15 Penyebab Uban di Usia 30 Tahun

Uban merupakan salah satu masalah rambut yang mulai berubah dari warna hitam menjadi warna putih. Secara medis uban sama sekali tidak memiliki efek berbahaya bagi kesehatan, hanya saja dari segi penampilan rambut yang mulai memutih terkadang membuat penampilan Anda menjadi tua. Uban umumnya muncul saat usia bertambah dan mulai memasuki usia 50 tahun. Namun sekarang ini uban ternyata juga bisa muncul di rambut orang dengan usia 30 tahun. Untuk itu wanita dan pria di umur yang masih tergolong muda ini cukup merasakan was-was dengan kehadiran uban di kulit kepala mereka. Sebenarnya salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi uban yang muncul di kulit kepala adalah menghindari penyebab timbulnya uban di rambut. Nah, berikut ini ulasan mengenai penyebab uban di usia 30 tahun antara lain sebagai berikut :

1.Pria dengan rambut pirang

Uban yang hadir dikulit kepala memang tidak memandang jenis kelamin pria dan wanita, karena baik pria dan wanita sama-sama memiliki potensi untuk memiliki uban di kulit kepalanya. Sebab itu ada beberapa penyebab uban di usia 30 tahun yang pertama adalah pria dengan rambut pirang. Untuk pria dengan rambut pirang berlaku untuk pria dengan benua Eropa, sedangkan pria dari benua Asia yang memiliki warna rambut hitam sama sekali tidak memiliki potensi cepat memiliki uban pada kulit kepalanya.

Artikel terkait :

2. Faktor genetik

Penyebab yang kedua munculnya uban di usia 30 tahun adalah faktor genetik, disini faktor genetik memiliki arti bahwa uban yang muncul di kulit kepala karena warisan gen yang diturunkan dari riwayat orang tua. Jadi pemahamannya seperti ini jika orang tua Anda sudah memiliki uban pada rambutnya di usia 30 tahun, maka potensi yang sama munculnya uban di usia 30 tahun pada Anda adalah sekitar 70%. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki faktor genetik dengan munculnya uban di usia 30 tahun. Namun hal ini bisa saja terbalik karena gaya hidup yang tidak sehat. Karena sekali lagi penyebab timbulnya uban di usia 30 tahun di latar belakangi oleh berbagai sebab.

Artikel terkait :

3. Perokok

Penyebab yang ketiga dari munculnya uban di usia 30 tahun adalah perokok. Umumnya perokok lebih banyak persentasenya untuk laki-laki dibandingkan pada wanita. Namun dibalik itu semua merokok selain memicu timbulnya uban lebih cepat juga dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan organ dalam tubuh seperti paru-paru. Untuk itu ada baiknya kebiasaan meroko ini dihentikan dan jangan pernah mencoba-coba untuk merokok.

Artikel terkait :

4. Suka minum alkohol

Penyebab munculnya uban yang keempat adalah suka minum alkohol. Semua latar belakang munculnya uban di usia 30 tahun lebih didasari karena gaya hidup yang tidak sehat. Minum – minuman yang memiliki kandungan alkohol didalamnya dapat mempercepat munculnya uban di rambut. Ada baiknya Anda menghindari untuk meminum minuman ini. Selai itu alkohol juga dapat merusak penampilan secara keseluruhan dan membuat peminumnya menjadi hilang kesadaran jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.

Artikel terkait :

5. Stres

Penyebab yang kelima dari munculnya uban di usia 30 tahun adalah stres. Stres ternyata tampaknya sepele namun dampak yang ditimbulkannya jika tidak dikelola dengan benar menjadikan penampilan dan kesehatan terganggun. Uban muncul karena stres yang dirasakan oleh tubuh. Stres berkaitan erat dengan suasana hati yang merasa tidak bebas sama sekali. Stres umumnya berkaitan dengan pekerjaan yang banyak dan juga faktor ekonomi pada keluarga yang tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Langkah yang tepat untuk mengatasi stres adalah dengan kembali kepada ketetapan Allah SWT.

Artikel terkait :

6. Radikal bebas

Penyebab yang keenam adalah radikal bebas. Radikal bebas adalah proses kimia yang terjadi didalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan dini pada seluruh tubuh termasuk salah satunya adalah rambut. Akibat serangan dari radikal bebas ini dapat mengakibatkan rambut berubah warna dari hitam menjadi putih. Cara yang aman untuk mengatasi serangan radikal bebas adalah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk menutrisi tubuh dan rambut. Selain itu didalam buah terdapat banyak kandungan antioksidan yang dapat merangsang cepat pertumbuhan kolagen pada lapisan kulit paling bawah.

Artikel terkait :

7. Kurang tidur

Penyebab berikutnya dari timbulnya uban di usia 30 tahun adalah kurang tidur. Kurang tidur dapat terjadi akibat mata yang masih sulit terpejam disaat memasuki malam hari. Padahal tubuh memerlukan istirahat pada malam hari sekitar 8 jam. Tujuanny adalah agar tubuh, kulit dan rambut dapat melakukan regenerasi untuk mengganti sel – sel yang lama dengan sel yan baru. Cara ini sangat baik sekali untuk mengoptimalkan tubuh sehingga saat Anda bangun pada pagi hari tubuh akan terasa sehat dan bugar selalu.

