5 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

Siapa sih manusia di dunia ini yang ngga menginginkan rambut yang indah, rapih dan bersih. Bagi perempuan atau laki-laki hal ini sangat penting sekali lho. Rambut itu pada dasarnya sebuah mahkota bagi laki-laki ataupun perempuan, karena rambut adalah bagian terpenting dalam menunjang kecantikan ataupun ketampanan seseorang. Nah kali ini kita akan membahas tentang masalah rambut yang sering sekali menghampiri rambut. Dan masalah rambut yang sering mampir dikepala atau rambut mu adalah “ketombe”. Siapa sih yang belum tahu apa itu ketombe?? Ya substansi yang berwarna putih dan menempel pada kulit kepala. Kali ini kita akan  membahas tentang ketombe dan bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun. Sebelum itu yuk kita simak pengertian dari ketombe yang berikut ini.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit BerminyakCara Membuat Masker Belerang Manfaat Celak Mata

Ketombe

Ketombe adalah substansi kecil berwarna putih dan terbentuk dari beberapa faktor, yang menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Ada 3 faktor yang menyebabkan munculnya ketombe seperti yang disebutkan dalam Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Berhijab.

Gejala Ketombe

Kamu tidak akan bisa mengatakan jika rambut mu berketombe, kecuali kamu mengalami gejala-gejala seperti berikut.

  • Kulit kepala gatal.
  • Kulit kepala mu kering bahkan pecah-pecah.
  • Kulit kepala terasa berminyak.
  • Dan muncul sisik berwarna putih ( ketombe ).

Faktor Penyebab Munculnya Ketombe

  • Malassezia Globosa : Adalah mikro-organisme yang dimiliki oleh setiap orang, dan bahkan pada sebagian orang sensitive dengan Malassezia Globosa ( organisme yang sangat kecil ).
  • Minyak kulit kepala :  Mikro-organisme Malassezia globosa bisa memakan minyak pada kulit kepala manusia, dan umumnya dikenal dengan nama sebum ( minyak kulit kepala).
  • Sensitivitas individual:  Hal ini tergantung pada bagaimana setiap kulit kepala kita bereaksi, ada yang langsung gatal-gatal, berketompe dan lain sebagainya.

Ladies, sekarang sudah tahu kan apa saja faktor penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala. Nah.. kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun, yuk simak cara yang berikut ini.

Menghilangkan ketombe bukanlah perkara yang mudah lho, tapi bukan berarti ketombe pada rambut ngga bisa dihilangkan ya ladies. Berikut ini klininkkecantikan.com akan memberikan kamu tips tentang bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun, yuk simak tips yang berikut ini.

1. Minyak Zaitun Original

Kamu mengalami gangguan kulit kepala atau ketombe?? Nah kali ini minyak zaitun bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala mu lho. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun mampu menutrisi rambut dan baik untuk kulit kepala mu. Selain itu minyak zaitun ini ternyata mampu mengangkat ketombe yang nempel dikulit kepala mu. Cara menggunakannya mudah sekali, yuk simak langkah-langkah menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

  • Ambilah minyak zaitun secukupnya ( sesuaikan dengan kebutuhan mu )
  • Taruhlah minyak zaitun pada wadah yang bersih.
  • Tambahkan sedikit air hangat ( sesuaikan dengan minyak zaitun yaitu 2 : 1, minyak zaitun ada pada perbandingan 2 dan air 1 ).
  • Kocok hingga air hangat dan minyak zaitun tercampur.
  • Minyak zaitun siap digunakan.

