Categories
Rambut

13 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda yang Sering Dilakukan

Uban adalah perubahan warna rambut yang umumnya terjadi dari warna rambut hitam menjadi abu abu dan kemudian berubah menjadi putih. Perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih tersebut terjadi karena perubahan kadar melanin pada rambut. Rambut uban tidak mengalami produksi melanin sehingga rambut yang baru tumbuh tidak akan mendapatkan zat pewarna dari melanin. Uban memang umumnya terjadi pada seseorang yang sudah memasuki usia 30-an dan akan semakin bertambah banyak seiring bertambahnya usia. Uban terjadi karena sel melanocytes penghasil pigmen yang secara perlahan akan mulai kehabisan bahan bakar dan juga bisa terjadi pada hewan seperti kucing, anjing, simpanse, kuda dan hewan lainnya. Namun meskipun begitu, uban juga bisa terjadi saat usia muda seperti anak anak dan remaja yang disebabkan karena banyak faktor seperti beberapa penyebab rambut beruban di usia muda berikut ini.

  1. Penyakit Tiroid

Selain karena makanan penyebab uban, penyakit tiroid yang menyebabkan penurunan kinerja kelenjar tiroid bisa menyebabkan produksi melanin pada rambut juga menurun sehingga rambut lebih cepat beruban meski masih berusia muda. Untuk mencegah penyakit tiroid ini, maka pemeriksaan tiroid sejak dini sangat penting dilakukan yang tidak hanya untuk mencegah munculnya uban usia dini namun juga untuk menjaga kesehatan.

  1. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral khususnya vitamin B12, tembaga dan seng bertanggung jawab untuk menutrisi rambut dengan baik dengan cara membantu proses metabolisme dalam memberikan warna alami pada rambut. Apabila tubuh kekurangan vitamin dan mineral tersebut, maka akan berpengaruh pada warna rambut sehingga uban muncul di usia muda.

  1. Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab rambut beruban di usia muda. Hal ini terjadi karena rokok adalah sumber berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sehingga menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Ini nantinya akan menurunkan kapasitas pigmen melanin sehingga menjadi penyebab tumbuh uban di usia 15 tahun.

  1. Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Makan cepat saji atau fast food dan juga junk food tidak hanya bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, jantung dan diabetes saja, namun juga bisa meningkatkan stres oksidatif dan deposisi AGE’s [Advanced Glycation Endproducts] sehingga mempercepat penuaan dan menghilangkan warna asli rambut sehingga rambut terlihat putih alias beruban. Cara menghilangkan uban dengan teh dan garam menjadi salah satu solusi alami yang bisa anda lakukan dengan teratur.

  1. Gangguan Autoimun

Saat anda memiliki gangguan autoimun, sistem kekebalan nantinya akan berbalik menyerang tubuh dan bukan menyerang patogen. Ini menyebabkan gangguan pada kulit dan juga rambut seperti vitiligo dan juga bisa menjadi penyebab uban di usia 30 tahun sebab penyakit ini sudah menyerang sel yang bertugas untuk memproduksi pigmen.

  1. Stress Berlebihan

Stress memang tidak menyebabkan perubahan rambut menjadi abu abu secara langsung, namun stress berkaitan dengan masalah kulit dan juga rambut sehingga nantinya juga bisa membuat warna asli rambut berubah menjadi putih dan juga masalah lain seperti kerontokan rambut dan kulit yang terlihat kusam meski bisa diatasi dengan cara menghitamkan rambut beruban.

  1. Pola Diet yang Salah

Para remaja khususnya wanita sering terobsesi untuk memiliki bentuk tubuh yang ramping dan ideal sehingga seringkali melakukan segala jenis diet bahkan diet ekstrim. Namun hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan timbulnya uban di usia dini sebab tubuh tidak mendapatkan suplai mineral dan vitamin yang cukup sehingga mengganggu fungsi tubuh termasuk memicu rambut beruban. Untuk cara mencegah rambut beruban, sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat.

  1. Penggunaan Alat Penata Rambut

Untuk mendapatkan bentuk dan model rambut yang sempurna, para wanita seringkali memakai berbagai alat penata rambut yang menghasilkan panas seperti hair dryer, catokan, curly iron dan sebagainya. Namun jika dilakukan terlalu sering, maka bisa menyebabkan kondisi rambut semakin lemah dan panas yang dihasilkan dari alat tersebut akan mempengaruhi produksi melanin dan akhirnya uban tumbuh lebih cepat sehingga penggunaannya harus dikurangi sebagai cara merawat rambut beruban.

  1. Jarang Membersihkan Rambut

Kondisi rambut dan kulit kepala yang kotor dan jarang dicuci membuat bakteri dan kuman akan berkembang biak lebih cepat. Hal ini membuat kondisi rambut dan kulit kepala jadi tidak sehat yang kemudian menimbulkan banyak masalah seperti kerontokan rambut, bercabang, rapuh dan juga beruban lebih cepat karena membuat produksi melanin menurun secara drastis dan anda bisa menggunakan cara menghilangkan uban dengan daun rambutan sebagai perawatan alami.

  1. Kurang Asam Folat

Ketika tubuh kekurangan asam folat, maka juga bisa mengganggu pertumbuhan rambut seperti kebotakan, rambut bercabang, pecah pecah, mudah rapuh dan juga menyebabkan timbulnya uban meski usia masih sangat muda.

  1. Menggunakan Shampo yang Keras

Ketika anda menggunakan shampo yang memiliki kandungan bahan keras, maka ini bisa merusak folikel rambut sekaligus mengganggu produksi melanin rambut yang akhirnya menyebabkan uban muncul terlalu cepat sehingga ganti shampo anda dengan shampo ringan untuk mencegah uban di usia dini yang bisa diatasi dengan cara menghilangkan uban dengan kulit kentang.

  1. Menggunakan Gel dan Semprotan Rambut

Banyak orang khususnya kaum remaja yang sudah terbiasa menggunakan gel rambut agar tampilan rambut mereka terlihat lebih halus dan bisa diatur dengan berbagai macam gaya. Namun, gel dan semprotan rambut mengandung banyak bahan kimia yang bisa merusak folikel rambut sekaligus mengurangi produksi melanin sehingga memperbanyak jumlah rambut beruban anda. Cara menghilangkan uban dengan kemiri bisa digunakan untuk mengurangi pertumbuhan uban di usia dini.

  1. Tidak Menggunakan Minyak Esensial

Mengaplikasikan minyak esensial pada rambut seperti minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun dan jenis minyak esensial alami lain adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya uban usia dini karena bisa memberikan banyak nutrisi pada rambut sekaligus menguatkan rambut dan membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Mengaplikasikan minyak pada rambut juga bisa membuat rambut anda tetap terhidrasi dengan baik sehingga ketika anda kurang atau sama sekali tidak pernah mengaplikasikan minyak tersebut pada rambut, maka tidak ada nutrisi cukup untuk rambut dan uban di usia muda bisa terjadi.