14 Cara Mengatasi Rambut Kaku, Tebal dan Mengembang Paling Mudah

Memiliki rambut lembut, bercahaya dan mudah diatur adalah impian dari banyak wanita di dunia. Akan tetapi beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan rambut seperti polusi, alat penataan rambut yang menghasilkan panas, penggunaan bahan kimia dalam cat rambut dan beberapa faktor lainnya akan membuat tampilan rambut terlihat berantakan dan kurang sedang dipandang. Untuk mengatasi beberapa masalah ini, kami punya tips dan cara mengatasi rambut kaku, tebal dan mengembang yang bisa anda terapkan untuk mendapat tampilan rambut sempurna.

Artikel terkait:

  1. Masker Madu

Dalam madu mengandung banyak manfaat untuk rambut seperti mencegah hilangnya kelembaban di rambut, mencegah rambut terlihat kaku, mengatasi ketombe, mencegah rambut rontok dan bercabang, membuat rambut berkilau, mencegah rambut terlalu mengembang dan berbagai masalah rambut lainnya.

  • Oleskan madu murni pada rambut dari mulai bagian pangkal sampai ujung secara merata.
  • Diamkan selama beberapa menit sampai madu mengering dengan sendirinya.
  • Bilas dengan air mengalir sampai bersih dan angin-anginkan.
  • Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  1. Santan Kelapa Murni

Santan kelapa tidak hanya berguna untuk campuran memasak, namun juga memiliki banyak khasiat bagi rambut seperti memperbaiki kerusakan rambut, melembutkan rambut sehingga tidak terlihat mengembang, melembutkan rambut untuk menghindari tampilan kaku karena struktur rambut tebal.

  • Siapkan santan murni dan juga air perasan lemon secukupnya
  • Campur kedua bahan lalu terapkan pada rambut dan kulit kepala sebagai masker
  • Biarkan selama beberapa menit sampai masker rambut mengering
  • Bilas dengan air sampai bersih dan lakukan dengan teratur setidaknya 1 minggu 2 kali.
  1. Susu

Dalam susu juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan rambut sehingga rambut bisa selalu terjaga kesehatannya dan mencegah timbulnya masalah rambut seperti rontok, bercabang, berminyak, kusam, kaku, ketombe dan banyak masalah lainnya.

  • Cara Penerapannya cukup mudah yakni hanya dengan menggunakan susu sapi murni.
  • Oleskan susu secara merata pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut
  • Diamkan selama beberapa menit sehingga nutrisi dari susu bisa menyerap ke dalam rambut anda baru dibilas sampai bersih.
  1. Daun Seledri

Daun seledri sangat bermanfaat untuk program diet, menguruskan tubuh sekaligus menyehatkan rambut anda. Daun seledri juga sangat baik untuk melemaskan rambut sehingga tidak terlihat kaku.

  • Haluskan beberapa daun seledri segar dengan sedikit air.
  • Saring sari seledri tersebut lalu masukkan ke dalam botol.
  • Simpan pada tempat lembab selama satu malam
  • Esok harinya, gunakan air ini sebagai pengganti shampo saat mandi.

Artikel terkait:

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut yang bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Kandungan dalam jeruk nipis akan membuat rambut lebih mudah diatur dan melemaskan rambut anda

  • Siapkan jeruk nipis dan juga santan kelapa murni secukupnya
  • Ambil sari jeruk nipis lalu campur dengan santan sampai rata
  • Simpan dalam kulkas sampai campuran ini mengental
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala sampai rata dan lakukan pemijatan lembut
  • Tutup dengan showercap dan diamkan sampai mengering dengan sendirinya lalu bilas sampai bersih.
  1. Minyak Rambut

Minyak rambut juga sangat baik digunakan untuk membuat rambut anda tidak terlihat kaku, tebal dan terlalu mengembang. Akan tetapi dalam penggunaannya tidak dilakukan secara langsung namun harus dipanaskan terlebih dulu.