(Baca juga : Manfaat minum air putih sebelum tidur)

8. Nutrisi yang tidak tercukupi

Nutrisi juga diperlukan untuk rambut agar warnanya senantiasa hitam dan berkilai. Nutrisi bagi rambut banyak didapatkan dari buah dan protein nabati. Buah yang dapat Anda konsumsi setiap hari untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut adalah buah pepaya, mangga, alpukat dan apel. Nutrisi yang tidak tercukupi untuk rambut justru dapat mengakibatkan munculnya uban lebih awal, kerontokan pada rambut dan rambut bercabang. Jadi cobalah memberikan nutrisi pada rambut tidak hanya dari luar namun juga memberikan nutrisi dari dalam yang lebih penting.

Artikel terkait :

9. Penyakit

Selanjutnya penyebab yang kesembilan dari munculnya uban pada kulit kepala di usia yang masih mudah 30 tahun adalah penyakit. Beberapa jenis penyakit dapat mempercepat terjadinya uban pada rambut. Saat sakit tubuh tentu akan tidak bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Akibatnya kinerja beberapa organ dalam tubuh terganggu dan memberikan dampak pada penampilan dari luar. Jadi memang penyakit harus segera diatasi dengan melakukan pencegahan lebih dini seperti menerapkan pola hidup yang sehat dan baik untuk kesehatan di masa depan.

Artikel terkait :

10. Usia

Penyeban yang kesepuluh merupakan penyebab timbulnya uban yang alami dari dalam yaitu faktor usia. Seiring dengan meningkatnya umur seseorang maka kemampuan semua organ tubuh mengalami kemunduran dan hal ini wajah sekali. Faktor usia tidak bisa dilawan karena suah kodrat alam. Namun faktor karena usia ini dapat diminimalisir dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bagi rambut sejak muda. Maka Anda akan melihat perbedaan penampilan luar Anda dengan teman yang umurnya sebaya. Dimana Anda yang rajin dan menerapkan pola hidup sehat sejak muda akan lebih terlihat awet muda.

Artikel terkait :

11. Bermasalah dengan tiroid

Penyebab yang kesebelas dari timbulnya uban adalah penyakit tiroid. Tiroid merupakan kelenjar yang terletak tepat dibawa jakun. Fungsi dari kelenjar tiroid ini amatlah penting bagi tubuh yaitu untuk menjalankan metabolisme dalam tubuh. Bermasalah dengan kelenjar tiroid dapat mengakibatkan terganggunya kinerja metabolisme dalam tubuh serta juga mempercepat timbulnya uban pada rambut.

Artikel terkait :

12. Mengindap vitiligo

Vitiligo adalah penyebab munculnya uban pada usia 30 tahun. Vitiligo merupakan penyakit yang berkaitan dengan kulit. Vitoligo ditandai dengan kulit yang memiliki warna bercak-bercak putih. Penyebab dari vitiligo adalah sel melanin dalam tubuh yang berguna untuk memberikan warna pada kulit berhenti berproduksi. Akibatnya kulit akan memiliki dua warna berupa warna alami kulit dan bercak putih pada kulit. Penyakit vitilogi ini juga tidak hanya menyerang bagian kulit namun juga membuat rambut menjadi kehilangan melaninnya. Akibatnya warna rambut lebih cepat memutih.

Artikel terkait :

13. Sering merasa cemas

Penyebab yang ketiga belas dari munculnya uban di usia 30 tahun adalah kecemasan. Jika Anda sering merasa cemas dan tidak bisa mengendalikannya maka resiko ini akan sangat meningkat. Di sisi lain rasa cemas biasanya menyangkut dengan kecemasan akan masa depan yang belum pasti. Namun jika menggunakan logika intinya masa depan adalah apa yang menjadi kebiasaan kita pada hari ini dan seterusnya.

Artikel terkait :

14. Menderita anemia

Penyebab yang keempat belas dari munculnya uban di usia 30 tahun adalah penderita anemia. Anemia terjadi akibat rendahnya hemoglobin didalam darah. Padahal sebagaimana kita ketahui hemoglobin didalam sel darah merah memiliki peranan untuk mengikat oksigen dalam darah. Untuk itu jika menderita anemia akut maka potensi munculnya uban semakin tinggi.

Artikel terkait :

15. Gaya hidup tidak sehat

Terakhir penyeba timbulnya uban adalah gaya hidup yang tidak sehat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup merupakan kebiasaan seperti jarang berolahraga, sering mengonsumsi junk food dan minuman bersoda, kurang tidur serta sering merasa stres dalam menjalani kehidupan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa uraian singkat dari penyeban timbulnya uban diusia 30 tahun. Setelah Anda mengetahui faktor penyebabnya cobalah untuk menghindari dan menjauhkan dalam kebiasaan sehari-hari.