Cara menggunakan minyak zaitun pada kepala sangat mudah. Pertama pastikan jika kepala mu sudah bersih, lebih tepatnya sudah dicuci/keramas. Buatlah hingga rambut mu setengah mengering, lalu oleskan minyak zaitun sedikit demi sedikit pada kulit kepala. Sebelum itu sisirlah rambut mu dan bagi rambut mu menjadi beberapa bagian. Gunakan minyak zaitun tersebut seperti saat menggunakan creambath rambut agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga : Penyebab Rambut Gatal

2. Minyak Zaitun dan Teh Basi

Tahukah kamu jika ternyata teh yang sudah basi, bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Teh ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan cara merendam dan membiarkannya selama semalaman. Dengan menggunakan teh basi sebagai bahan penghilang ketombe, akan membuat rambut mu lebih bersih. Selain itu cara ini juga dinilai sangat alami lho, karena ngga mengandung bahan kimia berbahaya. Teh basi juga bisa kamu campurkan dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih optimal, yuk simak cara menggunakan minyak zaitun dan teh basi untuk menghilangkan ketombe yang berikut ini.

  • Siapkan teh basi yang sudah direndam semalaman. ( sesuaikan dengan kebutuhan mu )
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Letakkan keduanya pada wadah yang bersih.
  • Kocok minyak zaitun dengan teh basi hingga tercampur.
  • Minyak zaitun dan teh basi siap digunakan.

Cara menggunakan minyak zaitun dan teh basi pada kulit kepala yang berketombe sangat mudah lho. Pertama cuci bersih rambut mu dengan shampo anti ketombe, dan buatlah rambut mu hingga setengah mengering. Lalu sisirlah rambut dengan perlahan dan jangan ditarik-tarik, karena hal tersebut dapat merusak rambut. Jadikan minyak zaitun dan teh basi tersebut sebagai maske rambut, dan pastikan jika bahan tersebut menjangkau seluruh kulit kepala mu.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan KetombeManfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan

3. Minyak Zaitun dan Lemon

Tips yang ketiga adalah menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun dan lemon. Tahukah kamu jika kandungan lemon, ternyata mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala mu yang berketombe?? Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah tidak simbangnya pH yang memicuh munculnya minyak kepala. Dan seperti yang sudah kita jelaskan diatas, bahwa salah satu pemicuh atau faktor munculnya ketombe disebabkan oleh minyak kepala berlebih. Kali ini kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun dan lemon lho, cara memanfaatkannya sangat mudah sekali dan berikut langkah-langkahnya.

  • Ambilah minyak zaitun 4-5 sendok makan.
  • Taruhlah pada wadah yang bersih.
  • Peraslah 1 buah jeruk lemon kedalam wadah minyak zaitun.
  • Kocok hingga minyak zaitun dan lemon tercampur secara merata.
  • Minyak zaitun dan lemon siap digunakan.

Cara menggunakan minyak zaitun dan lemon pada kepala sangat mudah. Pertama pastikan jika kepala mu sudah bersih, lebih tepatnya sudah dicuci/keramas. Buatlah hingga rambut mu setengah mengering, lalu oleskan minyak zaitun dan lemon sedikit demi sedikit pada kulit kepala. Sebelum itu sisirlah rambut mu dan gunakan minyak zaitun tersebut seperti saat menggunakan creambath rambut agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga :  Cara Melembutkan Rambut

4. Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

Tips yang keempat ini bisa membuat kamu ketagihan lho, karena bahan yang akan kita gunakan adalah lidah buaya. Seperti yang kita ketahui, jika lidah buaya memberikan efek dingin pada kulit. Dan kali ini kita akan membuat bahan alami untuk menghilangkan ketombe dengan lidah buaya. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Karena bahan alami yang satu ini mengandung enzim proteolitik yang mampu memecah substansi protein, dan mengakat kulit mati termasuk ketombe. Memanfaatkan minyak zaitun dan lidah buaya sebagai bahan alami penghilang ketombe, adalah hal yang tepat. Yuk kita simak langkah-langkah membuat bahan alami berikut ini !!

  • Siapkan 1 daun lidah buaya yang segar. ( masukkan ke dalam kulkas )
  • Siapkan minyak zaitun sebanyak 4-5 sendok makan.
  • Ambillah daging lidah buaya dan campurkan dengan minyak zaitun.
  • Kocok atau campurkan lidah buaya dengan minyak zaitun.
  • Minyak zaitun dan lidah buaya siap digunakan.

