6 Cara Memerahkan Bibir Dengan Odol Paling Mudah

Bibir yang berwarna merah memang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penampilan seseorang, terutama bagi kaum wanita. Apalagi jika warna bibir yang merah tersebut adalah warna yang alami. Itulah sebabnya para wanita senang merias bibirnya menggunakan lipstik, salah satu tujuannya agar mendapatkan penampilan bibir yang menarik. Warna bibir yang kusam dan pucat akan membuat wajah terkesan kusam juga, bahkan mengesankan bahwa seseorang sedang kurang sehat dan wajah tidak tampak segar.

Kulit bibir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kulit wajah dan tubuh, hanya saja bibir mempunyai lapisan kulit yang lebih sedikit daripada kulit di bagian tubuh lainnya, dan juga mengandung sel melanosit yang lebih sedikit daripada kulit lain. Karena itu bibir tampak berwarna lebih kemerahan. Pada kulit bibir terdapat sel – sel kulit mati yang akan meluruh seiring dengan waktunya, namun jika sel kulit mati ini menumpuk dan tidak dapat luruh maka akan menyebabkan bibir menjadi berwarna kehitaman. Bibir yang berwarna gelap tentunya juga akan mempengaruhi keseluruhan penampilan wajah.

Penyebab Bibir Hitam

Apabila Anda ingin menjaga agar warna bibir tetap merah alami dan mencegah bibir yang menghitam, maka sangat penting untuk mengetahui lebih dulu apa saja faktor yang bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya yaitu:

  • Kekeringan

Bibir akan tampak cantik apabila mengandung kelembaban yang tepat. Kulit pada bibir yang selalu terbuka, memudahkan kelembaban bibir cepat menghilang pada saat cuaca buruk atau pada musim kering. Kondisi bibir yang kering akan membuat bibir menjadi mengelupas dan pecah – pecah, yang pada akhirnya akan membuat bibir tampak hitam. Cara mengatasi bibir kering yaitu dengan berhenti melakukan berbagai kebiasaan buruk yang menjadi penyebabnya.

  • Gaya Hidup dan Kebiasaan

Gaya hidup juga dapat membawa perubahan warna pada bibir menjadi gelap. Kebiasaan merokok dan kebiasaan menjilat bibir juga dapat membuat bibir menjadi kering dan berubah warna. Warna gelap di bibir dan pada bagian dalamnya disebut sebagai smoker’s melanosis. Alkohol dan beberapa substansi yang bersifat asam dapat menyebabkan perubahan warna bibir menjadi hitam. Apabila Anda kekurangan minum air putih, tubuh juga akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan warna bibir menghitam.

  • Kosmetik

Wanita menggunakan kosmetik pada bibir agar bibir mereka terlihat menarik dan mengesankan. Namun terkadang kosmetik dapat menyebabkan warna kehitaman pada bibir. Produk lipstik yang murah dan dibuat dibawah standar biasanya mengandung bahan kimia yang dapat merugikan pada kulit yang sensitif seperti bibir. Penggunaan lipstik yang berlangsung dalam waktu lama juga dapat mempengaruhi warna bibir, bersama dengan panggunaan lipstik yang telah expired, dan tidak pernah membersihkan bibir sewaktu telah menggunakan lipstik.

  • Hiperpigmentasi

Hal ini terjadi karena adanya endapan melanin di kulit bibir, biasanya disebabkan oleh sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terus menerus membakar kulit tubuh dan bibir , namun biasanya kondisi ini akan lebih terpusat pada area bibir. Sinar matahari ini akan memicu endapan melanin pada kulit, termasuk bibir.

  • Anemia

Biasanya, anemia terjadi pada wanita selama masa kehamilan, yang seringnya disebabkan oleh kekurangan zat besi di dalam tubuh. Anemia terjadi ketika komponen pembawa oksigen dalam darah atau hemoglobin berjumlah di bawah batas normal. Hemoglobin juga berfungsi memberi warna merah pada darah. Jadi kekurangan jumlah hemoglobin dapat berdampak pada perubahan warna kulit bibir, bahkan kadang bibir dapat terlihat berwarna biru dan semakin memburuk pada cuaca yang dingin.

  • Kebiasaan Makan yang Buruk

Kelainan pola makan berarti kekurangan gizi atau makanan yang bernutrisi. Kelainan makan dapat berdampak pada berbagai masalah, antara lain bulimia dan anoreksia nervosa. Kelainan pola makan ini akan membuat asam lambung meningkat hingga ke taraf yang korosif bagi lambung, dan menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang pada bibir. Selain itu, banyak orang yang tidak mengonsumsi sayur, buah dan air sebagaimana mestinya sehingga turut mempengaruhi warna bibir.

  • Pengobatan

Seseorang yang sedang dalam pengobatan tertentu dapat mengalami hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit pada bibir, misalnya jika sedang menggunakan obat – obatan anti depresi, antibiotik, obat anti psikotik, kemoterapi, hydroquinone, obat anti malaria, obat anti mual dan muntah, serta banyak lagi.

