19 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel di Kepala

Ketombe adalah masalah rambut menyebalkan yang membandel, kerap kali mengganggu kehidupan seseorang dan membuat malu. Interaksi sosial seseorang seringkali terganggu karena ketombe berjatuhan dari kepala dan terlihat jelas sehingga merusak penampilan yang sudah diatur rapi sebelumnya, menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Mungkin Anda tidak akan terkejut mengetahui berapa banyak orang yang mengalami masalah ketombe. Masalah kulit kepala ini mengganggu semua orang dalam semua tahapan usia, namun paling umum dialami oleh remaja, dimana tubuh mereka sedang berada di dalam suatu perubahan hormonal.

Apakah Anda telah melakukan segala cara untuk mengatasinya ketika pertama kali tahu mengenai ketombe di kulit kepala? Mungkin Anda telah mencoba segala macam sampo dan obat untuk ketombe tanpa hasil. Sebenarnya, ketombe itu sendiri bukanlah suatu kondisi yang serius, namun akibat yang ditimbulkannya bisa menyulitkan. Ketombe bisa menyebabkan jerawat baik kecil maupun besar dan pada akhirnya akan menyebabkan seseorang menjadi canggung secara sosial.

Penyebab Ketombe

Ketombe yang dialami di kulit kepala tentu tidak datang begitu saja. Ada penyebab yang memicu timbulnya masalah ketombe tersebut, diantaranya adalah:

  • Proses Menyikat Rambut – Menyikat rambut berguna untuk meluruhkan sel kulit mati di kepala dan membantu melancarkan aliran darah untuk menyuplai oksigen bagi kulit kepala dan rambut. Sebaiknya pilihlah sikat rambut yang berkualitas baik atau sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut dua kali sehari.
  • Keramas Tidak Teratur – Kurang rajin keramas meninggalkan residu sisa kotoran sebelumnya pada kulit kepala berupa sel kulit mati dan minyak. Hal ini akan mengakibatkan ketombe dan kulit kepala gatal. Anda bisa menggunakan sampo herbal dan keramas setiap dua hari sekali, gunakan kondisioner sekitar beberapa senti dari kulit kepala, dan pastikan untuk membersihkan sisa sampo dengan tuntas.
  • Stress – Stress tidak hanya mempengaruhi mental namun juga mempengaruhi fisik. Trauma emosional, tekanan pekerjaan, musim ujian sekolah, bisa menyebabkan ketombe dan akhirnya menyebabkan rambut rontok. Anda bisa melakukan cara mengelola stress dengan tetap mempertahankan rutinitas harian, menjaga pola makan dan asupan makanan serta minuman.
  • Produk Rambut – Sebaiknya janganlah terlalu mengandalkan gaya rambut seperti di salon setiap saat, karena sesungguhnya hal itu adalah gaya rambut buatan yang menggunakan banyak bahan kimia dan panas untuk mempertahankan bentuknya. Anda tetap bisa mendapatkan rambut yang bergaya dengan melakukan perawatan secara alami.
  • Kurang Gizi – Gaya makan modern sedikit banyak juga menyumbang terhadap munculnya ketombe. Makanan olahan, gula atau pemanis buatan, makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan peradangan yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit dan lalu ketombe. Anda bisa mengurangi makanan – makanan yang tidak sehat tersebut dan menggantinya dengan makanan yang mengandung gizi banyak.

Kondisi Medis Penyebab Ketombe

Selain karena kebiasaan sehari – hari, ada beberapa penyebab ketombe secara medis yaitu:

  • Jamur – Ketombe dapat disebabkan karena jamur bernama Malasezzia. Jamur ini biasanya hidup di kulit kepala dalam keadaan statis, namun kondisi yang tidak diketahui dapat menyebabkan jamur ini berkembang biak dan menyebabkan kulit kepala mulai rontok.
  • Seborrhoeic Dermatitis – Ketombe ini berupa serpihan kulit kepala yang berminyak, meradang dan kulit kepala berwarna kemerahan. Kondisi ini umumnya juga bisa terjadi pada balita dan disebut dengan cradle cap, juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya yang ditumbuhi rambut.
  • Psoriasis – Ini adalah penyakit kulit dimana sel kulit tumbuh dengan berlebihan dan menyebabkan kulit menebal, serta akhirnya menyerpih.

