung alkohol untuk Anda gunakan sebagai perias dalam mempercantik diri.

Baca juga :

9. Jangan pilih lipstick yang mengandung menthol

Menthol didalam kandungan lipstick memiliki efek untuk mendinginkan bibir Anda setelah selesai mengoleskannya. Kandungan menthol didalam lipstick biasanya memang sesuai dengan takaran yang berarti keberadaanya aman-aman saja didalam lipstick. Namun jika dari awal Anda memiliki masalah dengan bibir yang kering. Saran yang tepat jangan pilih lipstick yang mengandung menthol didalamnya. Karena dikhawatirkan lipstick yang mengandung alkohol tersebut dapat menjadikan bibir Anda menjadi lebih kering daripada sebelumnya.

(Baca juga : Lipstik yang cocok untuk bibir kering)

10. Lipstick yang mengandung mineral

Bibir yang kering memang harus memilih lipstick yang memiliki kandungan mineral didalamnya. Hal ini karena lipstick yang memiliki kandungan bahan mineral dapat membuat bibir menjadi lebih lebi lempan karena kandungan air didalamnya dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Akibatnya kondisi bibir Anda semakin baik dan bagus untuk dilihat jika menggunakan lipstick berbahan mineral yang menjadikan bibir lebih lembap dan indah. Saran yang terbaik adalah pilihlan untuk menggunakan lipstick yang mengandung mineral didalamnya.

(Baca juga : Cara mencerahkan bibir hitam)

11. Tekstur lipstick lembut

Pilihlah lipstick yang memiliki tekstur lembut saat ujung lipstick menyentuh bibir. Lipstick yang lembut tersebut biasanya lebih banyak mengandung bahan alami sehingga aman untuk bibir yang kering. Lipstik yang lembut juga cocok Anda gunakan karena biasanya memiliki warna yang natural dan tidak begitu cerah sehingga membuat Anda terkesan lebih dewasa daripada usia yang sebenarnya. Jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pemilihan lipstick sebelum berencana untuk membelinya.

(Baca juga : Cara mengecilkan bibir secara alami)

12. Lipstick cair

Lipstick cair juga sangat direkomendasikan untuk usia remaja dewasa karena baik untuk bibir. Bibir memang memiliki daya tarik saat berbicara dengan orang lain. Jadi pastikan bahwa kondisi bibir Anda sehat dan tidak kering. Tipsnya untuk memilih lipstick bagi bibir yang kering adalah dengan memilih lipstick yang cair. Lipstick yang cair berarti memiliki kandungan air yang cukup dan tidak membuat bibir kering. Jadi pilihlah lipstick cair tersebut sebagai salah satu pilihan Anda untuk tampil cantik namun juga memiliki bibir yang terawat sempurna.

(Baca juga : Manfaat AHA untuk bibir)

13. Gunakan lip cream

Banyak jenis lipstick yang dijual baik secara langsung maupun secara online. Dan tugas konsumen adalah memilih lipstick yang dapat mengatasi permasalahan pada bibirnya. Pilihlah lip cream jika tipe bibir Anda adalah bibir yang cenderung mudah kering dan bibir yang sensitif. Kandungan lip cream lebih ringan dan memang di formulasikan khusus untuk anak remaja yang baru menginjak dewasa.

Baca juga :

14. Oleskan madu pada malam hari

Pilih juga bahan alami untuk meredakan keringnya bibir setelah menggunakan lipstick. Kali ini Anda dianjurkan untuk mengoleskan madu murni pada bibir setiap malam hari. Malam hari sebelum tidur ada baiknya gunakan madu dan biarkan sampai mengering sendiri madu tersebut pada malam hari. Madu merupakan cairan alami dari lebah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Antioksidan didalam madu berguna sekali untuk memperbaiki kulit bibir dan mengatasi bibir yang pecah dan kering.

(Baca juga : Manfaat madu untuk bibir)

15. Lipstick yang mengandung aloe vera

Terakhir adalah dengan memilih lipstick yang memiliki kandungan aloe vera didalamnya. Aloe vera merupakan bahasa ilmiah dari lidah buaya. Lidah buaya memang telah lama dijadikan sebagai salah satu dasar kecantikan bagi kulit bibir. Gel dari lidah buaya ini sarat dengan kandungan vitamin e yang menutrisi kulit bibir. Jadi lipstick yang mengandung aloe vera ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Baca juga :

Itulah beberapa cara untuk memilih lipstick yang akan Anda gunakan sehari-hari. Memang pada dasarnya setiap wanita sangat detail dalam mengurusi penampilan mereka termasuk penampilan untuk bibir. Memiliki bibir yang menawan merupakan langkah awal untuk tampil cantik dan memukau. Jadi ada baiknya pilihlan lipstick yang berbahan dasar alami dan tidak terlalu keras untuk mendapatkan kulit bibir yang sehat dan cantik sekali.