Manfaat Pasta Gigi untuk Bibir

Anda mungkin tidak mengira bahwa diantara sekian banyak pilihan bahan untuk memerahkan bibir, pasta gigi atau odol adalah salah satunya. Odol tidak hanya dapat membersihkan gigi, namun juga bisa digunakan untuk memerahkan bibir yang menghitam dan menjadi cara menghilangkan flek hitam di bibir dengan pasta gigi . Odol yang sebaiknya digunakan sebagai cara mencerahkan bibir adalah yang mamiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  • Pilihlah pasta gigi yang berwarna putih dan bukan pasta gigi yang bertekstur gel sebagai cara alami memerahkan bibir.
  • Pilih pasta gigi yang tidak mengandung deterjen untuk digunakan sebagai cara memerahkan bibir.
  • Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung daun mint dan fluoride yang juga memiliki khasiat untuk memerahkan bibir dan menggunakan pasta gigi untuk cara membuat masker bibir.

Pasta gigi berguna untuk memulihkan warna kemerahan alami pada bibir karena dapat mengeringkan sel – sel kulit mati yang ada pada kulit bibir dan membuatnya terkelupas sehingga digantikan dengan pertumbuhan sel kulit baru. Namun pemakaian yang terlalu banyak dan sering justru dapat menimbulkan efek mengeringkan pada bibir, karena itu sebaiknya pemakaian odol untuk memerahkan bibir ini hanya dilakukan dua atau tiga kali seminggu saja.

Menggunakan Odol Untuk Memerahkan Bibir

Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut sebagai cara memerahkan bibir dengan odol atau pasta gigi untuk membuat bibir menjadi merah kembali, yaitu:

  1. Lakukan perawatan ini menjelang tidur malam hari.
  2. Bersihkan terlebih dulu bibir Anda dengan air, pastikan semua bekas lipstik telah hilang.
  3. Oleskan pasta gigi pada permukaan bibir secara merata, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
  4. Anda dapat membiarkannya selama beberapa menit atau bahkan hingga semalaman, namun jika membiarkannya semalaman akan ada resiko bibir justru menjadi kering karena terlalu lama terekspos pasta gigi.
  5. Setelah dibiarkan beberapa menit, gosoklah bibir Anda menggunakan sikat gigi lembut atau dengan ujung jari.
  6. Bersihkan bibir setelahnya menggunakan air.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Bibir

Ada banyak fakta menarik tentang bibir kita yang mungkin saja belum Anda ketahui. Apa saja fakta – fakta tersebut, mari simak pembahasan setelah ini:

  • Sensitif – Bibir adalah salah satu organ yang paling sensitif pada tubuh manusia. Pada bibir terdapat banyak ujung saraf namun tidak mempunyai membran dalam bentuk apapun untuk perlindungan.
  • Tidak Berkeringat – Bibir tidak mengeluarkan keringat seperti bagian kulit tubuh lainnya karena pada bibir tidak terdapat kelenjar keringat. Kelenjar keringat berperan besar dalam melembabkan kulit, dan karena bibir tidak mempunyai kelenjar tersebut maka bibir berpotensi mengering jauh lebih cepat daripada bagian manapun pada tubuh.
  • Unik – Tahukah anda bahwa bibir sama uniknya dengan sidik jari? Kita tidak akan pernah menemukan bentuk bibir yang sama pada setiap orang.
  • Dari dalam ke luar – Bibir adalah satu – satunya bagian tubuh dimana bagian dalamnya memanjang hingga keluar. Artinya, membran mukus yang membentuk bagian dalam mulut adalah membran yang sama dengan yang membentuk bibir.
  • Transparan – Bibir terlihat berwarna merah-pink karena kita dapat melihat pembuluh darah yang melintang di bawah membran mukus tersebut. Ini disebabkan karena kulit bibir hanya memiliki tiga sampai enam lapisan sel, sementara kulit bagian tubuh lainnya mempunyai lapisan sel hingga enam belas.
  • Bibir Tidak Memproduksi Minyak – Ya, pada bibir tidak terdapat kandungan minyak alami untuk melindunginya, tidak seperti kulit wajah dan kepala serta bagian tubuh lain. Karena itulah bibir sangat rentan pada cuaca dingin, berangin dan matahari. Satu – satunya cara untuk memberi perlindungan pada bibir adalah dengan menggunakan lip balm atau lipstik bagi para wanita.
  • Kanker Bibir – Penyakit ini lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita. Hal ini karena para pria biasanya tidak menggunakan lip balm untuk melindungi bibir, sementara penggunaan lipstik tentu saja tidak dilakukan oleh para pria.
  • Menipis – Bibir akan semakin menipis seiring dengan pertambahan usia, yang disebabkan karena penurunan kadar kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein yang vital dan salah satu fungsinya adalah memberikan bentuk pada bibir, maka penuruann kadar kolagen akan membuat bibir kehilangan bentuknya yang penuh.
  • Kontraksi Otot – Bibir terdiri dari sekumpulan otot yang dikenal dengan nama Orbicularis Oris. Susunan otot yang kompleks ini juga mengelilingi bagian mulut. Untuk melakukan gerakan pada bibir seperti mencium, meniup terompet, mengerutkan bibir dan lainnya, maka otot – otot ini harus berkontraksi.
  • Daya Tarik – Dalam hal daya tarik seksual, sering kali wanita yang memiliki bentuk bibir penuh atau besar lebih disukai oleh pria. Namun tidak demikian dalam hal sebaliknya, wanita seringkali lebih memilih pria dengan bibir yang berukuran sedang atau biasa.