Selain ketiga penyebab diatas, perubahan hormonal, penyakit jantung, anemia, penyakit autoimun, depresi, kekhawatiran, masalah keturunan, dan kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan ketombe.

Jenis Ketombe

Selama ini , orang awam hanya mengetahui ketombe tanpa dapat membedakan jenisnya. Sebenarnya, ketombe bisa dibedakan atas dua jenis, yaitu:

  • Ketombe Kering

Ketombe kering disebabkan karena ketidak seimbangan PH di kulit kepala. Bisa ditimbulkan oleh residu produk rambut, cuaca, atau reaksi alergi terhadap bahan kimia produk rambut. Lapisan epidermis kulit kepala akan rontok dan kulit kepala akan terasa kencang, kering, dan teriritasi.

  • Ketombe Basah

Serpihan dari kulit kepala yang basah akan terjadi apabila Anda menderita seborrheic dermatitis. Serpihannya berwarna kuning, berminyak, namun tidak setebal serpihan yang disebabkan oleh psoriasis.

Mengatasi Ketombe Dengan Efektif

Mungkin Anda bertanya – tanya apakah ada pengobatan yang bisa menghilangkan ketombe membandel. Tentu saja ada, ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe:

1. Menjaga Kebersihan Pribadi

Sangat esensial untuk menjaga kebersihan pribadi Anda, selain untuk mencegah ketombe juga akan menghalangi ketombe untuk timbul kembali. Manfaat keramas setiap hari bukanlah ide yang bagus karena akan membuat kulit kepala kering dan mengelupas. Jika Anda berketombe, cucilah rambut tiga kali seminggu, memijat kulit kepala dengan minyak sebelum mencucinya. Hindari menggunakan hair spray atau gel rambut.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Untuk mempertahankan kondisi kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe, penting untuk memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala juga. Menyisir rambut dengan benar setiap hari akan membantu meningkatkan sirkulasi darah.

3. Mengurangi Stress

Mengelola stres dan amarah yang tidak perlu akan membantu juga dalam mengurangi ketombe. Jagalah jadwal tidur Anda delapan jam dalam semalam dan juga menggunakan manfaat olah raga untuk kecantikan.

Mengatasi Ketombe Dengan Asupan Makanan

Diet dan asupan makanan yang seimbang sangat diperlukan untuk hidup sehat dan menjaga kulit kepala serta rambut juga tetap sehat. Ini adalah beberapa metode diet yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe:

  1.  Masukkan menu sayuran hijau, kacang, buah – buahan segar ke dalam diet harian Anda.
  2. Telur mengandung nutrisi penting, vitamin, zinc, zat besi, vitamin B12, dan jumlah besar asam lemak omega 6 yang kesemuanya sangat penting untuk menunjang kesehatan kulit kepala.
  3. Perbanyak konsumsi vitamin terutama vitamin B.
  4. Lakukan diet kaya protein.
  5. Pastikan untuk minum enam sampai delapan gelas air per hari.
  6. Hindari makanan pedas, berminyak, digoreng, saus, dan makanan yang dianginkan.

Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

Tidak perlu mencari jenis perawatan rambut di salon yang paling canggih karena ada cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang manjur. Ada banyak bahan – bahan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

1. Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa dilakukan dengan bantuan manfaat cuka apel untuk rambut. Walaupun ada sebagian orang yang ragu mengenai penggunaan cuka apel untuk menghilangkan ketombe karena baunya yang menyengat, namun ramuan ini sangat efektif untuk itu. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel yaitu:

  • Campur air dan cuka apel dalam satu wadah yang bersih.
  • Setelah campurannya merata, bilas rambut menggunakan cairan tersebut.
  • Pijat selama sekitar lima menit.
  • Tunggu sekitar delapan jam sebelum Anda bisa mandi atau membilas air cuka di kepala.