Cara menggunakan minyak zaitun dan lidah buaya pada kulit kepala yang berketombe sangat mudah lho. Pertama cuci bersih rambut mu dengan shampo anti ketombe, dan buatlah rambut mu hingga setengah mengering. Lalu sisirlah rambut dengan perlahan dan jangan ditarik-tarik, karena hal tersebut dapat merusak rambut. Jadikan minyak zaitun dan lidah buaya sebagai maske rambut, dan pastikan jika bahan tersebut menjangkau seluruh kulit kepala mu.

Baca Juga : Manfaat Hair-Mask Untuk Rambut – Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak

5. Minyak Zaitun dan Cuka Apel

Menghilangkan ketombe ternyata bisa kamu lakukan dengan menggunakan cuka apel. Dan cara ini dinilai sangat efektif sekali, selain itu menggunakan cuka apel juga dirasa aman. Kandungan cuka apel mampu menghilangkan rasa gatal akibat ketombe, dan mampu mengurangi produksi ketombe berlebih. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun dan cuka apel ini sebagai bahan alami penghilang ketombe, yuk simak langkah-langkah membuatnya yang berikut ini.

  • Siapkan minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan.
  • Letakkan pada wadah yang bersih.
  • Campurkan minyak zaitun dan cuka sebanyak 2-3 sendok teh.
  • Kocok minyak zaitun dan cuka apel agar tercampur.
  • Minyak zaitun dan cuka apel siap digunakan.

Cara menggunakan minyak zaitun dan cuka apel pada kepala sangat mudah. Pertama pastikan jika kepala mu sudah bersih, lebih tepatnya sudah dicuci/keramas. Buatlah hingga rambut mu setengah mengering, lalu oleskan minyak zaitun dan cuka apel sedikit demi sedikit pada kulit kepala. Sebelum itu sisirlah rambut mu dan gunakan minyak zaitun tersebut seperti saat menggunakan creambath rambut agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga : Manfaat Ginseng Untuk RambutManfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Tips :

Setelah menggunakan salah satu bahan alami diatas, kamu bisa mendiamkannya selama 10-15 menit lamanya. Jika dirasa bahan tersebut sudah mengering, kamu bisa membilasnya dengan air dan membersihkannya dengan shampo anti ketombe. Lakukan perawatan untuk menghilangkan ketombe tersebut secara rutin, agar hasilnya lebih maksimal dan ketombe mu menyingkir dengan sendirinya.

Mencegah Munculnya Ketombe

Ladies?? Pasti kamu sudah sering mendengar istilah “ mencegah itu lebih baik, dari pada mengobati “ dan istilah itu benar lho. Dan untuk mencegah ketombe merupakan salah satu hal yang penting atau wajib kamu lakukan, yuk simak bagaimana mencegah munculnya ketombe yang berikut ini.

  • Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala mu.
  • Rajinlah mencuci rambut atau keramas, maksimal 3 hari sekali.
  • Saat keramas pastikan jika kamu mencuci seluruh bagian kepala mu.
  • Saat membilas pastikan jika tidak ada busa shampo yang tersisah.
  • Saat mengeringkan rambut, cukup hanya dengan menepuk-tepuk rambut dengan handuk.
  • Jangan menyisir rambut saat basah / berair.
  • Pastikan menggunakan hair tonic secara rutin.
  • Jika kamu berhijab, sebaiknya jangan gunakan hijab jika rambut mu masih basah.
  • Pilihlah jenis kain hijab yang mudah menyerap keringat, dan udara bisa keluaar masuk sehingga rambut tetap bisa bernapas.

Baca Juga :

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun. Jika kamu memiliki gangguan kulit kepala atau ketombe, kamu bisa menggunakan salah satu cara tersebut. Tapi jangan lupa untuk menyimak tips dan cara mencegah munculnya ketombe pada kepala mu, karena hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala ataupun rambut mu.