Macam – macam Bentuk Bibir

Bila dilihat sekilas, bentuk bibir kelihatan mirip antara satu dengan yang lainnya. Terutama jika diperhatikan lebih seksama, tidak ada bentuk bibir yang benar – benar sama antara setiap orang. Namun ada beberapa bentuk dasar dari bibir yang dapat dikategorikan, yaitu:

  • Bibir Hati

Bibir yang berbentuk hati akan terlihat dari terlihat jelasnya lekukan pada bibir atas yang mengarah ke bawah, sedangkan lekukan pada bibir bagian bawah terlihat melengkung dengan garis yang sedikit melebar sehingga terlihat lebih penuh dan besar daripada bagian atas. Apabila Anda memiliki bentuk bibir seperti ini, maka lipstik dengan hasil glossy akan cocok digunakan pada bibir Anda, terutama jika digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam.

  • Bibir Oval

Ciri khas dari bibir yang berbentuk oval ini adalah bahwa bibir bagian atas dan bawah terlihat penuh dan besar, sehingga bibir ini menjadi bentuk yang paling mudah dikenali atau paling menonjol dari wajah seseorang. Pemilik bibir berbentuk oval akan sangat cocok menggunakan lipstik yang berjenis glossy sebagai tips menghilangkan bibir hitam.

  • Bibir Kecil

Bibir yang kecil mudah dilihat dari bentuk bibir atas dan bawah yang mungil dan tidak lebar. Lipstik yang cocok bagi pemilik bibir mungil adalah warna – warna pastel seperti pink dan nude, juga lipstik yang bertekstur matte atau glossy. Bila Anda memiliki bibir yang cenderung kering, ada juga beberapa merk lipstik yang cocok untuk bibir kering sehingga bibir tidak terlihat pecah – pecah.

  • Bibir Tebal

Berbeda dengan bibir berbentuk hati atau oval, bentuk ini akan tampak lebih tebal dan bervolume pada bibir atas dan bawah. Walaupun warna lipstik untuk bibir tebal sebaiknya tidak menggunakan warna yang terlalu terang karena akan membuat bibir semakin tampak tebal, namun warna ini juga dapat menonjolkan kesan seksi pada wanita pemilik bibir tebal. Gunakan lipstik matte untuk mengurangi efek warna terang tersebut. Apabila Anda merasa kurang puas dengan bentuk bibir yang tebal, ada beberapa cara mengecilkan bibir secara alami atau cara menipiskan bibir yang dapat dilakukan.

  • Bibir Tidak Simetris

Yang dimaksud dengan bentuk bibir tidak simetris yaitu ada bagian bibir yang tidak sama dengan bagian lainnya. Misalnya, garis pada bibir atas sebelah kanan tidak sama dengan sisi yang kiri. Anda bisa mengatasi kekurangan ini dengan pensil bibir, dan menggunakan lipstik bertekstur matte. Ada beberapa merk lipstik tahan lama yang dapat Anda pilih untuk menampilkan warna bibir yang menarik.

  • Bibir Bulat

Bibir yang berbentuk bulat kerap dihubungkan dengan penampilan eksotis seorang wanita, karena terkesan penuh dan seksi. Sebaiknya tidak menggunakan lipstik yang bertekstur glossy karena akan membuat bibir tampak semakin penuh. Gunakanlah warna yang lembut atau terang namun dengan tekstur matte. Cobalah cara memilih lipstik sesuai warna bibir agar mendapatkan warna yang paling cocok.

  • Bibir Lebar

Bibir ini tampak melebar ke samping atau memanjang daripada berbentuk bulat. Biasanya, wanita yang memiliki bentuk bibir lebar ini juga memiliki bibir yang tipis. Dengan begitu, lipstik glossy dan warna terang sangat cocok untuk memberikan kesan bibir lebih penuh.

Tips Merawat Bibir

Selain cara memerahkan bibir dengan odol seperti di atas, agar bibir tidak mudah berubah warna menjadi hitam, Anda dapat mengikuti langkah – langkah perawatan bibir berikut ini:

Penggunaan odol atau pasta gigi untuk memerahkan bibir ini sebaiknya dilakukan pada saat bibir sedang dalam keadaan sehat. Jadi pastikan lebih dulu apabila bibir Anda tidak sedang dalam keadaan terluka, mengelupas, sariawan, dan lainnya. Biasakanlah untuk menggunakan lip balm setiap hari agar bibir dapat selalu terjaga kelembabannya dan terlindung dari kekeringan yang akan menyebabkan bibir pecah – pecah dan menjadi berdarah, serta terlindung dari paparan  sinar matahari.