2. Minyak Zaitun 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel. Minyak zaitun ini juga mudah ditemukan di supermarket, atau di toko obat dan kosmetik. Gunakan yang berjenis extra virgin olive oil. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskannya ke kulit kepala secara merata sebelum tidur malam. Lakukan perawatan ini secara teratur, maka ketombe akan mudah untuk dihilangkan.

3. Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe parah lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Selain menjadi bahan pemutih alami, baking soda juga dapat mempunyai khasiat untuk eksfoliasi kulit. Baking soda dapat mengelupas sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda yaitu:

  • Siapkan campuran air hangat dan baking soda lalu tempatkan pada wadah yang mudah dikocok.
  • Pastikan wadah tersebut bersih agar tidak tercampur dengan bahan lain.
  • Gunakan campuran ini untuk keramas, walaupun bisa membuat rambut kering namun kondisi ini hanya sementara.

4. Biji Fenugreek

Banyak orang yang kurang familiar dengan tanaman Fenugreek karena jarang melihat tanaman tersebut di negaranya. Fenugreek adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masak di India. Sedangkan bijinya digunakan untuk menghilangkan ketombe, dan juga dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat. Cara menghilangkan ketombe di kulit kepala dengan biji fenugreek yaitu:

  • Rendam biji fenugreek semalaman dalam sebuah wadah dengan jumlah air yang cukup.
  • Ketika sudah cukup lunak, giling biji – biji tersebut sampai membentuk tekstur seperti pasta.
  • Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama sekitar empat puluh lima menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

5. Air Lemon

Air perasan lemon dapat digunakan untuk hampir semua keperluan perawatan kecantikan, termasuk menghilangkan ketombe membandel. Khasiat tersebut berasal dari kandungan anti jamur yang ada di dalamnya. Selain lemon, ada juga cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Cara membuat jeruk lemon untuk menghilangkan ketombe yaitu:

  • Peras jeruk lemon ke dalam sebuah wadah.
  • Anda dapat mencampurkannya dengan air atau minyak kelapa.
  • Jika telah menambahkan campuran, oleskan ke kulit kepala dan pijat perlahan.
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

6. Listerine

Bahan yang satu ini sebenarnya bukan bahan alami namun sangat mudah ditemukan di rumah sebagai salah satu merk penyegar mulut. Kandungan alkoholnya yang cukup tinggi membuat Listerine mampu menghilangkan jamur penyebab ketombe. Cara menggunakan Listerine untuk menghilangkan ketombe membandel yaitu:

  • Campurkan satu bagian Listerine dengan dua bagian air.
  • Tempatkan campuran dalam sebuah wadah semprot.
  • Keramas terlebih dulu, lalu semprotkan larutan Listerine ke rambut Anda.
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Usahakan untuk tidak menggunakan listerine yang berwarna terang karena bisa membuat rambut Anda menjadi berubah warna pula.

7. Lidah Buaya

Cara merawat rambut dengan lidah buaya sudah menjadi rahasia umum diketahui wanita yang senang merawat kecantikan. Hal yang luar biasa dari lidah buaya selain dapat membantu menghilangkan ketombe membandel adalah juga dapat menghilangkan jamur yang ada di kulit kepala dan manfaat aloe vera untuk rambut dapat menghilangkan rasa gatal yang sering dirasakan ketika berketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya yaitu:

  • Balurkan gel lidah buaya asli ke kulit kepala dan seluruh rambut Anda.
  • Anda bisa menggunakan batang lidah buaya secara langsung untuk membalurkan gel tersebut.
  • Tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain.
  • Biarkan beberapa menit, lalu keramas seperti biasa.