  • Siapkan minyak rambut favorit anda dan panaskan sebentar.
  • Diamkan sampai dingin dan oles secara merata pada rambut sambil dipijat agar kandungan nutrisinya bisa terserap sempurna ke dalam pori kulit kepala serta setiap helai rambut
  • Diamkan selama 20 menit lalu tutup dengan handuk yang sudah direndam air panas dan di peras
  • Diamkan kembali selama 30 menit dan hasilnya bisa langsung anda rasakan.
  1. Hindari Keramas Setiap Hari

Terlalu sering keramas akan berdampak buruk untuk kesehatan rambut khususnya bagi anda yang memiliki rambut tebal. Akan lebih baik jika anda keramas dua hari sekali agar kelembaban alami rambut bisa terjaga dengan baik dan mencegah kerusakan kutikula rambut yang bisa terjadi karena penggunaan shampo. Dengan melakukan ini, maka tampilan rambut anda akan terlihat lebih mudah diatur, lembut sekaligus halus.

  1. Pakai Sisir Berongga Jarang

Untuk menyisir rambut, pilih sisir dengan rongga yang jarang atau berjauhan dan bukan sisir yang rapat. Sisir jenis ini tidak akan merusak rambut dan sangat baik dilakukan pada rambut kaku, kasar, terlalu mengembang dan sulit diatur.

Artikel terkait:

  1. Pakai Kondisioner

Kondisioner jenis leave kondisioner sangat baik untuk merawat rambut kaku, tebal dan mengembang tidak beraturan. Pemakaian leave kondisioner juga terbilang praktis dan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun sebab tidak perlu dikeramas seperti penggunaan kondisioner jenis lainnya. Formula yang terkandung dalam leave kondisioner memang secara khusus dibuat untuk menjaga kelembaban dan membuat rambut anda lebih mudah diatur.

  1. Hindari Penggunaan Alat Styling Rambut

Alat syling rambut memang bisa mengatasi beberapa masalah rambut lebih cepat sehingga terlihat rapi. Akan tetapi, alat styling rambut ini akan berdampak buruk karena akan merusak kutikula rambut dan membuat rambut anda semakin kering. Kurangi atau hindari pemakaian alat syling rambut khususnya untuk anda pemilik rambut kaku, tebal dan terlalu mengembang karena akan memperburuk kondisi rambut anda.

  1. Bilas Air Dingin Saat Keramas

Cara ini juga menjadi trik jitu untuk membuat rambut anda lebih mudah diatur. Gunakan air dingin yang diambil dari lemari es untuk membilas rambut anda sesudah keramas selama 20 detik. Air dingin ini akan mengembalikan kilau rambut dalam waktu cepat dan memperbaiki struktur rambut rusak dan tampilan rambut akan terlihat lebih lembut serta lembab.

  1. Mayonaise

Tidak hanya lezat sebagai isian roti dan berbagai makanan lainnya, mayonaise juga ampuh untuk mengatasi rambut mengembang dan terlihat kaku. Kandungan protein tinggi dalam mayonaise akan membuat rambut terlihat lebih berkilau, halus dan mudah diatur dengan cara menggunakan masker rambut dari mayonaise selama satu jam setiap satu minggu sekali.

  1. Minyak Wijen

Dalam minyak wijen mengandung nutrisi penting untuk mencegah rambut terlihat seperti rambut singa yang berantakan. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mencampur 3 sendok makan minyak wijen dengan parutan jahe lalu oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 5 menit baru dibilas sampai bersih. Lakukan cara ini setidaknya satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan tampilan rambut halus dan mudah diatur.

  1. Minyak Zaitun

Seperti halnya minyak wijen, minyak zaitun juga menjadi solusi terbaik untuk mengatasi rambut sulit diatur karena kaku dan terlalu tebal. Pakai minyak zaitun sebelum anda keramas dan diamkan selama setengah jam baru keramas seperti biasa sampai bersih.

Artikel terkait:

Beberapa tips dan cara mengatasi rambut kaku, tebal dan mengembang ini bisa menjadi solusi anda untuk mendapatkan tampilan rambut lebih halus, tidak kaku dan mudah diatur. Lakukan beberapa cara diatas dengan disiplin dan teratur supaya anda bisa mendapatkan tampilan rambut sempurna setiap saat.