8. Telur

Tidak banyak yang tahu manfaat putih telur untuk rambut, dan kalaupun tahu biasanya enggan mencoba karena tidak mau rambutnya berbau amis. Padahal manfaat putih telur untuk rambut rusak juga termasuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala. Cara menggunakan telur untuk menghilangkan ketombe membandel yaitu:

  • Siapkan putih telur dari dua buah telur dalam sebuah mangkuk bersih.
  • Kocok sampai merata.
  • Gunakan putih telur untuk dibalurkan ke kulit kepala dan pijat perlahan.
  • Pastikan untuk memijat semua area kulit kepala termasuk pada bagian yang mengelupas.
  • Keramas dengan shampo yang ringan setelahnya untuk membilas telur dari rambut, namun jangan gunakan air hangat atau panas agar telur tidak lengket ke rambut.
  • Manfaat lainnya, masker telur untuk rambut dapat membuat rambut menjadi lembut dan bersinar.

9. Jus Apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan rambut salah satunya dapat menghilangkan ketombe membandel. Cara menggunakan jus apel untuk membasmi ketombe adalah:

  • Cuci dulu rambut dengan keramas seperti biasa.
  • Gunakan jus apel murni atau yang dicampur air untuk membilas kulit kepala dan memijatnya,
  • Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas kembali dengan air sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang baik.

10. Garam

Banyak manfaat yang menyehatkan dari sebuah garam. Manfaat garam untuk rambut berketombe dapaat mengelupas kulit kepala sehingga bersih dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Cara menghilangkan ketombe dengan garam yaitu Anda bisa mencampurkannya dengan air dan menggunakannya untuk membilas rambut sebelum keramas.

Akibat Ketombe

Mungkin karena telah terbiasa melihat ketombe, ada sebagian orang yang tidak akan merasa aneh lagi jika mengalaminya dan tidak menganggap serius masalah ini. Namun sebaiknya Anda memberi perhatian penuh kepada masalah ketombe, karena ada beberapa akibat yang bisa dialami jika masalah ini tidak dituntaskan.

  • Gatal

Perasaan paling tidak menyenangkan ketika sedang berketombe adalah gatal pada kulit kepala. Ketombe memang seringkali menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol, penyebab kulit kepala gatal dan juga penyebab rambut gatal – gatal . Perasaan gatal ini tentu saja akan membuat tidak nyaman dan sulit menghentikan keinginan kita untuk menggaruknya. Kebiasaan ini sudah tentu merupakan suatu kebiasaan yang buruk dan tidak elegan untuk dilihat.

  • Rambut Rontok 

Perlindungan alami pada kulit kepala dapat hilang karena ketombe, sehingga ketombe dapat menjadi penyebab rambut rontok parah dan juga merupakan salah satu penyebab rambut rontok pada pria. Salah satu pemicunya adalah apabila ketombe biasa berkembang menjadi semacam radang di kulit kepala yang juga akan merusak akar rambut dan membuat rambut rontok.

  • Jerawat

Ketombe yang tidak diobati atau dibiarkan dalam waktu lama, akan menjadi semakin parah dan memberikan efek kepada wajah berupa jerawat. Teorinya, serpihan ketombe yang mengenai wajah akan membuat wajah menjadi kotor dan juga terinfeksi kotoran sehingga berjerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan beberapa krim penghilang bopeng di wajah yang banyak terdapat di pasaran, dan juga mencoba cara membuat masker belerang untuk mengobati jerawat.

  • Gangguan pernapasan

Ketombe yang berjatuhan bisa saja terhirup tanpa sadar oleh kita. Bila ketombe itu sudah bersifat akut dan sering terhirup, dapat membuat seseorang mengalami gangguan pernapasan seperti asma karena menghirup ketombe ke dalam paru – paru.

Kesimpulannya, masalah ketombe yang membandel bukan hanya dapat disebabkan oleh satu faktor saja, namun juga bisa merupakan hasil dari gabungan beberapa faktor penyebab. Apabila Anda hanya melakukan perawatan namun tidak juga melakukan langkah pencegahan, ada kemungkinan masalah ketombe akan kembali dialami lagi. Karena itulah penting untuk melakukan langkah – langkah yang menyeluruh agar dapat menghilangkan ketombe membandel untuk selamanya.